PLARIUSMODIFIKASI101

Bagai Surga Tempat Wisata Indah di Jayapura Papua

Tuesday, August 28, 2018
Jayapura merupakan salah satu kota di Indonesia yang menyimpan banyak keindahan dan pesona alam. Meskipun merupakan salah satu kota tertua di propinsi Papua, nyatanya Jayapura masih menawarkan keindahan alam yang benar-benar alami, dan jauh dari kerusakan alam akibat ulah manusia.

Dan menariknya, meski memiliki banyak obyek wisata alam yang memukau dan asri, Jayapura juga merupakan kota maju dengan beragam kegiatan ekonomi layaknya kota besar lain di Indonesia. Selain itu, masyarakat Jayapura, masih memegang teguh kebudayaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Memang berlibur ke Jayapura, memerlukan biaya yang tidak sedikit, terlebih bagi masyarakat yang tinggal dipulau Jawa atau pulau lain yang jauh dari sana. Namun, dijamin, pengorbanan uang yang anda keluarkan untuk sarana transportasi, makan, dan lainnya, sebanding dengan suguhan keindahan alam yang nantinya bisa anda nikmati.

Nah, bicara mengenai destinasi wisata, khususnya obyek wisata terbak di Jayapura, berikut kami bagikan beberapa rekomendasinya.

Obyek Wisata Terbaik di Jayapura Papua

1. Pantai Base G
Pantai Base G
Pantai Base G via labuancermin.blogspot.com
Pantai yang berjarak 9 kilometer dari pusat kota Jayapura ini merupakan salah satu tempat wisata di Jayapura paling populer. Pantai ini dikenal juga dengan nama Tanjung Riau. Pernah menjadi saksi bisu keberadaan tentara sekutu. Konon, pada masa perang dunia II, para tentara mendirikan markas di tempat ini dan diberi nama Base G.

Daya Tarik pantai ini selain menawarkan pasir putih dan halus, juga memiliki ombak yang cukup menantang, sebab, menghadap langsung dengan lautan Pasifik. Selain itu, nuansa hijau yang ditawarkan di sekitar pantai dengan pohon-pohon yang berjajar juga menambah nuansa menyejukkan. Sangat cocok bagi para wisatawan yang menginginkan keindahan dan ketenangan.

Untuk menikmati indahnya pantai ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 10.000 rupiah untuk motor. Dan 20.00 rupiah untuk pengendara roda empat. Namun, itu hanya tiket masuk area pantai, jika ingin menikmati fasilitas lain, Anda harus menyiapkan uang lagi. Pantai ini berlokasi di Tanjung Ria, Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua.

2. Pantai Pasir Enam
Pantai Pasir Enam
Pantai Pasir Enam via dion-idn.blogspot.com
Pantai pasir enam juga termasuk pantai yang terhampar menuju samudera Pasifik. Pantai ini sangat alami dan indah. Cocok bagi Anda wisatawan yang membutuhkan tempat natural dan menenangkan. Namun begitu, pantai yang letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Jayapura ini masih sulit untuk dijangkau. Karena sulitnya akses melalui darat, Anda perlu menyewa perahu motor menuju pantai ini. Namun, dengan itu Anda dapat lebih dekat menyaksikan panorama lautnya.

Perjalanan yang akan ditempuh sekitar 3 kilometer. Sepanjang perjalanan juga Anda akan disuguhkan dengan panorama hutan yang hijau, gunung dan bebatuan, serta jurang dan air terjun yang menjadi saksi keasrian tempat ini. Selain itu, jika Anda tipe petualang, taka da salahnya untuk mencoba menempuh menuju pantai ini melalui jalur darat.

Setelah Anda melewati perjalanan yang cukup sulit, Anda dapat menikmati areal perairan secara langsung dengan berenang. Namun, karena keterbatasan fasilitas, Anda harus menyediakannya sendiri. Tidak jauh dari pantai yang berlokasi di Jalan Angkasa Raya, Tanjung Ria, Jayapura Utara, Kota Jayapura ini, Anda akan menemui muara sungai yang masih natural dan jernih 

3. Pantai Yakoba
Pantai Yakoba
Pantai Yakoba via frontonehoteljayapura.com
Objek wisata selanjutnya masih tentang Pantai. Pantai ini adalah Pantai Yakoba yang tak kalah asri disbanding pantai yang lain. Pantai ini masih tergolong sepi karena hanya sedikit yang mengenal. Namun, pantai ini dihuni oleh beberapa warga, jadi Anda tidak perlu khawatir tersesat atau kesepian.

Selain itu, karena akses jalan yang susah, kami sarankan Anda untuk berjalan kaki sembari menikmati pemandangan di jalanan menuju pantai ini. Anda dapat menikmati waktu di pantai ini dengan tenang sembari berjemur atau berenang atau bahkan memancing. Dan, jika Anda mau bersabar, di sore hari Anda dapat menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang indah dan sangat megah.

Pantai ini berlokasi di Argapura, Jayapura Selatan. Jika Anda senang berselfie, di tempat ini juga sudah menyediakan fasilitas jembatan kayu yang menjorok langsung ke laut. Jadi, Anda bisa secara langsung menikmati sensasi udara dan aroma laut yang asri dengan lebih dekat. Menarik, bukan?

4. Air Terjun Kampung Harapan
Air Terjun Kampung Harapan
Air Terjun Kampung Harapan via frontonehoteljayapura.com
Objek wisata selanjutnya adalah air terjun. Namanya Air Terjun Kampung Harapan. Meskipun akses jalan cukup sulit, namun keindahan yang ditawarkan baik di perjalanan dan di tempat wisatanya begitu menawan. Di perjalanan Anda juga akan menemui kebun nanas milik warga setempat. 

Air terjun ini menawarkan keasrian. Airnya begitu jernih, dengan bebatuan yang berada di sekitarnya yang menjulang tinggi. Jika Anda ingin menikmati airnya langsung dengan cara berenang, Anda akan merasa berenang di air es. Air terjun ini berlokasi di Kabupaten Sentani, Jayapura.

5. Teluk Yotefa
Teluk Yotefa
Teluk Yotefa via wisatapapua.com
Objek wisata selanjutnya tak kalah menarik. Kali ini adalah Teluk Yotefa yang memiliki luas sekitar 1.675 hektar. Terkenal karena merupakan salah satu wilayah konservasi alam dengan hutan bakau yang begitu hijau. Teluk Yotefa memiliki keunikan yang dikenal dengan ‘teluk di dalam teluk’. Karena bagian dari teluk Hombled.

Teluk ini diapit oleh dua tanjung besar. Tanjung Saweri dan Tanjung Pie. Selain keindahan alam dan hamparan hutan bakau yang hijau dan menawan, tempat wisata ini juga menawarkan kampong dan penduduk lokal yang masih kental budayanya seperti Tobati, Enggros, Nafri dan lain-lain.

Masyarakat lokal menikmati pantainya untuk bermain bola volley dan lain-lain, terutama jika air laut sedang surut. Selain itu, mereka juga memanfaatkan hasil alam berupa ikan-ikan untuk mereka tangkap. Tempat wisata ini berlokasi di Enggros, Wai Mhorock, Abepura, Kota Jayapura, Papua.
6. Jayapura City

Tempat wisata selanjutnya adalah puncak Jayapura City. Puncak ini bertuliskan dengan Jayapura City. Dan menjadi ikon kebanggaan warga setempat . tempat ini sering dikunjungi sebagai tempat untuk sekadar foto-foto dan menyaksikan pemandangan kota Jayapura yang terhampar di depannya.

Di malam Minggu, tempat ini disulap menjadi tempat nongkrong yang asyik bagi para muda-mudi. Selain menawarkan pemandangan kota yang begitu indah, di tempat ini juga membuat waktu malam Anda menjadi syahdu dengan embusan angina malam yang segar dan lampu yang berkerlap-kerlip. Tempat ini berlokasi di bukit Jayapura City, kota Jayapura.

7. Danau Sentani
Danau Sentani
Danau Sentani via youtube.com
Objek wisata selanjutnya adalah Danau Sentani. Memiliki luas sekitar 9360 hektar dan merupakan danau terbesar di Papua. Danau ini sangatlah indah dengan 21 pulau yang menghiasi danau tersebut dengan ketinggian sekitar 75 mdpl.

Di danau ini, banyak fasilitas yang dapat Anda nikmati selain menikmati keindahan alamnya yang luar biasa. Di antaranya anda dapat berenang, dapat memancing atau pun menikmati hidangan kuliner di sekitar danau serta terdapat fasilitas perahu yang dapat disewakan untuk menikmati pemandangan dari sudut pandang perairan.

Danau ini terletak di Jalan Danau Sentani. Pada pertengahan bulan Juni, Anda akan menemui Festival Danau Sentani yang menampilkan berbagai macam pertunjukkan seni dan budaya. Di festival ini, Anda akan melihat Danau Sentani di dalam keramaian serta menikmati berbagai macam kuliner khas Papua.

8. Lembah Baliem
Lembah Baliem
Lembah Baliem via pesonaindo.com
Lembah Baliem terletak di kawasan Pegunungan Jayawijaya. Anda dapat membayangkan suhu yang ada di tempat ini, kan? Di tempat ini Anda dapat berinteraksi langsung dengan warga lokal. Terutama suku yang sudah sangat lama menetap di tempat ini, yakni Dani, Yali dan Lani. Suku ini masih memakai koteka untuk laki-lakinya dan rok rumbai untuk para perempuannya.

Di bulan Agustus, Anda akan menyaksikan Festival Lembah Baliem yang menampilkan pertunjukkan seni dan budaya. Selain itu, dalam festival ini juga ditampilkan drama perang yang dulu sering terjadi di sini serta lomba karapan sapi dan pesta babi bakar. Di festival ini juga terdapat aksesoris karya warga setempat yang dijual sebagai oleh-oleh.

Selain beragam obyek wisata diatas, tentunya masih banyak lagi destinasi lain yang juga tidak kalah keren. Dan jangan lupa, bukan hanya obyek wisata alamnya saja yang menarik untuk dieskplor, namun juga wisata kulinernya. Untuk anda yang belum terbiasa, dijamin anda akan mendapatkan pengalaman seru saat menikmati berbagai makanan khas masyarakat disana.