PLARIUSMODIFIKASI101

Desinasi Wisata Menarik di Sabang Aceh Ramai Dikunjungi Wisatawan

Monday, August 20, 2018
Sabang merupakan sebuah kota yang berada di Pulau Weh dan masuk ke dalam bagian dari Provinsi Aceh. Kota yang berada di ujung paling barat Indonesia ini memiliki pesona keindahan alam yang sangat menarik. Tak heran bila setiap harinya, banyak wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung kesana. Nah, ingin tahu apa saja destinasi wisata menarik yang ada di kota Sabang, Aceh ini? Berikut beberapa diantaranya: 10 Objek Wisata Terbaik di Sabang

1. Pantai Sumur Tiga
Pantai Sumur Tiga
Pantai Sumur Tiga via dispudpar.acehprov.go.id
Destinasi wisata menarik yang pertama adalah Pantai Sumur Tiga. Pantai yang berlokasi di kelurahan le Muele, Kecamatan Sukajaya ini menyajikan hamparan pasir putih yang memukau. Pantai Sumur Tiga memiliki garis pantai yang paling panjang daripada pantai-paintai lainnya yang ada di Sabang dan pasir putih yang lembut. 

Di pantai ini ada banyak hal yang bisa dilakukan, seperti berenang, menyusuri pinggiran pantai bahkan snorkeling. Pada sore hari, Pantai Sumur Tiga memiliki ombak yang cukup besar. Waktu tersebut biasanya dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk snorkeling. Posisi pantai yang menghadap ke timur membuat pemandangan sunrise di sini begitu memukau dan sangat diminati para wisatawan yang berkunjung. 

Fasilitas umum Pantai Sumur Tiga juga cukup memadai. Tak hanya fasilitas yang memadai, di sekitar pantai ini terdapat banyak tempat makan, mulai dari masakan seafood hingga masakan khas Aceh.

2. Pantai Iboih
Pantai Iboih
Pantai Iboih via pedomanwisata.com
Tempat wisata berikutnya adalah Pantai Iboih. Pantai Iboih merupakan salah satu pantai paling populer di Sabang. Pantai ini berjarak kurang lebih sekitar 50 kilometer dari pelabuhan Balohan. Pantai yang beralamatkan di Kelurahan Iboih, Kecamatan Sukakarya ini banyak dikunjungi wisatawan lokal bahkan mancanegara. Pasalnya, pantai ini memiliki biota laut yang beraneka ragam dengan hamparan pasir putih yang memikat serta air laut yang jernih dengan gradasi kebiruan yang cantik.

Di Pantai Iboih, Anda bisa berenang, snorkeling, dan diving. Jika Anda tidak punya peralatan untuk snorkeling dan diving atau malas untuk membawa peralatan tersebut, di sini ada banyak jasa persewaan yang menyediakan peralatan tersebut. Tak hanya itu, para wisatawan bisa menikmati indahnya pesona pantai ini di atas perahu mesin yang telah disediakan.

Jika ingin menginap di dekat Pantai Iboih pun Anda tak perlu khawatir, karena di sini juga tersedia tempat penginapan seperti homestay, cottage dan barak. Semua tempat penginapan tersebut dikelola oleh warga sekitar dengan harga yang terjangkau. 

Sebagai informasi tambahan, di pantai ini terdapat peraturan yang harus ditaati oleh para pengunjung. Peraturan tersebut berlaku bagi pengunjung perempuan, dimana mereka tidak boleh menggunakan bikini dan pakaian renang. Selain itu, pada hari kamis dan jum'at para pengunjung tidak diperbolehkan untuk masuk ke Pantai ini.

3. Pantai Anoi Itam
Pantai Anoi Itam
Pantai Anoi Itam via dolandolen.com
Pantai cantik selanjutnya adalah Pantai Anoi Itam. Dalam bahasa aceh, Anoi memiliki arti pasir, dan Itam berarti hitam. Pantai Anoi Itam merupakan sebuah pantai yang memiliki hamparan pasir berwarna hitam. Hal tersebut membuat pantai ini sangat berbeda dari pantai lainnya di Sabang. Berdasarkan penelitian, asal pasir berwarna hitam di ini berasal dari gunung berapi yang masih aktif hingga kini.

Keunikan lainnya, pasir di Pantai Anoi Itam ini tiga kali lebih berat dari pasir pada umumnya. Pasalnya, pasir yang ada di pantai ini mempunyai kandungan nikel di dalamnya. Meskipun demikian, pasir hitam tersebut tidak memiliki dampak apapun. Jadi, para wisatawan tetap bisa bermain di pinggiran pantai. Bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai yang unik, rasanya Pantai Anoi Itam yang terletak di jalan Anoe Itam, kecamatan Sukajaya ini adalah pilihan yang tepat.

Tak hanya itu, jika Anda tertarik dengan hal-hal yang berbau sejarah, Anda juga tak boleh lewatkan untuk menyambangi peninggalan sejarah yang satu ini. Peninggalan sejarah tersebut bernama Benteng Anoi Itam. Benteng Anoi Itam lokasinya berdekatan dengan pantai Anoi Itam di bagian timur kota Sabang.

Benteng ini merupakan salah satu saksi sejarah pendudukan Jepang di Nusantara yang dahulunya digunakan tentara Jepang sebagai gudang penyimpanan senjata. Benteng ini telah beralih fungsi menjadi salah satu tempat wisata. Walaupun kondisi bangunan benteng sudah tua, tetapi benteng ini masih cukup baik dan terawat bahkan di Benteng Anoi Itam menyediakan tempat untuk bersantai disertai dengan rujak khas Sabang.

4. Pantai Ujung Kareung
Pantai Ujung Kareung
Pantai Ujung Kareung via acehgosurfing.blogspot.com
Pantai yang satu ini masih belum banyak diketahui oleh wisatawan, karena lokasinya yang tersembunyi. Karakter dari pantai ini hampir sama dengan pantai-pantai lainnya yang berada di Sabang, yaitu memiliki ombak yang cukup besar. Tak hanya itu, pantai yang beralamatkan di jalan Ujung Kareung, Kecamatan Sukajaya ini memiliki batuan karang yang tersebar di pinggir pantainya. Sehingga Anda bisa berfoto atau selfie di atas batu-batu karang dengan latar birunya air laut di sekitar Pantai Ujung Kareung ini. Tak hanya itu, pantai ini juga sering dijadikan sebagai destinasi bagi para wisatawan yang memiliki hobi mancing. Pasalnya, biota laut terutama ikan-ikan kecil yang hidup di bawah karang-karang pantai ini sangat berlimpah ruah.

5. Pulau Rubiah
Pulau Rubiah
Pulau Rubiah via trover.com
Destinasi wisata di Sabang selanjutnya adalah pulau Rubiah. Dengan luas 2.600 hektar, pulau ini ternyata cukup populer. Sehingga tak salah jika Pulau Rubiah merupakan salah satu surga bagi pecinta snorkeling dan diving. Pulau ini hanya berjarak sekitar 250 meter dari Pantai Iboih, tepatnya berada di di Kelurahan Iboih, Kecamatan Sukakarya. Pulau Rubiah kaya akan keanekaragaman biota laut yang hidup dibawah lautnya. 

Air lautnya yang sangat jernih serta keindahan bawah lautnya yang memukau menjadi daya tarik utama pulau ini. Terumbu karang di sini juga masih sangat alami, berbagai hewan laut cantik bisa ditemukan dengan mudah di perairan Pulau Rubiah. Hal tersebut menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan untuk menyelam dan menyusuri berbagai sudut terumbu karang di pulau ini sembari menikmati keindahan bawah laut di pulau Rubiah. Anda yang lupa membawa perlengkapan snorkeling ataupun diving tidak perlu merasa khawatir karena di sini terdapat fasilitas penyelaman yang bisa disewa dengan harga yang terjangkau.

Tak hanya itu, di Pulau Rubiah terdapat sebuah makam yang beranama Cut Nyak Rubiah. Menurut warga sekitar, disekitaran makam Cut Nyak Rubiah ada banyak makam lainnya yang merupakan makam dari anak-anaknya. Meskipun demikian, pengunjung tidak perlu takut dengan keberadaan makam-makam tersebut karena pesona Pulau Rubiah sangat sayang untuk dilewatkan.

6. Danau Aneuk Laot
Danau Aneuk Laot
Danau Aneuk Laot via ksmtour.com
Destinasi wisata selanjutnya yang cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga adalah Danau Aneuk Laot. Aneuk Laot itu memiliki arti anak laut dalam bahasa Aceh. Danau ini sering disebut sebagai Danau Air Tawar. Danau Aneuk Laot terletak di Kelurahan Aneuk Laot. Danau yang dikelilingi oleh laut ini selalu mencukupi kebutuhan air bersih bagi masyarakat setempat.

Danau Aneuk Laot menyajikan keindahan panorama alam yang tak kalah memukau. Disekitar danau ada  banyak pohon rimbun yang menjulang tinggi dan cocok sebagai tempat beristirahat. Para wisatawan tidak perlu merasa khawatir kepanasan jika berkunjung ke sini pada siang hari, karena udara di tempat ini sangat sejuk. Tak hanya itu, para wisatawan dapat melihat sunset yang tak jauh dari samping danau ini. Pemandangan yang sangat indah juga bisa dilihat saat malam hari karena Danau Aneuk Laot memiliki lampu-lampu yang menyala yang berasal dari atas bukit kota Sabang. 

7. Air Terjun Pria Laot
Air Terjun Pria Laot
Air Terjun Pria Laot via  ksmtour.com
Selain pantai dan pulau nan cantik yang dimiliki kota Sabang, kota ini memiliki air terjun yang bernama Air terjun Pria Laot. Air terjun ini berada di Gampong Pria Laot, Kecamatan Sukakarya, tepatnya di hulu Gunung Sarung Keris, bagian selatan Pulau Weh. Uniknya, air terjun ini tidak terlalu tinggi dan kolam di dasarnya juga tidak terlalu besar karena adanya sebuah kolam penampungan air yang berukuran sekitar 10 meter dengan kedalaman 1-2 meter yang membuat wisatawan bisa berendam di dalamnya. 

Selain itu, terdapat ikan-ikan kecil jenis Garra Rufa yang dinamai oleh warga sekitar dengan ikan bulan. Ikan tersebut dipercaya bisa digunakan untuk terapi berbagai penyakit karena mampu membuang sel-sel kulit mati yang ada disekujur tubuh manusia terutama di area telapak kaki serta mempercepat pergantian sel-sel kulit mati oleh enzim yang dihasilkan dari air liur ikan bulan.

Posisinya yang berada di tengah-tengah hutan dan disekelilingi oleh bukit-bukit batu ini membuatnya masih sangat alami. Selama perjalanan Anda bisa menikmati indahnya pemandangan hutan yang masih sangat lebat, udara sejuk serta kicauan burung dengan suara indah dari kejauhan. Oleh karena itu, air terjun ini memiliki pemandangan indah yang tak boleh dilewatkan ketika Anda berlibur ke kota Sabang. 

8. Pemandian Air Panas Keuneukai
Pemandian Air Panas Keuneukai
Pemandian Air Panas Keuneukai via hijrahheiji.blogspot.com
Tempat wisata di Sabang sangat beragam. Tak hanya pantai, pulau, air terjun, dan objek wisata lainnya, kota ini juga memiliki Pemandian Air Panas. Salah satu pemandian air panas yang terkenal adalah Pemandian Air Panas Keuneukai. Keuneukai merupakan alternatif tempat wisata di Sabang yang wajib anda kunjungi untuk melepaskan kepenatan bersama keluarga tercinta.

Saat musim liburan tiba, tempat wisata ini cukup ramai dikunjungi. Pemandian Air Panas Keunekai memiliki background pemandangan laut yang indah disertai dengan pepohonan hijau nan rindang. Selain untuk melepas kepenatan, tak jarang wisatawan yang datang juga menggunakan air panas ini sebagai terapi. Kandungan sulfur yang ada dalam pemandian air panas di sini dipercaya mampu untuk mengobati berbagai penyakit seperti gangguan penyakit kulit pada tubuh. Fasilitas pemandian air panas yang terletak di Gampong Keuneukai, Kecamatan Sukajaya, Sabang ini cukup memadai karena telah dilengkapi dengan kamar mandi dan ruang ganti baju untuk para wisatawan.

9. Sabang Hill
Sabang Hill
Sabang Hill via agoda.com
Sepertinya tak lengkap, jika Anda tidak menyambangi tempat romantis yang ada di Sabang, yaitu Sabang Hill. Sabang Hill merupakan sebuah hotel yang sangat pas untuk Anda jadikan sebagai salah satu tempat menginap jika datang berkunjung ke kota Sabang. Lokasi Sabang Hill berada di jalan Cut Ali, Kuta Barat, Kecamatan Sukakarya. 

Letak hotel ini berada tepat di atas bukit. Hal ini membuat Sabang Hill memiliki nilai lebih dengan pemandangan kota Sabang yang terlihat dari ketinggian. Selain itu, panorama laut di hotel ini pun terlihat begitu indah dengan sunset pada sore hari dan membuat suasana sore hari Anda semakin romantis. Fasilitas yang dimiliki juga sangat lengkap disertai dengan kuliner yang akan memanjakan para pengunjung yang menginap di sana.

10. Tugu Kilometer Nol Indonesia
Tugu Kilometer Nol Indonesia
Tugu Kilometer Nol Indonesia via merdeka.com
Nah, destinasi selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Tugu Kilometer Nol Indonesia. Pasalnya, belum ke kota Sabang namanya jika Anda belum mengunjungi Tugu Kilometer Nol Indonesia. Tugu ini berada di area Hutan wisata Sabang, tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba'u, Kecamatan Sukakarya. Di sini Anda akan mendapatkan sertifikat Kilometer Indonesia yang menjadi penanda bahwa Anda sudah pernah menginjakkan kaki di kota Sabang.

Bagaimana, keren-keren bukan, beragam obyek wisata menarik kota Sabang yang kamu ulas diatas?