PLARIUSMODIFIKASI101

Destinasi Tempat Wisata Terbaik di Payakumbuh Sumatera Barat

Sunday, August 12, 2018
Waktu yang tepat berkumpul dengan keluarga tentunya pada waktu liburan dan akan lebih asik lagi jika dibarengi dengan pergi mengunjungi tempat-tempat wisata. Nah, untuk anda yang kebetulan ingin liburan di Payakumbuh, Sumatera barat, kali ini kami akan membagikan beberapa referensi tempat wisata terbaik yang rekomended untuk dikunjungi. Penasaran? Deretan Tempat Wisata Terbaik di Payakumbuh Sumatera Barat

1. Lembah Harau Limapuluh Kota
Lembah Harau Limapuluh Kota
Lembah Harau Limapuluh Kota via purnajamnas91limapuluhkota.wordpress.com
Obyek wisata unggulan yang pertama adalah destinasi wisata lembah Harau Limapuluh Kota. Obyek wisata menarik ini berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Masih terletak di daerah Payakumbuh dan tidak jauh dari pusat kota yaitu berjarak kurang lebih 18 KM saja. Selain kota Payakumbuh, ada juga kota terdekat lainya dengan lokasi wisata keren ini, yaitu Kota Bukit Tinggi dengan jarak kurang lebih 48 KM. 

Bicara mengenai pesona wisata, pemandangan yang dusuguhkan obyek wisata Lembah Harau ini sangat cantik, bahkan sudah diakui sejak zaman nenek moyang dahulu, terbukti dengan adanya prasasti yang berada di sekitar air terjun Sarasah Bunta yang menerangkan bahwa tempat ini diresmikan oleh Belanda pada tangal 14 Agustus 1926 serta disebut dengan nama Hamel Arau oleh Bangsa Benlanda sehingga sekarang disingkat menjadai Harau.

Topografi disini juga sangat menarik karena berada di dataran tinggi yang berkisar antara 500 – 850 meter di atas permukaan laut dan memiliki ketinggian tebing hingga 150 meter. Udaranya sangat sejuk ditambah dengan kondisi alam sekitar yang masih sangat asri, membuat siapapun betah berlama-lama di sini.

Daya tarik lainya yaitu terdapat air terjun yang sangat indah dan tidak hanya berjumlah 1 satu. Diantaranya adalah air terjun Sarasa Murai, air terjun Akar Berayun, air terjun Sarasa Bunta dan air terjun Sarasa Luluih. Yang mana masing-masing air terjun tersebut memiliki keindahan yang memukau mata.

2. Rumah Gadang Sungai Beringin
Rumah Gadang Sungai Beringin
Rumah Gadang Sungai Beringin via blogyoiko.blogspot.com
Obyek wisata menarik lainnya adalah Rumah Gadang Sungai Beringin. Obyek wisata ini berada di Nagari Sungai Beringin, Kota Payakumbuh, Lima Puluh kota, Sumatera Barat. Destinasi ini sangat mudah di temukan, anda bisa menuju kesana dengan menggunakan angkutan umum dengan tarif hanya 5ribu rupiah saja. Lokasi Rumah Gadang Sungai Beringin berada persawahan tepatnya berada di tengah-tengahnya.

Untuk menjangkau obyek wisata ini, hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit saja dari kota Payakumbuh. Bisa dengan menaiki angkot ataupun kendaraan pribadi. Wisata Rumah Gadang Sungai Beringin memiliki bangunan yang sangat gagah, meskipun bangunannya tergolong sudah sangat berumur. Pastinya, untuk anda penyuka obyek wisata sejarah/budaya, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Oya, pastikan saat berkunjung kesini membawa kamera ya, karena setiap sudut ruangan disana memiliki tampilan yang fotogenik alias instagramabel. Tak heran bila obyek wisata ini sering dijadikan latar belakang foto prewedding. 

Tak perlu khawatir, untuk masuk obyek wisata ini hanya dikenakan tiket masuk 5 ribu rupiah saja (untuk dewasa) dan untuk anak-anak hanya 3 ribu rupiah. Namun untuk anda yang ingin menjadikan obyek ini sebagai latar prewedding, maka dikenakan tarif 100 ribu rupiah dan biaya shooting dipatok dengan harga sekitar 300 ribu rupiah. Harganya cukup bersahabat bukan, untuk ukuran objek wisata yang dipenuhi dengan spot foto keren dan ragam peninggalan budaya.

3. Kapalo Banda Taram
Kapalo Banda Taram
Kapalo Banda Taram via blog.jadipergi.com
Objek wisata Kapalo Bandara Taram ini berada di Harau, Taram, Payakumbuh, Kab Limapuluh Kota. Seperti obyek wisata yang telah diulas sebelumnya, Kapalo Banda Taram ini juga memiliki keindahan alam yang cantik.

Konon, awal mulanya, obek wisata ini adalah sebuah saluran irigasi yang digunakan warga setempat untuk mengairi persawahan disekitar lokasi namun lama-kelamaan karena banyak masyarakat yang berdatangan menikmati pemandangan yang ada, akhirnya dijadikanlah sebuah obyek wisata.

Disini pengunjung bisa menikmati pesona danau buatan yang memiliki background pegunungan dan kelilingi oleh hamparan warna hijau dari pepohonan yang tumbuh di pegunungan dan tumbuhan yang ada di ladang persawahan sekitar.

Udara cukup sejuk dengan kondisi alam yang masih terjaga keasrianya, disini selain melihat pemandangan dan berfoto pengunjung bisa menaiki rakit yang sudah disedikan pengelola, untuk sekedar berkeliling danau dengan membayar 10 ribu rupiah perjamnya. 

4. Air Terjun Lubuak Bulan
Air Terjun Lubuak Bulan
Air Terjun Lubuak Bulan via lihat.co.id
Selanjutnya adalah obyek wisata Air Terjun Lubuak Bulan. Destinasi menarik ini berada di Dusun Jorong Koto Tinggi Kubang Blambak, Desa Kanagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota. Jika ditempuh dari Kota Payakumbuh anda harus melakukan perjalanan sekitarr 4 hingga 5 jam.

Air Terjun Lubuak Bulan memiliki ketinggian hingga 50 meter dengan dikelilingi oleh tebing yang seolah-olah terbilah seperti bentuk bulan. Kondisi alamnya masih sangat asri dan tentunya juga sangat sejuk udaranya. Untuk bisa sampai di obyek wisata ini, wisatawan harus berjalan kaki hingga 3 jam dan harus melewati hutan terlebih dahulu. Memang membutuhkan pengorbanan yang lumayan melelahkan, namun akan sebanding dengan keindahan yang bisa anda nikmati.

Saran kami, jika ingin mengunjungi obyek wisata ini, pastikan untuk menyiapkan stamina dan juga bekal yang cukup, agar perjalanan wisata anda bisa berjalan lancar.

5. Ngalau Indah
Ngalau Indah
Ngalau Indah via indonesiakaya.com
Objek wisata Ngalau Indah ini berada di Kelurahan Pakan Sinayan Kec Payakumbuh Barat, Kota Pyakumbuh. Berjarak kurang lebih 4 KM dari Kota Payakumbuh, tepatnya terletak di kaki bukit Simarajo dan menjadi pusat tinggal kelelawar serta monyet hutan.
  
Wisata Ngalau Indah adalah objek wisata yang menyajikan pengalaman wisata dalam gua. Dimana dalam gua tersebut sudah disediakan fasilitas jalan, tangga, serta lampu penerangan yang memadai. Fasilitas lainya yang juga bisa dinikmati oleh pengunjung adalah tempat parkir yang luas, taman bermain anak, taman untuk beristirhat, kondisi lingkungan yang bersih dan terawat, serta warung makan yang menjajakan beragam makanan lezat.

Tiket untuk wisatawan hanya dipatok sebesar 5 ribu hingga 10 ribu rupiah saja per orang. Dan dengan mengeluarkan uang segitu anda sudah bisa menikmati keindahan alam yang tebentuk secara alami tersebut sepuasnya.

Dan ada lagi hal menarik lainnya, selama perjalanan menuju ke objek wisata gua ini pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam lainya, seperti pemandangan hamparan persawahan yang sangat luas dan juga pesona bukit Simarajo yang memukau.

6. Panorama Ampangan
Panorama Ampangan
Panorama Ampangan via indonesiakaya.com
Tempat wisata Panorama Ampangan ini berlokasi di kelurahan Ampangan, Kec Payakumbuh Selatan tepatnya di perbukitan Kenagaraian Aur Kuning. Menuju ke lokasi ini anda harus melakukan perjalanan sejauh 6 KM dari pusat Kota Payakumbuh bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan angkutan umum.

Seperti halnya wisata sebelumnya, Panorama Ampangan ini juga berkonsep wisata alam, dengan menyajikan panorama unik khas perbukitan yang tentunya sangat menawan. Panorama yang indah ini berada di kaki gunung sago. Dan pesona yang ditawarkan, sukses menarik minat banyak pengunjung, baik pengunjung lokal atau luar daerah.

Dan menariknya, meski menawarkan pemandangan keren, tiket masuknya sangat murah meriah, yaitu hanya 2 ribu saja, dan bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, cukup mengeluarkan uang 2 ribu lagi untuk biaya parkir.

7. Jembatan Kelok Sembilan
Jembatan Kelok Sembilan
Jembatan Kelok Sembilan via travel.kompas.com
Jembatan Kelok Sembilan ini sesuai namanya, memiliki kelok-kelok jalan yang berjumlah sembilan dan berada di Jorong Aie Putiah, Desa Nagari Sarilamak, Kec Harau, Kab Puluh Kota Sumatera Barat. Tepatnya berada 30 km dari Kota Payakumbuh menuju ke Provinsi Riau.

Jembatan kelok sembilan, dibangun dengan sangat menakjubkan setiap kelokan dibuat dengan tajam dan memiliki lebar jalan hingga 5 meter. Selain bentuk jembatanya, daya tarik jembatan ini adalah pemandangannya yang sangat indah karena berada diantara 2 perbukitan dan 2 cagar alam (Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau).

Keindahan disini pada malahm hari juga tidak kalah dengan pemandanganya di siang hari, karena jalanan juga telah dihiasi dengan lampu-lampu jalan yang cantik sehingga terkesan eksotis. Selain itu, disana juga terdapat banyak warung tenda yang menjajakan beragam jajanan lezat di tepi jalan..

8. Padang Mengatas
Padang Mengatas
Padang Mengatas via plesirankotatua.blogspot.com
Obyek wisata Padang Mangatas ini berada di jl. Padang Mangatas, Kelurahan Mungo, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota. Tak kalah keren dengan obyek wisata sebelumnya, destinasi ini menyuguhkan pemandangan unik, yakni padang rumput cantik, tak kalah dengan yang ada di Selandia Baru. Padang rumput disini juga merupakan sentra peternakan sapi terbesar di Sumatera Barat, dengan luasnya yang mencapai 289 hektar.

Nah, demikian diatas beragam destinasi tempat wisata terbaik di Payakumbuh Sumatera Barat yang kami rekomendasikan untuk anda. Selamat berlibur.