PLARIUSMODIFIKASI101

Jalan-jalan ke Jambi, Inilah Tempat Kuliner Konsep Lesehan Menu Lezat

Wednesday, September 5, 2018
Di Jambi, tersedia banyak sekali tempat kuliner dengan nuansa lesehan yang akan menambah kenyamanan bagi para pengunjung. Selain itu, tidak hanya menonjolkan nuansa lesehan tersebut, namun juga diimbangi dengan dekorasi ruangan yang benar-benar memukau. Namun tidak hanya tempat kuliner dengan nuansa lesehan saja, di Jambi masih banyak tempat kuliner lain yang menyediakan Makanan lezat dengan keunikan tempat

jika berada di kota Jambi, maka Anda bisa membaca referensi ini terlebih dahulu untuk me-review manakah tempat yang cocok untuk disambangi, tentunya yang sesuai dengan selera Anda.

1. Wong Djogja
Wong Djogja
Wong Djogja via jalannceria.blogspot.com
Memang banyak yang mengidolakan kuliner Djogja, sampai-sampai, di Jambi pun telah berdiri Rumah Makan yang menyediakan kuliner khas Djogja, jadi, Anda dan keluarga tidak perlu khawatir saat rindu masakan Djogja.

Letaknya di Jl. GR. Djaman Datuk Bagindo atau lebih tepatnya di Simpang 4 lampu merah Pasar Baru. Di sana menyediakan banyak kuliner yang sangat dinanti pengunjung. Nuansanya sangat elegan dan terdiri atas 2 lantai, lantai pertama untuk makan dengan duduk di kursi dan lantai kedua lesehan.

Tempatnya cukup besar dan buka dari pukul 10.00 – 22.00 WIB. Harga makanannya mulai dari Rp 17.000 saja. 

2. Saonk Kito
Saonk Kito
Saonk Kito via kenali.co
Inilah tempat kuliner yang akhir-akhir ini telah berhasil menarik minat pengunjung Kota Jambi. Meski terbilang baru, namun tempat ini sudah tercium namanya oleh para pencinta kuliner. Tempat ini berkonsep Saung ala sunda dengan sajian makanan khas sunda.

Desain interiornya tradisional sekali dengan menonjolkan nuansa pedesaan, sehingga menghadirkan suasana lebih sejuk. Bahkan terdapat kolam ikan juga di sekitar Saung.

Menu di Saung Kito juga beragam, ada bebek, ayam, ikan bakar, Seafood, tongseng sampai sayur-mayur. Menu paling andalan di sini adalah Bebek Mertua yang lezat dengan teman makan Es Ado-ado atau Es Kacang Merah. Semuanya hanya mulai dari Rp 17.000 sampai 50.000 saja.

Lokasinya berada di Jl. Kutilang I, No. 49, Budiman, Jambi Selatan, Talang Panjang – Jambi.

3. Pondok Sepoer
Pondok Sepoer
Pondok Sepoer via mardhotillah-islamic-deepfeeling.blogspot.com
Masih membahas seputar tempat kuliner dengan konsep lesehan. Di Pondok Sepoer, Anda akan menemukan banyak makanan khas Semarang-Purwodadi yang telah beberapa tahun belakangan Iki mewarnai cita-rasa kuliner di Jambi. Bisa disimpulkan bahwa tempat Iki selalu padat oleh pengunjung, terlebih saat weekend.

Letaknya di Jl. Jenderal Sudirman Lrg Pernikahan. Mungkin karena letaknya di tengah kota sehingga membuat tempat ini selalu padat pengunjung.

Konsep yang dipakai hampir mirip Saonk Kito, yang menjadi perbedaannya adalah pondok-pondok yang dibangun di atas kolam ikan. Menu yang ditawarkan juga enak-enak dan beragam, mulai dari bebek, ayam, Seafood, ikan sampai sayur-sayuran. Sedangkan untuk minumannya, telah tersedia aneka jus, kelapa muda dan lain-lain.

4. Pondok Kelapo
Pondok Kelapo
Pondok Kelapo via bangkoplus.wordpress.com
Pondok Kelapo merupakan tempat berkuliner selanjutnya yang juga mengusung tema makan lesehan. Mungkin karena lokasinya yang bersebelahan dengan Pujasera inilah yang membuat tempat ini selalu ramai. Konsep yang dipakai adalah Pondok di tengah taman sehingga akan memanjakan mata dengan keindahan taman dan udara segar.

Anda akan mendapatkan pengalaman berkuliner baru karena di sini terdapat menu khas Sumbagsel yang didominasi rasa pedas dan asam. Namun jika Anda tidak suka pedas, maka bisa memesan menu tradisional Indonesia lainnya, bahkan di sini juga tersedia olahan sea food.

Mungkin masalah harga, di sini terbilang mahal. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba datang ke sini, terlebih jika Anda baru pertama kali ke Jambi. Lokasinya berada di Jl. Hayam Wuruk, Jelutung, Jambi. 

5. Roemah Kebun
Roemah Kebun
Roemah Kebun via jambi.tribunnews.com
Roemah Kebun ini terletak di Jl. Kopdar Umar RT 33, Pall Merah, Jambi. Tempat yang tergolong baru menjadikan tempat ini masih jarang diketahui oleh pengunjung, bahkan oleh masyarakat sekitar. 

Tempat makannya berada di pondok Saung yang di kelilingi kolam ikan, cara duduknya juga lesehan. Namun tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat ini karena selain hidangannya yang lezat, juga konsep alam yang disediakan sangat memukau mata. Tidak hanya itu, bahkan pengunjung juga bisa memancing ikan di sini, loh.

Makanan yang ditawarkan sangat beragam. Yang paling digemari adalah Gurami Bakar yang pedasnya minta ampun.

6. Saung Purnama
Saung Purnama
Saung Purnama via kabarjambi.net
Jika Anda tengah mencari tempat kuliner sebagai Alternatif hang out, maka Saung Purnama bisa menjadi pilihan tepat Anda. Meski predikatnya yang baru mewarnai dunia kuliner, namun tempat ini sudah sangat ramai pembeli.

Konsep tradisional yang dipakai tentu akan menghadirkan suasana nyaman dan tenteram, ditambah adanya perkebunan yang menambah kesan alam pada tempat ini. Ada 13 gazebo ukuran kecil yang cocok untuk area makan dan kongkow bersama teman maupun keluarga.

Tidak hanya itu saja, di Saung Purnama juga telah dilengkapi live music yang selalu standby menghibur para pengunjung, jadi, pasti betah berlama-lama di sini.

Menu yang disediakan sangat beragam. Anda bisa mengambil paket senilai Rp 100.000 dan sudah mendapat ayam kremes, nasi, lalapan, sambal, plus es teh manis. Lokasinya berada di Jl. Kapten Pattimura, Lrg Mess Merangin, Jambi. 

7. Pujasera
Pujasera
Pujasera via jambi.tribunnews.com
Berdiri sejak 2003, menjadikan tempat makan ini satu-satunya yang menerapkan konsep food court dengan banyak menu variatif, bahkan nama Pujasera sudah sangat terkenal.

meski telah banyak yang menggunakan konsep sama, Pujasera tetap menjadi primadona pada pemburu kuliner lezat. Kelebihan tempat ini adalah adanya lapangan parkir yang luas, juga tersedia kursi dan kesehatan untuk bersantap ria. Semua itu membuat pamor Pujasera selalu bersinar di hati para pencinta kuliner, ditambah menu yang disediakan di sini mencapai ratusan yang berasal dari 14 Pondok masak. Setiap Pondok tentunya punya khas olahan masing-masing.

Lokasinya berada di Jl. Hayam Wuruk, No.1, Jelutung, Jambi, letaknya di tengah kota sehingga mudah untuk ditemukan.

8. Kwetiau Acai
Kwetiau Acai
Ilustrasi Kwetiau Acai via kulinercitrapalem.wordpress.com
Kwetiau adalah Makanan khas Jakarta, Medan dan Jambi. Dan tentunya setiap daerah tersebut mempunyai resep khas yang berbeda. Khusus dari Jambi, kembarannya lebih tebal namun tetap memiliki tekstur lembut. Terlebih rasanya yang khas tidak akan ditemukan di tempat lain.

Sebab itulah, Kwetiau Acai ini sangat reccommended sekali untuk dikunjungi, lokasinya berada di Jl. ABD Kartawirana No. 24 RT 14, Talang Banjar, Jambi. Agar lebih mudah, lokasinya terletak tidak jauh dari Pempek Sumsel. Jam bukanya adalah dari pukul 16.00 sampai 22.00. tidak akan menguras kantong, karena harga yang dipatok kisaran Rp 10.000 sampai Rp 20.000 saja namun dijamin kenikmatan kulinernya akan buat anda puas.

9. Pempek Sumsel
Pempek Sumsel
Pempek Sumsel via bukalapak.comm
Pempek memang Makanan khas Palembang, namun tidak hanya Palembang saja yang punya pempek khasnya, namun di Jambi juga telah mempunyai kuliner pempek khas. Rasanya juga lezat dan telah terkenal dari dulu, bahkan, peminatnya tidak pernah berkurang hingga sekarang. Pempek memang merupakan jajanan untuk semua kalangan, bahkan, untuk anak kecil pun banyak yang menyukainya meski membelinya tanpa menggunakan kuah pedasnya yang khas.

Anda bisa datang ke Jl. Orang Kayo Hitam 7, Talang Banjar, Jambi. Jam bukanya mulai pukul 09.00 sampai 20.00.

10. Siomay dan Batagor Aceng 
Siomay dan Batagor Aceng
Siomay dan Batagor Aceng  via foursquare.com
Nama “Aceng” didapat karena memang yang menjual kuliner ini bernama Aceng. Lokasinya berada di pusat kota, yaitu si SD Xaverius 1, Jl. Putri Pinang Masak 19, Pasar, Jambi.

Yang menggugah selera adalah bumbu kacang yang telah diberi resep khusus dan modifikasinya yang variatif, dijamin sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Tempatnya buka pada pukul 07.30 sampai 15.00.

11. Ayam Bakar ABG
Ayam Bakar ABG
Ilustrasi Ayam Bakar ABG via mantap-bro.blogspot.com
Nama yang unik mungkin akan banyak menarik perhatian pembeli, hal ini memang sudah digunakan sebagai senjata bagi para penjual di Indonesia. Salah satunya adalah Ayam Bakar ABG yang berada di Jl. Rangkayo Hitam RT 14 RW 05, Talang Banjar, Jambi.

Tempat ini buka dari jam 09.00 sampai habis. Bahkan, tempat kuliner ini sering menjadi alasan banyak wisatawan asing berkunjung ke Jambi.

Itulah beberapa referensi tempat kuliner di Jambi yang kebanyakan mengusung konsep makan lesehan. Tentunya, hal tersebut sesuai selera masing-masing. Namun pada umumnya, memang banyak pengunjung yang lebih suka konsep makan ini. Dikarenakan pengunjung lebih leluasa menggerakkan kaki, dibanding hanya duduk saja.