PLARIUSMODIFIKASI101

Datang ke Gunung Sitoli, Inilah Daftar Tempat Kuliner Paling Diminati!

Tuesday, September 4, 2018
Mencari rekomendasi kuliner saat hendak menuju suatu daerah, memang sangat diperlukan. Karena tidak hanya perlu mencari di mana destinasi wisata yang indah, karena memperhatikan isi perut juga hal yang tak kalah penting. Hal ini karena di tiap-tiap daerah memiliki beragam kuliner populer dengan sajian berbeda-beda, sehingga akan menyulitkan Anda ketika Anda tidak tahu menahu tentang jenis kuliner di suatu daerah. Bahkan, tidak sedikit pula wisatawan yang memilih-milih makanan atau justru suka mencoba jenis makanan baru.

Gunung Sitoli adakah salah satu daerah yang menjadi bagian dari Sumatra Utara yang merupakan hasil pemekaran Kabupaten Nias. Dan di sini tentunya banyak terdapat kuliner khas yang mampu menggoyang lidah.

1. Pecel Ayam dan Pecel Lele Bang Martin
Pecel Ayam dan Pecel Lele Bang Martin
Ilustrasi Pecel Ayam dan Pecel Lele Bang Martin via rajauduk.com
Menu Pecel Ayam dan Pecel Lele Bang Martin memang merupakan yang andalan di kota Gunung Sitoli ini, letak dari Rumah Makan ini di Jl. Diponegoro Gunungsitoli, atau tepatnya di depan showroom Honda. Minuman andalannya adalah es rumput laut. Anda bisa mulai datang ke sini pada jam 18.00 WIB. Harga yang dipatok pun hanya sekitar Rp 10.000 dan es rumput lautnya seharga Rp 7.000.

2. Mie Mekar
Mie Mekar
Ilustrasi Mie Mekar via nibble.id
Di Mie Mekar tersedia banyak olahan dari bahan dasar mie babi, olahan yang disediakan antara lain adalah Mie pangsit, mihun goreng/rebus, ifumie, nasi goreng babi, capcay dan fujunghay. Harga per porsinya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 25.000 saja. 

Mie Mekar berada di Jl. Jenderal Sudirman No. 41, Gunungsitoli.

3. Rumah Makan Alam Seria
Rumah Makan Alam Seria
Ilustrasi Rumah Makan Alam Seria via dutamedan.com
Memang jika dilihat dari namanya, menu dan nuansa dari tempat kuliner ini sangatlah bersahabat. Namun, siapa sangka bahwa ternyata banyak menu di sini yang bisa dikatakan “tak biasa” seperti biasanya, sebab yang ditawarkan adalah Sate bekicot, kelelawar, ular, dan biawak. Meski terlihat extreme sekali, namun tempat ini selalu ramai dikunjungi, terutama pada jam makan siang. 

Banyak para pejabat dari dalam atau luar Nias yang mampir ke sini, bahkan banyak pula penduduk lokal yang sudah berlangganan makan di sini. Harga per porsinya hanyalah Rp 10.000 – Rp 25.000.

Rumah Makan ini beralamat di Jl. RRI Desa Iraonogeba, Gunungsitoli , Sumatera,

4. Warung Bakso Mak Karyo
Warung Bakso Mak Karyo
Ilustrasi Warung Bakso Mak Karyo via himajuriisipjkt.wordpress.com
Warung makan ini mengangkat desain foodcourrt yang mampu menampung kapasitas untuk 50 orang lebih. Menu yang menjadi andalan di sini adalah bakso dan es dawet. Harga es dawetnya hanya Rp 10.000 lengkap dengan cendol dan lain sejenisnya. Warung Bakso Mas Karyo ini terletak di Jl. Sirao Gunungsitoli, tepatnya, dekat apotek sehat.

5. Ayam Penyet Waroeng Fodo
Ayam Penyet Waroeng Fodo
Ilustrasi Ayam Penyet Waroeng Fodo via primarasa.co.id
Warung makan ini terletak di Jl. Diponegoro, Gunungsitoli, atau tepatnya di dekat BRI Diponegoro. Di sini banyak menyediakan menu sea food dan Chinese food, sangat lezat dan kekinian sekali pokoknya.

Selain oke dalam hal menunya, Ayam Penyet Waroeng Fodo juga pintar dalam menarik pelanggan, di sini telah ada fasilitas tempat bermain anak dan live music nya. Harga yang dibanderol untuk tiap menunya juga tidak akan menguras kantong, cocok untuk siapa saja, karena hanya Rp 10.000 – Rp 25.000 saja per porsi.

6. Mie Aceh Tip Top
Mie Aceh Tip Top
Mie Aceh Tip Top via selerakita.id
Letaknya yang sangat strategis membuat tempat kuliner yang kali ini selalu ramai oleh pengunjung. Letaknya di Jl. Yos Sudarso, Gunungsitoli, tepatnya di desa Iranogeba Gunungsitoli. Tempat kuliner ini telah menjadi satu-satunya yang menyediakan masakan khas Aceh. Wahhh, Anda bisa mencobanya untuk mendapatkan pengalaman berkuliner baru.

Menu paling andalan adalah Mie Aceh, selain itu juga tersedia nasi soto, nasi goreng, Mie sop dan tahu isi. Harga per porsinya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 15.000 saja.

7. Pondok Malta
Pondok Malta via yotube.com
Bagi Anda penyuka sea food, beruntunglah karena di Gunungsitoli terdapat banyak resto atau Rumah Makan biasa yang menyediakan kuliner khas laut. Di Pondok Malta ini juga menyedikan menu spesial yang mampu menggoyang lidah siapa saja. Ada ikan bakar, cumi-cumi goreng tepung, kepiting sambal balado, udang rica-rica, dan juga Lobster.

Letaknya berada di 7km dari pusat kota, atau lebih tepatnya di Bawadesolo, Gn. Sitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara.
Pengunjung biasanya menyantap ikan merah, kakap atau Kerapu dengan harga sekitar Rp 30.000 – Rp 40.000 per kilogramnya.

Tidak hanya itu, Anda bahkan mendapat bonus pemandangan indah berupa laut dari balik Pondok ini. Kenyamanan dan sensasi saat berkuliner di sini pun akan semakin lengkap.

8. Rumah Makan Nasional
Rumah Makan Nasional
Rumah Makan Nasional via googlemap.com
Jika Anda adalah penyuka masakan Padang maka Anda tidak akan pernah kerepotan saat berkunjung ke Gunungsitoli, karena Rumah Makan Padang atau Minang adalah yang paling mudah ditikam di pusat kota Gunungsitoli ini. Seperti Rumah Makan Nasional yang terletak di Jl. Sirao No.87, Gunungsitoli yang menyediakan bermacam masakan padang dengan cita-rasa khas pedas yang sangat diminati oleh masyarakat sekitar hingga luar daerah. 

Harga yang dibanderol hanyalah Rp 5.000 sampai Rp 15.000 per porsi. Bahkan tempat ini juga menyediakan jasa katering bagi yang ingin mengadakan sebuah acara.

9. Mie Magelang
Mie Magelang
Ilustrasi Mie Magelang via ngadem.com
Tempat Kuliner yang satu ini juga banyak difavoritkan oleh para penduduk setempat maupun wisatawan mancanegara. Di sini menyediakan menu yang sedikit tak biasa, yaitu nasi goreng babi. Selain itu, juga terdapat menu lain seperti mie pangsit, bihun goreng atau rebus, Fujunghai, capcay dan ifumie yang hanya dibanderol seharga Rp 10.000 sampai 25.000.

Mie Magelang ini berada di Jl. Jenderal Sudirman No. 41, Gunungsitoli, Indonesia.

Memang untuk restoran yang menyediakan menu babi sudah banyak di Gunungsitoli ini, dan Anda bisa menemukannya tanpa kesulitan. Rasa yang ditawarkan tentunya sangat lezat dengan tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

10. Hotel Binaka II
Hotel Binaka II
Hotel Binaka II via 11foto-foto-foto.blogspot.com
Bagi Anda wisatawan nan jauh, maka bisa langsung on The way ke Hotel Binaka II yang beralamat di Jl. Pattimura No.14, Mudik, Gunungsitoli. Di sini menyediakan banyak kuliner mewah seperti sea food dengan rasa juara dan hanya seharga Rp 35.000 sampai Rp 150.000 per porsi. Mungkin harga ini terbilang tidak bersahabat untuk para mahasiswa, namun sangat cocok dijadikan tempat menginap bersama keluarga.

Bahkan di sini juga telah dilengkapi oleh fasilitas wi-fi yang akan melancarkan segala aktivitas internet Anda, karena beberapa orang memang sangat memerlukan internet untuk bekerja, dan di Hotel Binaka II ini Anda tidak akan menemukan kesulitan untuk melakukan hal tersebut.

11. Cafe Uno
Cafe Uno
Ilustrasi Cafe Uno via waterfronthotel.com
Terletak di pusat kota, tepatnya di Jl. Ahmad Yani, Gunungsitoli ini telah beroperasi sejak Maret 2010 dan telah menjadi populer di segala kalangan, terutama kaula muda. Hidangan yang ditawarkan juga tidak aneh, seperti halnya yang biasa dijumpai di kota besar. Antara lain adalah potato wedges, kebab, sandwich, dan cichken Black paper. Beruntung bagi Anda yang gemar kopi, karena di sini telah tersedia berbagai varian rasa seperti: Espresso, cofelatte, vanilla latte, Uno mochacino, cappuccinodan, unocino dan Numero Uno Ice blended.

Harga yang ditawarkan hanyalah Rp 8.000 sampai Rp 15.000  untuk makanan maupun minumannya. Tentunya, dengan berkunjung ke Cafe Uno tidak akan membuat kantong Anda tipis.

12. Laris Manis
Laris Manis
Ilustrasi Laris Manis via bundampie.blogspot.com
Selain di Cafe Uno, ada juga Cafe lain yang mendiami Gunungsitoli ini, yaitu Laris Manis yang berjarak 1.65 KM dari Gunung Sitoli, atau tepatnya di Pasar Eks Gudang Garam No. 40, JL Gomo, Pasar Gunung Sitoli, Saombo, Gn. Sitoli, Sumatera Utara 22813.

Banyak yang hobi berkuliner di sini karena nuansa pinggir pantai yang dipenuhi oleh wisatawan mancanegara tentunya kan menambah pengalaman berbeda.

13. Larasati Poing Louge & Resto
Larasati Poing Louge & Resto
Ilustrasi Larasati Poing Louge & Resto via indoclubbing.com
Lokasinya berada di Jl. Karet Gunungsitoli, Gunungsitoli, Indonesia.

Yang paling populer menunya adalah Milkshake Oreo yang telah menjadi favorit para kalangan muda, bahkan tempat ini juga cocok dijadikan area nongkrong.

14. Rapi Seafood
Rapi Seafood
Ilustrasi Rapi Seafood via tripjalanjalan.com
Wah, lagi-lagi rumah makan dengan andalan menu Seafood. Kali ini beralamat di Jl. Kapala Gunung sitoli – Nias Medan, Sumatera Utara yang juga selalu padat oleh para pengunjung.

Di sini menyediakan beragam kuliner ala Seafood yang mampu menggugah selera Anda.

Itulah 14 tempat kuliner di Gunungsitoli yang siap Anda kunjungi, masih banyak tempat wisata kuliner di sana yang belum tertulis di sini. Usahakan untuk mencari tempat wisata kuliner yang benar-benar akan memuaskan Anda dengan pelayanan dan nuansa yang ditawarkan. Penting juga untuk mengetahui menu andalan di setiap tempat wisata kuliner agar tidak salah tempat.