PLARIUSMODIFIKASI101

Daftar Destinasi Wisata Menarik di Palu Sulawesi Tengah

Friday, September 7, 2018
Semua pasti setuju bila Palu merupakan salah satu kota terindah di Sulawesi tengah, baik saat dilihat dari darat maupun udara. Ya, kota yang juga dilewati garis khatulistiwa ini juga dikenal memiliki banyak obyek wisata menarik, sehingga tak heran bila setiap harinya banyak wisatawan yang berkunjung. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Ingin tahu apa saja obyek wisata terbaik di Palu, sulawesi tengah? Langsung saja berikut kami bagikan beberapa rekomendasi, yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan. Daftar Destinasi Wisata Menarik di Palu Sulawesi Tengah

1. Tugu nosarara nosabatutu
Tugu nosarara nosabatutu
Tugu nosarara nosabatutu via greatnessindonesia.com
Monumen ini sebenarnya merupakan taman edukasi perdamaian nusantara.  Arti nosarara nosabatutu dalam bahasa kaili yaitu kita semua bersaudara. Tugu ini merupakan lambang semangat perdamaian dan kesatuan NKRI. Dalam lambang ini terkandung makna yang mencerminkan 4 pilar kebangsaan, antara lain:
Gambaran falsafah pancasila yang disimbolkan dengan bangunan bentuk segilima.
Gong dengan hiasan bendera seluruh provinsi menggambarkan satu kesatuan wilayah nusantara indonesia 
Pagar yang dikelilingi dengan bentuk orang dengan beragam etnis , suku dan agama menggambarkan bhineka tunggal ika.
Buku uud 1945 diatas gong, melambangkan Negara NKRI merupakan Negara Hukum.

Terdapat patung seorang ibu yang menyiram air kedalam kolam yang merepresentasikan sosok ibu pertiwi yang tidak pernah bernenti menyiramkan kesuburan, kemakmuran dan kesejukan untuk seluruh mahluk di alam ini.

Pada  tugu nosarara nosabatutu terdapat 2 simbol perdamaian berupa gong perdamaian nusantara dan monumen nosarara nosabatutu. Penamaan nosarara nosabatutu yang artinya  bersaudara dan bersatu dimaksudkan agar taman ini menjadi pilar dalam membangun kedamaian, kebersamaan, kerukunan, dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan dalam menciptakan kedamaian, keamanan, kesejahtaraan khususnya di sulawesi selatan.

Selain monumen, di sini tersedia berbagai sarana pendukung seperti  beberapa gedung serbaguna, kebun binatang mini, taman bunga mini, tempat pameran seni dan budaya. Tersedia pula penginapan dan cottage jika anda ingin bermalam disini.

Alamat tugu nosasara nosabatutu ini terletak di kelurahan Tondo kecamatan Mantikulore, kota Palu, Sulawesi Tengah. Berada 2 kilometer dari belakang mako polda sulteng baru.

2. Sou raja
Sou raja
Sou raja via infosulteng.com
Sou raja atau dikenal dengan nama lain banua oge merupakan rumah adat kota palu. Sou raja berfungsi sebagai tempat  tinggal para raja dan keluarga juga sebagai pusat pemerintahan kerajaan. Selama masa pendudukan jepang, sou raja dialih fungsikan sebagai kantor pemerintahan, saat itu sou raJa digunakan sebagai markas militer dalam penumpasan pemberontakan PERMESTA.

Bangunan ini merupakan bangunan dengan kontruksi kayu dengan gaya arsitektur bugus dan kaili. Terdapat 28 tiang pada bangunan utama dan 8 tiang pada bagian dapur.Bangunan induk terdiri atas 4 bagian yakni serambi yang berfungsi sebagai ruang tunggu untuk tamu. Lonta karavana atau ruang depan yang berfungsi sebagai tempat penerimaan tamu ketika upacara adat. Bagian ini juga digunakan sebagai tempat tidur untuk laki-laki.

Ruang tengah atau lonta tatangana yang difungsikan sebagai tempat musyawarah raja beserta para tetua adat. Disini juga terdapat kamar tidur untuk raja. Terakhir ada lonta rarana atau ruang belakang yang digunakan sebagai tempat makan raja besarta keluarganya. Di ruangan bagian ini terdapat kamar untuk para wanita.

3. Danau sibili pantoloan
Danau sibili pantoloan
Danau sibili pantoloan via ameliaunni.wordpress.com
Obyek wisata terbaik di Palu berikutnya adalah danau sibili pantoloan. Danau ini merupakan destinasi wisata andalan di kelurahan pantoloan. Masyarakat belum banyak yang mengetahui keberadaan danau ini karena letaknya tersembunyi.  Padahal, danau ini memiliki keindahan yang mempesona dengan bukit yang mengelilinginya.

Agar keindahan danau ini tetap terjaga dan lestari, lembaga adat kepulauan lantoloan menetapkan sanksi adat yang diberlakukan bagi warga yang menangkap ikan dengan menggunakan pukat dan warga yang melakukan penangkapan satwa liar di lokasi ini.

Keindahan danau ini akan semakin terlihat menarik ketika menjelang sore hari memasuki senja. Anda bisa melihat burung yang berterbangan mengellingi danau dan burung bangau putih yang mencari maan di danau sibili.

Bagi anda yang hobi memancing, anda bisa coba memancing di danau ini. Terdapat beberapa jenis ikan yang tinggal di danau seperti ikan gabus, ikan mas, ikan lele dan ikan mujair. Tetapi jumlah ikan di danau ini semakin berkurang karena banyaknya penangkapan ikan yang dilakukan oleh warga.

Obyek wisata eksotis ini terletak di kelurahan pantoloan, kecamatan tawaeli. Berjarak sekitar 25 km dari kota palu

4. Anjungan pantai talise
Anjungan pantai talise
Anjungan pantai talise via greatphotoindonesia.blogspot.com
sejak di bangu, anjungan ini telah menjadi tempat digelarnya berbagai kegiatan seperti donor darah, bakti sosial, skateboard, pameran, event nasional dan masih banyak lagi. Ketika sampai di anjungan, angin segar akan menyambut kedatangan anda karena terdapat banyak pepohonan hijau.

Ketika memasuki awal taman, anda bisa melihat jembatan kecil dengan cat merah yang terletak diatas pasir pantai. Di ujung jembatan terdapat tempat duduk dan bangku berbentuk persegi. Dari sini anda bisa menikmati keindahan laut berpadu dengan birunya langit.

Ketika memasuki sore hari, anda bisa berjalan-jalan dipinggir pantai sambil menikmati  keindahan sunset. Bagi anda yang suka berfoto, banyak spot foto menarik disini. Setelah mengeksplor keindahan anjungan pantai talise, anda bisa menghabiskan waktu untuk menikmati makanan dan minuman yang dijajakan disekitar taman. Terdapat juga rumah makan dan kios yang menghadirkan menu beragam.

Disini juga disewakan berbagai peralatan bermain  seperti sepatu roda, skuter, motor dan mobil mini untuk anak-anak. Terdapat pula wahana bermain anak seperti komidi putar, kolam ikan dan masih banyak lagi.

Anjungan pantai talise ini lokasinya di jalan Rajamoli, Palu, Sulawesi tengah.

5. Pantai Kampung nelayan palu
Pantai Kampung nelayan palu
Pantai Kampung nelayan palu via tekateacool.wordpress.com
Dinamakan pantai kampung nelayan karena di lokasi ini terdapat rumah makan dengan nama yang sama dan kawasan di pantai ini mayoritas dihuni oleh nelayan. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah. Dari sini, anda bisa menikmati keindahan pegunungan gawalise yang berjejer rapi. Anda akan merasa nyaman disini karena Lingkungan pantai cukup bersih.

Pantai ini bisa menjadi tempat anda yang ingin berenang, berlibur, atau sekedar menikmati angin pantai. anda bisa melihat ikan yang berenang kesana-kemari dengan mata telanjang karena air lautnya sangat jernih. Anda juga bisa menikmati keseruan wisata air dengan menggunakan banana boat dengan membayar Rp. 25.000/orang.

Setelah lelah bermain air, anda bisa menikmati jajanan yang dijual di sepanjang pantai.Untuk menikmati keindahan pantai ini anda tidak dipungut tiket masuk, tetapi anda perlu membayar retribusi parkir kendaraan.

Lokasi obyek wisata pantai kampung nelayan berada di kelurahan talise, kecamatan mantikulore.

6. Sauna alam pratama
Sauna alam pratama
Sauna alam pratama via tripifyapp.com
Nuansa alam yang begitu lekat disini akan mmbuat anda serasa di alam bebas. Tidak hanya menyediakan tempat bagi anda yang ingin memanjakan kulit tubuh, disini juga disediakan fasilitas lain seperti kolam pemancingan air tawar, restoran serta arena tembak.

Pemilik sauna alam pratama, safifuddin adarmansyah mengatakan , ide membuka lokasi ini berasal dari hobi dan kebutuhan pribadi, karena banyak rekan yang menyukai lokasi ini akhirnya mereka menyarankan agar dikomersilkan saja.

Biaya hanya dikenakan ketika menikmati fasilitas yang disediakan saja. Berkisar 20-50 ribu, tergantung dari lamanya pengnjung menggunakan fasilitas tersebut.

Obyek wisata sauna alam pratama ini terdapat di jalan munif rahman, gang nurul amal, kelurahan kabonena kecamatan palu barat.

7. Taipa beach
Taipa beach
Taipa beach via taipabeachpalu.blogspot.com
Taipa beach menyediakan berbagai fasilitas dalam satu lokasi yang tidak akan anda temukan dimanapun di kota palu. Anda bisa menikmati permainan mengayuh bebek berkeliling danau atau seluncuran di kolam renang. Tersedia juga gazebo sebagai tempat beristirahat anda dan ayunan.

Anda bisa berjalan ke dermaga merah yang bawahnya penuh dengan terumbu karang. Anda bisa melakukan snorkeling  atau diving untuk menikmati keindahan terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni.  Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan gunung gawalise yang mempesona. Untuk memasuki obyek wisata ini anda cukup membayar Rp. 7.000.

Destinasi mempesona ini terletak di Taipa, Palu Utara, kota Palu

8. Taman datokarama
Taman datokarama
Taman datokarama via greatphotoindonesia.blogspot.com
Meskipun lokasinya kecil tetapi tidak salah untuk berkunjung kesini, karen taman ini memiliki pemandangan yang indah. Anda bisa berjalan-jalan ditaman sambil menikmati udara segar. Dibagia tengah taman terdapat area bermain berbentuk lingkaran yang bisa anda gunakan untuk bermain sepatu roda, dance, atau yang lain. Anda juga bisa bersantai dengan duduk di pinggir taman menikmati keindahan ombak laut yang memanjakan mata.

Taman ini dibangun untuk mengenang jasa seorang yang bernama Dato Karama yang menyebarkan agama islam di kota palu pada masa silam.

Alamat taman datokarama ini terletak di Jalan cumi-cumi, kota palu, sulawesi tengah.
Nah, itulah sederet obyek wisata menarik di Palu, Sulawesi tengah yang kami rekomendasikan untuk anda. Kapan anda berencana kesana?