PLARIUSMODIFIKASI101

List Obyek Wisata Terbaik dan Terpopuler di Madiun Jawa Timur

Sunday, July 29, 2018
Madiun merupakan salah satu kota kecil di propinsi jawa timur, yang selain populer dengan julukan kota gadis, juga terkenal memiliki banyak spot wisata alam yang bagus, tak kalah dengan kota-kota lain disekitarnya. Penasaran, ingin tahu apa saja tempat wisata terbaik di madiun jawatimur ini? Langsung saja simak reviewnya dibawah ini. List obyek wisata terbaik dan terpopuler di madiun

1. Madiun umbul square
Madiun umbul square
Madiun umbul square via youtube.com
Tempat wisata terbaik pertama, yang kami rekomendasikan adalah madiun umbul square. Obyek wisata pemandian air hangat di madiun square sudah ada sejak jaman belanda. Namun, penah mengalami sepi pengunjung karena banyaknya pusat perbelanja modern, dan lainnya di tahun 2000an.

Destinasi wisata ini mengalami kondisi sepi pengunjung berlangsung sekitar 10 tahun lamanya. Hingga akhirnya pihak pengelola berinisiatif melakukan revitalisasi dan renovasi pada pemandian air hangat ini. Pada 2013 kemudian pemandian ini dibuka kembali dengan brand baru “madiun umbul square”. Setelah dilakukan revitalisasi, obyek wisata ini menjadi memiliki banyak pengujung, terutama saat weekend serta hari libur, terlebih liburan sekolah.

Saat ini, di madiun umbul square tak hanya ada kolam renang, namun juga juga tersedia wahana outbound, taman bermain serta mini zoo dengan koleksi satwa yang cukup lengkap.

Bukan hanya diperbanyak destinasi wisatanya saja, fasilitas umum yang disediakan juga terbilang lengkap. Mulai dari area parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat yang luas, gazebo atau pendopo, sarana tempat beribadah, toilet, rumah makan atau warung, supermarket, dan juga atm. Di umbul ini terdapat pula beberapa benda purbakala yang menyatu dengan sumber air panas yang kemudian dijadikan sebagai ruang pojok sejarah.

Lokasi wisata madiun umbul square terletak di desa glonggong, dolopo, kabupaten madiun. Obyek wisata keren ini buka setiap hari mulai pagi sampai malam. Ketika memasuki kawasan ini, tiap pengunjung hanya dikenakan tiket masuk dengan tarif sebesar 10.000 rupiah saja (untuk hari biasa) dan 15.000 rupiah untuk hari sabtu dan minggu.

2. Monumen kresek
Monumen kresek
Monumen kresek via situsbuday.id
Monumen ini dibangun sekitar taun 1987 dan selesai paa tahun 1991. Monumen ini dulunya merupakan tempat pembantaian korban pki, yang mana dulunya merupakan rumah seorang warga. Rumah tersebut sengaja dipilih untuk menyembunyikan para korban karena dirasa paling aman dijadikan tempat persembunyian, namun naas, kemudian rumah tersebut dibakar.

Hingga beberapa puluh tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1987 mulai diinisiasi pembangunan monumen kresek, di tempat tersebut. Tujuan didirikanya monumen ini adalah sebagai penghormatan terhadap korban keganasan pki yang pecah di madiun tahun 1948. Peristiwa ini dipimpin oleh muso dan menewaskan ribuan orang.

Didepan kawasan ini terdapat sepasang gapura. Dekat dengan salah satu gapura tersebut terdapat sebuah tugu lengkap dengan nama-nama korban pembantaian pki yang berjumlah 17 orang. Terdapat pula patung yang menggambarkan korban akibat keganasan pki.

3. Bumi perkemahan kare kandangan
Bumi perkemahan kare kandangan
Bumi perkemahan kare kandangan via 470115049.blogspot.com
Destinasi wisata keren selanjutnya adalah bumi perkemahan kare kandangan. Obyek wisata ini terletak di desa kare, kecamatan kare, kabupaten madiun. Tempat ini dijadikan lokasi perkemahan karena mempunyai lahan yang luas pemandangan yang asri serta udara yang sejuk. Disekitar lokasi perkemahan, terdapat perkebunan pinus dan kopi.

Tempat ini oleh para traveller dijadikan lokasi berburu foto karena viewnya sangat instagramable. Disekitar tempat perekemahan juga terdapat villa yang biasa dijadikan penginapan dan acara edukasi bagi anak-anak. Di dalam villa ini terdapat kolam ikan, kebun binatang mini dan bangunan tradisional jawa.

4. Wisata alam grape
Wisata alam grape
Wisata alam grape via harianpost.co.id
Berikutnya adalah obyek wisata  alam grape. Destinasi ini berlokasi di desa kresek, kecamatan wungu kabupaten madiun. Wisata alam ini mempunyai pesona keindahan yang sangat menarik. Grape merupakan tempat wisata hutan di kabupaten madiun. Lokasi rekreasi ini terletak di tepi hutan jati dengan luas area sekitar 1,5 hektar.

Tempat ini cocok untuk merefresh  otak yang penat akibat rutinitas harian anda. Di sini terdapat sungai dengan aliran air yang jernih yang bersumber langsung dari mata air pegunungan dungus. Tersedia juga aula pertemuan dan taman bermain anak. Wisata alam ini wajib anda kunjungi karena keindahan dan pesonanya tiada duanya.

5. Gunung kendil
Gunung kendil
Gunung kendil via youtube.com
Dulunya taman wisata gunung kendil difungsikan sebagai latihan militer, namun sekarang ini digunakan sebagai obyek wisata. Wahana rekreasi yang tersedia di taman ini diantaranya lapangan menembak, tempat pemancingan, perkemahan dan area balap motor. Fasilitas pendukung pun cukup banyak seperti gazebo untuk bersantai, toilet, dan sebagainya.

Taman wisata gunung kendil berlokasi di pilangrejo, wungu. Taman ini di klaim mempunyai pemandangan yang mirip seperti di santa monica, lost angeles.  Anda bisa menikmati keindahan sunset di tempat ini. Ketika berada di atas bukit gunung, anda juga akan disuguhkan pemandangan indah danau rawa pening.

6. Suncity water and theme park madiun
Suncity water and theme park madiun
Suncity water and theme park madiun via youtube.com
Wisata ini terletak di jalan letjen s.parman no.8,  oro-oro ombo, kecamatan madiun. Ini merupakan wahana air terbesar dan terlengkap di madiun. Bagi anda yang suka berenang, bisa datang ke sun city water and theme park madiun. Selain berenang, anda juga bisa mencoba wahana yang terdapat di area ini seperti flying fox, tampolin, mini train dan kolam ombak.

Terdapat fasilitas untuk mendukung kenyamanan pengunjung seperti kantin, tempat beribadah, area bermain anak, tempat parkir, wave poll, toilet, dan lain sebagainya. Untuk harga tiket masuk sekitar 25ribu di hari senin-jumat, 35 ribu pada hari sabtu dan minggu , sedangkan saat libut nasional dikenakan tiket masuk lumayan tinggi, yakni 50 ribu rupiah.

7. Waduk bening wiras saradan
Waduk bening wiras saradan
Waduk bening wiras saradan via madiunpunyakita.blogspot.com
Selain berfungsi sebagai bendungan untuk pembangkit listrik tenaga air, waduk ini juga  merupakan destinasi wisata yang menarik jika anda berkunjung ke madiun. Waduk bening merupakan sebuah waduk yang berlokasi di kecamatan saradan, kabupaten madiun. Bejarak 40 kilometer dari pusat kota madiun.

Waduk ini meiliki luas 860km dan mempunyai fasilitas kolam pancing, taman bermain, kios-kios makanan dermaga dan perahunya, serta tersedia juga penginapan dan rumah makan di sekitar area waduk. Pengunjung juga bisa menghabiskan waktu dengan berkemah disini. Dengan suasana yang alami dan luas , waduk ini kerap dijadikan area perkemahan dalam kegiatan pramuka.

8. Alun-alun kota madiun
Alun-alun kota madiun
Alun-alun kota madiun via moh-angspcorp2.blogspot.com
Tempat wisata terbaik lainnya yang ada di madiun adalah alun-alun kota madiun. Berlokasi di pusat kota madiun dengan dikelilingi masjid agung di sebelah barat, komplek pertokoan di sebelah selatan, bangunan pemerintahan di sebelah utara serta presiden plaza di sebelah timur, destinasi ini menjadi favorit masyarakat.

Di sana, terdapat banyak jenis pohon yang kondisinya terawat dengan baik. Pada siang hari rimbunya pohon akan memberikan kesejukan, kenyamanan serta suasana  asri. Di malam hari, hiasan lampu warna-warni yang disatukan dengan pohon akan memberikan kesan indah dan nyaman dipandang.

Jika anda lapar tidak perlu khawatir, banyak pedagang di sekitar alun-alun kota madiun yang menjajakan daganganya dengan menu yang beraneka ragam. Harga yang dipatok pun cukup terjangkau. Pengujung mulai ramai ketika sore menjelang malam. Tempai ini menjadi favorit nongkrong anak-anak muda.

9. Dumilah water park
Dumilah water park
Dumilah water park via pergiberwisata.com
Obyek wisata ini terletak di jalan slamet riyadi no. 99 desa klegen kecamatan madiun.dumilang water park mempunyai wahana yang beraneka ragam seperti  kiddy pool, kolam arus, kolam tanding dan seluncuran atau perosotan. Terdapat pula garden zone yang menawarkan kesejukan dan keasrian tanaman bunga dan pepohonan yang beraneka jenis.

 obyek wisata ini juga mempunyai fasilitas penunjang yang baik seperti area parkir untuk roda dua dan empat, rest area untuk melepas penat anda, toilet, dan tempat beribadah yang letaknya tidak jauh dari kawasan , anda juga bisa menemukan mini market disana dan juga atm serta rumah makan.

Objek wisata ini buka selama 24 jam. Untuk memasukinya, anda dikenakan tiket masuk sebesar 5000 rupiah. Cukup terjangkau bukan?

10. Hutan pinus nongko ijo kare
Hutan pinus nongko ijo kare
Hutan pinus nongko ijo kare via ksmtour.com
Hutan ini berada di lereng gunung wilis tepatnya di dusun mbonromo, kecamatan kare, kabupaten madiun, provinsi jawa timur. Menurut informasi, penamaan nongko ijo bermula dari cerita pada awal menanam pohon pinus terdapat pohon nongko ijo  di sekitar hutan, hingga akhirnya warga menyebutnya hutan pinus nnongko ijo.

Berkat ide kreatif para pemuda dan bekerja sama dengan  perhutani, hutan ini menjadi obyek wisata yang banyak dikunjungi masyarakat. Hutan ini baru dibuka sebagai destinasi wisata pada bulan juni 2016. Di lokasi ini terdapat pemandangan yang menarik yakni bendungan peninggalan belanda, yang sumber airnya dimanfaatkan sebagai sumber air utama bagi masyarakat sekitar. Rencanya, akan dibangun fasilitas penunjang seperti tempat outbond, tempat kemah, flying fox, dan sebagainya.

Itulah beberapa tempat wisata terbaik di Madiun, jawa timur yang tentunya sangat rekomended untuk dikunjungi bersama keluarga atau orang-orang terkasih anda. Selamat berlibur.