PLARIUSMODIFIKASI101

Selain Pantai Losari Inilah Obyek Wisata Terkenal di Makassar Sulawesi Selatan

Sunday, July 22, 2018
Bicara mengenai obyek wisata pantai di Makasar, Sulawesi selatan, tentunya nama yang populer adalah pantai Losari. Namun bukan berarti, di Makasar hanya mempunyai pantai Losari saja, nyatanya disana juga terdapat banyak sekali obyek wisata lain yang tak kalah menarik. Meskipun beberapa diantaranya kurang terkenal namanya.

Nah, untuk anda yang masih bingung mau kemana saat liburan ke Makasar, berikut kami bagikan beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik yang ada di Makasar Sulawesi selatan. Penasaran?

Deretan Obyek Wisata Terbaik di Makassar Sulawesi Selatan

1. Pantai losari
Pantai losari
Pantai losari via indonesianholic.com
Sebagaimana yang kami singgung diatas, pantai losari memang merupakan pantai yang terkenal di makassar. Pantai ini terlihat indah ketika menjelang senja. Matahari tenggelam atau sunset akan terlihat sangat mempesona di pantai ini. Selain itu,  kuliner yang dijajakan disini juga menjadi daya tarik tersendiri. Kuliner yang terkenal dari pantai ini adalah pisang epe. Makanan yang terbuat dari pisang mentah yang digeprek lalu dibakar kemudian disajikan dengan gula merah yang dicairkan. Banyak kuliner khas makassar di jual disini seperti palu putung, es pisang ijo, sop kontro dan coto makassar.

Rute menuju pantai ini cukup mudah. Jika anda datang dari bandara hassanudin, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke pantai losari. Jika anda datang dari pelabuhan soekarno-hatta, hanya dibutuhkan waktu 20 menit saja.

Bagi anda yang ingin meningap. Disekitar pantai ini banyak tersedia hotel dan penginapan. Toilet dan tempat beribadah juga tersedia disini. Untuk memasuki area pantai, pengunjung tidak perlu membayar, cukup membayar retribusi parkir kendaraan saja.

2. Taman Nasional Bantimurung Makassar
Taman Nasional Bantimurung Makassar
Taman Nasional Bantimurung Makassar via smeaker.com
Batimurung merupakan taman nasional wisata alam indonesia. banyak terdapat wisata alam yang ditawarkan ditempat ini, diantaranya adalahair terjun bantimurung, penangkaran kupu-kupu , cagar alam, dan sebagainya.

Taman nasional ini berada di sebelah utara makassar, tepatnya di kecamatan bantimurung kabupaten maros sulawesi selatan. Dibutuhkan waktu 30-60 menit untuk sampai ke tempat ini dari bandara sultan Hassanudin.  Ada juga air terjun bantimurung yang tak kalah menarik. Terdapat pula goa yang sekarang menjadi obyek wisata di bantimurung.

3. Pulau Kapoposang
Pulau Kapoposang
Pulau Kapoposang via anekawisatanusantara.blogspot.com
Pulau kapoposang memiliki wilayah sekitar 50.000 ha, dengan panjang 103 km. Pulau ini memiliki keindahan yang terkenal sampai tingkat dunia, tak heran banyak turis mancanegara berkunjung ke sini. Anda tak hanya bisa menikmati keindahan pulau ini saja, menyelam snorkeling dan memancing juga bisa anda lakukan disini.

Lokasi pemancingan di pulau ini merupakan salah satu spot terbaik di indonesia. anda juga bisa mendapatkan moment terbaik dengan menikmati keindahan sunrise dan sunset ketika berada di pulau ini.

Snorkeling atau diving sering dilakukan ketika wisatawan berkunjung di pulau kapoposang. Ini dikarenakan terumbu karang di pulau ini sangat indah dan alami belum terkena kerusakan. Laut yang jernih serta ikan beraneka ragam menambah keindahan pemandangan bawah laut.

Bagi anda pecinta diving, pulau ini menjadi pilihan tempat wisata terbaik di makassar sulawesi selatan karena banyak spot menyelam yang unik yang bisa anda jumpai disini. Seperti shark point dan tanjung point, terdapat pula aquarium point yang bentuknya seperti aquarium dengan ikan yang berwarna-warni bermain di sekitar koral.

4. Pulau Lae-Lae
Pulau Lae-Lae
Pulau Lae-Lae via travelingyuk.com
Merupakan pulau kecil yang masuk dalam kawasan wisata pulau kota makassar. Berjarak sekitar 1,5 kilometer dari pusat kota makassar. Untuk bisa sampai ke pulau ini, anda harus menyebrang dari kota makassar dengan menyewa perahu milik nelayan. Anda bisa menyebrang dari dermaka kayu bagkoa atau dari dermaga yang berlokasi di depan benteng fort rotterdam.

Untuk menyewa perahu, anda harus merogoh kocek sebesar rp. 15-000-30.000/orang. Dibutuhkan waktu sekitar 5-10 menit untuk bisa sampai ke pulau lae-lae. Begitu anda sampai ke pulau ini, anda akan di sambut dengan hamparan pasir putih yang eksotis. Terdapat banyak sekali spot foto  yang bagus di pulau ini.

Anda juga bisa bersantai menggunakan hammock yang diikat diantara dua pohon sambil menikmati semilir angin pinggir pantai. Bagi anda yang hobi driving atau snorkeling, pulau ini juga memiliki keindahan bawah laut yang menawan. 

Sunset yang terlihat dari pulau ini juga sangat bagus untuk anda nikmati, apalagi jika cuacanya sedang cerah. Di pulau ini juga tersedia fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari penginapan, rumah makan yang harganya cukup terjangkau.

5. Pulau Kayangan
Pulau Kayangan
Pulau Kayangan via travelingyuk.com
Pulau ini menjadi tempat wisata terbaik di makassar yang sayang untuk anda lewatkan.  Untuk sampai ke pulau ini, anda hanya butuh sekitar 15-20 menit berlayar dari demaga penyebrangan. Dermaga yang memiliki akses ke pulau ini berada di jalan ujungpandang. Tepatnya didepan benteng Rotterdam.

Hanya dengan membayar rp. 40.000 anda akan diantar pulang pergi menggunakan kapal perahu motor. Pulau ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti tempat penginapan, rumah makan, kolam renang, hingga kafe.

Bagi anda yang hobi driving atau snorkeling, di tempat ini juga menyewakan alat-alat perkengkapan diving dengan harga relatif terjangkau. Jangan khawatir kehilangan sinyal handphone untuk akses internet, karena disini tersedia fasilitas wifi.

6. Benteng Somba Opu
Benteng Somba Opu
Benteng Somba Opu via wisataholik.com
Jika anda ingin berwisata sejarah, benteng Soba Opu bisa menjadi Tempat wisata terbaik di makassar sulawesi selatan yang bisa anda kunjungi. Benteng ini didirikan pada awal abad ke 16, pada tahun 1525 atas usaha raja Gowa ke-9 Karaeng Tumaparisi Kallonna. Benteng ini mempunyai luas 113.590 meter persegi yang terletak diantara dua sungai yakni sungai balang baru dan sungai jeneberang.

Benteng ini dulunya tidak hanya berfungsi sebagai pusat pertahanan kerajaan gowa, tetapi juga pernah menjadi pusat perdagangan rempah-rempah. Dalam kawasan benteng ini terdapat banyak cagar budaya berupa rumah adat dari berbagai suku di sulawesi selatan dan barat. Terdapat pula museum yang menajdi tempat penyimpanan benda bersejarah seperti meriam besar yang panjangnya sekitar 9 meter.

Untuk sampai ke benteng ini, anda harus melewati jembatan besi yang melintang di atas sungai jene berang. Benteng ini berada di  Jalan Daeng Tata, Makassar.

7. Benteng Fort Rotterdam
Benteng Fort Rotterdam
Benteng Fort Rotterdam via makassar.tribunnews.com
Selain benteng somba opu, tak jauh dari situ juga terdapat benteng Fort Rotterdam yang terletak di  Jalan Ujung Pandang no. 1 kota Makassar. Benteng ini juga dibangun pada 1545 oleh raja gowa ke-9. Memasuki bagian dalam benteng ini, pengunjung disambut dengan taman  hijau yang asri berada di tengah-tengah benteng.

Anda juga bisa menjumpai museum La Galibo yang berada di dalam benteng.  Dalam museum, terdapat koleksi benda-benda bersejarah dari mulai zaman prasejarah sampai perkembangan budaya masa modern. 

Benda –benda yang dipamerkan di museum di letakkan dalam etalase kaca. Museum ini juga menampilkan kehidupan mata pencaharian masyarakat makassar kuno yang mayoritas pelaut. Miniatur kapal pinisi yang terpajang merupakan simbol yang menggambarkan nenek moyang orang makassar dahulu merupakan seorang pelut yang ulung.

Secara umum , bangunan dalam kawasan benteng Fort Rotterdam cukup terawat dan dalam kondisi utuh.  Benteng ini berjarak sekitar 1 kilometer dari bandar udara Sultan Hassanudin Makassar atau dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 30 menit. Sedangkan dari pelabuhan soekarno-hatta hanya ditempuh sekitar 15 menit saja.  

8. Ke’te Kesu
Ke’te Kesu
Ke’te Kesu via diobara07.worpress.com
Kesu merupakan desa wisata yang memiliki panorama indah. Berlokasi di Kampung Bonoran, Kecamatan Sanggalangi, Toraja Utara. Desa ini telah ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya yang terkenal sebagai daerah penghasil kerajinan pahat, lukis dan ukir yang diakui dunia.

Di desa ini terdapat tongkonan (rumah adat dengan ciri rumah panggung kayu yang memiliki kolong dibawah rumah yang biasanya dipakai sebagai kandang kerbau) yang berjejer rapi sepanjang jalan.

Selain rumah tongkonan, terdapat pula makam-makam tua yang menyimpan mitos tersendiri. Di desa ini juga sering digelar upacara adat. Kebanyakan upacara adat dilakukan pada bulan juni hingga desember.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini, anda sebaiknya membawa perbekalan karena disini sangat jarang rumah makan. Namun di sini, ada banyak kios yang menjual souvenir khas toraja. Jika berkunjung ke desa ini, anda cukup membayar rp. 5000 saja .

9. Malino
Malino
Malino via arsy.co.id
Malino terkenal sebagai tempat dilangsungkanya perundingan meja bundar yang mengesahkan perjanjian pembentukan Republik Indonesia Serikat. Malino merupakan kota kecil di kapupaten gowa yang berada di ketinggian 750 mdpl. Disini terdapat obyek wisata malino highland yang merupakan kebun teh penginggalan jepang. 

Ada pula hutan pinus malino yang merupakan daya tarik kota ini. Kawasan ini selalu ramai pengunjung apalagi ketika akhir pekan. Berbagai kuliner juga dijajakan di sekitar kawasan hutan pinus malino.

Itu dia rekomendasi tempat wisata terbaik di makassar sulawesi selatan yang  layak dikunjungi. Keren-keren bukan?