PLARIUSMODIFIKASI101

Destinasi Tempat Wisata Terbaik di Prabumulih Sumatera Selatan

Friday, August 17, 2018
Berlibur ke suatu obyek wisata merupakan kegiatan mengasyikkan untuk mengusir penat/stress akibat rutinitas harian yang selalu berjibaku dengan deadline pekerjaan, atau untuk menciptakan quality time dengan orang-orang tersayang. Nah, bicara mengenai berwisata, tentunya negeri kita merupakan surganya destinasi wisata menarik. Tak terkecuali di daerah Prabumulih Sumatera selatan. Di kota ini kita bisa menikmati beragam obyek wisata keren yang tak kalah dengan daerah lain. Nah, dari banyaknya obyek wisata yang ada, dibawah ini kami pilihkan beberapa obyek wisata terbaik yang sayang bila terlewatkan.

1. Desa Muara Sungai
Desa Muara Sungai
Desa Muara Sungai via travelingyuk.com
Salah satunya adalah objek wisata Desa Muarai Sungai. Obyek wisata ini adalah salah satu kelurahan di wilayah Kecamatan Cambai Kota Prabumulih, Propinsi Sumatera Selatan.

Desa keren ini dikenal sebagai salah satu desa yang memiliki segudang daya tarik wisata di Prabumulih. Dan obyek wisata yang menjadi kebanggan desa ini ialah Danau Biru. Perlu diketahui, sebenarnya destinasi ini merupakan sebuah kolam, namun karena ukuranya terbilangbesar sehingga penduduk disana menyebutnya dengan sebutan danau.

Kolam tersebut sebenarnya adalah sebuah kolam penyaringan, namun karena tampilannya yang berwarna biru dan sangat jernih, banyak pengunjung yang mengira kolam tersebut adalah sebuah danau asli atau laut. 

Kolam cantik nan mempesona ini memiliki ukuran 10 meter x 20 meter. Airnya sangat sejuk serta aman dipakai untuk mandi, sehingga banyak pengunjung obyek wisata ini, yang sengaja datang untuk mandi atau berenang.

Disekitar danau ditumbuhi banyak pepohonan sehingga suasanya menjadi sangat rindang, dengan perpaduan antara warna hijau dari pepohonan dan warna biru dari warna air kolam, tentunya akan tampak sangat cantik. Selain itu kerena pepohonan disekitar kolam cukup lebat membuat suasananya selalu sejuk dan asri.

2. Desa Sindur
Desa Sindur
Desa Sindur via tripjalanjalan.com
Objek wisata menarik berikutnya yang bisa anda temui di Prabumulih adalah desa Sindur. Desa wisata ini berada di wilayah administratif Kecamatan Cambai, Kota Prabumulih, Propinsi Sumatera Selatan.

Tak beda jauh dengan desa sebelumnya, desa Sindur ini juga merupakan salah satu desa di Prabumulih, yang memiliki banyak daya tarik. Letak desa ini sangat dekat dengan Desa Muara Sungai dan juga pusat Kota Prabumulih.

Yang menjadi daya tarik utama dari desa Sindur ini adalah kehidupan penduduk setempat yang masih sangat kental menjujung tinggi tradisi-tradisi dan budaya tradisionalnya. Tradisi yang ada, dijamin membuat anda tajub karena tidaka akan anda temui ditempat lain.

Salah satu bukti bila Indonesia adalah negara yang memiliki ragam budaya dan kaya akan adat istiadatnya, salah satunya tergambar di Desa Sindur ini. Upaya pelestarian kebudayaan disini sangat bagus bahkan masih diterapkan kedalam kehidupan sehari-hari oleh semua warganya.

Selain kebudayaan seperti acara-acara adat, tari-tarian, aneka kuliner dan lain sebagainya, kelestarian alam disini juga sangat dijaga sehingga tak heran jika Desa Sindur memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan.
   
3. Islamic Center Prabumulih
Islamic Center Prabumulih
Islamic Center Prabumulih via prabumulihpos.co.id
Obyek wisata berikutnya yang juga tak kalah keren adalah Islamic Center Prabumulih. Destinasi wisata yang sekalgus pusat kegiatan keagamaan ini berada di wilayah administrasi Jalan Lingkar, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Gunung Ibul, Kota Prabumulih.

Islamic Center Prabumulih ini muali dibangun pada tahun 2010 dan selesai dibangun pada tahun 2014. Pembangunanya cukup lama karena memang dibangun sangat megah dan luas, pembangunanya juga digadang-gadang menghabiskan dana yang sangat banyak, konon lebih dari 29 milyar.

Tidak heran jika bangunan masjid yang berada di komplek Islamic Center Prabumulih adalah salah satu dari masjid terbesar bahkan terluas yang ada di Propinsi Sumatera Selatan. 

Dalam komplek Islamic Center ini dilengkapi juga dengan Aula, sebagai ruang pertemuan maupun perkumpulan, yang biasanya memang dipergunakan untuk acara-acara resmi termasuk juga kegiatan sosial yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kota Prabumulih.

Pembangunan gedung Islamic Center ini berada di lahan yang memang baru dibuka, dulunya adalah hutan. Kemudian setelah berdiri banguna tersebut dibuatlah juga ruas jalan lingkar dan juga beberapa fasilitas yang hingga sekarang masih terus dilakukan pembangunan.

4. Masjid Darussalam
Masjid Darussalam
Masjid Darussalam via flickr.com
Selanjutnya, obyek wisata lain yang juga kami rekomendasikan untuk dikunjungi adalah Masjid Darussalam. Masjid ini berada di wilayah administrasi Kelurahan Muntang Tapus, Kecamatan Prabumulih Barat, Kota Prabumulih. 

Bangunan Masjid Darussalam ini dibangun dengan sangat megah dan indah, dindingnya di dominasi dengan warna putih terlihat kesan sebgai tempat suci yang memberikan aura ketenangan.

Area disekitar masjid sangat luas, ddan sangat dijaga kebersihanya sehingga bagi anda umat Islam yang sedang berkunjung di Kota Prabumulih wajib hukumnya untuk berkunjung ke Masjid Darussalam.

5. Kampoeng Wisata Prabumulih
Kampoeng Wisata Prabumulih
Kampoeng Wisata Prabumulih via kampoengwisataprabumulih.blogspot.com
Berikutnya adalah kampoeng Wisata Prabumulih ini berada di Jlana Lingkar Prabumulih, berdekatan dengan bangunan Islamic Center Prabumulih atau kira-kira berjarak 1 Km sebelum Teminal Prabumulih.

Kampoeng Wisata Prabumulih merupaka salah satu objek wisata alam keren yang menyajikan beragam keindahan alam, dengan suasananya yang masih sangat asri cocok untuk dijadikan tempat mengusir penat atau merefrehs diri.

Ada banyak sekali permainan yag bisa dinikmati disni salah satunya yaitu permainan sepedah air. Permainan ini menjadi primadona, khususnya bagi anak-anak kecil atau remaja. Selain permainan sepeda air terdapat juga kolam renang, saung makan dan lainya. Fasilitas pendukung lainya yaitu kamar mandi dan juga musholla. 

6. Patung Kuda
Patung Kuda
Patung Kuda via koransn.com
Selanjutnya adalah destinasi patung Kuda. Obyek wisata ini brada di Jalan Sudirman Simpang Padat Karya di Kel. Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih.

Perlu diketahui, patung Kuda ini merupakan salah satu ikon Kota Prabumulih, dan terletak di samping jalan persis. Oya, patung kuda ini juga sering disebut dengan nama Monumen Kuda. Bagi anda yang berkunjung ke Kota Prabumulih, jangan lupa mengabadikan kunjungan anda tersebut dengan berfoto ini monumen Kuda ini.  Tentunya, tempat ini sangat cocok sebagai lokasi untuk anda Hangout dengan teman, saudara ataupun dengan , komunitas anda.

7. Pantai Pasir Payuputat
Pantai Pasir Payuputat
Pantai Pasir Payuputat via bionsite.wordpress.com
Obyek wisata keren yang ada di Prabumulih selanjutnya adalah pantai Pasir Payuputat. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata di Prabumulih yang sedang berkembang, dan sekarang ini banyak gemari masyarakat disana. 

Perlu diketahui, meski obyek wisata ini mendapat sebutan pantai, namun sebenarnya disini bukan pantai, tapi sebuah sungai yang memiliki tepian landai seperti pantai, tepian tersebut dipenuhi dengan butiran pasir yang lembut berwarna agak kecoklatan.

Dahulunya sebelum dibuka sebagai objek wisata, tempat ini hanya menjadi sungai yang biasa di pakai berenang oleh anak-anak sekitar, sembari bermain pasir.

Namun karena lambat laun, pengunjungnya makin banyak, maka sekarang ini telah menjadi salah satu obyek wisata yang hits disana. Meskipun sangat disayangkan, belum ada perhatian khusus dari  Pemerintah Kota setempat, untuk dikelola lagi dengan lebih maksimal. 

Disini obyek wisata ini, pengunjung bisa menaiki parit atau perahu untuk berkeliling sungai atau menyeberang ke daerah seberang sungai. Tempat wisata ini selalu ramai pengunjung selain karena keindahan alamnya juga karena tempat wisata ini tergolong wisata murah dan ramah dikantong.

8. Caroline Island
Caroline Island
Caroline Island via palembang.tribunnews.com
Berikutnya adalah objek wisata Caroline Island. Destinasi ini berada di daerah Kecamatan Rambang Kapak Tengah, Kota Prabumulih, Propinsi Sumatera Selatan.

Objek wisata yang di beri nama Caroline Island ini adalah objek wisata waterpark yang didalamnya terdapat wahana seperti kolam renang, waterboom, ember tumpah yang semuanya bisa dinikmati untuk semua usia.

Objek wisata ini sangat pas di kunjungi saat libur panjang, terutama pada saat liburan sekolah. Segala wahana yang disediakan disini sangat ramah dan aman untuk anak-anak, jadi tak heran bila sebagian besar pengunjung objek wisata ini adalah anak-anak serta remaja.

Ada banyak fasilitas wisata pendukung yang terdapat disini, diantaranya adalah, kamar ganti, kamar bilas, perosotan atau seluncuran air, pelampung, ban untuk berenang, foodcourt, temapt duduk untuk bersantai, loker penitipan barang dan masih banyak lagi. 

Disini terdapat beberapa kolam renang, kolam renang untuk anak dibuat cukup dangkal, ada pula kolam renang untuk remaja dan juga dewasa yang kedalamanya berfariasi. Objek wisata ini selalu ramai pengunjung apalagi pada weekend atau pada musim libur panjang. 

Nah, itulah 8 daftar tempat wisata terbaik di Prabumulih Sumatera Selatan yang rekomended untuk dikunjungi.