PLARIUSMODIFIKASI101

Pilihan Obyek Wisata Terbaik di Jambi Yang Harus Disinggahi

Friday, August 31, 2018
Jambi merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang juga mempunyai banyak sekali spot menarik untuk dijadikan tujuan berlibur. Bukan hanya tentang obyek wisata alamnya, namun juga wisata budaya, sejarah dan masih banyak lagi. Maka dari itu, jika Anda mempunyai rencana untuk berlibur ke Jambi, tentunya itu merupakan pilihan yang tepat. Mengingat, Jambi tidak kalah menawannya dengan kota-kota wisata lain di Indonesia. Nah, untuk anda yang masih bingung akan berkunjung kemana saat di Jambi, berikut ini telah kami pilihkan beberapa obyek wisata menarik yang bisa di kunjungi. Pilihan Obyek Wisata Terbaik di Jambi

1. Candi Muaro Jambi
Candi Muaro Jambi
Candi Muaro Jambi via yopiefranz.com
Perlu diketahui, Candi Muaro Jambi ini luasnya delapan kali lebih besar dibandingkan Candi Borobudur. Dan menariknya candi ini termasuk dalam warisan situs kota kuno yang berada di wilayah Sumatera. Tak heran, Candi ini memang memiliki nilai sejarah yang begitu kental dengan bangunan-bangunan kuno ala umat Buddha. Candi ini merupakan salah satu situs peninggalan kerajaan Melayu dan kerajaan Sriwijaya.

Sebagai objek wisata yang memiliki nilai sejarah yang begitu tinggi, Candi ini juga menawarkan museum purbakala sebagai tempat para pengunjung mempelajari dan menambah pengetahuan tentang situs sejarah. Candi ini dipredikisi oleh para peniliti telah berdiri sejak abad 11 Masehi. Terhitung, ada 9 peninggalan situs Candi di kompleks Candi Muaro Jambi ini yang sudah dirawat dengan baik oleh pemerintah.

Candi Muaro Jambi ini berlokasi di kecamatan Muaro Sebo, kabupaten Muaro Jambi. Untuk menikmati pemandangan Candi dan alam yang berada di sekitar objek wisata ini, pengunjung dapat menggunakan sepeda atau yang telah disediakan dan dapat disewa oleh para pengunjung.

2. Jambi Paradise
Jambi Paradise
Jambi Paradise via wisataselfie.blogspot.com
Objek wisata selanjutnya adalah Jambi Paradise yang merupakan objek wisata air yang digandrungi warga setempat sebagai objek wisata favorit. Selain menawarkan pemandangan alam yang indah, objek wisata ini juga menyediakan fasilitas bagi para pengunjung untuk menikmati pemandangan tersebut dengan lebih menyenangkan. 

Fasilitas yang ditawarkan di tempat wisata ini di antaranya wahana flying fox, perahu yang sekaligus bisa digunakan untuk menyaksikan ikan yang ada di danau dan memberikannya makan, sepeda untuk berkeliling, serta permainan pertak umpet yang dapat dilakukan di labirin yang ada di objek wisata ini. Cocok bagi Anda sekalian yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dan anak.

Objek wisata yang berlokasi di Simpang Acai, Sungai Gelam, Kota Jambi ini juga menyuguhkan lorong sepanjang 30 meter dengan tumbuhan yang merambat di bagian pinggir. Sangat cocok bagi Anda yang gemar melakukan selfie. Untuk menikmati fasilitas dan keindahan objek wisata ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya 30.000 rupiah untuk tiket masuk. Namun, untuk wahana lain, Anda akan ditarik tarif tiket yang lain.

3. Museum Negeri Jambi
Museum Negeri Jambi
Museum Negeri Jambi via ksmtour.com
Museum Negeri Jambi merupakan objek wisata bagi Anda gemar mempelajari sejarah. Museum ini menawarkan fasilitas yang tak kalah banyak berkaitan dengan sejarah di kota Jambi. Sebab, banyak sekali peninggalan sejarah di Jambi yang ditampilkan di museum ini. 

Ada sekira 2.885 buah koleksi peninggalan sejarah yang dipamerkan di museum ini. Peninggalan-peninggalan tersebut di antaranya uang, arca, beliung batu, teko, kayu, batuan, mineral dan lain-lain. cukup lengkap, bukan? Terlebih museum ini merupakan museum terbesar yang berada di kota Jambi. Sehingga menjadi pusat pengetahuan sejarah yang berada di Kota Jambi.

Museum Negeri Jambi sebenarnya kini sudah berganti nama menjadi Museum Siginjai. Nama ini diambil dari senjata keris yang dimiliki oleh raja Jambi di masa lampau. Museum ini berlokasi di Jalan Urup Sumoharjo, kota Jambi. Jika Anda ingin memperlajari sejarah kota Jambi lebih dalam, kami sarankan untuk mengunjungi museum ini.

4. Danau Telaga Biru
Danau Telaga Biru
Danau Telaga Biru via serujambi.com
Objek wisata di Jambi yang menarik selanjutnya adalah Danau Telaga Biru. Telaga ini begitu indah dengan kealamian airnya yang masih terjaga. Telaga ini memiliki air yang berwana biru dan tampak sangat indah karena mampu menampakkan pemandangan di dalam air. Objek wisata ini sangat cocok untuk Anda yang gemar berpetualangan, sebab, sensasi alam yang masih sangat natural menjadi daya tarik yang sangat jarang ditemukan di tempat lain.

Danau Telaga Biru ini dulunya muncul karena letusan gunung vulkanik. Karena letusan gunung tersebut, di sana terbentuk sebuah kawah sebesar diameter lapangan futsal. Selain itu, berkat letusan vulkanik tersebut, daerah tersebut juga menjadi subur, terbukti dengan banyaknya lumut dan tumbuhan yang tumbuh di sekitar Danau.

Danau Telaga Biru yang terletak di desa Tanjung Alam tepatnya di dataran tinggi Gunung Masurai, Kecamatan Gancat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi ini juga mampu menjadi tempat tinggl ikan-ikan air tawar dan terkadang ketika berada di tepian danau tersebut Nampak sedang berenang-renang. Bisa kita bayangkan keindahan danau yang sangat natural ini, bukan?

5. Gunung Kerinci
Gunung Kerinci
Gunung Kerinci via fokusjambi.com
Objek wisata selanjutnya cocok untuk Anda yang suka mendaki gunung. Ya, tidak lain adalah gunung Kerinci. Gunung berapi tertinggi di wilayah Asia Tenggara yang hingga kini masih aktif. Gunung ini memliki ketinggian 3805 mdpl. Dan memiliki kedalaman kawah sebesar 600 meter. Terakhir beraktivitas pada tahun 2009 lalu.

Untuk menuju lokasi Gunung Kerinci ini, pendaki bisa menghabiskan waktu antara 8-10 jam dengan kendaraan dari kota Jambi menuju pos pendakian di kecamatan Kajoe  Aroe. Pada ketinggian puncak gunung ini, Anda dapat menyaksikan keindahan 3 kota sekaligus, yakni Padang, Bengkulu dan Jambi. Bahkan dari ketinggian ini, jika beuntung, Anda dapat menyaksikan luasnya samudera Hindia.

Gunung Kerinci ini berlokasi di kawasan desa Kresik Tuo, Kecamatan Kajoe Aroe, Kabupaten Kerinci. Dan untuk Gunung Kerinci ini letaknya berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat. Gunung ini secara administrasi berada di Taman Nasional Kerinci Seblat atau TNKS. Jika Anda tertarik untu menjajal menaklukkan gunung ini, saran kami, siapkan amunisi dan berupa logistic dan stamina yang memadai agar perjalanan Anda lancer dan menyenangkan.

6. Danau Kerinci
Danau Kerinci
Danau Kerinci via youtube.com
Objek wisata selanjutnya masih tentang alam yakni objek wisata Danau Kerinci. Jika Anda pergi ke Provinsi Jambi, sempatkanlah datang ke danau yang satu ini. Danau kerinci merupakah salah satu danau terbesar yang berada di Indonedia. Danau ini sudah sangat terkenal. Selain menawarkan pemandangan alam danau yang masih natural dan memiliki air yang jernih, di danau ini juga menyediakan fasilitas speedboat bagi para pengunjung yang tertarik untuk berkeliling di perairan.

Selain bisa berkeliling dan menikmati keindahan di perairan, pengunjung juga bisa berkeliling di pedesaan sekitar danau, yang konon pernah dihuni oleh manusia purba, dibuktikan dengan adanya batu-batu berukir. Kemudian, di sekitar danau juga banyak warung yang menyediakan kuliner khas masyarakat lokal.

Danau yang berlokasi di bagian paling barat Provinsi Jambi tepatnya di Kabupaten Kerinci ini juga memilki acara tahunan yang disebut ‘Pesta Danau’, yang digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai perwujudan kesatuan budaya dan promosi wisata.

7. Danau Kaco
Danau Kaco
Danau Kaco via travellink-indonesia.com
Objek wisata selanjutnya adalah Danau Kaco. Terkenal dengan tempat wisata yang penuh dengan misteri. Sebab, ketika menjelang malam atau saat datangnya purnama, danau ini akan mengeluarkan cahaya yang amat terang. Namun begitu dengan adanya cahaya tersebut membuat danau itu nampak indah. Selain itu, Danau Kaco juga memiliki air yang sangat jernih dan natural, sehingga menampakkan pemandangan di dalam danau tersebut.

Danau Kaco ini letaknya di tengah hutan, jadi tidak ada fasilitas penunjang seperti penginapan dan tempat makan. Sehingga sangat disarankan bagi para pengunjung yang  ingin pergi ke danau ini untuk menyiapkan  bekal dan tenda peninapan jika diperlukan. Danau Kaco yang berlokasi d Desa Lumpur Kecamatan Gunung Raya ini merupakan salah satu kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

8. Kebun Teh Kajoe Aro
Kebun Teh Kajoe Aro
Kebun Teh Kajoe Aro via pedomanwisata.com
Objek wisata selanjutnya adalah Kebun The yang terletak di kaki gunung Kerinci. Kebun teh yang termasuk terluas di dunia ini menawarkan pemandangan pegunungan dan perkebunan hijau yang begitu indah. Luasnya sekitar 3020 hektar dan berada di ketinggian 1600 mdpl. 

Kebun teh ini konon merupakan kebun teh tertua di Indonesia karena sudah ada sejak zaman kolonialisme Belanda. Selain menawarkan suasana dingin khas pegunungan juga Anda dapat merasakan udara serta pemandangan hijau. Sangat cocok menyegarkan mata. Kebun teh ini berlokasi di Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Itulah deretan obyek wisata terbaik yang berada di Provinsi Jambi. Beberapa spot menarik lain yang tak kalah keren diantaranya, Masjid Agung Al Falah, Pulau Berhala dan banyak lagi.