PLARIUSMODIFIKASI101

Mampir Ke Banjarbaru, Ini 10 Tempat Kuliner Hits Untuk Dikunjungi

Friday, July 13, 2018
Banjarmasin adalah suatu kota yang kaya akan makanan yang enak dan lezat. Yang tidak sedikit banyak wisatawan yang berkunjung di kota Banjarmasin untuk menikmati kuliner yang ada di sana. Banjar Masin dapat di jadikan tempat untuk beristirahat dan sembari mengisi perut.

Di Banjarmasin terdapat 5 tempat wisata kuliner yang  sangat terkenal dan sayang jika Anda lewatkan ketika sedang berkunjung ke tempat tersebut, di antaranya lontong Orari, mie bancir, soto Banjar, nasi itik gambut dan bebongko.

1. Lontong Orari
Lontong Orari
Lontong Orari via ngirittraveler.com
Di kota Banjar Masin terdapat makanan yang terkenal khas Banjarmasin yaitu lontong Orari. Salah satu tempat di Banjarmasin yang menjual lontong Orari adalah rumah makan yang terletak di jl. Simpang sungai Mesa (kabel) no. 12 Rt 18, kelurahan seberang masjid, kecamatan Banjarmasin Utara, kota Banjarmasin. Tak banyak orang yang tahu sejak kapan lontong Orari mulai muncul, akan tetapi kuliner ini ada di setiap harinya baik untuk sarapan pagi, makan siang , ataupun makan malam orang Banjar. 

Lontong Orari ini memiliki kuah santan dan di beri lauk berupa ikan gabus, telur atau ayam yang di masak jabang (merah) yang di taburi dengan bawang goreng dan sayur nangka rebus yang membuat rasanya semakin nikmat. Tidak hanya itu saja, kuah santan yang ada juga kenikmatan yang di padukan dengan kuah santan sehingga membuat lebih lezat.

2. Mie Bancir
Mie Bancir
Mie Bancir via disporabudpar.banjarbarukota.go.id
Jika berlibur ke Banjarbaru, Kalimantan Selatan, kurang rasanya jika tidak mencicipi makanan yang satu ini yaitu makanan mie bancir. Salah satu warung yang menyediakan makanan ini adalah warung mie bancir Agus sasirangan yang terletak di jalan Brigjen H.hasan Basri ruko no. 7, kayu Tangi, Banjarmasin. Pemilik rumah makan ini adalah peraih peringkat kedua master chef Indonesia RCTI musim pertama. Nama bancir sendiri adalah pelesetan dari kata banci atau waria. Mie bancir memiliki sedikit kuah kental dan memiliki banyak taburan. Cita rasa yang di hasilkan sangatlah nikmat dan juga gurih dan rempah yang sangat terasa. Untuk urusan aroma sendiri akan membuat siapa pun akan tak sabar untuk segera mencicipinya. Cita rasa yang khas Banjarmasin yaitu gurih, agak manis dan segar dengan di tambahkan perasan air limau kuit (jeruk khas Banjar) yang akan membuat lebih nikmat ketika masuk ke dalam mulut. Nah bagi Anda yang menyukai pedas Anda dapat menambahkan menu dengan bancir ceker setan. 

3. Soto Banjar
Soto Banjar
Soto Banjar via aremafood.com
Soto ini sangat terkenal di Kalimantan. Dari namanya sudah terlihat jika soto Ono berasal dari Banjar Kalimantan Selatan. Soto ini sangatlah nikmat apalagi di makan pada waktu pagi hari ketika ingin bersamaan atau ketika malam hari dan ketika cuaca dingin. Soto Banjar ini banyak yang menjualnya akan tetapi yang paling terkenal adalah soto Banjar bang haji amat atau sering juga di kenal dengan soto bang amat. Yang beralamat di jl. Banua anyar no. 6, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Tepatnya di sebelah sungai Martapura.

Warung makan soto ini sudah lama di kenal karena kesedapan rasa soto Banjarnya  tak heran jika warung ini banyak di kunjungi para pencinta kuliner dan para tamunya. Stoknya memiliki aroma yang sangat menggoda.

4. Nasi Itik Gambut
Nasi Itik Gambut
Nasi Itik Gambut via ksmtour.com
Jika berkunjung ke Banjarmasin sangat di sayangkan jika Anda tidak mencicipi makanan itik gambut yang satu ini. Di namakan makanan khas karena memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dari daerah lainnya. Di namakan itik gambut karena lokasinya yang terletak di daerah bergambut. Banyak yang menjualnya seperti warung mama bakti dan warung tenda biru. Warung tenda biru terletak di jl. A.Yani km 14 gambut, Banjarmasin. Menu ini memiliki beragam lauk mulai itik, ikan haruan, telur/intalu. Yang memiliki varian harga dari 13 ribu hingga 17 ribu.

5. Bebongko
Bebongko
Bebongko via inspirasikukeni.blogspot.com
Bebongko adalah salah satu tempat wisata kuliner khas provinsi Kalimantan Selatan. Yaitu kue basah khas Kalimantan timur dan Selatan. Kue bebongko biasanya di jajakan di pasar tradisional dan pusat jajanan pasar. Kue ini biasanya di hidangkan ketika ada acara seperti acara pernikahan atau sarapan besar ala kuatai yang sering di sebut beseprah. Kue ini memiliki 2 cita rasa yaitu gurih dan manis.

6. Liwi’s Kitchen
Liwi’s Kitchen
Liwi’s Kitchen via ordinaryliena.wordpress.com
Ini merupakan salah satu wisata kuliner yang berada di sekitar kawasan Kayu Tangi, tepatnya di Jl. Sultan Adam No.10. Tempat ini disediakan oleh segala usia, namun untuk pengunjungnya memang didominasi oleh muda-mudi yang membutuhkan tempat nongkrong, seperti anak sekolah maupun mahasiswa. Tempat kuliner ini buka setiap hari Senin hingga Sabtu mulai dari pikul 17.00 – 24.00.

Liwi's Kitchen menyediakan berbagai varian khas Italia seperti latte, pizza, cappucino dan pasta. Untuk menu minumannya ada jus, teh, yogurt, milkshake dan yang kekinian lainnya. 

Karena merupakan tempat tongkrongan para remaja, pastinya Liwi's Kitchen menyediakan semua menunya dengan harga murah meriah. Namun soal rasa, tidak perlu ditanya, segala masakan di sini sudah terkenal kelezatannya.

Salah satu menu paling direkomendasikan bagi wisatawan adalah Green Thau Tea, atau sekelasnya yang hanya dibanderol seharga Rp 9.000 saja. Dan Meat Lovers Pizza bisa Anda santap bersama teman dengan harga Rp 38.000. sedangkan untuk pasta di Liwi's Kitchen dibanderol seharga Rp 18.000 yang telah dilengkapi Patatas Beef.

7. The Jack Cafe 
The Jack Cafe
The Jack Cafe via sdrajawali83.blogspot.com
Setelah membahas beberapa tempat wisata kuliner indoor, sekarang akan saya beri referensi sebuah Cafe dengan konsep outdorr. Banyak komentar positif tentang The Jack Cafe yang berdiri pada akhir April 2013 ini, bahkan tak sedikit wisatawan yang ketagihan datang. Anda bisa datang untuk menikmati hidangannya tiap hari Kamis, Jumat dan Sabtu. Tempat kuliner ini beralamat di Jl. Sutoyo S, No 2 RT 28, Banjarbaru.

The Jack Cafe memang sudah digandrungi banyak anak-anak muda hingga pekerja kantoran. Suasana reddish yang mewakili The Jack Cafe membuatnya sangat mudah ditemukan meski tidak menggunakan peta lokasi secara rinci.

Fasilitasnya pun sangat beragam dan bisa dibilang mewah. Ada big sscreen, live musc, card game hingga stabd-up ciemdy show pun ada di sini. Keuntungan lain yang didapat pengunjung adalah dari konsepnya yang outdoor sehingga pengunjung akan selalu terhindar dari asap rokok.

Menu yang disajikan juga lengkap dengan harga berkisar Rp 6000 – Rp 18.500 saja. Untuk minumannya, ada beberapa variasi kopi, minuman panas, dingin atau yang diblender.

8. Green shafwah coffee
Green shafwah coffee
Green shafwah coffee via nora-apriyani.blogspot.com
Green Shafwah Coffe berada di Jl Panegaran Suriansyah ujung, No17, Green Shafwah dan buka dari pupuk 10.000 – 24.000.

Suasana di sini sangat nyaman dan santai, terlebih bagi pelanggan berusia 16-18 tahun. Menu yang disediakan juga sangat bervariasi, ada juga varian teh, espresso dan blender Coffe frape yang bisa ditambahkan jelly.

Untuk makannya, dihargai Rp 9000 – Rp 22000 per porsinya. Makanan paling direkomendasikan di sini adalah codde machito seharga Rp 24500 dan martabak Conde seharga Rp 9000.

 9.  Warung Kopi
Warung Kopi
Warung Kopi via anirizki123.blogspot.com
Jika Anda seorang penggemar kopi dan ingin mencicipi kopi yang unik, maka Warung Kopi yang terletak di Jl. Brigjen. Hasan Basry, No 2 (  lampu merah Cemara), Kayu Tangi, Banjarbaru ini cocok dijadikan tujuan Anda ketika berwisata di kota Banjarbaru.

Memang untuk masalah harga, di sini tidak murah seperti cafe/tempat lainnya, karena memang target yang dituju adalah orang-orang bekerja. Tapi tidak perlu khawatir, karena harga Rp 20.000 per porsi kopi sangat sepadan dengan rasa yang dihasilkan. Rasa istimewa ini didapat dari biji kopi yang di haluskan langsung di tempat, bukannya dari yang langsung bubuk. Karena hak inilah, kesegaran kopi dapat dijamin.

Saat pertama berkunjung, sangat dianjurkan bagi Anda untuk mencoba Hazelnut Coffe dan Dari Mocha yang rasanya sdao dan beda dari lainnya. Dan lebih uniknya, para pengunjung juga harus langsung memesan i bar dan mengambil pesanannya dia sana, bukannya diantarkan ke meja pelanggan masing-masing.

10. Ben Thalib
Ben Thalib
Ben Thalib via kedaibenthalib.blogspot.com
Nah, bagi Anda yang ingin menikmati santapan beras ala restoran, Ben Tholip yang terletak di Jl. S Parman No.1, sangat pantas dicoba. Meski tempat kuliner ini menarget penikmat kuliner Arabia, di Ben Thalib tetap ada menu-menu yang merakyat, seperti nasi goreng.

Konsep Arabia pun juga dipakai di sini, serta menunya pun juga didominasi dari daerah sana, bahkan ada menu spesial yang menjadi andalan yaitu aneka olahan daging kambing. Bagi pengunjung yang ingin bersantai, Shisa yang merupakan khas timur bisa menjadi pilihan tepat.

Tatget daru cafe/resto ini juga mengincar pengunjung dengan umur 17 tahun ke atas, harganya pun juga terbilang murah. Untuk makanan berat seharga mulai Rp 14.000 dengan menu andalan nasi goreng kambing seharga Rp 25.000. dan untuk makannya ringannya, seperti aneka roti dihargai Rp 10000 per porsi dan bisa mencapai Rp 25000. I untuk Sisha ditawarkan seharga Rp 30000 dan Rp 50000 unik ukuran dobel, sedangkan harga minumannya sekitar Rp 4000 – Rp 12000.

Selain bernuansa Arabia, di Ben Thalib juga menyediakan kesenangan lain bagi pengunjungnya, yaitu Wi-fi internet dan TV LCD serta Layar Proyektor.