PLARIUSMODIFIKASI101

11 Tips Liburan Keluarga yang Menyenangkan dan Seru Abis

Thursday, July 5, 2018
Tips liburan keluarga yang menyenangkan perlu Anda miliki tentunya sebelum Anda memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan Anda kali ini. Mengisi liburan dengan aktivitas yang tepat adalah salah satu cara bijak untuk mencintai diri kita sendiri. Jangan sampai momen liburan yang jarang-jarang Anda dapatkan justru Anda habiskan untuk bekerja lagi, lagi dan lagi. Forsir tubuh seperti ini justru akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan fisik dan juga psikis. Tidak hanya itu, manusia tidak luput dari relasi sosial. Liburan bersama keluarga dan kerabat sejatinya adalah cara kita untuk menyayangi mereka yang merupakan bagian dari diri kita. Jangan sampai kita akan menggunakan semua waktu yang kita miliki hanya untuk bekerja dan kehilangan sepenuhnya quality time yang kita punya untuk berkumpul bersama keluarga. Jika Anda memaksakan diri untuk tetap bekerja pada momen -momen liburan, maka Anda akan mendapat sebutan “papa yang egois” dari si kecil dan juga “papa yang super ignore dari sang istri”. Alhasil, keluarga kita pun akan jauh dari kata harmonis.

Keluarga adalah tempat dimana kita akan kembali. Keluarga tercinta adalah obat bagi rasa penat dan tertekan atas beban pekerjaan sehari-hari. Untuk itu, momen liburan yang langka ini akan jadi momen paling tepat untuk membayar semua waktu kebersamaan kita bersama keluarga yang telah hilang. Meski waktu liburan tidak sebanding dengan waktu yang kita habiskan di meja kerja, liburan yang hangat, seru, dan menyenangkan akan menjadi momen yang paling kita tunggu bersama si kecil dan pasangan tercinta. Agar momen liburan lebih luar biasa dari pada biasanya, berikut 11 tips liburan keluarga yang menyenangkan yang perlu Anda coba.

1. Tentukan lokasi liburan
Tentukan lokasi liburan
Tentukan lokasi liburan via commons.wikimedia.org
Berlibur bersama keluarga tentunya tidak semudah berlibur sendiri. Jika Anda adalah ayah dari  anak yang bersekolah dan suami dari pasangan yang memiliki karakter yang berbeda dengan Anda, maka Anda bisa melakukan negosiasi bersama mereka terlebih dahulu. Pastikan kemana mereka ingin berlibur dengan memilih tempat liburan yang paling banyak diminati oleh anggota keluarga. Perlu diingat bahwa agar si kecil merasa lebih happy maka letakkan terlebih dahulu keinginan Anda dan turuti kemauan mereka untuk berlibur di lokasi yang mereka inginkan.

2. Planning anggaran
Planning anggaran
Planning anggaran via entrepreneurcamp.id
Setelah menentukan lokasi liburan yang Anda pilih, Anda bisa melakukan planning anggaran bersama sang istri. Rencanakan keuangan tersebut mulai dari biaya transportasi, biaya penginapan, biaya tiket masuk, uang jajan buat si kecil, anggaran untuk buah tangan, dan anggaran mendadak lainnya. Dalam menentukan anggaran tersebut Anda bisa membawa biaya jaga-jaga agar ketika ada hal yang tidak memungkinkan, Anda tetap bisa menanggulanginya.

3. Pesan tiket jauh-jauh hari
Pesan tiket jauh-jauh hari
Pesan tiket jauh-jauh hari via konfrontasi.com
Agar lebih ekonomis apalagi saat Anda berlibur bersama keluarga, Anda bisa memesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Tiket tersebut berupa tiket masuk tempat wisata, tiket transportasi, dan tiket penginapan yang tentunya akan lebih ekonomis jika dibandingkan dengan saat Anda membeli pada hari H. Posisi Anda yang tidak bisa menolak tawaran pada hari H yang cukup tinggi itulah yang akan dipakai untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar oleh pihak penyedia jasa.

4. Tentukan apakah akan memakai biro perjalanan atau tidak
Tentukan apakah akan memakai biro perjalanan atau tidak
Tentukan apakah akan memakai biro perjalanan atau tidak via mariwisatatravel.co.id
Penting bagi Anda untuk menentukan apakah Anda akan memakai biro jasa atau tidak. Menggunakan biro jasa ada sisi baik dan buruknya.

Sisi baik

  • Anda tidak perlu repot-repot kesana-kemari untuk menggurus tiket ini dan itu.
  • Cukup praktis sebab  tinggal bayar maka apa yang Anda butuhkan selama perjalanan akan Anda dapatkan.
Sisi buruk

  • Jadwal mengikuti pihak biro jasa
  • Tidak bisa berlama-lama di lokasi tertentu yang kita inginkan dan terkesan tergesa-gesa.
  • Layanan belum tentu sesuai dengan keinginan.
5. Gunakan kereta dorong
Gunakan kereta dorong
Gunakan kereta dorong via blog.reddoorz.com
Jika kebetulan Anda membawa si kecil yang usianya masih balita, maka jangan lupa membawa baby sitter dan juga kereta dorong. Ini dilakukan supaya Anda dan pasangan lebih bisa menikmati perjalanan dan Andapun tidak perlu terus-menerus menggendong si kecil selama perjalanan.

6. Jangan lupa cek popok si kecil
Jangan lupa cek popok si kecil
Jangan lupa cek popok si kecil via mommyasia.id
Selain membawa kereta dorong, sering-seringlah mengecek popok si kecil. Biasanya rengekan demi rengekan si kecil adalah karena kondisi popoknya yang sedang basah, entah karena BAB ataupun ngompol. Agar si kecil lebih nyaman dan perjalanan Andapun lebih tenang, Anda bisa membawa cukup pampers sebagai persediaan.

7. Bawa snack favorit
Bawa snack favorit
Bawa snack favorit via matcha-jp.com
Berlibur identik dengan membelanjakan uang. Agar Anda sekeluarga tetap bisa berhemat, maka usahakan untuk membawa barang-barang yang Anda perlukan selama perjalanan dari rumah. Salah satunya adalah snack. Siapkan snack yang paling disukai anak-anak dan juga pasangan. Bawa secukupnya sesuai dengan durasi liburan Anda. Ini akan cukup menghemat biaya liburan Anda sehingga Anda tidak akan mengalami kanker pasca liburan.

8. Berkunjung ke taman hiburan
Berkunjung ke taman hiburan
Berkunjung ke taman hiburan via arsitag.com
Salah satu tempat yang paling disenangi anak-anak adalah taman hiburan. Disini mereka bisa mencoba permainan sepuasnya dengan keseruan yang tiada duanya. Jangan sampai Anda terpisah dengan si kecil saat berada di taman hiburan dan selalu pastikan keamanan si kecil selama bermain.

9. Berwisata ke pantai
Berwisata ke pantai
Berwisata ke pantai via genpinews.com
Pilihan wisata keluarga yang tidak kalah menyenangkan adalah berlibur ke pantai. Pilihlah pantai yang memiliki pasir putih bersih, laut biru bening, terdapat cukup banyak tempat berjemur dan juga menyediakan fasilitas diving atau snorkeling. Sudah pasti Anda dan si kecil akan menikmati liburan Anda yang hanya sekejap itu. Warna-warni bawah laut akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda dan keluarga.

10. Camping atau piknik
Camping atau piknik
Camping atau piknik via auliarobbani.blogspot.com
Aktivitas menarik lain selama liburan yang bisa Anda lakukan adalah picnic atau camping. Anda bisa berlibur dengan sangat hemat dengan cara berpicnic. Caranya adalah tentukan tempat dimana Anda akan picnic, usahakan tempat tersebut jauh dari jangkauan binatang buas. Bawalah tikar sendiri, dan siapkan berbagai snack dan juga masakan dari rumah. Disini Anda bisa menghirup udara segar tanpa harus menguras kantong. Campingpun begitu, Anda bisa mengadakan camping di lokasi tertentu yang indah dan aman. Bawalah tenda kecil untuk Anda sekeluarga, siapkan berbagai snack dan juga masakan. Buatlah api unggun pada malam harinya. Agar lebih seru ajaklah keluarga besar Anda untuk camping bersama.

11. Beli buah tangan seperlunya
Beli buah tangan seperlunya
Beli buah tangan seperlunya via lampung.tribunnews.com
Buah tangan memiliki dua fungsi utama. Pertama adalah agar kita lebih ingat dengan memori selama liburan di tempat tertentu. Kedua adalah untuk memberikan cindera mata ke pada kerabat dan teman dekat sepulang liburan. Buah tangan itu perlu, tetapi dalam pembeliannya Anda tetap harus fokus pada budget yang Anda anggarkan. Belilah buah tangan yang bagus tetapi murah seperti di pasar-pasar tradisional.

Kesebelas tips liburan keluarga yang menyenangkan itu bisa Anda terapkan sebelum berangkat berlibur di tempat yang Anda pilih. Manfaat berupa rasa puas dan senang tanpa menguras tabungan akan Anda dapatkan dengan tips liburan keluarga yang menyenangkan diatas.