PLARIUSMODIFIKASI101

Beragam Obyek Wisata Menarik di Jakarta Selatan

Monday, July 16, 2018
Berkunjung ke Jakarta tidak melulu menjumpai gedung-gedung bertingkat,, perumahan, mall dan pusat industri. Jakarta sebagai Ibukota Indonesia sebenarnya menyimpan banyak sekali destinasi untuk dijadikan tempat berlibur. Mulai dari wisata alam, kuliner, hiburan, wisata seni-budaya hingga wisata yang sekadar untuk berfoto-foto dan berselfe-selfie ria.  Salah satu kota di Jakarta yang memiliki banyak spot untuk wisata adalah Jakarta Selatan.

Jakarta Selatan memiliki lahan hijau yang cukup luas. Sehingga lebih teduh dibanding kota lain di Jakarta. Selain itu, daerah Jakarta Selatan juga banyak menyimpan spot wisata yang menarik. Nah, berikut beberapa tempat wisata terbaik dan terfavorit di Jakarta Selatan yang siap menghibur anda dan keluarga. Penasaran?

1. Setu Babakan
Setu Babakan
Setu Babakan via checkinjakarta.id
Setu Babakan merupakan objek wisata budaya. Tempat ini merupakan salah satu lokasi pelestarian budaya Betawi yang semakin tersingkir karena pembangunan dan perkembangan kota. Sebagai objek wisata budaya, Setu Babakan menawarkan berbagai macam produk kebudayaan betawi. Misalnya rumah adat, makanan tradisional seperti kerak telor, nasi uduk dan lain lain. Bahkan di jam-jam tertentu digelar pertunjukkan khas Betawi, seperti Lenong dan ondel-ondel.

Selain menawarkan keberagaman produk budaya, di Setu Babakan juga terdapat 3 danau buatan. Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di danau buatan tersebut. Seperti foto-foto atau menaiki perahu angsa.

Setu Babakan berlokasi di Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Untuk menikmati liburan di sana, Anda hanya perlu merogoh kocek 2000 rupiah untuk membayar parkir motor, dan 5000 rupiah untuk mobil. Meski murah, di sana terdapat fasilitas umum seperti WC dan tempat ibadah. Menarik bukan?

2. Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan via id.wikipedia.org
Berikutnya adalah obyek wisata Ragunan. Bisa dibilang, Ragunan merupakan kebun binatang tertua di Indonesia. Di sana Anda bisa berjalan-jalan bersama keluarga sambil melihat aneka satwa dan aneka tanaman. Dengan luas sekitar 140 hektar, kebun binatang ini menyimpan ratusan bahkan ribuan macam flora dan fauna. Selain itu, di Ragunan juga kita dapat melihat pertunjukkan satwa yang diadakan beberapa kali sehari. 

Kebun binatang yang berlokasi di Jl. R.M. Harsono No 1 Ragunan, Jakarta Selatan ini juga menawarkan berbagai macam fasilitas. Seperti Rakit Wisata, Taman Satwa Anak, Taman Perahu dan Pusat Informasi.

Untuk masuk ke Ragunan, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar 4000 rupiah. Tapi belum termasuk tiket untuk fasilitas permainan seperti pentas satwa, perahu angsa, sepeda tandem, sepeda tunggal, dan mengendarai hewan.

3. Museum Satria Mandala
Museum Satria Mandala
Museum Satria Mandala via jakarta-torism.go.id
Bagi Anda yang menyukai sejarah, ini adalah objek wisata yang cocok. Museum Satria Mandala merupakan museum sejarah TNI. Museum ini menyajikan replika peralatan TNI yang dulu digunakan ketika melawan penjajah agar Negara Indonesia merdeka. Selain itu ada contoh seragam dan atribut lengkap yang dimiliki TNI.

Di dalam museum ini, Anda selain dapat melihat berbagai macam peralatan yang digunakan oleh TNI juga dapat mengenal sejarah perjuangan dan pengabdian yang dilakukan oleh tentara dalam menjaga dan mempertahankan Indonesia. Cocok sebagai alternatif wisata untuk keluarga dan anak-anak.
Museum Satria Mandala yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan ini dapat Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 14.30 WIB.

4. Kemang Food Festival
Kemang Food Festival
Kemang Food Festival via jakarta.panduanwisata.id
Di Kemang, Anda akan membayangkan kemacetan yang luar biasa. Namun, tempat yang terkenal macet itu akan berubah ketika malam hari, menjadi tempat nongkrong yang asyik dan menarik untuk para pemuda. Kemang Food Festival akan menawarkan rangkaian wisata kuliner yang siap mengisi perut lapar Anda sekaligus menjadi tempat nongkrong yang enak.

Kemang Food Festival terdapat di sepanjang Jalan Raya Kemang, dibuka pukul 17.00 hingga tengah malam. Anda dapat menikmati makanan dan minuman di sana dengan diiringi live music dan gemercik air mancur. Selain itu, Anda juga bisa berjalan-jalan di sana sembari menikmati pemandangan langit malam di Jakarta.

5. Wisata Pendidikan Pinisi
Wisata Pendidikan Pinisi
Wisata Pendidikan Pinisi via wisatajakarta.co.id
Ini adalah tempat wisata pendidikan. Sering disebut Pinisi Edutainment. Tempat wisata ini sangat cocok untuk anak. Objek wisata ini menawarkan beragam permainan yang menghibur dan mendidik. Di sana, anak-anak dapat bermain sekaligus belajar kesenian dan kebudayaan di Indonesia. Contohnya adalah belajar membatik, atau bermain alat musik tradisional Indonesa dan bermain wayang.

Di samping itu, Wisata Pendidikan Pinisi juga menyediakan planetarium dan klinik konsultasi mengenai anak yang diberi nama Kak Seto Center. Dengan konsep desain seperti pelabuhan kota dengan kapal kayu tradisional, tempat wisata ini sangat cocok untuk dikenalkan kepada anak-anak Anda bukan?

Namun, untuk mengunjungi dan mendapatkan fasilitas wisata yang berlokasi di Gedung Pasaraya Blok M, lantai 8-10 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini, Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam. Pasalnya, tarif tiket untuk anak usia 4-16 tahun, dikenai biaya 150.000-190.000 rupiah. Sedangkan kategori bayi di bawah usia 4 tahun dikenai tarif 75.000-85.000 rupiah, dan biaya 95.000-140.000 rupiah untuk usia dewasa.

6. Flight Experience
Flight Experience
Flight Experience via jakartahariini.com
Jika Anda pernah bermimpi menjadi pilot dan ingin merasakan sensasi menerbangkan pesawat, nah, di Flight Experience Gandaria ini Anda bisa melakukannya. Anda akan diajak untuk merasakan pengalaman baru seperti sensasi boarding layaknya penerbangan sungguhan, lalu Anda dapat mencari tahu apa saja peralatan yang terdapat di dek pilot dan lebih lanjut lagi, Anda dapat belajar penerbangan serius atau ringan dan seru, dengan ditemani satu instruktur langsung.

Dengan peralatan simulator asli, sensasi menerbangkan dan mendaratkan pesawat akan terasa nyata. Keseruan lainnya, pengunjung dapat memilih waktu dan cuaca ketika landing atau take-off, bisa siang atau malam hari, bisa hujan atau terik panas. Namun begitu, tarif untuk mendapatkan fasilitas tersebut tidaklah murah. Anda akan dikenakan biaya mulai dari 990.000 rupiah untuk sekali penerbangan dengan durasi 30 menit.

Flight Experience Gandaria ini berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda Gandaria City Mall, Jakarta Selatan. Untuk akses menuju tempat ini tentu sangat beragam, bisa menaiki angkot dan menaiki KRL. Bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman baru, wisata ini patut untuk dicoba! 

7. Museum Layang-layang
Museum Layang-layang
Museum Layang-layang via wisatasekolah.com
Masa kecil Anda suka bermain layang-layang? Nah, jika ingin bernostalgia, Anda bisa mencoba objek wisata yang satu ini. Museum layang-layang menyediakan berbagai macam model layangan, dari mulai layangan yang dibuat oleh anak negeri maupun yang diimpor langsung dari luar negeri.

Namun, tidak hanya melihat dan menyaksikan layang-layang saja. Di Museum ini, Anda bisa  mencoba beberapa fasilitas lain seperti membuat kerajinan gerabah, atau mengikuti kelas membatik dan lebih seru lagi adalah mencoba untuk membuat layang-layang dengan kreativitas tangan sendiri. Menarik, bukan?

Untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa menuju Jalan H. Kamang Nomor 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Dibuka mulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB, objek wisata ini memiliki tarif harga tiket yang murah. Cukup 10.000 rupiah Anda sudah diperbolehkan untuk masuk.

8. Komunitas Salihara
Komunitas Salihara
Komunitas Salihara via salihara.org
Komunitas Salihara merupakan tempat berkumpulnya para seniman kota. Terdapat pertunjukkan seni yang menghibur dan menarik. Di tempat ini, kita bisa menjumpai pameran, dan pertunjukkan seni yang beragam. Mulai dari pameran seni rupa hingga pertunjukkan sastra seperti teater.

Selain, menampilkan pameran dan pertunjukkan, Komunitas Salihara juga mengadakan berbagai macam diskusi mengenai seni dan topik-topik tertentu. Selain itu juga setiap minggunya hampi selalu mengadakan pertunjukkan seni. Dengan motto membebaskan pikiran dan ekspresi, tempat wisata ini menawarkan berbagai macam keindahan dari berbagai disiplin seni. Seni yang ditampilkan tidak hanya produk seni lokal, namun juga karya-karya Internasional ditampilkan di Komunitas Salihara ini.

Objek wisata seni yang edukatif ini berada di Jalan Salihara 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Untuk mengetahui informasi mengenai pertunjukkan dan acara yang diadakan oleh Komunitas Salihara, Anda bisa melihatnya di situs daring mereka. Harga tiket untuk satu pertunjukkan biasanya berkisar 50.000 hingga 75.000 rupiah.

Nah, itu dia tempat wisata terbaik yang bisa ditemi di Jakarta Selatan. Selamat berlibur bersama keluarga, dan orang-orang terkasih anda, semoga mendapatkan pengalaman yang menarik dan menyenangkan.