PLARIUSMODIFIKASI101

Pilihan Tempat Wisata Terbaik di Magelang Jawa Tengah

Tuesday, July 31, 2018
Magelang merupakan salah satu kota di Jawa tengah yang kaya akan obyek wisata. Tak hanya obyek wisata alam, namun juga wisata budaya, wisata bersejarah dan juga berbagai wisata modern. Tak heran bila setiap harinya, kota ini dibanjiri banyak pengunjung dari luar daerah, bahkan wisatawan dari luar negeri. Lantas, apa saja obyek wisata yang ada di kota ini, sehingga banyak yang rela jauh-jauh datang kemari? Nah, berikut beberapa diantaranya: Daftar Tempat Wisata Terbaik di Magelang Jawa Tengah

1. Candi Borobudur
Candi Borobudur
Candi Borobudur via solotrust.com
Wisata terbaik yang ada di Magelang yang pertama tentu saja candi Borobudur. Candi megah yang dibangun pada abad ke-9 di masa dinasti syailendra ini, merupakan salah satu warisan budaya indonesia, yang telah diakui dunia, bahkan masuk dalam salah satu 7 keajaiban dunia.

Candi borobudur dihiasai dengan ukiran batu relief yang mewakili gambaran kehidupan Buddha. Candi ini berlokasi di desa Borobudur kecamatan borobudur kebupaten magelang. Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota magelang. Untuk anda pengunjung dari luar kota yang kebetulan ingin menginap, tak jauh dari candi  borobudur terdapat banyak penginapan dengan harga beragam. Mulai dari yang murah hingga hotel berbintang. 

2. Candi Selogrio
Candi Selogrio
Candi Selogrio via idsejarah.net
Kabupaten magelang bisa disebut sebagai daerah/kota seribu candi. Selain borobudur yang merupakan candi terbesar yang sudah sangat terkenal di dalam maupun luar negri, terdapat juga candi selogrio. Mungkin nama candi ini masih belum populer, karena memang keindahanya belum banyak terekspos media. 

Tepatnya, candi ini terletak di lereng gunung sumbing, desa kembang kuning, kecamatan windusari, kabupatan magelang. Candi Selogrio merupakan candi Hindu yang dibangun pada masa pemerintahan dinasti sanjaya. Ciri bangunan candi ini ramping dan langsing dengan atap bersusun tiga dikelilingi makota berbentuk bulat. Terdapat hiasan relung dengan patung shiwa dalam berbagai posisi. Nampak pula patung shiwa yang mengendarai lembu andini.

Menikmati kemegahan candi selorgiyo akan membawa kita pada suasana yang hening dan sejuk. Di pelataran candi juga terdapat pondok terbuka yang bisa digunakan sebagai area untuk beristirahat

3. Ketep Pass
Ketep Pass
Ketep Pass via tempatwisataseru.com
Tempat wisata terbaik di Magelang Jawa Tengah yang lain ialah ketep pass. Ketep pass menghadirkan panorama indah dataran tinggi dilengkapi dengan kabut yang menutupi dua sisi gunung yakni merapi dan merbabu. Ketep pass dilengkapi dengan fasilitas gardu pandang, ketep volcano theatre, ketep volcano centre, teropong, ketep pass restaurant, area bermain anak, pelataran panca arga dan juga area parkir yang luas serta mushola.

Di ketep pass terdapat musium bernama ketep volcano centre yang memberikan informasi mengenai gunung berapi. Anda bisa melihat miniatur gunung merapi, contoh batuan sisa erupsi dari tahun ke tahun, poster pubcak gunung merapi,  poster peringatan dini banjir lahar dingin, foto-foto dokumentasi letusan gunung merapi dari tahun ke tahun dan strereoskop atau alat untuk melihat hasil foto udara menjadi gambar 3 dimensi.

Lokasi tertinggi ketep pass terletak di pelataeab arga. Jika cuaca cerah, pengunjung bisa melihat keindahan puncak 5 gunung dari sini, yakni  gunung merbabu, gunung merapi, gunung sindoro, gunung sumbing dan gunung slamet.

Bagi pengunjung luar daerah jangan khawatir, tersedia beberapa homestay  atau penginapan di kawasan ini. Selain itu banyak juga penjual jajanan atau makanan, yang bisa ditemui disana.

Jika anda ingin melihat ganasnya erupsi merapi tahun 2010, anda bisa masuk ke ketep volcano theatre. Di tempat ini akan di putar film dokumenter mengenai erupsi gunung merapi dengan durasi  20 menit. Tidak ada jam khusus untuk pemutaran film ini, selama penonton minimal berjumlah 15 orang, film bisa diputar.

Jika anda ingin melihat gunung merapi dan merbabu secara lebih dekat, pengunjung bisa menyewa teropong dengan membayar hanya 3000 rupiah saja. Di pagi hari, jika cuacanya cerah dan bersih dari kabut, anda juga bisa menikmati keindahan sunrise yang muncul di sela-sela gunung kembar. Spot yang terbaik adalah di kawasan parkir sebelah utara atau anda juga bisa menikmati keindahan sunrise di pelataran panca arga.

Obyek wisata keren ini terletak di jalur solo-selo-boyolali, tepatnya di jalan blabak-boyolali km. 16, ketep, sawangan, magelang. 

4. Gunung Andong
Gunung Andong
Gunung Andong via piknikasik.com
Bagi pendaki pemula, sangat tepat bila mencoba mendaki gunung andong.  Karena gunung ini hanya memiliki 1726 mdpl saja. Dengan ketinggian tersebut, tentunya tidak dibutuhkan persiapan khusus untuk mendaki hingga puncak. 

Selain itu, akses pendakian juga terbilang mudah, karena sebagian besar jalur pendakian dibuat seperti anak tangga. Dan menariknya lagi, jalur pendakian hanya terdapat satu trek, sehingga kecil kemungkinan pendaki tersesat. 

Meskipun gunung kecil, tetapi andong menyajikan pemandangan yang cukup indah ketika telah sampai dipuncaknya. Dari puncak andong, pengunjung bisa menyaksikan pesona beberapa gunung besar disekitar, seperti gunung merbabu dan merapi dari arah timur, dan gunung sindoro, sumbing, serta gunung slamet dari sisi barat.

Lokasi pendakian dapat ditempuh sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota.  Basecamp pendakian terletak di dusun sawit, kecamatan ngablak kabupaten magelang. Setelah sampai basecamp, sebelum memulai pendakian anda akan dikenakan biaya registrasi sebesar 3ribu perorang serta 3ribu lagi untuk biaya parkir kendaraan.

5. Taman Bermain Kyai Langgeng
Taman Bermain Kyai Langgeng
Taman Bermain Kyai Langgeng via arumwulandari1997.wordpress.com
Obyek wisata ini berjarak sekitar 1 kilometer dari pusat kota magelang. Taman bermain kyai langgeng merupakan tempat rekreasi keluarga dengan pesona hutan buatan yang indah. Obyek wisata ini dibangun atas inisiatif walikota magelang, yang kala itu dijabat bagus panuntun (tahun 1991) dengan tujuan mewujudkan taman bunga yang indah di kota Magelang.

Dalam perkembanganya, obyek wisata ini kemudian dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga sekaligus paru-paru kota dengan hutan buatanya. Obyek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas seperti wahana permainan, edukasi, wisata air, serta rest area yang cukup luas.

Selain itu, disini juga terdapat flying fox yang keren. Flying fox di obyek wisata ini telah didesain sedemikian rupa demi keamanan pengunjung. Fasilitas ini bisa anda nikmati hanya dengan membayar tiket 10ribu saja. Selain itu, terdapat juga bioskop 6 dimensi yang merupakan wahana multimedia dengan audio visual yang menghadirkan sensasi petualanganteknologi digital.

Ada juga kereta mini yang siap mengantar pengunjung mengelilingi obyek wisata ini. Tidak hanya itu, terdapat pula dragon coster dengan tarif rp.1000/orang jika anda ingin menaikinya. Terdapat kolam renang dan water boom yang bisa anda nikmati dengan membayar tiket sebesar rp. 10.000.

Obyek wisata ini buka setiap hari dari pagi mulai jam 8 hingga jam 4 sore. Untuk tiket masuk dikenakan tarif sebesar  24ribu, pada hari senin sampai jumat dan 30ribu di hari sabtu hingga minggu. Dan khusushari  lebaran dikenakan tarif sebesar 35ribu.

Bisa dibilang, obyek wisata taman kyai langgeng ini merupakan destinasi wisata keluarga terlengkap di magelang jawa tengah.

6. Wisata Alam Pohon Pinus Kragilan
Wisata Alam Pohon Pinus Kragilan
Wisata Alam Pohon Pinus Kragilan via travel.tribunnews.com
Jika anda hobi selfi dan berburu tempat-tempat yang instagramable, maka wisata alam pohon pinus tidak boleh anda lewatkan. Tempat keren ini hanya berjarak 4km dari ketep pass. Disana pengunjung bisa menikmati pesona hamparan hutan pinus yang indah dan lebat.

Destinasi ini tepatnya ada Lereng Gunung Merbabu. Tepatnya berada di Desa Pogalan, Pakis, Kabupaten Magelang. Namun untuk sampai disana, pengunjung harus melalui medan yang berliku dengan banyak tanjakan terjal.

7. Bukit Gunung Tidar
Bukit Gunung Tidar
Bukit Gunung Tidar via yukpiknik.com
Selanjutnya adalah bukit gunung Tidar. Destinasi alam ini terletak di tengah kota magelang. Pintu masuk pendakian terletak di belakang terminal angkutan kota magelang. Dengan ketinggian sekitar 503 mdpl, area pegunungan ini banyak ditumbuhi pohon salak dan pinus. 

Selain terkenal dengan pesona alamnya yang indah, diatas gunung tidar terdapat makam para leluhur. Jika anda akan mendaki gunung tidar, sebelum mencapai puncak, anda akan disambut dengan petilasan makam syekh subakir yang sampai sekarang ramai dikunjungi.

Saat sampai diatas bukit, terdapat lahan yang cukup luas yang mana tengahnya terdapat prasati dengan tinggi sekitar 2 meter berbentuk tugu segu empat. Prasasti ini bernama pancer tidar, yang konon ceritanya, merupakan warisan dari syekh subakir ketika menemukan bukit ini di magelang. Untuk masuk obyek wisata ini hanya dikenakan tiket dengan tarif 3ribu saja. 

8. Curug Silawe
Curug Silawe
Curug Silawe via eksapedia.com
Obyek wisata menarik di Magelang lainnya adalah Curug Silawe. Curug Ini berlokasi di dusun Kopeng Kulon, desa Sutopati, kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Karena belum populer, dan belum banyak dikunjungi, kondisi curug ini masih bersih dan alami, dengan pemandangan alam sekitar yang sangat eksotis. 

Nah, itulah 8 obyek wisata terbaik di Magelang Jawa Tengah yang kami rekomendasikan untuk anda. Pastinya, selain diatas masih banyak lagi obyek wisata keren lainnya.