PLARIUSMODIFIKASI101

Destinasi Tempat Wisata Terbaik di Probolinggo Jawa Timur

Monday, August 13, 2018
Tak kalah dengan propinsi lain di Indonesia, Jawa timur juga memiliki segudang obyek wisata menarik. Salah satunya yang terdapat di kota Probolinggo. Di kota ini, terdapat berbagai obyek wisata keren, terutama wisata alamnya. Baik itu, gunung, pantai, curug, dan banyak lagi. Nah, langsung saja, untuk anda yang tertarik menjadikan Probolinggo sebagai tujuan wisata, berikut kami pilihkan beberapa obyek wisata menarik di Probolinggo, Jawa timur yang bisa anda kunjungi. 

Beragam tempat wisata terbaik di Probolinggo Jawa Timur yang kami rekomendaikan untuk anda

1. Gunung Bromo
Gunung Bromo
Gunung Bromo via youtube.com
Obyek wisata yang pertama adalah Gunung bromo. Pastinya nama gunung ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Ya, gunung Bromo merupakan salah satu objek wisata yang sangat luas, bahkan wilayahnya terbagi kedalam beberapa daerah, diantaranya Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Juga Kabupaten Lumajang.

Bicara tentang keindahan objek wisata alam, khususnya wisata gunung, tentu saja Bromo menjadi juaranya. Maka dari itu, tak heran bila objek wisata ini selalu ramai pengunjung, mulai dari pengunjung lokal, warga setempat, hingga wisatwan manca negara. Keindahan alamnya sungguh mempesona terutama pada saat-saat menjelang terbitnya matahari, disekitaran gunung Bromo bila dilihat dari ketinggian tertentu, terlihat seperti sungai susu atau yang populer dengan istilah milki way, padahal tampilan tersebut merupakan kabut putih. 

Gunung Bromo ini memiliki ketinggian sekitar 2.392 mdpl dan termasuk dalam kategori gunung berapi yang masih aktif sehingga kapan pun bisa meletus. Banyak sekali kegiatan yang bisa anda nikmati di sini seperti menunggang kuda, mendaki menuju puncak bromo, menaiki mobil jeep dan masih banyak lagi.

Disekitaran area wisata Gunung Bromo ini juga terdapat beberapa hotel, penginapan, restoran, cafe, homestay, warung makanan, ang bisa dinikmati pengunjung. Bagi pengunjung atau wisatawan dari lluar daerah biasanya memanfaat Jasa travel untuk berkunjung kesini dan di drop di penginapan atau hotel sekitar area wisata Gunung Bromo ini.

2. Padang Savan atau Bukit Teletubies Gunung Bromo
Padang Savan atau Bukit Teletubies Gunung Bromo
Padang Savan atau Bukit Teletubies Gunung Bromo via alimustikasari.com
Obyek wisata unggulan Probolinggo berikutnya adalah padang Savana atau Bukit Teletubies. Destinasi ini masiih berada di area lokasi objek wisata Gunung Bromo tepatnya di arah selatan dari Gunung Bromo. 

Objek wisata Padang Savana ini keindahanya juga sangat mempesona, terlebih udara juga sangat sejuk. Padang Savana ini menyajikan pemandangan ahmaran rerumputan hijau yang jika dilihat sekilas sangat mirip dengan bukit teletubis. Tempat ini sangat instagramable, sehingga menjadi objek wisata favorit pemuda-pemudi.

3. Gunung Argopuro
Gunung Argopuro
Gunung Argopuro via ardiyanta.com
Sama dengan Gunung Bromo, Gunung Argopuro ini terletak dan terbagi ke dalam beberapa wilayah administrasi yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso, dan juga Kabupaten Situbondo. Namun untuk puncak gunung ini, yaitu puncak rengganis, terletak diwilayah Kabupaten Jember.

Bicara mengenai keindahan, tentunya gunung Argopuro ini juga memiliki daya tarik tersendiri, tak beda jauh dengan gunung lainya. Dan perlu diketahui, Gunung Argopuro ini masih masuk dalam kategori gunung berapi, meski begitu, menurut para pakar gunung ini sudah tidak aktif lagi. 

Ketinggiannya mencapai gunung ini mencapai 3.088, dengan trek pendakian paling panjang yang ada di pulau jawa, dan juga treknya lebih ekstrim dari pada Gunung Bromo. 

Oya, disini juga terdapat situs peninggalan jaman purbakal. Jadi,  sekalian mendaki gunung ini, anda juga bisa berkesempatan mengunjungi situs tersebut. Selain itu karena hutannya cukup lebat gunung ini juga menjadi hutan lindung dan suaka margasatwa, sehingga sering juga disebut sebagai Yang Argapura. 

4. Pantai Bentar
Pantai Bentar
Pantai Bentar via ksmtour.com
Objek wisata Pantai Bentar ini berada di kawasan administratif Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Propinsi Jawa Timur. Pantai Bentar ini termasuk dalam kategori tempat wisata favorrit di Probolinggo dan setiap hari selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. pesona keindahanya amat sangat cantik terutama dikala senja saat matahari terbenam.

Fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengujung pantai ini terbilang lengkap, mulai dari area parkir, warung makan atau restoran, kamar mandi atau toilet, becak air, kereta-keretaan, dan lain sebagainya.

Pantai ini menyediakan jembatan atau dermaga yang menghubungkan pantai dengan gazebo atau gardu-gardu yang sengaja di bangun diatas laut, dan spot tersebut menjadi spot favorit pengunjung untuk melakukan pemotretan, poto prewedding, atau hanya sekedar foto untuk di apload ke akun sosial media.

Disini pengunjung juga bisa melihat hiu tutul yang sedang berenang untuk bermigrasi dari laut australia. Biasanya, hiu di sini bisa dilihat dari bibir pantai dalam radiius 1 km. 

5. Hutan Mangrove BJBR
Hutan Mangrove BJBR
Hutan Mangrove BJBR via adventurewisata.blogspot.co.id
Selanjutnya adalah hutan Mangrove BJBR. Hutan keren  ini berada di wilayah Pelabuhan PPP Mayangan, wisata Primadona, Mangunharjo, Mayangan, Kota Probolinggo, Propinsi Jawa Timur.

Objek wisata hutan mangrove BJBR ini dikenal juga dengan sebutan Beejay Bakau Resort. Destinasi ini merupakan obyek wisata alam yang menyuguhkan hamparan hutan bakau seluas 5 hektar yang juga terletak tepat di bibir pantai.

Spot-spot disini, sengaja dibuat serupa dengan spot-pspot ala-ala korea, meskupin dulunya tempat ini sangat kumuh, namun karena kerja keras pihak pengelola, sekarang kawasan ini menjadi tempat wisata favorit yang menjadi andalan Probolinggo.

Wisatawan yang bekunjung kesini buakn hanya berasal dari daerah Probolinggo dan sekitarnya namun wisatawan luar daerah, luar pulau, bahkan tak sedikit pula turis mancanegara yang menyempatkan berkunjung kesini.

Kayu jembatan yang dipakai untuk jalan akses berkeliling hutan bakau ini dibuat dari kayu kelapa, dan dibuat dengan sangat unik. Ada juga beberapa spot yang memang sengaja untuk dipergunakan sebagai spot berfoto. 

Seperti spot dengan tulisan BJBR yang sangat besar, spor gembok cinta, patung kuda, miniatur kapak pinisi, background laut dan gunung, bola dunia atau Globe. Dan untuk fasilitas wisata, disini juga tersedia lengkap, mulai dari cafe bungalow, toilet, musholla dan lain sebagainya.

6. Pulau Gili Ketapang
Pulau Gili Ketapang
Pulau Gili Ketapang via ngetripyuk.id
Pulau Gili Ketapang merupakan salah satu salah satu pulau kecil yang masih masuk di wilayah administratif Kota Probolinggo. Tepatnya sekitar 8 Km dari bibir pantai Kota Probolinggo

Daya tarik wisata disini adalah aktivitas snorkling, banyak sekali paket snorkling yang di tawarkan oleh pengelola dan juga swasta di pulau ini. Lebarnya sekitar 68 hektar dan telah lama dihuni oleh Suku Madura. 

7. Curug Madakaripura
Curug Madakaripura
Curug Madakaripura via travel.tribunnews.com
Curug Madakaripura ini berada di wilayah administratif Kecamatan Lumbang Kota Probolinggo, Propins Jawa Timur. 

Curug ini merupakan salah satu spot objek wisata alam di Probolinggo yang juga tidak kalah indah dari yang lainya. Keunikan curug ini adalah memiliki bentuk seperti ceruk dan disekeliingi oleh perbukitan yang merupakan tebing tempat terjunnya air.

Pemandangan di curug ini sungguh mempesona,bahkan digadang-gadang sebagai curug tercantik yang ada di Probolinggo

Menurut sejarah, adanya curug Madakaripura lekat hubunganya dengan Kerajaan Majapahit. Bahwa dibalik curug tersebut terdapat sebuah gua yang dahulu memang digunakan oleh Patih gajah Mada untuk bersemedi. Masyarakat disekitar area curug ini masih sangat kental menjujung tinggi kejawen sehingga setiap malam satu suro berdatangan kesini dengan maksud dan tujuan tertentu. 

Air di Curug ini sangat segar dan sejuk sehingga bagi anda pengunjung obejk wisata ini jangan lupa untuk mencoba berenang disini, atau hanya sekedar bermain air.

8. Arung Jeram Sungai Pekalen
Arung Jeram Sungai Pekalen
Arung Jeram Sungai Pekalen via venicka.com
Berikutnya adalah sungai Pekalen. Destinasi ini merupakan sungai yang tergolong panjang, sungai ini mengalir di beberapa Kecamatan yang ada di Probolinggo, yaitu Kecamatan Tritis, Kecamatan Maron dan juga Kecamatan Gading. 

Sungai Pekalen memiliki panjang hinga 29 Km yang dibagi menjadi 3 zona yaitu, Zona atas dengan panjang sekitar 12 km, Zona tengah dengan panjang 7 Km, dan Zona Bawah dengan panjang 10 Km. 

Masing-masing zona memiliki keistimewaan tersendiri, zona atas terdapat air terjun tentunya ini akan sangat memancing adrenalin pengunjung. 

Zona bawah terdapat 32 jeram dan pegunjung akan melewati curug-curug yang indah serta goa kelelawar. Selain itu juga akan banyak dijumpai satwa liar ketika di perjalanan.

Bagaimana, keren-keren bukan obyek wisata terbaik di Probolinggo Jawa Timur yang kami sebutkan diatas. Jadi, segera rencanakan liburan anda yang akan datang, untuk berkunjung kesana.