PLARIUSMODIFIKASI101

Daftar Obyek Wisata Terbaik di Manado Sulawesi Utara

Monday, September 3, 2018
Tak bisa dipungkiri, Manado merupakan salah satu kota di  Indonesia, khususnya di Sulawesi yang memiliki perkembangan atau pertumbuhan ekonomi yang cukup cepat. Sehingga tak heran bila disana-sini banyak pembangunan dilakukan.

Namun begitu, hal ini tak membuat Manado kehilangan pesona keindahan wisatanya. Manado masih sangat menarik untuk dijadikan tujuan berlibur, karena terdapat banyak obyek wisata mempesona, yang siap menghibur dan menyejukkan mata.

Beberapa diantaranya adalah deretan obyek wisata yang kami ulas dibawah ini. Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Pulau Bunaken
Pulau Bunaken
Pulau Bunaken via pesonawisataindonesia.com
Secara geografis pulau bunaken termasuk dalam perairan segitiga emas. Wilayah segitiga emas merupakan jalur perairan laut yang menghubungkan laut filipina, laut papua dan laut indonesia. Terdapat sekitar 3000 lebih spesies ikan berada di bunaken. Di sekeliling bunaken, ada taman laut yang merupakan bagian taman nasional kelautan manado tua. Bunaken merupakan taman laut yang mempunyai biodiversitas laut tertinggi dunia. Banyak wisatawan yang datang untuk melakukan diving dan snorkling disini.

Pulau ini mempunyai beraneka ragam terumbu karang dan ikan laut yang indah dengan berbagai kedalaman yang bervariasi di 40 titik penyelaman. Bunaken terletak di perairan laut pulau sulawesi. Sebagian taman laut nasional bunaken berada di utara teluk Manado, Sulawesi Utara.

Untuk mencapai taman laut nasional bunaken, anda bisa menggunakan transportasi yang tersedia yakni perahu motor dari teluk manado. Untuk harga tiket masuk yaitu Rp. 50.000/orang untuk sekali masuk dan Rp. 150.000/orang yang berlaku satu tahun. Jika anda ingin menginap, beberapa hotel tersedia dengan berbagai pilihan. Terdapat pula penyewaan selam beserta instrukturnya.

2. Pulau Siladen
Pulau Siladen
Pulau Siladen via wisatapriangan.co.id

Lokasi pulau ini tepat di sebelah timur laut bunaken. Berjarak sekitar 8 mil dari pusat kota manado yang dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 45 menit menggunakan kapal motor.  Keindahan pulau ini begitu mempesona khususnya di lokasi yang dinamakan siladen 1 dan siladen 2. Selain spot diving yang menarik yang banyak digemari oleh penyelam profesional, pulau ini juga merupakan tempat snorkling yang aman dan nyaman. Selain itu, hamparan pasir putih yang ada menjadi suguhan menarik yang menambah keeksotisan pulau ini. 

Di pulau ini, banyak berdiri resort-resort mewah yang terjaga dan rapi dengan menonjolkan keindahan pantainya.  Kegiatan yang bisa dilakukan di plau ini seperti menikmati taman laut dengan berkeliling menggunakan perahu berkaca (katamaran). Diving, snorkling, serta fotografi bawah laut. Untuk sampai ke tempat ini ada 2 alternatif pilihan yakni menggunakan perahu transportasi umum dan perahu speed boat yang bisa anda sewa.

Untuk harga sewa perahu berkisar rp. 350.000- rp. 500.000 untuk sekali jalan dan rp. 700.000-rp. 900.000 untuk sewa satu hari.

3. Danau Tondano
Danau Tondano
Danau Tondano via bobocantik.com
Danau Tondano dikelilingi pegunungan setinggi 700 meter yang sangat indah dan alami. Danau ini memiliki daya tarik wisata yang disebut sumaru endo reboken dan resort wisata bukit pinus. Bagi pengujung yang ingin berkeliling danau ini bisa menyewa perahu seharga  rp. 50.000 dengan muatan 10 penumpang. Salah satu keunggulan danau ini adalah adanya ikan khas yang memang hanya terdapat disini. Ikan tersebut bernama Marbel Goby atau biasa dikenal dengan ikan betutu. Ikan ini merupakan komoditi yang memiliki nilai ekonomis tinggi.

Di danau cantik ini, anda juga bisa mencicipi sajian yang terbuat dari ikan nike di restoran atau warung sekitar. Kebanyakan orang mengolah ikan nike menjadi bakso ikan atau waku waku, sejenis ikan bakar. Bagi wisatawan yang ingin menginap, di danau ini  tersedia beberapa hotel dan penginapan yang tak jauh dari lokasi danau.

4. Taman Wisata Tandurusan
Taman Wisata Tandurusan
Taman Wisata Tandurusan via infopedia.co.id
Selanjutnya obyek wisata Tandurusan. Yang menarik, di taman wisata ini Anda bisa menjumpai primata terkecil didunia yakni tarsius. Kebun binatang ini terletak di kecamatan artembaga, kota bitung provinsi sumatera utara. Pendiri taman ini adalah Boy Gumolung atas tujuan bisnis kemudian akhirnya dikelola oleh pemerintah.

Taman wisata ini tidak terlalu luas, namun koleksinya mencakup hewan-hewan langka khas sulawesi seperti babi rusa, kera hitam,kuskuks beruang, elang laut, kakaktua hitam, dan beberapa jenis ular phyton raksasa.

Semua binatang dikandangi sehingga anda memungkinkan bertemu tarsius di siang hari. Tarsius merupakan ikon sulawesi utara. Ukuranya sangat kecil yakni hanya memiliki panjang sekitar 10-15 centimeter dengan berat sekitar 80 gram.

Taman wisata tandurusa beralamatkan di Tandurusa, Aertembaga, kota Bitung. Untuk sampai ke lokasi ini , dari pusat kota manado diperlukan waktu sekitar 1-2 jam

5. Bukit Kasih Manado
Bukit Kasih Manado
Bukit Kasih Manado via tribunnews.com
Dari pusat kota Manado, bukit dengan pemandangan eksotis ini  berjarak sekitar 50 kilometer. Ada cerita lain mengenai alasan dibangunya obyek wisata religi tersebut. Menurut Alex Ulaen seorang sosiolog, wisata religi di tempat itu sengaja didirikan untuk menandingi kepercayaan animisme yang banyak dianut masyarakat setempat. Jadi, dengan dibangunnya tempat ibadah 5 agama di bukit kasih ini, diharapkan bisa menandingi praktek-praktek animisme tersebut. 

Memang dibutuhkan tenaga ekstra untuk menaiki dua ribu anak tangga menuju puncak bukit. Tetapi, dijamin semua kekelahan terbayar tatkala pengunjung berada dipuncak dan bisa melihat indahnya pemandangan sekitar dari atas.

6. Museum Negri Sulawesi Utara Di Manado
Museum Negri Sulawesi Utara Di Manado
Museum Negri Sulawesi Utara Di Manado via doladolen.com
Bagi anda yang ingin berwisata sejarah, museum ini merupakan tempat wisata terbaik di manado sulawesi utara yang bisa anda kunjungi. Museum ini dibangun untuk mendokumentasikan semua hal yang berkaitan dengan sejarah, alam, kebudayaan, dan lainnya yang ada di wilayah provinsi Sumatera utara.

Museum ini memiliki beragam jenis koleksi, diantaranya geologika, biologika, seni rupa, filologika, arkeologika dan teknologika. Museum Negri diresmikan pada 9 januari 1991 dan sampai saat ini telah mengumpulkan sekitar 2.810 koleksi.

Museum negri provinsi sumatera utara berlokasi di Jl. WR Supratman no.72. Buka dari senin-jumat jam 08.00-16.00 WITA dan jumat pukul 07.30-11.00 WITA.

7. Kota Bunga Tomohon
Kota Bunga Tomohon
Kota Bunga Tomohon via ksmtour.com
Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dari kota manado untuk sampai ke tomohon.  Tomohon terdiri dari 35 desa di 5 sub distrik. Di sepanjang jalan tomohon terdapat banyak rumah makan dan penginapan. Kota bunga tomohon memiliki koleksi bunga yang sangat beragam. Karena kondisi tanahnya yang subur dan udara yang sejuk membuat segala jenis tanaman bunga cocok ditanam. Ada juga festival bunga yang diselenggarakan tiap 2 tahun sekali.

Destinasi taman bunga tomohon terletak di kaki gunung lakon sekaligus sebagai latar belakang pemandangan bunga-bunga yang cantik. Pemandangan ini terlihat sempurna ketika matahari terbit. Di sepanjang jalan utama kota, banyak beridir toko-toko bunga.

Terdapat banyak penginapan jika anda ingin menikmati kota bunga tomohon lebih lama. Ada penginapan yang tersedia di pemukiman warga.  Terdapat pula pasar yang didominasi oleh penjual bunga dan makanan.

8. Gunung Tumpa
Gunung Tumpa
Gunung Tumpa via trensulut.com
Gunung tumpa merupakan hutan lindung yang terdiri dari berbagai pepohonan yang didalamnya memiliki  berbagai jenis flora dan fauna yang eksitis. Gunung ini terletak di ketinggian 750 mdpl. Ukuran gunung yang  kecil cocok untuk pendaki pemula.

Jalan menuju puncaknya cukup menantang adrenalin. Namun, secara umum tidak berbahaya. Puncak gunung merupakan lokasi yang strategis untuk menyaksikan daratan dan laut kota manado. Terlihat pusat kota manado, deretan bukit yang mengelilingi kota madano bagian selatan dan tengah yang nampak menawan jika dilihat dari atas.

Waktu pagi, merupakan waktu yang tepat untuk menyaksikan sunrise. Ketika sore hari merupakan lokasi yang indah untuk melihat terbenamnya matahari dan pada malam hari, waktu yang pas untuk menikmati panorama bulan purnama.

Untuk anda yang suka berwisata alam, gunung tumpa merupakan tempat wisata terbaik di manado sulawesi utara yang wajib anda kunjungi.

9. Kawasan Boulvard-Wisata Kuliner Di Manado
Kawasan Boulvard-Wisata Kuliner Di Manado
Kawasan Boulvard-Wisata Kuliner Di Manado via kesiniaja.com
Bagi anda yang suka berburu kuliner, kawasan ini merupakan tempat wisata terbaik di manado sulawesi utara yang menarik untuk dikunjungi. Kawasan ini merupakan pusat kuliner manado terbaik yang merupakan landmark masyarakat setempat. Dahulunya, kawasan ini merupakan pusat pedagang kaki lima dan kafe jalanan , namun kini diubah menjadi pusat kuliner dan pembelanjaan modern.

Di kawasan ini terdapat 4 mall yakni manado town square, Boulevard Mall, Bahu Mall dan Mega Mall. Selain surganya kuliner, kawasan ini menawarkan suasana yang indah untuk bersantai. Letaknya yang dekat dengan pantai menjadikan suasana makin menawan. Jika ingin menginap, di dikawasan ini terdapat beragam jenis hotel, cottage dan bungalow dengan harga yang berbeda-beda.

Nah itu dia, beberapa tempat wisata terbaik di Manado Sulawesi Utara sebagai pilihan anda berlibur.  Ingatlah selalu untuk menjaga kebersihan dimanapun anda berwisata,  agar alam yang indah tersebut tidak rusak dan bisa diwariskan anak cucu kita.