PLARIUSMODIFIKASI101

Wajib Dikunjungi, Ini 10 Kuliner Bukittinggi Yang Enak dan Nyaman

Wednesday, August 8, 2018
Banyak orang yang belum tahu jika di bukit tinggi juga terdapat banyak tempat wisata kuliner yang patut di coba, apalagi bagi yang melakukan perjalanan menggunakan bis. Biasanya para sopir mengajak penumpangnya beristirahat di rumah makan.

Memang selain perlu menikmati keindahan alam di sana, Anda juga harus menyiapkan kocek lebih untuk mengisi perut di tempat wisata kuliner tang sesuai selera Anda. Dan sebelum berangkat, Anda juga perlu mencari referensi tempat kuliner yang tepat.

Di Bukittinggi tentunya ada banyak sekali tempat wisata kuliner dengan keunikannya masing-masing. Pastikan agar Anda mendapatkan pengalaman baru saat singgah di sana.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika Anda melintasi 10 tempat wisata kuliner di bawah ini untuk mencicipinya.

Berikut 10 tempat wisata kuliner di bukit tinggi:

1. Pical sukai & Lanang tapai
Pical sukai & Lanang tapai
Pical sukai & Lanang tapai via lifetimejourney.me
Temoat ini berlokasi di jl. Panorama 19c, Deket pintu taman panorama & lobang Jepang.
Makanan ini merupakan sebuah makanan yang simpel tapi memiliki rasa yang tidak mau kalah. Tempat makannya yang bersih dan nyaman dan memiliki pelayanan yang ramah. Membuat pengunjungnya merasa betah di tempat ini. Pical sukai ini adalah sejenis pecak di pulau Jawa. Yang khas dari pecak sukai ini adalah terdapat jantung pisang dan rebung di antara sayuran lainnya.

Bumbu kacangnya sendiri juga memiliki rasa yang pas tidak terlalu pedas dan tidak terlalu manis. Sangat cocok dipadukan dengan Pecak yang memang sudah lezat. Bahkan tempat kuliner ini pun juga sangat pas dijadikan area nongkrong bersama teman maupun menghabiskan waktu bersama keluarga.

2. Sate danguang danguang khas paya kumbuh
Sate danguang danguang khas paya kumbuh
Sate danguang danguang khas paya kumbuh via backpackerjakarta.com
Tempat ini terletak di area kampung Cina dan buka ketika malam hari. Sesuai dengan namanya sate danguang danguang ini banyak ditemukan di paya kumbuh, akan tetapi di bukit tinggi di waktu malam hari terdapat gerobak di pinggir jalan yang menjual sate sejenis ijin sate ini berupa daging yang sudah di iris-iris tipis dan sudah menyerap bumbu yang mengandung kelapa. Bumbunya yang berwarna kuning dan berbau seperti lem akan tetapi rasanya sangat enak.

Rasa yang tidak terlalu pedas juga bisa dinikmati oleh Anda yang memang tidak suka dengan kuliner pedas. Dan penyajiannya pun terbilang unik karena  ditempatkan di piring plastik di alaskan daun pisang dan di beri lauk kerupuk.

3. Nasi Kapau uni Koes
Nasi Kapau uni Koes
Nasi Kapau uni Koes via duniatraveller.blogspot.com
Tempat ini terletak di los lambung pada ateh (pasar Utara). Banyak sekali orang yang merekomendasikan makanan ini khas bukit tinggi. Akan tetapi beberapa pengunjung merasa tidak nyaman karena peralatan makannya yang kurang bersih, selain itu ada juga yang merasa di tekan oleh para ini. Baru sampai di tempat langsung disodori air kobokan dan juga sudah di tanya mau duduk di mana, padahal belum tentu mereka makan di tempat ini . Pendapat itu memang banyak dikatakan oleh para beberapa pengunjung.  Tapi hal tersebut bukan masalah besar, karena setiap tempat makan pasti punya cara tersendiri untuk menarik perhatian dan melayani pengunjungnya.

Nuansanya juga sama seperti Rumah Makan di kota-kota besar lainnya, karena Ketika makan tempat ini juga sering di kerubungi para pengamen ketika sedang makan. Tempat ini menyediakan menu sayuran kol kuning, sayur daun singkong dan dadak rendang. Untuk harganya dibanderol Rp 90.000 untuk 2 orang. Lumayan murah bukan, dan tempat ini sangat strategis serta mudah dijangkau.

4. Pical ayang
Pical ayang
Pical ayang via pergidulu.com
Tempat kuliner wisata ini terletak di jalan ayah ngarai ( simpang ngarai Sianok ). Alasan utama untuk mengunjungi tempat wisata Pical ayang ini adalah bubur kampiun, bubur manis yang memiliki campuran lapis, bubur lemu, candil, bubur kacang hijau yang kemudian di siram santan dan gula merah. Yang membuat rasanya sangat maknyus. Bagi yang tidak menyukai bubur dapat mencoba lontong sayur yang rasanya tidak kalah enaknya, lebih nikmat lagi ketika kuahnya masih panas.

Selain itu Anda juga bisa menikmatinya dengan gorengan seperti perkedel, martabak mini dan bala-bala. Selain rasanya yang nikmat Anda tidak usah khawatir tentang harga. Tempat ini membanderol harga Rp 6.000 untuk bubur kampiun, Rp 5.000 untuk lontong sayur, dan gorengan Rp 1.000.

5. Ayam pop di R.M. family benteng
Ayam pop di R.M. family benteng
Ayam pop di R.M. family benteng via kulinerbangsakoe.blogspot.com
Tempat ini terletak di jalan banteng indah ( Deket pintu masuk ke diet dengan kock ).
Sesuai dengan rekomendasi, banyak yang berkata ayam pop ini berawal dari restoran family benteng ini. Rasanya yang begitu nikmat. Banyak orang yang tidak menyangka jika warna ayam yang pucat tetapi memiliki rasa yang sangatlah nikmat. Selain ayam pop tempat ini juga menyediakan rendang hitam, yang tak kalah enaknya di  Simpang raya.

6. Rimbun espresso & brew bar
Rimbun espresso & brew bar
Rimbun espresso & brew bar via majalah.ottencofe.co.id
Tempat wisata kuliner ini berada di jl. Ahmad Yani, dekat  jembatan limpapeh.
Jika Anda merasa kangen dengan specialty coffe seperti yang di sajikan di coffe shop kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung. Tempat ini juga tidak kalah Design interiornya yang cukup modern untuk di kawasan bukit tinggi. Kata sang pemilik sih tempat ini baru buka sekitar 6 bulan akan tetapi rasanya boleh di adu dengan kopi bikinan coffe shop di Bandung maupun Jakarta.

7.  Sate Mak Aciak
Sate Mak Aciak
Sate Mak Aciak via atravelgirlssurvivalguide.blogspot.com
Kuliner di Bukittinggi memang sangat bervariasi, dan Anda bisa menemukan yang khas Bukittinggi di pasar atas, tentunya dengan rasa amat lezat dan penyajiannya yang unik.

Di Sate Mak Aciak ini, tersedia menu sate yang rasanya sangat enak, wadahnya pun berupaya daun pisang, sehingga nuansa kesederhanaan dan pedesaan akan terasa kalau menyantap kuliner di sini.
Tentunya sate ini dilengkapi dengan lontong, namun juga bisa diganti dengan nasi. Lokasinya berada di Jl. Minangkabau, No 55, Bukittinggi, Sumatera Barat.

8. Rumah Makan Sianok Kuliner Spesial Itiak Lado Mudo
Rumah Makan Sianok Kuliner Spesial Itiak Lado Mudo
Rumah Makan Sianok Kuliner Spesial Itiak Lado Mudo via ksmtour.com
Kabar gembira bagi Anda yang suka makanan pedas, karena di Rumah Makan Sianok ini menyediakan kuliner spesial berupa Itik lado Mudo yang sangat lezat!
Anda juga tidak perlu pusing untuk mencari lokasi tempat ini, karena selain strategis, Rumah Makan Sianok ini berdekatan dengan tempat wisata. Sehingga, Anda bisa menikmati rasanya yang pedas nan lezat sembari menikmati keindahan alam.

Di sini juga masih tersedia beberapa menu lainnya, dan pastinya sama lezatnya serta bertekstur lembut. Untuk masalah harganya, bisa dibilang murah daripada Rumah Makan di Bukittinggi lainnya, kok, jadi tidak perlu khawatir.
Rumah Makan ini beralamat di Jl. Binuang, Darma, Kayu Kubu, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Selatan.

9. Nasi Kapau Ni Er
Nasi Kapau Ni Er
Nasi Kapau Ni Er via goodindonesianfood.com
Lanjut ke Nasi Kapau Uni Er yang berada di Jl. Pemuda Guguk Panjang yang menyediakan aneka makanan lezat khas Bukittinggi. Yang paling spesial adalah menu andalannya berupa nasi Kapau yang lengkap dengan beberapa macam lauk dan Anda bisa memilihnya sesuka hati.

Jika mencari sebuah persamaan, maka hampir mirip seperti masakan Padang yang sangat kaya akan lauk. Rasa tiap olahan di sini sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia dengan tekstur lembut, gurih, pedas namun tetap dengan harga terjangkau.

Jika masih bingung, lebih tepatnya Nasi Kapau Uni Er ini beralamat di Jalan Pemuda, Aur Tajungkang Tengah Sawah, Guguk Panjang, Benteng Ps. Atas, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

10. Martabak Pizza Sera
Martabak Pizza Sera
Martabak Pizza Sera via hotsta.net
Waah, martabak Pizza? Apa Anda baru mendengar jenis makanan ini? Ya, makanan ini memang benar-benar enak ada di Bukittinggi, tepatnya di Jl. Hafid Jalil No.147, Birugo, Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Mungkin saat pertama kali Anda mendengarnya akan terasa aneh, karena memang kuliner yang satu ini sangat unik. Namun jangan meremehkan soal rasanya, karena ketika Anda menggigit martabak Pizza ini, maka Anda akan dibuatnya ketagihan.

Rasanya lebih gurih dan lebih kremes ketimbang martabak di tempat lain, bahkan harganya pun tidak mahal.

Itulah beberapa rekomendasi tempat kuliner yang bisa Anda kunjungi saat singgah di Bukittinggi, Sumatera Barat yang kaya akan wisata kuliner dan keindahan alamnya. Banyak wisatawan yang berlalu-lalang di kota ini, bahkan banyak yang sampai mampir kembali karena rindu dengan nuansa dan bermacam masakannya.

Pastikan Anda mengantongi uang saku lebih, karena setiap kendala memang tidak bisa diprediksi. Pastikan juga bahwa Anda telah mencari referensi tepat kuliner lebih dari satu untuk memastikan agar Anda tidak kelaparan saat perjalanan.