Pesona Wisata di Cilegon Banten Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Sebagaimana yang kita tahu, waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga besar ialah pada waktu liburan tiba. Dan pastinya akan lebih asik lagi jika dibarengi dengan pergi mengunjungi tempat-tempat wisata. Dan bicara mengenai tempat wisata, khususnya obyek wisata yang ada di Cilegon Banten, kali ini kami akan membagikan beberapa rekomendasi untuk anda. Penasaran?

1. Pulau Merak Besar
Pulau Merak Besar
Pulau Merak Besar via worldoutsideyourown.com
Pulau merak besar ini berada di sekitar pelabuhan merak, dan untuk kesana tentunya anda harus menyebrang dulu menggunakan boat atau perahu yang sudah stand by di sekitar pelabuhan. Pulau merak besar ini berjarak kurang lebih 500 meter dari pelabuhan merak sehingga jarak tempuh untuk menyebrang menggunakan boat atau perahu hanya memakan waktu sekitar 10 hingga 15 menit saja.

Tempat wisata pulau merak besar ini sebenarnya termasuk salah satu pulau kecil yang berada di sekitar pelabuhan merak dan juga termasuk hutan lindung Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), namun mengenai keindahanya memang tidak perlu diragukan lagi. 

Sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata bersama keluarga karena tempat nya sangat ramah untuk anak, selain pemandangannya yang indah anda juga bisa bermain di pantai yang diselimuti oleh pasir putih, yang mana  kebersihanya sangat terjaga, air laut yang bersih dan jernih, disana ada juga petilasan atau makam dari Prabu Ciung Wanara yang biasa dikunjungi, oleh para peziarah. 

Tempat wisata pulau merak besar ini masuk dalam daftar destinasi wisata terbaik di kota cilegon jawa barat karena selain biaya yang sangat ekonomis untuk kesana anda juga bisa camping, piknik, memancing, bermain dan menikmati pemandangan pantai, menikmati keindahan pulau dan juga anda melakukan wisata religi.

2. Pulau Merak Kecil
Pulau Merak Kecil
Pulau Merak Kecil via lifestyle.okezone.com
Masih berada di sekitar pelabuhan Merak selain pulau Merak Besar ada pulau yang dikenal juga sebagai tempat wisata, yaitu pulau Merak Kecil, ukuran pulaunya memang lebih kecil tapi keindahan alam dan pemandangananya tidak kalah dengan Pulau Merak Besar. 

Berkunjung ke sini anda akan di suguhkan dengan pantai pasir putih dan pemadangan alam yang bagus dan cukup rindang tepat sekali untuk berpiknik bersama keluarga. Selain itu anda bersama keluarga juga bisa bermain air dipantai dan menyaksikan lalu-lalang kapal ferry dari Pelabuhan Merak. Perjalanan ke Pulau Merak Kecil dari dermaga Pelabuhan Merak dengan memakai perahu atau boat hanya memakan waktu sekitar 5 menit. 

Perlu anda ketahui agar membawa bekal makanan atau cemilan dan barang-barang PPPK sendiri karena pulau ini tidak berpenghuni dan tidak terdapat warung yang  menjual makanan.

3. Pantai Kelapa Tujuh
Pantai Kelapa Tujuh
Pantai Kelapa Tujuh via news.okezone.com
Tempat wisata yang tidak kalah keren dari kedua list yang telah disebut diatas yaitu pantai Kelapa Tujuh, dan masih seputar tentang air, laut dan pantai. Pantai Kelapa Tujuh terletak di Desa Suralaya Cilegon Banten. 

Pantai Kelapa tujuh ini di kenal dengan pesona pantai nya yang sangat indah, bahkan pantai ini selain ramai di  kunjungi wisatwan lokal banyak juga wisatawan asing yang berkunjung. Pantai nya sangat bersih sehingga air laut nya sangat jernih dan aman untuk anda beserta keluarga apabila ingin bermain air. Tempat wisata ini meskipun memiliki bibir pantai yang tidak begitu besar namun sudah dilengkapi dengan area untuk parkir, toilet dan musholla, dan banyak juga warung yang berjualan makanan berat dan juga makanan ringan sehingga pas banget untuk memanjakan lidah anda setelah capek bermain air di pantai.

4. Pantai Anyer
Pantai Anyer
Pantai Anyer via marakawisata.com
Pantai anyer tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga anda, pantai ini cukup terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan bahkan lebih ramai dari pantai Kelapa Tujuh, Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil. Lokasinya sangat strategis yang beralamatkan di Jl Raya Anyer Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

Pantai anyer ini selain memiliki pemandangan pantai yang sangat bagus dan bersih tapi juga terdapat spot-spot permainan yang menarik seperti water sport, aman untuk aktivitas berenang, snorkling, melakukan surfing dan juga berselancar. Pantai ini juga menyuguhkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah sehingga di waktu sore hari pun tetap ramai oleh pengunjung. Matahari Terbenam dengan background pasir putih pantai dan gunung Krakatau sangat memanjakan mata pengunjung.

Bagi anda pengunjung yang berasal dari luar kota cilegon dan belum puas seharian menikmati pemnadangan pantai tidak perlu cemas karena di sekitar tempat wisata anyer banyak terdapat penginapan, hotel, home stay, villa dan jenis penginapan lainya yang menawarkan harga sangat terjangkau dan aman untuk kantong anda.  

5. Gunung Batu Lawang Merak
Gunung Batu Lawang Merak
Gunung Batu Lawang Merak via dispar.bantenprov.go.id
Gunung Batu Lawang terletak di Grogol lebih tepatnya di Jl Batu Lawang  Desa Gerem, Kecamatan Grogol, Cilegon, Banten 42437. Tempat wisata ini cukup dikenal oleh warga sehingga apabila anda bingung menemukan lokasinya anda bisa bertanya langsung kepada warga sekitar yang sudah terkenal ramah.

Tempat wisata ini dinamakan Batu Lawang karena terdapat 2 buah batu besar yang ditengahnya terdapat celah yang dianggap oleh warga sekitar menyerupai gerbang atau lawang dengan background pemandangan hamparan sawah, pepohonan hijau, selain itu juga terlihat bukit Gunung Pinang, waduk krenceng, dan juga Gunung Karang. Namun karena berlokasi di dataran yang lumayan tinggi untuk dapat menikmati pemandangan tersebut anda perlu berlajan dan mendaki sehingga disarankan agar menyiapkan stamina dan bekal yang cukup dan bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi juga disediakan area parking, terdapat juga toilet dan musholla sehingga anda tidak perlu repot-repot mencari masjid ketika memasuki waktu sholat tapi belum puas menikmati pemandangan di wisata Gunung Lawang ini.

6. Gunung Batur
Gunung Batur
Gunung Batur via lifestyle.okezone.com
Gunung Batur terletak di Jl Gunung Batur Mekarsari, Pulomerak Cilegon Banten, yang berjarak kurang lebih 8 KM dan membutuhkan kurang lebih 30 menit perjalanan dari pusat kota Cilegon. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk menuju lokasi tersebut. Namun anda juga perlu menyiapkan stamina yang cukup karena anda harus mendaki apabila ingin melihat pesona wisata Gunung Batur.

Tidak jauh dari namanya yaitu Gunung Batur tentunya tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa bagusnya dan akan sangat memanjakan pengunjung yang memiliki minat khusus atau hobi seperti hiking, camping, jogging, dan bagi pengunjung yang suka eksplore dan menjelajah alam. Selama perjalanan mendaki menuju puncak anda bisa manfaatkanya untuk mempererat hubungan dengan keluarga atau dengan orang terkasih. 

7. Rawa Arum
Rawa Arum
Rawa Arum via ksmtour.com
Nama Rawa Arum ini sebenarnya merupakan nama Kelurahan yang berlokasi di Kecamatan Grogol, Kabupaten Cilegon, Banten 42436. Nama Rawa Arum di ambil dari sifat air ada di danau yang terletak di kelurahan tersebut karena berbau harum, rawa yang berarti danau dan arum yang berarti harum. 

Pesona wisata rawa arum ini menyuguhkan pemandangan air yang tenang dan bunga Teratai yang tumbuh di tengah-tengah danau yang membuat danau berbau harum semerbak bau bunga teratai putih tersebut apabila sedang mekar. Pemandangan tersebut tentunya akan membuat pikiran anda rileks dan fres kembali. Wisata ini sangat tenang dan jauh dari polusi dan kepadatan kendaraan di kota sehingga sangat tepat anda kunjungi apabila anda merasa penat dan lelah karena pekerjaan.

8. Krakatau Country Club
Krakatau Country Club
Krakatau Country Club via mapio.net
Krakatau Country Club masuk dalam kategori tempat rekreasi keluarga yang berlokasi di pusat kota Cilegon. Objek wisata ini sangat ramai dikunjungi dan rata-rata pengunjunganya adalah anak-anak. Wahana yang tersedia dibuat agar memberikan kesan yang ramah untuk anak sehingga sangat tepat menjadi salah satu destinasi wisata keluarga terbaik di kota Cilegon.

Tempat rekreasi Krakatau Country Club ini menyuguhkan beberapa wahana seperti water park, jungle park, bike park dan tentunya bukan hanya itu ada banyak fasilitas lain yang tidak kalah serunya seperti golf area, karaoke room, jogging area dan Beauty Center.

Nah, itulah diatas deretan wisata terbaik di Cilegon Banten yang sebaiknya anda kunjungi apabila sedang berada di Cilegon Banten.