PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Wisata Terbaik di Kediri Jawa Timur Wajib Dikunjungi

Wednesday, July 18, 2018
Tentunya nama kota Kediri sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Ya, salah satu kota di Provinsi Jawa Timur ini memang memiliki sejarah masa lalu yang cukup membanggakan. Dimana dulunya terdapat kerajaan yang begitu tersohor di Nusantara.

Dan untuk sekarang ini, selain terkenal karena kiprah tim sepakbolanya, kota Kediri juga dikenal sebagai  pusat perdagangan gula dan industri rokoknya yang juga  terbesar di Indonesia. 

Namun bukan itu saja, nyatanya Kediri juga menyimpan potensi wisata yang menarik. Tempat wisata yang berada di sekitar Kediri selain menawarkan berbagai macam pemandangan alam juga menyimpan banyak situs warisan sejarah dan budaya. Sehingga selain dapat menghibur atau sekadar mengisi waktu jalan-jalan bersama keluarga, di Kediri juga Anda dapat mempelajari berbagai macam hal, terutama khasanah sejarah tentang Kediri. 

Nah, untuk anda yang tertarik menjadikan kota Kediri sebagai tujuan berlibur, ini dia beberapa rekomendasi obyek wisata terbaik yang sebaiknya tidak anda lewatkan. Penasaran?

Deretan Obyek Wisata Menarik di Kediri Jawa Timur

1. Wisata Alam Gunung Kelud Kediri
Wisata Alam Gunung Kelud Kediri
Wisata Alam Gunung Kelud Kediri via tempatwisataseru.com
Tempat wisata pertama yang akan kami kenalkan adalah Gunung Kelud. Merupakan salah satu gunung yang masih aktif. Terakhir, tahun 2014 lalu gunung ini meletus. Namun begitu, tak mengurangi keindahan dan keeksotisan gunung yang satu ini. Jika Anda gemar mendaki, gunung ini bisa jadi salah satu referensi yang bagus.

Gunung ini memiliki keunggulan berupa akses jalan yang sudah cukup bagus. Sehingga, apabila Anda berjalan atau menggunakan kendaraan Anda dapat mencapai tempat yang cukup tinggi. Jadi, Anda akan cukup mudah untuk menjumpai keindahan yang ditawarkan di area gunung ini.

Tempat wisata ini berlokasi di antara Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri Jawa Timur. Jika Anda penyuka petualang. Saya sarankan Gunung Kelud menjadi salah satu tujuan wisata Anda.

2. Bukit Kura-kura Ongakan
Bukit Kura-kura Ongakan
Bukit Kura-kura Ongakan via youtube.com
Masih di area gunung Kelud, terutama di perbukitannya. Kita akan menjumpai salah satu tempat wisata keren yang cocok untuk Anda yang ingin memanjakan mata dan berselfie ria. Salah satu referensinya adalah di Bukit kura-kura Ongakan. Selain menawarkan pemandangan yang indah, bukit ini juga menawarkan nuansa pegunungan yang menyejukkan. 

Di tempat ini, Anda akan disediakan spot untuk berselfie dan berfoto-foto. Anda akan berlarut-larut untuk mengambil gambar dan memanjakan mata Anda jika di tempat ini. Selain itu, akses jalan yang merupakan hutan memungkinkan Anda menjumpai hewan-hewan liar penghuni hutan tersebut.

Jika Anda ingin menikmati panorama di bukit ini, Anda harus pergi ke Kawasan Cagar Alam Besowo, Kelurahan Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Jalan yang dilalui memang cukup jauh dari kota, namun itu sepadan dengan pemandangan yang ditawarkan.

3. Wow Kafe, Sumber Podang
Wow Kafe, Sumber Podang
Wow Kafe, Sumber Podang via silviananoerita.com
Tempat wisata selanjutnya adalah tempat wisata yang cukup lengkap. Namanya Sumber Podang. Selain menawarkan  banyak wahana permainan dan atraksi outbond, juga meanwarkan kesejukan udara di sekitar dan keasrian alamnya. Di samping itu, Anda akan menemui keceriaan lebih besar dengan mengisi perut Anda di tempat kuliner yang berada di objek wisata ini.

Nah, untuk mencicipi aneka makanan yang dipadukan dengan suasana alam yang masih asri ini Anda patut untuk mencobanya di Wow Café. Café ini berada di pinggiran sawah dan di antara aliran irigasi sawah tersebut. Menjadikan café ni begitu asri dan unik.

Tempat wisata yang berlokasi di Jalan Sumber Podang, Joho, Semen, Kediri, Jawa Timur ini akan membawa Anda menyantap makanan sembari menikmati pemandangan petani yang sedang beraktivitas. Memperhatikan suasana yang ada di sini akan menyegarkan pikiran Anda kembali.

4. Simpang Lima Gumul
Simpang Lima Gumul
Simpang Lima Gumul via tabloidwisata.com
Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Arc de Triomphe yang berada di kota Paris itu, dan belum juga terwujud, maka, monumen yang berada di Simpang Gumul ini bisa menjadi alternatif wisata Anda untuk mencicipi aroma bangunan seperti di kota Paris itu.

Monumen ini memipunyai bentuk yang hampir sama dengan monumen yang berada di kota Paris itu. Namun, di tempat ini, di bagian dindignya, terdapat suatu relif yang mengisahkan sejarah berdirinya kota Kediri tersebut. Sedang, di bagian dalam, Anda akan menjumpai diorama sejarah kota tersebut. Lebih megah lagi, terdapat tiga terowongan bawah tanah yang menuju ke monumen.

Tempat wisata ini berada di Jalan Raya Dadapan, Tugurejo, Ngasem, Kediri, Jawa Timur. Di tempat wisata yang murah meriah ini And adapt menyaksikan panorama kota Kediri dari atas monument. Dan, apabila matahari telah terbenam, Anda akan menyaksikan keramaian para pengunjung dan wisata kuliner tradisional yang berada  di sekitar monumen tersebut serta berbagai macam hiburan rakyat.

5. Museum Airlangga Kediri
Museum Airlangga Kediri
Museum Airlangga Kediri via kekunaan.blogspot.com
Tempat wisata selanjutnya, masih berkaitan dengan wisata sejarah. Kali ini adalah Museum Airlangga yang merupakan tempat penyimpanan berbagai macam arca dan peninggalan benda-benda sejarah purbakala lainnya dari zaman kerajaan Mataram Hindu.

Di tempat wisata ini, Anda akan dikenalkan dengan sejarah kerajaan Mataram Hindu melalui benda-benda yang ditampilkan di dalam museum. Cocok bagi Anda penyuka sejarah. Museum ini berada di Jalan Mastrip 1, Kawasan Wisata Selomangleng, Kediri. Nama museumnya diambil dari nama Raja Airlangga yang merupakan pendiri kerajaan Kahuripan.

6. Candi Surowono
Candi Surowono
Candi Surowono via beritadaerah.co.id
Objek wisata selanjutnya adalah Candi. Masih berkaitan dengan sejarah, Candi ini dulunya merupakan tempat Raja Wengker disucikan. Ia adalah bawahan Hayam Wuruk dari Kerajaan Majapahit. Candi ini konon berdiri pada tahun 1400 masehi. Candi ini berukuran 8 x 8 meter.

Candi yang berlokasi di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur ini  dalam sejarahnya selain dibangun sebagai terowongan bawah tanah, juga merupakan candi yang dibangun karena kelalaian di masa lalu. Di Candi ini Anda dapat melakukan foto-foto sekaligus mencari tahu situs sejarah.

7. Kediri Waterpark
Kediri Waterpark
Kediri Waterpark via oknusantara.com
Tempat wisata selanjutnya adalah tempat wisata air. Anda akan menjumpai wisata air terbesar di Jawa Timur di tempat ini, yakni Kediri Waterpark. Di tempat ini, Anda dapat mencoba water-slide terpanjang yang berada di Asia. Tingginya mencapai 350 meter dan memiliki panjang sekitar 206 meter. Sangat menantang bukan?

Tempat wisata ini menyediakan berbagai macam fasilitas permainan air selayaknya wisata air kolam renang lainnya. Berada di Jalan Raya Pagung, Desa Pagung, Semen, Kediri, Jawa Timur, tempat wisata ini juga menawarkan pemandangan pegunungan, karena lokasinya berada di lereng gunung Wilis, Jawa Timur.

8. Kampung Inggris Pare
Kampung Inggris Pare
Kampung Inggris Pare via panduankampunginggris.com
Wisata yang selanjutnya cukup berbeda. Karena wisata ini termasuk wisata edukatif. Bagi kalangan pelajar atau pun akademik pasti sudah tahu dengan tempat ini, yakni Kampung Inggris Pare yang merupakan pusat pembelajaran bahasa Inggris, dari mulai membaca, menulis dan berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Di kampung ini, Anda akan dipacu untuk terus menerus belajar bahasa Inggris, sebab, untuk komunikasi sehari-hari, seluruh penghuni kampung ini selalu menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, di kampong ini terdapat ratusan tempat kursus bahasa Inggris. Tempat wisata edukasi ini berada di Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur.

9. Jalan Dhoho
Jalan Dhoho
Jalan Dhoho via youtube.com
Tak lengkap rasanya apabila mengunjungi suatu tempat, namun tidak mencicipi kuliner khas setempat. Di Kediri, Anda bisa menjumpai berbagai macam makanan tradisional khas Kediri di Jalan Dhoha. Atau bisa disebut sebagai ‘Malioboro’nya kota Kediri.

Salah satu makanan khas yang menjadi favorit di Kediri adalah Pecel Tumpang Pincuk. Begitu malam mulai menjelang, deretan toko akan tutup, kemudian di pusat kota itu, di Jalan Dhoha, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam pedagang Pecel Tumpang Pincuk dan makanan tradisional lainnya.

Tempat wisata kuliner ini berlokasi di Jalan Dhoho, Kediri, Jawa Timur. Jika Anda mencari tempat berwisata kuliner, di sinilah pusatnya. Anda tak perlu khawatir menghabiskan banyak uang. Di Jalan Dhoha ini makanannya memiliki harga yang relatif murah.

Itulah beragam obyek wisata terfavorit di Kediri Jawa Timur yang wajib anda kunjungi saat liburan kesana. Nah, selamat berlibur dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tiap obyek wisata yang anda kunjungi, dengan membuang sampah selalu ditempatnya.