PLARIUSMODIFIKASI101

Daerah Wisata Pilihan di Kupang Nusa Tenggara Timur

Saturday, August 4, 2018
Kupang merupakan Ibukota Nusa Tenggara Timur. Dan sebagaimana yang kita tahu, Nusa Tenggara Timur terkenal dengan obyek wisatanya yang sangat mempesona. Pun begitu dengan kota. Kebanyakan tempat wisata di daerah ini masih tergolong alami. Sangat cocok bagi Anda yang senang berpetualang dan menyatu dengan alam. 

Namun sayangnya, meskipun spot-spot yang ditawarkan sangat eksotis, Kupang tergolong kota yang tidak terlalu diminati para wisatawan. Eksistensinya kalah pamor dibanding pulau Komodo. Namun begitu, bukan berarti tempat wisata di sini tidak menarik. Karena justru dengan minimnya wisatawan yang datang, membuat kealamiannya terus terjaga. Pilihan Obyek Wisata Terbaik Di Kupang

1. Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang
Pantai Pasir Panjang via winnymarlina.com
Objek wisata yang pertama adalah Pantai Pasir Panjang. Dengan keindahan alam pantai yang asri dan murni, pantai ini merupakan objek wisata yang murah meriah. Sebab, tidak dikenai biaya apapun untuk masuk ke objek wisata ini. Keindahan lain yang ditawarkan adalah warna air lautnya yang berwarna biru cerah kehijau-hijauan, dapat membuat mata dan pikiran Anda segar kembali.

Di sekitar pantai ini terdapat batu karang yang besar, menambah kontras warna cerah dari pasir dan laut yang ditampilkan sehingga terkesan menawan dan enak dipandang mata. Pantai ini memiliki garis pasir yang panjang sehingga dinamakan Pantai Pasir Panjang.

Objek wisata ini terletak di Jalan Timor Raya, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Apabila Anda ingin berkunjung ke sini, Anda tak perlu khawatir jika persediaan bekal yang Anda bawa habis di objek wisata. Sebab, pantai ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Kupang.

2. Pantai Tablolong
Pantai Tablolong
Pantai Tablolong via indonesiakaya.com
Objek Wisata selanjutnya adalah Pantai Tablolong. Pantai yang terkenal dengan kejernihan airnya dan hamparan pasir putih yang luas. Kejernihan yang ditawarkan air laut dari pantai ini adalah warna gradasi biru gelap dan hijaunya, sehingga tampak indah dan menawan.

Di pantai ini, Anda juga bisa melakukan kegiatan lain seperti memancing dan berenang. Apabila Anda takut ketika berenang akan terseret ombak, Anda tak perlu khawatir, karena air laut di pantai ini tergolong memiliki ombak yang tenang.

Untuk memasuki objek wisata ini, Anda hanya diberikan tarif seribu rupiah. Sangat murah, bukan? Lokasi wisatanya berada di Tablolong, Kecamatan Kupang Barat, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Di tempat ini juga Anda akan sering menjumpai kompetisi memancing.

3. Pantai Neam
Pantai Neam
Pantai Neam via tempatwisataunik.com
Objek wisata selanjutnya masih tentang Pantai. Kali ini adalah Pantai Neam. Pantai ini tergolong pantai yang sulit untuk ditemukan, karena jaraknya yang cukup jauh. Untuk menuju tempat ini, Anda harus melewati pedasaan, jalan-jalan berliku, hutan dan tantangan-tantangan lainnya. Namun, apabila Anda berhasil sampai di tempat ini, semua rasa lelah Anda akan terbayar dengan lunas.

Selain itu, di perjalanan Anda juga akan menemui keindahan-keindahan alam lainnya, seperti hutan dan pepohonan serta gua. Sedangkan di pantai ini sendiri, selain memiliki warna laut yang jernih dan pasir putih halus yang begitu cerah, Anda juga akan disuguhi oleh ombak yang cukup besar dan bergulung-gulung. Sungguh objek wisata yang menantang untuk Anda berpetualang.

Pantai ini berlokasi di kota Kupang, meskipun jarak tempuhnya bisa mencapai tiga jam. Dan, apabila Anda berada di pantai ini hingga terbenamnya matahari. Anda akan menjumpai pemandangan sunset luarbiasa yang tenggelam di balik gunung karang.

4. Pantai Kolbano
Pantai Kolbano
Pantai Kolbano via kamerabudaya.com
Objek wisata selanjutnya adalah Pantai Kolbano. Pantai ini penuh akan bebatuan di bagian daratannya. Jadi, pantai di tempat ini tertutupi oleh batu-batu ini, sehingga pantai ini cukup unik. Karena warna batunya yang bervariasi membuat pemandangan di pantai seakan berbeda dan mempunyai ciri khas.

Di suatu bagian di pantai ini juga terdapat karang yang besar dan ditumbuhi banyak tetumbuhan. Selain itu, warna air lautnya juga masih sangat jernih, terlihat segar dan enak dipandang mata. Pantai ini jaraknya dapat ditempus sekira empat jam dari pusat kota Kupang. Atau tepatnya berlokasi di Pantai Kolbano. Nama kabupatennya cukup unik, yakni Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

5. Pantai Kera
Pantai Kera
Pantai Kera via sengpaku.blogspot.com
Objek wisata selanjutnya yang berada di Kupang adalah Pantai Kera. Lokasinya berada di pulau yang berada di lautan. Jika dilihat dari tepi pantai Kupangm, Anda dapat melihat pantai ini dengan jelas. Di Pantai Kera ini, Anda akan diajak berpetualang seru. Sebab, untuk mencapai pulau pantai ini, Anda harus menyewa perahu nelayan.

Meskipun jaraknya terlihat jelas dari Pantai Kupang, untuk sampai ke Pantai Kera ini Anda harus menempuh waktu hingga satu jam. Perahu nelayan yang dapat Anda tumpangi ditempat ini hanya didayung sehingga akan menantang adrenalin Anda yang seakan mengambang di atas permukaan laut.

Pulau ini berlokasi di pinggiran kota Kupang. Apabila berkunjung ke objek wisata ini, bawalah bekal yang banyak, setelah menikmati keindahan alam di tempat ini dengan berjalan-jalan atau berenang, makanlah bekal itu bersama warga lokal. Maka akan sangat menyenangkan.

6. Pulau Semau
Pulau Semau
Pulau Semau via kopertraveler.id
Objek wisata selanjutnya adalah pulau Semau. Pulau ini tidak begitu jauh dari Pulau Kera. Dan tentu tidak kalah juga keindahan dan keeksotisan yang ditawarkan. Pulau ini, meskipun relatif jauh untuk menyebranginya melalui lautan. Tidak menciutkan hati para petualang untuk mencoba menikmati pasir putih dan kejernihan yang ditawarkan di sekitar pulau ini.

Karena pulau ini jauh dari pendudukan, suasananya jadi terasa mistis. Namun, di tempat ini juga menawarkan keindahan lain berupa terdapatnya sebuah mata air yang bentuknya menyerupai sebuah kolam. Nah, di kolam itulah biasanya para wisatawan menikmati kesegaran dan kesejukan pantai dan air lautnya.

Pulau Semau berlokasi di bagian barat Pulau Timor. Secara administratif masuk sebagai bagian dari Kecamatan Semau Kota Kupang.

7. Air Terjun Oenesu
Air Terjun Oenesu
Air Terjun Oenesu via ksmtour.com
Objek wisata lain yang dapat Anda kunjungi di Kupang selain pantai adalah air terjun. Salah satunya adalah air terjun Oenesu. Air terjun ini menawarkan pemandangan eksotis dengan gundukan-gundukan sungainya yang banyak dan tidak naik turun. Selain itu, penampakan bebatuannya mirip dengan mulut gorilla dan singa.

Selain itu, di sekitar air terjun ini terdapat pepohonan hijau nan lebat yang menambah eksotis dan alami objek wisata ini. Untuk masuk ke tempat wisata Air Terjun Oenesu, Anda hanya perlu mengeluarkan uang 2000 rupiah. Tempat ini berlokasi di Kelurahan Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sekitar 17 kilometer dari pusat kota Kupang.

8. Air Terjun Oehala
Air Terjun Oehala
Air Terjun Oehala via roypazhakuankefa.blogspot.com
Objek wisata selanjutnya masih tentang air terjun. Kali ini adalah Air Terjun Oehala yang tak kalah memiliki keasrian dan kealamian sebagai objek wisata. Air terjun ini memiliki keunikan berupa kontur tanahnya yang tidak merata membuat pemandangan air terjun ini seperti sebuah kasur untuk tidur. Sangat unik, kan?

Selain itu, karena termasuk objek wisata yang alami, objek wisata ini memiliki suasana sejuk. Karena udara, dan pepohonan lebat di sekitar air terjun ini. Apabila Anda berkunjung ke Air Terjun Oehala, Anda akan disediakan fasilitas seperti tangga dan gazebo untuk beristirahat. Objek wisata ini berlokasi di Kampung Baru, Kota Soe, Nusa Tenggara Timur. Berjarak sekira 2-3 jam waktu tempuh dari pusat kota Kupang. 

9. Gua Kristal
Gua Kristal
Gua Kristal via indonesiakaya.com
Objek wisata selanjutnya adalah Gua Kristal. Tak banyak yang sudah mengenal objek wisata ini. Sebab, letaknya memang terpencil dan informasi di media juga sangat minim. Namun, inilah tantangab sebenarnya untuk berpetualang. Di tempat ini, Anda akan menjumpai gua sebagai pintu masuknya, kemudian di dalamnya itulah, Anda akan menemukan kolam dengan air sejernih Kristal. Itulag kenapa disebut Gua Kristal.

Karena objek wisata ini masih sangat alami, Anda tidak akan disediakan fasilitas apapun. Namun, dengan kejernihan airnya, tentu akan rugi apabila Anda hanya melihat-lihat saja. Persiapkan baju ganti dan berenanglah. Anda akan menikmati kesegaran air sejernih Kristal. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Nah, itulah beberapa pilihan objek wisata terbaik di Kupang. Tentunya selain diatas masih ada lagi beberapa daftar objek wisata alami lain yang juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi.