PLARIUSMODIFIKASI101

Deretan Tempat Wisata Terbaik di Pekalongan Jawa Tengah

Monday, September 24, 2018
Waktu yang tepat berkumpul dengan keluarga tentunya adalah saat liburan tiba, dan akan lebih asik tentunya, jika dibarengi dengan pergi mengunjungi tempat-tempat wisata. Nah, untuk anda yang akan berlibur ke daerah Pekalongan, berikut ini beberapa rekomendasi Tempat wisata terbaik di Pekalongan Jawa Tengah yang dijamin bisa membuat keluarga anda gembira. Daftar Obyek Wisata Terbaik di Pekalongan Jawa Tengah

1. Wisata Alam Pantai Pasir Kencana
Wisata Alam Pantai Pasir Kencana
Wisata Alam Pantai Pasir Kencana via tempatwisatadaerah.blogspot.com
Objek wisata ini berlokasi di Jl. Pantai Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Perjalanan yang harus ditempuh dari kota pekalongan yaitu sekitar kurang lebih 4 KM dari pusat kota sehingga mudah banget ditemukan lokasinya.

Seperti pantai pada umunya, objek wisata ini juga menyajikan pemandangan indah khas pantai. Pantai ini cukup menjadi tempat rekreasi keluarga favorit oleh warga setempat tidak hanya itu bahkan wisatawan dari luar daerah juga banyak yang berkunjung keisini.

Pada sore hari, panoraman matahari terbenam cukup menarik perhatian wisatawan karena sangat indah dengan perpaduan warna jingga berkilau melalu air laut. Selain itu terdapat aquarium besar yang sengaja dibangun dan berisi bermacam-macam biota laut seperti ikan-ikanan dan lain sebagainya.

Diarea wisata ini juga terdapat dermaga tempat berkumpulnya kapal, tempat pelelangan ikan yang setiap harinya tersedia ikan-ikan segar yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh bagi pengunjung. Ikan yang didapat disini memiliki kualitas yang bagus dan bahkan meski begitu dijual dengan harga yan terjangkau.

2. Air Terjun Curu Muncar
Air Terjun Curu Muncar
Air Terjun Curu Muncar via wisatanasional.net
Objek wisata Air terjun curu muncur, berlokasi di Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Curug ini berada di ketinggian 1200 mdpl di pegunungan dan udara disini sangat sejuk serta kondisi alamnya juga sangat asri. Terletak di tengah-tengah hutan sehingga untuk menuju kesini pengunjung disarankan menjaga kondisi tubuhnya agar tetapp fit.

Wisata alam disini masih tergolong asri dan katanya memang curug ini baru saja dibuka secara resmi sebagai objek wisata umum. Pengunjung bisa bermain air berenang dan tidak hanya ada fasilitas camping ground yang sudah dilengkapi dengan pendopo, MCK atau toilet, taman bermain dan pos jaga. 

Sumber air di curug ini memiliki 3 tingkatan, tingkatan pertama diberi sebutan dengan telogo lumbu, kedua kalibanteng dan ketiga telogo lawe dengan ketinggian air terjunya kkurang lebih 100 meter. Karena keindahan alamnya objek wisata ini masih terus dikembangkan oleh pemerintah setempat agar bisa menarik minat wisatawan dari luar kota.wisata ini selalu ramai dikunjungi pengunjung apalagi pada hari libur dan hari-hari besar lainya, biasanya pengunjung berasal dari Pekalongan, Pemalang, Purworejo, Semarang, Batang dan masih banyak lagi.

3. Pantai Slamaran
Pantai Slamaran
Pantai Slamaran via majalahparanormal.com
Objek wisata Pantai Slamaran ini berlokasi di Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan. Ada 2 akses yang bisa ditempuh untuk menuju kesini yaitu jalur pertama dari Batang kira-kira berjarak 8.1 km dengan start perjalanan dari alun-alun Kota Batang menuju ke arah Barat Laut. Sedangkan yang kedua dari Garang Asem H Masduki yang berjarak 5,2 KM ke arah pantai.

Menuju ke pantai Slamaran anda akan disambut dengan pos penjaga pintu gerbang Pantai Slamaran Indah Pekalongan, gerbang tersebut cukup sederhana disini juga nantinya anda akan diminta untuk membayar tiket masuk area wisata.

Setelah masuk anda akan disajikan dengan pemandangan pantai, amun pantai ini bukanlah jenis pantai yang memiliki bibir pantai landa akan tetapi bibir pantai dan laut dibatasi dengan tembok beton yang memanjang diseluruh pantai dengan diberikan tumpukan-tumpukan batu guna menahan ombak dikarenakan permukaan pantai lebih rendah dari ketinggian air laut. 

Pantai ini dihiasi oleh tumbuhan pohon cemara yang terletak di bagian sisi kanan pantai. Meskipun pantai Slamaran ini termasuk pantai utara yang memiliki gelombang ombak cukup tenang namun pengunjung tidak diperboleh untuk mandi di laut sehingga aktifitas pengunjung disini hanya melihat pemandangan dan menikmati panorama matahari terbenam.

Di area wisata ini ada aura-aura mistis yang tercium, karena konon katanya banyak warga yang melakukan paktek pesugihan disini, menurut mitos ada seorang Dewi yang hidup disini dan menjadi ratu laut Laut utara, biasa disebut dengan nama Dewi Lanjar. Menurut legenda Dewi Lanjar adalah Dewi Rara Kuning yang ditinggal mati suaminya dihari belum lama ia menikah yang kemudian berubah menjadi sosok gaib yang mennjadi Dewi Laut Utara.

4. Museum Batik Pekalongan
Museum Batik Pekalongan
Museum Batik Pekalongan via cintapekalongan.com
Wisata Museum Batik Pekalongan berlamatakan di Jl. Jetayu No. 1 Kota Pekalongan. Wisata ini berada dipusat kota dan menjadi salah satu objek wisata yang menjadi ikon Kota Pekalongan. Tentunya ini membuat tempat wisata yang satu ini mudah untukk ditemukan oleh wisatawan. 

Objek Wisata Museum Batik Pekalongan ini memamerkan koleksi-koleksi batik khas daerah Pekalongan, ada sekitar 1149 koleksi batik yang dipamerkan di museum ini. Museum ini memiliki luas bangunan 40 meter persegi, dan batik yang di pamerkan disini yairu wayang beber yeng terbuat dari katin batik sangat tua berusia hingga ratusan tahun, alat tenun yang belum dilengkapi dengan mesin.

Fasilitas yang tersedia disini yaitu ruang pameran batik, ruang perpustakaan, ruang kedai batik, ruang workshop batik, ruang pertemuan, dan masih banyak lagi. Ruang utama pameran batik digunkan untuk memamerkan batik-batik khas pesisir jawa, alat-alat yang digunakan untuk membatik seperti cating, dan alat lainya. Ruang pameran batik kedua, digunakan untuk memamerkan batik-batik hasil sumbangan dari pejabat negara. Dan ruang pameran batik yang ketiga di gunakan untuk memamerkan batik-batik yang berasal dari daerah-daerah yang ada di Indonesia seperti Banten, Kalimantan, Garut, Indramayu, Madura, Papua sehingga ruangan ini diberi nama Ruang Batik Nusantara.

5. Puncak Hanoman
Puncak Hanoman
Puncak Hanoman via kfmpekalongan.com
Objek wisata Puncak Hanoman ini berapa di puncak Gunung Kendalisoda berada di Kecamatan Petungkriyo, Kabupaten Pekalongan. Gunung Kedalisoda memiliki ketinggian 1697 mdpl dan objek wisata initermasuk tempat wisata yang digemari oleh anak muda,

Seperti gunung pada umumnya, objek wisata ini menyajikan pesona alam, kondisi yang masih asri dan sejuk. Objek wisata ini sangat wajib anda kunjungi palagi bagi anda yang memang sudah terbiasa mendaki gunung.

Dipuncak ini anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam maupun matahari terbit, selain juga bisa berkamping dan menikmati kehiduapan menyatu dengan alam. Bagi anda yang mendaki puncak Hanoman ini jangan lupa agar membawa turun lagi sampah yang anda, ini demi menjaga kelestarian alamnya.

6. Wisata Linggo Asri
Wisata Linggo Asri
Wisata Linggo Asri via jalanwisata.id
Objek wisata Linggo Asri ini beralamatkan di Desa Linggo Asri, Kabupaten Pekalongan, Propinsi Jawa Tengah. Wisata ini berada tepat di jalur lintas propinsi sehingga bagi pengunjung luar kota akan mudah menemukan alamatnya. 

Wisata Linggo Asri ini berkonsepkan tempat wisata keluarga, dengan dilengkai fasilitas-fasilitas bermain anak yang ramah. Tempat ini bisa dikunjungi setiap hari terutama pada hari-hari libur selalu padat pengunjung. 

Wisata ini dilengkapi dengan fasilitas seperti kebun binatang mini, bumi perkemahan, flying  fox, kolam renang, rafting atau arum jeram, outboound area dan taman bermain anak seperti prosotan ayunan dan lain-lain.

Kebun binatang mini disini memiliki koleksi binatang seperti burung merak, ayam mutiara dan kijang. Dilengkapi dengan kandang-kandang yang berukuran cukup besar.

Kolam renang yang ada disini juga dilengkapi dengan fasilitas seluncuran air, tidak jauh dari area kolam renan terdapat area bermain anak  dengan banyak pula pepohonan yang menambah suasana disekitar kolam renang dan area bermain anak terasa rindang. 

7. Argowisata Kebun Teh
Argowisata Kebun Teh
Argowisata Kebun Teh via cintapekalongan.com
Objek wisata Argowisata Kebun Teh berada di Desa Pagilaran Kecamatan Bladi Kabupaten Batang. Berada di daerah perbukitan dieng jawa tegah dan berjarak sekitar 40 KM dari Kota Pekalongan

Daya tarik objek wisata ini terletak pada pemandangan alam khas daerah pegunungan. Udaranya cukup sejuk dan memang daerah ini terkenal dengan suhu nya yang cukup rendah sehingga lumayan dingin disini. 

8. Desa Wisata Lolong 
Desa Wisata Lolong
Desa Wisata Lolong  via thesagescontemplations.blogspot.com
Untuk ke obyek wisata ini anda bisa berkunjung ke Jl. Raya Karanganyar Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa tengah. Berada kurang lebih 9 KM dari Kota Pekalongan dan anda harus melakukan perjalanan sekitar 1,5 jam.

Objek wisata ini menyuguhkan wisata arung jeram lolong, Tubing, Jungle Traking, Camping, dan pada musim buah Durian biasanya diselenggarakan festival durian biasanya dilaksanankan pada bulan Februari hingga Maret. 

Nah, itulah diatas list 8 tempat wisata terbaik di Pekalongan Jawa Tengah yang wajib kami rekomendasikan.