Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

10 Tempat Kuliner di Cirebon Yang Mampu Menggoyang Lidah

Jika berkunjung ke Kota Cirebon, memang belum lengkap rasanya apabila tidak mencicipi berbagai kuliner terkenal di berbagai tempat wisata kuliner enak di Cirebon. Meski kaya akan tempat wisata kuliner, namun Cirebon juga tetap maju dalam potret wisata alamnya.

Nah, jika Anda berniat bertandang ke Kota ini, maka berikut adalah beberapa daftar referensi tempat makan di Cirebon dengan harga murah dan menu yang enak.

1. Tomodachi Steak and Seafood
Tomodachi Steak and Seafood
Tomodachi Steak and Seafood via jalanjalankenai.com
Restoran ini mengusung konsep yang sangat unik, yaitu setiap pengunjung yang datang akan makan di atas waterland, tentunya akan memberikan kesenangan dan pengalaman yang berbeda. Tamodachi sendiri adalah bahasa Jepang yang berarti ‘teman’.

Sangat indah karena lokasinya berada di pinggir laut, sehingga pengunjung akan merasakan terpaan sejuk angin laut. Sensasi yang ditimbulkan adalah Anda akan merasa seperti makan di atas kapal, sangat romantis dan cocok dikunjungi bersama pasangan Anda. 
Menu yang disajikan berupa Steak dan seafood yang lezat, ada juga Spaghetti carbonara, oglio-olio dan masih banyak lagi.

Anda hanya perlu merogoh kocek sedalam Rp 30.000 sampai Rp 100.000 saja untuk dapat menikmati santapan lezat beserta nuansa indah di Tomodachi Steak and Seafood. Lokasinya berada di Cirebon Waterland – Taman Ade Irma Suryani dan buka pada 10.00 – 23.00.

2. Urban Chicken
Urban Chicken
Urban Chicken via aboutcirebon.id
Urban Chicken adalah salah satu tempat kuliner terfavorit di Cirebon yang menyediakan Ayam Guling sebagai salah satu makanan asli dari Cirebon, dab makanan ini sangat wajib dicoba jika Anda hendak mampir ke sini.

Mungkin beberapa orang sedikit asing dengan sebutan ‘Ayam Guling', karena Ayam Guling sendiri adalah makanan berbahan dasar ayam yang kemudian diolah dengan bermacam rempah-rempah, setelah itu, dibaluri saus dengan campuran resep rahasia. Inilah yang menjadikan rasanya sangat gurih dan lezat di lidah masyarakat Indonesia, terutama warga Cirebon.

Tidak hanya Ayam Guling, restoran ini juga menyediakan Pedesaan Ayam yang juga tidak kalah lezatnya. Rasa pedas yang dihasilkan bukan hanya pedas biasa ya, melainkan bercampur dengan rasa gurih dari bumbu yang telah dimasak terlebih dahulu.

Untuk minumannya, Urban Chicken menyediakan banyak pilihan, yabg semuanya masih khas Cirebon seperti Es Tape, Tjampolay Pisang Susu dan masih banyak lagi. Harga yang dipatok di sini sekitar Rp 14.000 – Rp 25.00.

Tidak hanya Ayam Guling dan Pedesaan Ayam saja yang menjadi ciri khas nan menarik perhatian, namun juga suasana ya g diberikan restoran ini kepada pengunjungnya. Lokasinya berada di Jl. Dr. Sudarsono No. 33, Kota Cirebon (dekat RSUD Gunung Jati) dan buka pada jam 10.00 – 22.00.

3. Nasi Jamblang ibu nur
Nasi Jamblang ibu nur
Nasi Jamblang ibu nur via garnesia.com
Tempat makan ini mungkin wajib Anda kunjungi yaitu nasi Jamblang ibu nur. Ketika sarapan, makan siang ataupun makan malam Anda bisa makan di sini. Rumah makan ini memiliki menu andalan yaitu nasi Jamblang.

Nasi Jamblang merupakan nasi yang di beri alas daun jati, selain memiliki aroma yang lebih wangi, nasi ini juga menjadi ikon kuliner dari kota Cirebon. Maka dari itu sangat di sayangkan jika Anda tidak mencicipi makanan ini jika berkunjung ke Cirebon.

Untuk lauk pauk yang bisa Anda pilih sangatlah beragam akan tetapi yang paling di gemari adalah cumi  saus hitam, otak sapi goreng, perkedel kentang, sate kentang, dan juga pepes telur asin.

Rumah makan ini berada di Jl. Cangkring II No.34. untuk harganya mulai dari Rp. 1.000 s/d Rp. 20.00. tempat ini buka mulai jam 07.00-19.00 WIB.

4. Restoran Marina
Restoran Marina
Restoran Marina via tripadvisor.co.id
Restoran ini termasuk restoran premium hal itu dikarenakan cita rasa akan makanannya yang bisa dibilang juga sangat nikmat. Tempat makan ini juga terdapat di Cirebon yang namanya adalah restoran Marina.

Menu yang bisa Anda cicipi di rumah makan ini adalah ikan dan seafood, aneka masakan dari sayuran, sup dan salad. Bukan hanya tempat makan tempat ini juga bisa di jadikan tempat untuk mengadakan acara resepsi pernikahan yang kapasitasnya mencapai 700 orang.

Tempat ini berada di Jl. Karanggetas no 64 Cirebon yang membanderol harga mulai dari Rp.80.000 / porsi. Dan buka mulai pukul 10.30 – 21.00.

5. Cuppa Coffee Inc
Cuppa Coffee Inc
Cuppa Coffee Inc via ratnanene.blogspot.com
Tempat ini merupakan tempat nongkrong yang asyik untuk bareng teman-teman atau bersama keluarga. Tempat ini berada di dalam Cirebon super block atau CSB yang tepatnya di lantai dua  di depan planet surf dan kids station. Desain interiornya yang cukup mewah yang di beri sofa yang empuk sehingga membuat orang betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Tempat ini bukan hanya menyediakan kopi saja, akan tetapi Anda juga bisa memesan makan yang ala western. Bagi Anda yang tidak menyukai makan western, Anda bisa mencicipi makan lokal seperti soto ayam, siomay Bandung dan berbagai jenis makanan penyet lainnya.

Tempat ini membanderol harga mulai dari Rp. 18.000 s/d Rp. 50.000. dan buka dari jam 10.00-20.00 WIB.

6. Bubur Toha
Bubur Toha
Bubur Toha via pergidulu.com
Jika Anda merasa lapar saat tengah malam Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa datang ke tempat ini, hal itu dikarenakan tempat ini buka selama 24 jam nonstop.

Untuk menu yang bisa Anda nikmati di tempat ini adalah bubur ayam yang lengkap dengan taburan topping. Jika Anda bosan dengan bubur ayam Anda bisa mencoba bubur ketan hitam atau bubur kacang hijau.

Tempat ini sering di jadikan tempat nongkrong bagi anak-anak muda pada saat tengah malam sehingga tidak heran jika semakin malam tempat ini semakin ramai akan pengunjungnya. Bahkan sampai antre yang cukup banyak.

Tempat ini berada di Jl. Mohammad Toha, Cirebon untuk harga sendiri di sini hanya membanderol harga mulai dari Rp. 3.000 s/d Rp. 6.000.

7. Empal Gentong H. Apud
Empal Gentong H. Apud
Empal Gentong H. Apud via pergidulu.com
Wisata kuliner yang khas dan legendaris yang sayang jika Anda lewatkan yang selanjutnya adalah kuliner empal gentong H.apud. jika sudah berada di kota Cirebon tetapi tidak mampir ke tempat ini mungkin kurang lengkap rasanya. Hal itu dikarenakan tempat ini memiliki menu empal gentong yang rasanya sangat nikmat dan paling lezat di tempat ini.

Empal gentongnya pun daging empal yang sangat empuk dan tidak alot waktu di gigit.
Bukan hanya empal gentong saja yang bisa Anda pesan di sini tetapi Anda juga bisa memesan empal asem di sini. Rasa empal asemnya yang menyegarkan yang rasanya berbeda dengan empal gentong yang menggunakan kuah santan. Anda juga bisa menikmatinya dengan nasi atau lontong, tinggal pilih sesuai dengan selera Anda.

Tempat ini berada di Jl. Raya Ir. H. Djuanda No.24, Battembat , Tengah Tani. Dan tempat ini membanderol harga Rp.16.000 / porsi dan buka mulai pukul 09.00 – 21.00.

8. Restoran Kelapa Manis
Restoran Kelapa Manis
Restoran Kelapa Manis via klapamanis.com
Bagi Anda yang mencari restoran yang memiliki dekorasi dan view yang bagus di kota Cirebon, Anda bisa mencoba berkunjung ke restoran kelapa manis yang berlokasi tepat di Kuningan kota Cirebon. Tempat ini memadukan pemandangan alam dan juga keindahan dari kota ini.
Jika Anda juga ingin menikmati indahnya kota Cirebon pada waktu malam hari, Anda bisa makan malam di lantai yang paling atas. Susana Anda bisa melihat lampu yang menghiasi kota ini pada waktu malam hari.

Menu yang bisa Anda pesan di sini adalah berbagai macam olahan nasi seperti nasi bakar tongkol, nasi tutug oncom, nasi timbel polos dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu Anda juga bisa menemukan beraneka macam olahan sayur, olahan daging, ikan dan seafood, tahu, sambal dan pepes.

Tempat ini berada di Jl. Raya Cirebon Kuningan gronggong, patapan, beber. Untuk harga mulai dari Rp. 5.000 s/d Rp. 45.000. dan buka mulai dari jam 11.00-22.00 WIB.

9. Gokana Ramen and Teppan
Gokana Ramen and Teppan
Gokana Ramen and Teppan via myfave.com
Gokana Ramen and Teppan merupakan salah satu restoran jepang dekat dengan Grage Mall jarak nya 3,3 km dari Grage City Mall. Menu yang bisa Anda rasakan adalah ramen, sushi, paket bento dan berbagai macam masakan jepang lain nya.
Tempat ini berada di Grage City Mall Lantai Dasar, Jalan Ahmad Yani, Cirebon. Dan membanderol harga mulai dari Rp.17.000 s/d Rp.35.000. buka dari jam 09.30-21.30.

10. Restoran Seafood Jumbo
Restoran Seafood Jumbo
Restoran Seafood Jumbo via tripadvisor.co.id
Seafood akan terasa lebih enak jika dalam ukuran jumbo, misalnya saja udang besar atau jumbo, kepiting jumbo, kerang jumbo dan lain-lain. Seafood dengan ukuran jumbo bisa Anda dapatkan di sini.

Namun jika Anda suka seafood dengan ukuran normal pun bisa Anda dapatkan di sini. Saat bulan ramadhan, restoran ini juga memberikan promo berupa gratis takjil. Restoran ini cocok Anda jadikan sebagai destinasi kuliner untuk buka puasa.

Tempat ini berada di jl. Siliwangi kota Cirebon, buka mulai dari jam 10.30-22.00 WIB, dan membanderol harga mulai dari Rp. 20.000 s/d Rp. 60.000.