PLARIUSMODIFIKASI101

List Obyek Wisata Menarik di Pekanbaru Riau

Friday, September 28, 2018
Tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya, Pekanbaru juga memiliki banyak daya tarik yang membuatnya banyak dikunjungi wisatawan setiap harinya. Nah untuk anda yang ingin merencanakan liburan kesana, berikut ini kami akan membagikan beberapa rekomendasi obyek wisata terbaik di Pekanbaru Riau, yang dijamin memiliki daya tarik luar biasa. Penasaran? Langsung saja intip berikut ini. List Obyek Wisata Terbaik di Pekanbaru Riau

1. Riau Fantasi
Riau Fantasi
Riau Fantasi via batakindonesia.com
Objek wisata keren ini terletak di Jalan Labersa, Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau 28284. Riau fantasi ini merupakan objek wisata yang mudah sekali di temukan, karena sudah menjadi tujuan berlibur favorit masyarakat disana.

Objek wisata Rau Fantasi ini adalah pusat hiburan dan taman rekrasi tersebsar yang ada di Pekanbaru Riau, julukan lainya yaitu Labersa Theme Park & Labersa Water Park Riau. Tiket masuk sekitar 60 ribu hingga 70 tibu rupiah.

Objek wisata ini cukup ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada waktu-waktu hari libur atau akhir pekan. Meski tergolong obyek wisata baru (karena diresmikan pada tahun 2009) namun mengenai kelengkapan wahananya tak perlu diragukan lagi. 

Area Labersa Water Park Pekanbaru ini, dilegkapi dengan 5 tipe kolam bermain. Diantaranya Adult Poll, Adventure Pool, Lazy River Pool, Baby Pool, dan juga Crocodile River Pool. 

2. Kebun Binatang Sang Kulim
Kebun Binatang Sang Kulim
Kebun Binatang Sang Kulim via riauberbagi.blogspot.com
Selanjutnya adalah taman rekreasi Kebun Binatang Sang Kulim. Destinasi ini berlokasi di Jl. Haji Usman, Desa Kubang Raya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Propinsi Riau 282993. 

Jika dihitung-hitung, waktu tempuh yang dibutuhkan untuk menuju ke sini hanya dibutuhkan waktu 30 menit atau 25 KM dari pusat kota Pekanbaru. Sehingga untuk anda yang dari luar kota dan kebetulan melewati Pekanbaru, tak ada salahnya menyempatkan sejenak singgah kesana.

Objek wisata kebun binatang Kulim ini memiliki banyak koleksi binatang, mulai dari aneka macam Burung, Harimau, Singa, Gajah, Orang Hutan, Beruang, Rusa, Ular, Kuda Nil, Buaya, Kera, Monyet, Gajah dan masih banyak lagi.

Destinasi ini memiliki luas area kurang lebih 5 hektar, dengan kandang masing-masing binatang yang dibuat cukup besar, sehingga binatang tidak merasa stress. 

Pengunjung kebun binatang Kasang Kulim cukup merogoh kocek  sebesar 10 ribu rupiah untuk dewasa dan 5 ribu rupiah untuk anak-anak, untuk bisa sepuasnya menikmati pesona yang ditawarkan disana.

Objek wisata ini bisa menjadi objek wisata keluarga dan wisata edukasi karena disini anda bisa mengenalkan jenis-jenis binatang pada buah hati anda.

Selain melihat-lihat binatang, daya tarik lain yang bisa anda temui disini ada banyak. Diantaranya wahana naik Andong, perahu bebek kayuh, papan seluncuran, ayunan, kolam untuk memancing, dan juga kolem renang anak. Pengunjung juga bisa menaiki gajah dengan biaya 10 ribu per menitnya.

3. Danau Buatan Lembah Sari
Danau Buatan Lembah Sari
Danau Buatan Lembah Sari via pkuarea.com
Taman rekreasi Danau Buatan Lembah Sari terletak di  Desa Limbungan , Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru Propinsi Riau. Berjarak kurang lebih 10 KM dari pusat Kota Pekanbaru.

Wisata Daau Buatan Lembah Sari ini awal mulanya adalah sebuah bendungan irigasi dan airnya di manfaat wara sekitar untuk mengairi sawah-sawah mereka. 

Namun lama-kelamaan warga berpikiran bahwa danau buatan in memiliki potensi untuk dijadikan sebagai objek wisata karena memiliki keindahan alam lumayan bagus dengan keadaan sekitar yang masih asri.

Danau buatan ini dikelilingi oleh pepohonan yang utmbuh subur dan rindang, terlihat dari kejauhan warna hijau yang menyegarkan mata. Ada fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung disini yaitu disediakanya rakit dan juga perahu yang bisa dinaiki untuk berkeliling di danau.

4. Taman Rekreasi Alam Mayang
Taman Rekreasi Alam Mayang
Taman Rekreasi Alam Mayang via ksmtour.com
Taman rekreasi alam mayang terletak di JL. H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Desa Tengkerang, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru Propinsi Riau, 28131. Dan buka setiap hari mulai pukul 07.00 dan tutup pada pukul 18.00.

Taman Rekreasi Alam mayang ini berada di perbukitan sehingga susana disana cukup asri dan sejuk. Sesuai namanya permainan atau wahana yang disediakan juga sangat ramah dengan alam ramah dengan anak-anak dan juga bisa menjadi objek wisata edukasi.

Taman Rekreasi ini memiliki luas kurang lebih 24 hektar dan dilengkapi dengan taman bermain anak, studio film 3D, kolam pemancingan, Outbound area, Flying fox, sepeda air, perahu-perahu, dan juga bola air raksasa. Pengunjung taman rekreasi ini dikenakan biaya tiket masuk sebesar 20 ribu rupiah per orang dan belum termasuk dengan biaya untuk tiket wahana-wahana yang lain seperti Studio Fil, sepeda air sewa peralatan out bound, sewa peralatan pancing dan lain-lain.

5. Istana Siak Sri Indrapura
Istana Siak Sri Indrapura
Istana Siak Sri Indrapura via liandamarta.com
Berikutnya adalah Istana Siak Sri Indrapura. Destinasi ini berada di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kampung Dalam, Kp. Dalam, Siak Kabupaten Sika, Propinsi Riau 28773. 

Objek wisata Istana iak Sri Indrapura ini merupakan salah satu wisata seru yang ada di Pekanbaru. Istana ini merupakan pusat pemerintahan pada masa kesultanan Siak dimasa lalu, istana ini juga ,merupakan saksi bisu perkembangan masuknya agama islam dan berkembangnya di tanah Riau ini. 

Menurut sejarah kesultanan Siak adalah kerajaan islam terbesar yang pernah ada di Propinsi Riau pada abad ke-16 hingga abad ke-20 dengan sebutan istana Asherayah Al Hasyimiyah.

Pembangunan istana ini dilakukan pada tahun 1889 dengn gaya arsitektur bangunan utama meniru gaya arsitektur Eropa, Arb dan juga Melayu. Istana ini dibangun oleh Sultan Haasyim Abdul Jalil Syaifuddin dan memiliki 2 lantai. Meski sudah berusia ratusan tahun bangunan ini terlihat sangat kokoh dan terawat hingga sekarang dijasikan sebagai objek wisata.

Koleksi Istana Siak Sri Indrapura ini juga dipamerkan di ruang tamu seperti koleksi pusaka milik sultan, ada juga lukisan Napoleon Bonaparte yang asli dan langsung dikirim dari Perancis. Bukti bahwa koleksi kesultanan siak ini berasal dari Eropa memperlihatkan bahwa kesulatanan Siak telah menjalin kerjasama dengan dunia internasional. Untuk emasuki istana ini, pengunjung di patok biaya tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah namun pengunjung harus melepaskan alas kaki untuk masuk kesini karena ditakutkan akan merusak lantai granit.

6. Perpustakaan Soeman H.S
Perpustakaan Soeman H.S
Perpustakaan Soeman H.S via riauberbagi.blogspot.com
Perpustakaan Soeman H.S ini berada di Jl. Jenderal Sudirman No. 462, Kelurahan Jadirejo, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, Propinsi Riau 28121. Perpustakaan ini buka setiap hari, Senin – Jumat buka pukul 08.00 hingga 17.00 dan pada hari Santu hingga Minggu buka pukul 09.00 dan tutup 14.00.

Perpustakaan Soeman H.S ini merupakan objek wisata edukasi yang memiliki bentuk bangungan unik, yaitu berbentuk seperti papan alas atau Rehal yang biasa digunakan untuk membaca Alquran. 

Bangunan ini memiliki 6 lantai dengan beberapa fasilitas seperti musholla, cafe, kantin, auditorium, tempat pertemuan dan ruang koleksi buku. Terdapat ruang khusus untuk literatur budaya Melayu dan koleksinya terlengkap di indonesia. 

Perpustakaan ini tidak hanya diperuntukkan untuk orang dewasa, karena ada fasilitas yang bisa dinikmati anak yaitu Children Librabi dan Kids Corner yang tempatnya sangat ramah untuk anak-anak bahkan menjadi tempat yang bisa memanjakan anak-anak anda.

7. Museum Sang Nila Utama
Museum Sang Nila Utama
Museum Sang Nila Utama via riauonline.co.id
Museum Sang Nila Utama berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman No. 194, Kelurahan Tengkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru. Museum ini buka setiap hari pada pukul 08.00 hingga 17.00, dan nomer telepon yang bisa dihubungi (0761) 33466.

Daya Tarik Wisata
Museum ini memamerkan koleksi benda-benda seni dan juga budaya khas daerah Propinsi Riau. Sepeti pakaian adat, alat-alat permainan rakyat daerah, beberapa koleksi alat-alat musik dan lain sebagainya.

8. Air Terjun Aek Martua
Air Terjun Aek Martua
Air Terjun Aek Martua via ksmtour.com
Air Terjun Aek Mertua berada di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, di Propinsi Riau. 

Objek wisata ini memiliki pesona alam yang sangat indah, air terjunnya memiliki ketinggian yang bervariasi, air terjun paling rendah memiliki tinggi kurang lebih 15 meter dan yang tertinggi mencapai ketinggian 40 meter. Nama Aek mertua ini diambil dari bahasa suku Batak Mandailing sebutan lain dari air terju ini yaitu Air terjun Tangga Seribu. 

Itu dia diatas beragam obyek wisata terbaik di Pekanbaru Riau. Nah, pastinya sudah tak sabar kan, ingin segera kesana?