PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Wisata Kuliner yang Sangat Populer dan Terfavorit di Banda Aceh

Tuesday, July 3, 2018
Di Indonesia telah banyak sekali komunitas pencinta kuliner. Bahkan banyak yang rela berkeliling kota ke kota hanya untuk mencicipi setiap makanan khas di kota-kota tersebut. Selain sebagai kebutuhan, berwisata kuliner juga merupakan hobi yang sangat menghasilkan. Bahkan banyak yang sudah meraup penghasilan dari food Travelling atau food blogger. Salah satu kota yang menjadi sorotan kulinernya adalah Banda Aceh.

Kota Aceh sangat kaya kan varian kuliner, jadi, tidak ada salahnya mencoba ke sana untuk mendapatkan pengalaman kuliner terbaru. Kemajuan kuliner di sana pun juga bisa dikatakan pesat, banyak yang menjadi pebisnis kuliner karena keuntungan yang menjanjikan.

Mungkin Anda sebagai orang awam yang belum pernah ke sana masih bingung di mana tempat wisata kuliner yang enak dan populer di Aceh. Tanpa berlama-lama, berikut adalah pilihan tempat wisata kuliner paling populer yang bisa Anda kunjungi di Aceh.

1. Rumah Makan Hasan
Rumah Makan Hasan
Rumah Makan Hasan via beingine.wordpress.com
Wisata kuliner di Aceh yang pertama adalah Rumah Makan Hasan, tempat ini merupakan salah satu yang menyediakan makanan populer di Aceh dan Recommended sekali untuk Anda kunjungi. Rumah Makan Hasan ini bisa Anda temukan di Jl. Muhammad hasan, Banda Aceh, 2314 dengan alokasi yang sangat mudah dijangkau oleh masyarakat.

Menu yang menjadi andalan adalah kari kambing dan ayam tangkap yang sudah populer kelezatannya. Tempat makan ini biasanya ramai ada jam siang saat banyak pekerja yang istirahat kemudian mencari makan. Untuk masalah harga, tidak terlalu mahal karena cukup mengeluarkan kocek senilai Rp 15.000 – Rp 25.000 Anda sudah bisa menikmati menu-menu enak di sana.

2. Ayam Penyet Pak Ulis
Ayam Penyet Pak Ulis
Ayam Penyet Pak Ulis via tribunnews.com
Tempat wisata kuliner di Aceh selanjutnya adalah Ayam Penyet Pak Ulis. Tempat makan yang sudah populer di kalangan masyarakat Aceh ini berdiri di Jl. T Nyak Arief, Lamnyong / Jl. Ahmad Yani No. 117. Sangat wajib bagi Anda untuk mencoba menu masakan kuliner di tempat wisata ini.

Sesuai dengan namanya, Ayam Penyet Pak Ulis ini menyediakan Makanan ayam penyet yang berbeda dari lainnya. Pembedanya adalah, ayam penyet yang menjadi kuliner Aceh ini mempunyai sebuah rahasia khusus berupa sambal yang rasanya sangat lezat. Untuk melahapnya, Anda hanya perlu membelinya dengan harga Rp 10.00 per porsinya. Kenyamanan pun akan semakin bertambah karena tempat kuliner ini menyediakan fasilitas wi-fi 

3. Mi Ayah
Mi Ayah
Mi Ayah via goodindonesianfood.com
Selanjutnya adalah Mi Ayah, yaitu tempat wisata kuliner yang berdiri di  Jl. Wedana, Lhong Raya, Banda Raya, Kota Banda Aceh, Aceh 23231  sehingga sangat mudah dijangkau oleh siapa pun. Tempat wisata kuliner Aceh yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang merupakan pencinta mie. Mie yang dihidangkan di sini sangat kenyal dan padat dengan kuah yang mempunyai cita rasa luas biasa dan pas, jadi, tidak ada ruginya apabila Anda mampir ke sini.

Tidak berhenti sampai di situ sah, mie unik ini pun diberi topping. Anda bisa memilih ingin memberi topping kepiting dengan rasa yang gurih. Selain mie khas Mi Ayah, Anda juga bisa memesan martabak telur dan. Harga sajian per porsinya pun sangat murah, yaitu Rp 10.000 per porsi.

4. Ayam Pramugari
Ayam Pramugari
Ayam Pramugari via goodindonesianfood.com
Ayam Pramugari adalah sebuah tempat wisata kuliner di Banda Aceh, tempat makan ini sangat terkenal sebagai tempat makan yang enak. Memang dalam beberapa tahun belakangan ini, banyak yang menamakan tempat makan menggunakan nama yang unik, seperti Ayam Pramugari ini. Tempat Kuliner ini bertempat di Jl. Bandara Sultan Iskandar Muda, Paya-Ue, Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 24451 dengan nama sajian utama bernama Ayam Tangkap.

Mungkin sebagai wisatawan banyak yang bertanya-tanya mengapa tempat makan ini diberi nama Ayam Pramugari. Tempat makan ini bisa dinamakan demikian karena banyak sekali Pramugari yang makan di sini. Cita rasa dari ayam yang disajikan sangat gurih, renyah dan enak. Selain itu, ada juga gulai kambing dan gulai ayam yang tidak kalah lezatnya. Harga yang dipatok pun tidak mahal, cukup Rp 15.000 per porsi Anda sudah berhasil menyantap aneka olahan ayam dan gulai.

5. Ayam Lepas
Ayam Lepas
Ayam Lepas via lhokseumawekota.blogspot.com
Wisata kuliner yang selanjutnya ini juga menyediakan banyak olahan ayam yang juga tak kalah populer di kalangan penduduk Aceh. Tempat kuliner Ayam Lepas ini berlokasi di Jl. Teuku Cik Ditiro No. 208, Bkang Cut, Kueng Bata, Kota Banda Aceh, Aceh 23127. Tempatnya yang mudah dijangkau menambah nilai lebih dari tempat ini, bahkan rasa ayam gorengnya pun sangat khas dan enak.

Sajian yang ada   berupa ayam yang dilengkapi dengan lalapan berupa sawi, kol, mentimun dan masih banyak lagi. Untuk bumbunya, kuliner Ayam Lepas   menggunakan bumbu rujak yang mampu menghadirkan rasa pedas, manis dan asam secara bersamaan. Ada juga menu lain seperti bunga kol, lele penyet dan cah kangkung. Sedangkan untuk minumannya, Anda bisa memilih es jeruk, es teh manis dengan harga hanya mulai Rp 13.000 saja.

6. Banda Seafood
Banda Seafood
Banda Seafood via donnyvickly.blogspot.com
Anda bisa menemukan tempat kuliner yang terkenal ini di Jl. Panglima Polim, Indonesia. Lokasinya tidak akan mempersulit para wisatawan kuliner. Banyak yang mengungkapkan bawa Banda Seafood memang merupakan tempat kuliner sajian Seafood yang terkenal di Aceh, pengunjungnya pun dari beragam daerah.

Pilihan menu yang disajikan berupa kepiting, udang, ikan, cumi-cumi dan jenis Seafood lainnya. Meski banyak menu yang bisa dipilih, Banda Seafood tetap menyediakan menu andalan bernama Kepiting Soka Lada Hitam yang sangat enak yang hanya seharga Rp 20.000.

7. Sate Matang Dek Wan
Sate Matang Dek Wan
Sate Matang Dek Wan via tripadvisor.com
Yang selanjutnya adalah Sate Matang Dek Wan yang beralamat di Jl. Teungku Umum Lungbata. Di sini, Anda busa menikmati sajian sate unik harga terjangkau.

Yang menjadikan menu ini unik adalah adanya Kuah kaldu gurih pada sate yang disajikan, oleh sebab itu tempat ini sangat direkomendasikan untuk Anda untuk menambah pengalaman berkuliner yang berbeda.

Untuk minumannya, di sini juga tersedia kopi susu khas Aceh yang menjadi andalan saat nongkrong bersama teman atau keluarga. Anda hanya perlu menyiapkan kocek Rp 25.000 untuk menikmati sate di Sate Matang Dek Wan ini.

8. Canai Mamak Kuala Lumpur
Canai Mamak Kuala Lumpur
Canai Mamak Kuala Lumpur via jejalan.com
Canai Manak terletak di Jl. Teuku Umar No. 51, Sentui, Aceh yang lokasinya juga mudah dijangkau. Di sini Anda busa mencoba roti canai yang lezat.

Tekstur dari roti ini sangat kembut dan empuk. Banyak yang bilang bahwa roti canai yang paling enak adalah roti canai isi srikaya. Satu porsi roti canai berisi 5 potong roti canai siap makan. Harganya hanya Rp 5000 saja, wah, murah sekali, ya.

9. Mie Razali
Mie Razali
Mie Razali via tribunnews.com
Tempat wisata kuliner di Aceh yang juga tak kalah populernya adalah Mie Razali yang bertempat di Jl. T.P Polem Peunayong, Banda Aceh.

Menu yang bisa Anda nikmati di sini adalah beberapa jenis mie seperti mie goreng basah, mie goreng kering dan mie kuah yang sangat sedap. Dengan bermodal Rp 8000 saja, Anda sudah bisa menyantap berbagai sajian mie di Mie Razali.

10. Mie Ramen Aceh Akira
Mie Ramen Aceh Akira
Mie Ramen Aceh Akira via tripjalanjalan.com
Sepertinya, tempat makan ini sangat wajib Anda kunjungi karena menyediakan menu mie ramen. Karena terobosan menu itulah, tempat wisata kuliner ini menjadi populer.

Menu andalan di sini adalah mie ramen bawang putih yang merupakan makanan khas Jepang. Afa juga menu lain seperti Icha, Nasi Goreng Jepang, Tsukemen dan Gyoza. Jika Anda tertarik, maka Anda bisa datang ke Jl. Teuku Umar, tepatnya di sampai Canai Manak, Medan.

11. Baker King
Baker King
Baker King via hikayatbanda.com
Sesuai dengan namanya, wisata kuliner yang terakhir ini tentunya menyediakan bermacam aneka roti. Meski sederhana, segala roti yang dijual di sini rasanya sangat lezat. Beberapa menu yang sudah menjadi favorit banyak orang adalah Banana Split dan Red Velvet yang sangat menggugah selera.

Itulah 11 tempat wisata kuliner yang sangat populer dan terfavorit di Banda Aceh, Aceh. Pastikan untuk menyiapkan segala perlengkapan sebelum melakukan perjalanan jauh, ya. Dan alangkah baiknya pula mengenali efek dari setiap makanan yang hendak Anda santap terlebih dahulu.