10 Tempat Makan di Bogor, dari Nuansa Pedesaan Sampai Horor Juga Ada!

Bagi Anda yang suka berlibur atau suka lewat di Bogor ada yang kurang rasanya jika Anda tidak mencicipi kuliner yang ada di sana. Mulai dari makanan khas Bogor jajanan tradisional, hidangan Nusantara, sampai menu lainnya seperti western juga ada di Bogor.

Soal rasa tidak perlu di ragukan lagi. Untuk masalah harga juga tidak akan bikin kantong jebol. Anda bisa menyesuaikan makanan apa sih yang pas bagi budget Anda.

Bukan hanya itu saja, beberapa referensi tempat yang nyaman dan enak yang memiliki view yang bagus serta indah juga ada di bogor. Nah apalagi bagi Anda yang berbulan madu di bogor, Anda tidak usah bingung mencari rumah makan yang romantis untuk Anda dan kekasih hati.

Nah, tidak usah basa-basi lagi berikut tempat wisata kuliner yang ada di Bogor yang patut di coba.

1. Surabi Duren Sukasari
Surabi Duren Sukasari
Surabi Duren Sukasari via travel.kompas.com
Nama ini mungkin sudah tidak asing di telinga para traveler. Surabi memang terkenal sebagai salah satu ikon kuliner di Bandung. Namun bukan berarti Bogor tidak punya.

Di Bogor juga ada nih warung surabi yang lezat. Yaitu surabi duren Sukasari. Walaupun makanan ini tergolong kuliner street food, namun makanan ini sudah banyak di kenal dari kalangan kelas menengah ke bawah sampai kalangan para artis.

Di warung ini menyediakan berbagai varian rasa topping seperti durian, keju, nangka, strawberry, coklat, telur, dan masih banyak lagi yang bisa Anda cicipi. Surabi di rumah makan ini memiliki tekstur yang sangat lembut, tetapi garing di bagian bawah. Maka dari itu tidak heran jika pak Bondan Winarno pun pernah berkunjung ke tempat ini.

Warung ini terletak di jalan Sukasari III no.29, Bogor timur, kota bogor, Jawa barat. Untuk hargari Rp 5000-15000 saja per porsi. Warung ini buka dari jam 15:00-00:00 WIB.

2. Sop Buntut Mang UU
Sop Buntut Mang UU
Sop Buntut Mang UU via hellobogor.com

Nah bagi sobat traveler yang sedang mencari tempat makan siang di Bogor yang enak, tidak ada salahnya jika Anda mampir ke Sop buntut mang UU. Kuahnya yang gurih dan daging buntut yang empuk, sangat cocok untuk menemani makan siang Anda.

Buntut sapi yang di sajikan bisa empuk hal itu dikarenakan di rebus hingga bersih jam-jam. Akan tetapi tetap menyisakan warna daging asli yang begitu menggoda.

Sop buntut ini memiliki kuah berwarna bening dan memiliki rasa rempah mulai dari lada, pala dan rempah lainnya yang menyatu dengan kaldu sapi, dan di tambah lagi perasan jeruk nipis kecap dan sambal yang akan membuat rasanya lebih nikmat.

Tempat ini terletak di jalan bangbarung raya no.75, Bogor, tubruk harganya Rp. 25.000,- per porsi. Tempat ini buka dari jam 10.00-15.000 WIB.

3. Cyrano Cafe
Cyrano Cafe
Cyrano Cafe via thescribblesblog.blogspot.com
Tempat ini memiliki menu andalan yaitu dessert unik dan lucu. Anda bisa mencoba snow coffe bath yang memiliki rasa mirip seperti tiramisu cake, akan tetapi lebih creamy dan smooth. Selain itu ada juga dessert Pao Pao yang terdiri dari choco pudding, vanilla pudding, tiramisu, Oreo crumbs, dan vanilla ice cream.

Akan tetapi juga ada pilihan lain yang lebih lezat yaitu “minki”, yang berbahan dasar dari cheesecake,chees, strawberry, vanilla ice cream, strawberry jam, dan chees wafer crumbs, yang akan menggoyang lidah Anda dan membuat ketagihan.

Tempat ini berada di jl. Suryakencana 126. Dan  dibanderol dengan harga Rp, 25.000,- per porsi dan buka dari jam 10.30-22.00 WIB.

4. De Salman Resto
De Salman Resto
De Salman Resto via jejakpiknik.com
Tempat ini merupakan salah satu tempat keluarga yang recommended. Resto ini menyediakan bale-bale seperti suasana pedesaan. Bagi Anda yang membawa anak kecil pun bisa nyaman. Hal itu dikarenakan  tempat ini tersedia berbagai macam mainan anak.

Menu di sini sangat variatif dengan patokan harga yang murah. Yang benar-benar menggugah selera dari De Salman Resto ini adalah Sop Buntutnya yang punya tekstur daging tidak terlalu lembek dan direbus secara alami. 

Selain Sop Buntutnya, Iga Bakar juga menjadi andalan di sini. Banyak yang menyukai menu ini karena perpaduan rasanya yang gurih, manis dan pedas yang sangat terasa. Tidak hanya itu, resto ini pun bisa dijadikan alternatif pilihan sebagai tempat istirahatnya guna melepas penat seharian, juga cocok untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga.  Dengan segala kelebihannya itu, De Salman Resto hanya mentok harga di bawah Rp 50.000 per orangnya.

Lokasinya berada di Jl. Ahmad Yani No.68 ( Jajaran Seberang Kantor Imigrasi Bogor) dan buka pada pukul 11.00 – 22.0 0 WIB.

5. Toastea Cafe
Toastea Cafe
Toastea Cafe via yuliadian.com
Jika Anda berburu tempat kuliner terfavorit yang cocok untuk nongkrong di Bogor, berarti Toastea Cafe adalah jawabannya. Cafe ini sangat Hits karena sajian kuliner lezat seperti melted cheez beef, ovaltine chezze peebles, fish and chips, chiken chop and fries, chicken wings and fries dan lain-lain.

Di sini tersedia minuman hangat dan dingin seperti classic milk tea, taro milk tea, hazelnut milk tea, serta tea tareek. Minuman paling recommended di sini adalah coklat dengan topping marshmellow dan permen coklat.

Konsep yang diusung sebagai outdoor ya dilengkapi dengan wi-fi sehingga akan menambah kenyamanan pengunjung anak kuda. Terlebih bagi sahabat trabellee yang suka mencari tempat unik untuk nongkrong, maka Toastea Cafe ini sangat dianjurkan bagi Anda, bahkan harganya pun hanya kisaran Rp 10.000 – Rp 30.000 saja.

Lokasinya berada di Jl. Cirahayu, No.14 ( Seberang Parkiran Motor Botani Square Bogor) dan buka pukul 12.00 – 21.00 WIB.

6. The Place Bogor
The Place Bogor
The Place Bogor via zomato.com
Silakan datang ke The Place Bogor yang hadir dengan nuansa resto asik dan nyaman. Perpaduan tersebut tidak hanya sampai di situ, tempat ini juga cocok untuk hangout bersama teman karena suasana yang cozy dan hommy, ditambah pula dengan live music.

Menu makanan di sini juga Hits sekali, yaitu Soup, pasta, salad, Pizza, appetizer, Steak, dan masih banyak lagi, termasuk ragam minumannya. Semua itu dibanderol hanya Rp 10.000 – Rp 135.000 per porsinya.

Restoran ini beralamat di The Colonial Building 2nd floor, Jalan Salak No. 6 Bogor dan buka pada pukul 11.00 – 00.00 WIB.

7. Toge Goreng di Pasar Anyar
Toge Goreng di Pasar Anyar
Toge Goreng di Pasar Anyar via sahabatalamindo.blogspot.com
Siapa yang tidak kenal dengan Tauge Goreng? Makanan ini merupakan khas Bogor yang sangat enak dengan harga murah-meriah. Dan yang paling penting adalah Anda tidak akan bisa menemukan makanan khas ini di tempat kuliner lain.

Toge Goreng sendiri buka lah toge yang dihidangkan dengan cara digoreng, namun direbus. Toge yang telah direbus ini kemudian dicampurkan dengan mie kuning serta irisan tahu goreng, kadang-kadang juga ditambah ketupat.
Kemudian, campuran ini disirami bumbu yang berbahan dasar oncom dan tauco serta diberi kecap manis. Rasa yang dihasilkan sangat lezat dengan sensasi asin plus manis. Toge Goreng ini sangat cocok dinikmati saat masih panas, terlebih saat hujan.

Harganya terbilang murah karena hanya Rp 7.00 per porsinya. Lokasinya beralamat di Jl. Dewi Sartika dan sekitar Pasar Anyar (Jembatan Merah)

8. Death by Chocolate & Spaghetti
Death by Chocolate & Spaghetti
Death by Chocolate & Spaghetti via julianadewi.com
Jika Anda hobi mencari tempat wisata kuliner unik, maka di sinilah tempatnya. Death by Chocolate & Spaghetti menyuguhkan nuansa horor dan cocok dikunjungi saat malam hari. 

Seperti namanya, menu andalan di sini adalah coklat dan spageti. Konsep yang diusung adalah seperti bangunan tua bernuansa mistis namun dikemas dengan sangat apik.

Lokasinya berada di Jl. Ceremai Ujung No. 22, Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat dengan harga Rp 250.000 untuk 2 orang, buka Pum 07.0007.00 – 22.00 WIB.

9. Sop & Sate Kambing Bang Hasan Kumis
Sop & Sate Kambing Bang Hasan Kumis
Sop & Sate Kambing Bang Hasan Kumis via pergikuliner.com
Tempat wisata kuliner yang ke-9 b ini merupakan yang terkenal karena menyajikan banyak kuliner lezat dengan jam buka 24 jam.

Yang menjadi andalan adalah menu sate dan sop yang sangat cocok disantap kalau cuaca dingin. Potongan dagingnya sangat empuk dan kuahnya juga kental, sehingga akan membuat siapa saja ketagihan.

Tempat kuliner yang cocok buat malam hari ini berada di Jln Raya Padjajaran (seberang ayam goreng ardhita). Oya, harga menu di sini juga sangat murah, yaitu Rp 30.000 per porsi untuk sop kambingnya.

10. Resto Solo
Resto Solo
Resto Solo via hallobogor.com
Kuliner solo memang menjadi favorit banyak orang, bahkan di Bogor pun telah ada Resto Solo yang  menyediakan banyak kuliner khas solo, jadi bagi wisatawan atau perantau yang berasal dari solo tidak perlu bingung lagi jika rindu masakan daerahnya.

Tempat wisata kuliner ini menyuguhkan nuansa yang tenang dan nyaman seperti di pedesaan Jawa Tengah. Dan ada sekitar 15 menu yang bisa Anda jumpai di sini. Seperti nasi liwet, selat solo, garang asem, pecel, gudeg, soto dan bakso solo.

Resto Solo ini berlokasi di Jl. Pajajaran Indah V No R5, Baranangsiang, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor. Harga menu di sini kisaran Rp 15.000 saja dan buka pada pukul 08.30 – 20.30 WIB.