PLARIUSMODIFIKASI101

Mumpung Di Jakarta, Inilah Tempat Wisata Terbaik di Jakarta Timur

Friday, July 20, 2018
Sebagaimana yang kita tahu Jakarta merupakan ibu kota negara. Jadi, wajar bila selain menjadi pusat pemerintahan, Jakarta juga menjadi pusat perekonomian dan perindustrian. Sehingga mau tidak mau pertumbuhan dan laju aktivitas penduduknya pun begitu cepat. Dengan berbagai macam masalah yang ada, seperti banjir dan macet, yang hingga sekarang masih dicari solusinya.

Meski begitu, Jakarta tetap saja merupakan kota yang menarik bagi banyak orang. Setiap harinya ribuan orang masuk Jakarta dengan berbagai kepentingan. Termasuk melakukan perjalanan wisata. 

Perlu diketahui, Jakarta yang terbagi menjadi 5 bagian, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur ini juga menyimpan begitu banyak tempat wisata yang menarik, terutama di Jakarta Timur. 

Dan berikut, sederet obyek wisata menarik yang bisa anda jumpai saat berkunjung ke Jakarta timur.

Berbagai Obyek Wisata Terbaik di Jakarta Timur

1. Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah via phinemo.com
Obyek wisata yang pertama adalah Taman Mini indonesia Indah atau kita kenal sebagai TMII. Destinasi ini merupakan objek wisata budaya terpupuler yang berlokasi di Jakarta Timur. Luasnya sekitar 150 hektar, dan secara lengkap telah menyuguhkan kebudayaan di seluruh Indonesia, mulai dari Provinsi Aceh, hingga Provinsi Papua atau Irian Jaya. Dan tidak hanya rumah adat khas daerah saja, namun juga peralatan dan aksesoris lengkap setiap daerahnya.


Selain itu, fasilitas lain yang terdapat di TMII di antaranya spot tempat ibadah agama-agama di Indonesia, istana anak-anak Indonesia, gondola yang bisa membawa pengunjung menikmati TMII dari ketinggian, berbagai macam museum seperti museum serangga, museum transportasi, museum listrik dan lain-lain, serta berbagai macam taman, seperti taman burung, taman kaktus, taman anggrek,  dan taman etnis Tionghoa. Dan tidak ketinggalan adalah teater Imax keong mas, yang menampilkan film-film mengenai keindahan budaya dan lingkungan serta film box office.

Wisata yang berlokasi di Jl. Taman Mini Indonesia Indah, Cipayung, Jakarta Timur ini sayangnya tidak memiliki sistem satu tiket untuk sekali masuk kemudian menikmati semua fasilitas di sana. Di objek wisata ini, setiap fasilitas atau wahana mempunyai tarif tiket masing-masing yang bervariasi dengan rentang harga termurah adalah 4000 rupiah dan 180.000 rupiah yang termahal. Namun, itu sepadan dengan fasilitas yang ditawarkan bukan?

2. Buperta Cibubur
Buperta Cibubur
Buperta Cibubur via bundahaifa.com
Buperta Cibubur atau Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur merupakan tempat rekreasi yang cocok untuk Anda yang jenuh dengan pemandangan kota yang macet dan banyak polusi. Sebab, di Buperta Cibubur ini Anda akan merasakan suasana alam yang masih asri dan hijau di tengah kepadatan kota Jakarta.

Fasilitas yang ditawarkan di objek wisata ini beragam, ada lapangan sepakbola, kolam renang, paintball, berbagai macam permainan air di danau, lapangan luas untuk kegiatan dengan jumlah orang banyak, kafetaria,  aula, penyewaan alat-alat, penginapan kamar, tenda, air bersih, dan juga tempat ibadah.

Tempat wisata yang sering digunakan sebagai tempat untuk Jambore Nasional ini berlokasi di Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, dan memiliki luas sekira 210 hektar. Untuk tarif harga tiket, Anda harus menyediakan 6.000 rupiah sampai 8.000 rupiah untuk parkir. Dan untuk menggunakan fasilitas lainnya, Anda harus menyiapkan uang mulai dari 25.000 rupiah sampai 1.500.000 rupiah.

3. Kampung China Cibubur
Kampung China Cibubur
Kampung China Cibubur via palembang.tribunnews.com
Jika Anda ingin berbelanja dan berjalan-jalan dengan suasana dan pernak-pernik yang baru, tempat ini cocok untuk Anda. Pasalnya, Kampung China Cibubur ini menawarkan pemandangan ala-ala budaya Cina. Jadi, merupakan tempat yang unik dan menyenangkan.

Fasilitas yang ditawarkan di objek wisata ini yang paling menonjol adalah barang-barang dan pernaki-pernik khas Cina yang dijual dengan haga yang relatif murah. Tempat ini sebenarnya terdiri dari bangunan perumahan khas Cina seluas 8 hektar. Di samping terdapat kota wisata Cina, di tempat ini juga terdapat Kampung Jepang, Kampung Eropa dan Kampung Indonesia, meski tidak seramai kampung Cina ini.

Objek wisata yang berlokasi di pinggiran Timur kota Jakarta ini, tepatnya di Jalan Boulevard Kota Wisata, Cibubur, Jakarta Timur dapat Anda masuki hanya dengan membayar biaya parkir kendaraan. Selebihnya, untuk fasilitas lain, seperti pembelian barang-barang dan toilet, Anda perlu untuk merogoh kocek lagi.

4. Telaga Arwana Cibubur
Telaga Arwana Cibubur
Telaga Arwana Cibubur via tempatwisataseru.com
Taman rekreasi edukatif ini sebenarnya tidak cukup terkenal karena lokasinya yang berada di dalam.  Namun, tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati waktu bersantai bersama keluarga terutama anak. Sebab, di tempat wisata ini Anda akan dikenalkan dengan pemandangan alam sebagai sarana kreatif untuk menambah pengetahuan dari anak.

Di samping itu, fasilitas yang ditawarkan pun menarik, Anda dapat menikmati makan bersama keluarga di restoran ala-ala pedasaan, macam-macam permainan air seperti pemancingan dan permainan tangkap ikan, serta kolam renang, dan di tempat wisata ini juga terdapat sarana untuk outbond, flying fox dan permainan bajak sawah. Menyenangkan bukan?

Nah, untuk lokasinya, tempat wisata yang merupakan tempat penangkaran Arwana ini berada di Jalan Jambore, Harjamukti, Cimanggis, Jakarta Timur. Untuk setiap fasilitasnya, Anda haus merogoh kocek berkisar 25.000 rupiah hingga 30.000 rupiah.

5. Monumen Pancasila Sakti
Monumen Pancasila Sakti
Monumen Pancasila Sakti via terseram.com
Apabila Anda menyukai sejarah, tempat ini adalah tempat yang cocok untuk menambah wawasan sejarah Anda. Merupakan sebuah tempat yang sering kita kenal dengan Lubang Buaya pada peristiwa sejarah G30S/PKI. Monumen Pancasila ini dibangun untuk mengenang peristiwa tersebut sebagai bukti kesaktian dari Pancasila dalam menumpas kejahatan di NKRI.

Di sana Anda dapat melihat saksi buta pada kejadian-kejadian sejarah tersebut seperti museum pengkhianatan PKI, dapur, museum paseban, rumah penyiksaan, sumur tempat pembuangan jenazah, ruang teater, pos komando dan kendaraan yang digunakan dalam peristiwa G30S/PKI.

Monumen Pancasila Sakti ini berada di Jalan Lubang Buaya, Jakarta Timur. Untuk menikmati fasilitas yang ada dan membaca kembali serta menambah pengetahuan sejarah mengenai kejadian tragis tersebut, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 5.000 rupiah.

6. Monumen Perjuangan Jatinegara
Monumen Perjuangan Jatinegara
Monumen Perjuangan Jatinegara via fotolokasi.com
Satu lagi objek wisata sejarah di Jakarta Timur, yakni Monumen Perjuangan Jatinegara. Merupakan monumen yang mengabadikan rangkaian perjuangan dalam sejarah di Jakart Timur. Di antaranya adalah kampung melayu, pasar macan, pulomas,  paseban, dan lain-lain.

Monumen ini diprakarsai oleh Gubernur Jakarta saat itu, yakni Ali Sadikin, sebagai maksud untuk mengenang sejarah perjuangan di Jakarta Timur. Cocok untuk yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai sejarah di Jakarta. Tempat ini berlokasi di jalan Jatinegara Raya, Jakarta Timur.

7. Cibugary (Cibubur Garden Diary)
Cibugary (Cibubur Garden Diary)
Cibugary (Cibubur Garden Diary) via wisatasekolah.com
Cibugary merupakan objek wisata yang edukatif dan menyenangkan untuk anak-anak. Di Cibugary ini, Anda dapat melihat bahkan mencoba secara langsung proses memerah susu sapi dan bagaimana proses pengolahan susunya agar dapat dikonsumsi manusia. 

Selain itu, Anda juga diperbolehkan untuk berinteraksi secara langsung dengan sapi seperti memberikannya makan dan memandikan sapi tersebut. Di Cibugary, selain sering menjadi tempat kunjungan wisata anak sekolah juga cocok untuk wisata keluarga yang ingin mengenalkan anak terhadap sesuatu yang alami. di samping itu, fasilitas lain yang ditawarkan adalah wahana permainan untuk anak-anak yang menyenangkan dan saung tempat bersitirahat.

Tempat wisata yang lokasinya berada di Jakarta Timur, yakni di Pondok Ranggon Cipayung ini mempunyai tarif tiket berkisar 25.000 rupiah hingga 45.000 rupiah. Karena tempat wisata ini memungkinkan Anda bercengkerama langsung dengan para hewan, kami sarankan Anda menggunakan masker.

8. Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptil
Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptil
Museum Fauna Indonesia “Komodo” dan Taman Reptil via youtube.com
Museum ini merupakan museum replika satwa yang berada di Indonesia. Replika tersebut merupakan hewan yang diawetkan. Di tempat ini Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam koleksi binatang lengkap dengan kondisi alamnya.

Di samping itu, Anda juga dapat menyaksikan koleksi binatang yang masih hidup, mulai dari binatang kupu-kupu, hingga hewan-hewan buas yang terancam punah seperti harimau. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Taman Mini Indonesia Indah, Kecamatan Cipayung,  Jakarta Timur dengan harga tiket mulai 10.000 rupiah.

Itulah diatas beberapa tempat wisata menarik yang bisa ditemui di Jakarta Timur. Dan tentunya, selain diatas masih banyak lagi obyek wisata lain yang juga sayang untuk dilewatkan.