PLARIUSMODIFIKASI101

Menggugah Selera! Inilah 11 Rekomendasi Tempat Kuliner di Kota Cilegon, Banten.

Saturday, August 11, 2018
Cilegon adalah salah satu kota dengan banyak panorama indah, terlebih lautannya. Mungkin karena kekayaan itulah banyak pandai membuat tempat kuliner dengan view pemandangan sebagai pemikatnya.

Nah, jika Anda punya rencana untuk berkunjung ke Kota Cilegon ini, maka akan banyak wisata kuliner dengan beragam menunya yang bisa Anda pilih. Memang, rata-rata menunya menjadi hidangan khas kota  berada di Banten, karena Banten sendiri pernah menjadi satu wilayah di bawah Kerajaan Islam Banten. 

Berikut beberapa rekomendasi tempat kuliner di Kota Cilegon, Banten yang bisa Anda kunjungi:

1. Warung Gonjleng
Warung Gonjleng
Warung Gonjleng via tripadvisor.co.id
Bagi masyarakat Banten, terutama di Kota Cilegon. Pasti sudah sangat bersahabat dengan makanan Rabeg. Rabeg sendiri adalah makanan yang tidak boleh sampai Dilewatkan bagi wisatawan yang datang. Di Warung Gonjleng yang berada di Hotel Cilegon ini telah tersedia menu Rabeg. Rabeg sendiri biasa disajikan sebagai menu andalan saat ada acara adat, misalnya saja pernikahan.

Bagi warga sekitar, Rabeg ini adalah menu yang amat istimewa sejak zaman kepemimpinan Sultan, dan bahan baku yang dipakai memang hampir semuanya dari kambing, mulai dari daging, jeroan hingga tulangnya juga diolah.

Jika Anda berniat datang, tempat kuliner ini berlokasi di No.2 RT 003/005, Jl. RA. Kartini, Jombang Wetan, Jombang Sub-District, Cilegon City, Banten 42411.

2. Sate Bebek Asmawi
Sate Bebek Asmawi
Sate Bebek Asmawi via ksmtour.com
Jika Anda berkunjung ke Cilegon, maka ada salah satu kuliner yang patut dicoba, yang merupakan khas dari kota ini, yaitu sate bebek di Sate Bebek Asmawi yang terletak di Jl. Jenderal Ahmad Yani, Kec. Cilegon, Banten.

Jika digambarkan, Warung ini bukanlah seperti Warung kaki lima karena dibangun di sebuah bangunan sederhana dengan pengunjung yang padat-merayap. Yang paling unik dan menggugah selera adalah rasa sate ayam di sini yang lebih mirip seperti sate kambing, rasanya kenyal dan diiris tipis, teksturnya empuk dan lembut.

Nilai lebih dari menu ini adalah rasa bumbu yang menyelimuti dagingnya sanggatlah luar biasa. Bahkan saat sate ini dihidangkan, Anda masih busa melihat buku-buku cabai menempel pada dagingnya. Rempah yang digunakan juga sangat meresap ke dalam dagingnya, hal inilah yang membuat banyak sekali pelanggan setia rela antre panjang.

Yang tidak kalah lezat adalah aneka sop yang disediakan di sini, ada sop bebek sampai sop buntut ada di sini, kelebihannya terdapat pada kuahnya yang sangat gurih tercampur dengan renyahnya kol yang biasa dijadikan teman makan sate bebek pedas. Pelanggan biasanya memesan satu porsi sate dan Sop untuk dua orang.

3. Pondok Palem
Pondok Palem
pondok palem cilegon via ilovecilegon.co
Anda bisa berkunjung ke Pondok Palem yang merupakan pusat jajanan outdoor yang bertempat di lereng bukit, letaknya berada di kawasan Perumahan Palem Hill Cilegon yang selalu ramai oleh pengunjung. Yang paling menarik dan memikat hati adalah suasana berbeda di tempat ini, karena selain dapat menikmati sajian Nusantara yang beraneka, Anda juga dapat menyaksikan langsung keindahan kota Cilegon dari bukit.

Letak Palm Food Arcade atau biasa disebut Pondok Palm ini sangat strategis. Tempat kuliner ini merupakan satu-satunya yang berada di perbukitan kota Cilegon dengan suguhan pemandangan indah kota Cilegon pada siang dan malam hari secara langsung. Karena tidak hanya pada malam hari saja, siang maupun sore hari pun Anda sudah dapat melihat rentetan atap Rumah yang tersusun rapi dan hijau pepohonan dengan jelas.

4. Saung Edi
Saung Edi
Saung Edi via idntimes.com
Di Saung Edi, Anda dapat menemukan menu Nasi Bakar, Nasi Tutug Oncom, bermacam Juice, Nasi Timbel, dan masih banyak yang lainnya. 

Tempat kuliner ini cocok bagi siapa saja karena berlabel halal dengan rasa khas dan lezat. Harga yang dibanderol juga relatif murah.

Namun jika dikhususkan untuk tempat nongkrong, seperti tempat kuliner tidak cocok karena jam tutupnya pukul 9 malam. Lokasinya berada di Jalan SA Tirtayasa, Ramanuju, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon, Banten 42431.

5. Dapur Meneer
Dapur Meneer
Dapur Meneer via bisnisbanten.com
Jika Anda mencari tujuan wisata kuliner dengan nuansa cozy ala Eropa, maka Dapur Meneer merupakan tujuan tepat yang menghadirkan suasana nyaman dengan makanan-makanan lezat.

Bahkan, tempatnya juga cocok digunakan untuk berfoto-foto. Lokasinya berada di Karundang, Serang, Jl. Raya Serang - Pandeglang No.197, Cipare, Cipocok Jaya, Kota Cilegon - Serang, Banten 42117

6. Chicken Win
Chicken Win
Chicken Win via tripadvisor.co.id
Ternyata, di Cilegon juga ada restoran ala Korea dengan spesialisasi ayam, tepatnya di Cilegon Green Megablock.

Anda akan disuguhkan dengan tempat yang nyaman dan cocok digunakan bersantai. Makanannya yang akan Korea pun juga masih cocok dengan lidah orang Indonesia. Memang untuk patokan harga lumayan mahal dan kurang bersahabat di saku anak sekolah.

Chicken Win berada di Ruko Cilegon Green Mega blok E2 no. 15-16, Cilegon 42426, Indonesia.

7. Midori
Midori
Midori via id.openrice.com
Tampaknya, kota Cilegon memang sangat lengkap dalam menyuguhkan berbagai makanan khas dari berbagai tempat. Bahkan, di kota ini juga terdapat restoran Jepang yang berlokasi di Jalan Anyer.

Midori ini satu lokasi dengan Saung Anyer, jadi bisa sekali apabila ingin memesan makanan dari Midori dan duduknya di Saung Anyer. Namun jika Anda memilih makan di indoor, juga boleh-boleh saja, karena Anda akan disuguhkan dengan interior bagus dan juga ada tempat lesehan ala Jepang. Tempatnya luas, tidak terasa sesak dan ada juga tempat bermain anak untuk lari-larian dan beberapa mainan.

Menu makanan di sini, kata para pengunjung, enak-enak semua. Bahkan banyak yang ketagihan dengan rasa kue ramennya. Untuk sea food dari saung anyer juga lezat, cocok untuk jadi rekomendasi berkuliner saat berkunjung ke Cilegon deh pokoknya.

Alamat tepatnya di Jl. Raya Anyer-Sirih KM.127, Anyar, Serang, Banten 42166.

8. Sego Pecel Waras Farm
Sego Pecel Waras Farm
Sego Pecel Waras Farm via warasfarm.wordpress.com
Setelah membahas Resto dengan nuansa luar negeri, maka di poin ini akan ada nuansa berkuliner yang berbeda di kota Cilegon. Di Sego Pecel Waras Farm ini tersedia beberapa menu yang sangat merakyat seperti Baso, indomie rebus, Sego pecel, dan masih banyak lagi. Nuansanya sangat asri karena mata dapat menangkap gunung yang menjulang serta pohon-pohon yang mengelilingi Rumah Makan ini di sebelah kirinya.

Mengusung tema makan lesehan, tentu banyak sekali yang akan merasa nyaman saat membawa anak kecil maupun balita. Bahkan, Anda bisa sembari mengenalkan beberapa negara jenis tanaman atau membelinya dari tempat makan ini, sebab, di sini dilengkapi pula dengan perkebunan yang hasil panennya bisa langsung dijual kepada pengunjung. 

Banyak dari pengunjung yang melirik buah naga siap panen, masih segar dan tentunya akan menambah pengalaman berkuliner yang menyenangkan tentunya.

Biar tidak salah alamat, maka berikut adalah lokasi dari Sego Pecel Waras Farm ini, yaitu di Jl. Unnamed Rd,, Cikerai, Kec. Cibeber, Kota Cilegon, Banten 42422

9. Simpang Raya Sea Food Merak
Simpang Raya Sea Food Merak
Simpang Raya Sea Food Merak via restoransimpangraya.blogspot.com
Bagi Anda pengguna dan pencinta masakan Padang, sangat beruntung rasanya karena di Cilegon ini juga ada restoran yang sangat identik dengan masakan Padang, yaitu Simpang Raya yang berlokasi di Jl. Cikuasa Atas Merak, bahkan, di sini juga tersedia berbagai olahan sea food yang rasanya juara banget.

Agar tidak Anda bingung, di Simpang Raya ini ada dua section, yaitu atas untuk sea food dan di lantai bawah untuk masakan Padang. Rasanya makanannya tidak perlu diragukan lagi karena selain enak, juga  terbilang murah.

Bahkan, tema makannya pun lesehan dan menghadap ke laut dengan posisi tempat yang lebih tinggi dari jalan raya. Bayangkan, view apa saja yang akan Anda lihat, tentunya banyak keindahan Cilegon beserta lautannya yang mampu memanjakan mata Anda.

10. Hotspot Cafe
Hotspot Cafe
Hotspot Cafe via ngeloyor.blogspot.com
Yang terakhir adalah cafe nan Hits di Cilegon yang menawarkan kelengkapan wi-fi bagi pengunjungnya. Dengan kelebihan ini, pastinya banyak muda-mudi yang betah nongkrong sambil memesan sesuatu.

Menu yang disediakan pun tidak kalah Hits, yaitu Monster burger yang lagi booming di kalangan foodie, Pizza dan beberapa menu lainnya. Bahkan, dekorasinya pun cantik sehingga akan menambah selera makan.

Lokasi berada di Ruko Grand Krakatau Lt.2, Jalan Jendral Ahmad Yani No. 2, Sukmajaya, Jombang Sub-District, Cilegon City, Banten 42421.

11. Warung Bambu Khas Sunda
Warung Bambu Khas Sunda
Warung Bambu Khas Sunda via adinkpato.wordpress.com
Rumah Kampung adalah salah satu tempat berkuliner yang mengusung konsep rumah makan siap saji dengan cita-rasa masakan Sunda. Waah, bagi Anda yang doyan masakan Sunda, maka tempat ini sangat recommended banget!

Menu paling populer di sini adalah bebek dan puyuh goreng. Lokasinya berada di  Jalan Semar Perumahan Bukit Baja Sejahtera, Bendungan, Kec. Cilegon, Kota Cilegon, Banten 42417.

Sekian info tempat wisata kuliner yang saya kumpulkan. Selain beberapa referensi di atas, tentunya masih banyak lagi tempat kuliner lain di Cilegon yang tidak kalah Hits dengan menu makanan unggulan.