Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mampir ke Jayapura, Inilah Wisata Kuliner Paling Diminati

Memang saat berkunjung ke suatu tempat, sangat tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas di kota yang kita sambangi. Contohnya di Jayapura, yang merupakan kota paling timur Indonesia kita.

Karena keragaman kuliner yang amat melimpah, mungkin pengunjung akan sedikit kesulitan untuk mencari cita-rasa masakan yang bersahabat di lidah. Namun meski demikian, tentunya setiap kuliner khas dari Jayapura sangat patut dicoba.

Ada baiknya untuk mencari referensi tempat kuliner terlebih dahulu untuk mengetahui menu apa saja yang disediakan di tempat kuliner tersebut. Atau, jika Anda memang petualang kuliner sejati, maka Anda tidak akan segan mencicipi segala olahan kuliner di Jayapura ini. Tenang, masalah rasa tetap juaranya. Berikut adalah rekomendasi wisata kuliner di Jayapura yang paling diminati:

1. Rumah Makan Pak Kumis
Rumah Makan Pak Kumis
Rumah Makan Pak Kumis via foursquare.com
Tersedia banyak menu lezat dan merakyat di sini seperti urap, sayur tahu, Pecel, sayur bunga pepaya, sayur kangkung dan beberapa lauk-pauk lainnya. Bahkan rendang dan teri pun juga tersedia di sini. Jika dilihat, memang banyak menyediakan makanan khas Jawa ya? Karena memang Jawa sendiri sudah terkenal dengan kulinernya yang sederhana dengan penyajian sederhana pula namun mampu menggoyangkan lidah siapa saja.

Jangan khawatir untuk singgah, karena rasa dijamin juara. Tempatnya juga bersih dan nyaman, tentunya hal ini dapat menambah selera makan Anda.

Lokasinya berada di Jl. Samudra Maya, atau tepatnya di belakang POM Bensin Dok V bawah.

2. Soto Segar Khas Boyolali
Soto Segar Khas Boyolali
Ilustrasi Soto Segar Khas Boyolali via jatengkita.id
Letaknya di. Nusatenggara, Dok V, atau lebih tepatnya di Mess Polwan  ini menjajakan soto kuah bening khas Boyolali lengkap dengan suwiran daging ayam atau daging sapi dan garang ati atau ayam. Uhh..., Lezatnya!

Semua yang singgah akan disuguhkan dengan pemandangan nan indah dari laut teluk Jayapura. Sembari menggoyang lidah, mana pengunjung akan memandangi kapal-kapal yang hendak berlabuh ke Teluk Jayapura. Harga setiap menu di sini juga tidak akan menguras kantong.

3. Bubur dan Mie Mandala
Bubur dan Mie Mandala
Bubur dan Mie Mandala via foursquare.com
Di sini menyediakan menu favorit berupa bubur ayam dan mie ayam pangsit rebus, tentu hal ini adalah kabar gembira bagi Anda penyuka Bubur dan olahan mie.

Bubur ayam yang disediakan di sini tidak berkuah, namun ditambah suwiran cakue, ayam dan daun bawang.

Sedangkan untuk mie-nya, diberi topping berupa daging ayam yang dipotong kecil dan sudah diberi bumbu tambahan, tak lupa pangsit dan sawinya. Tidak hanya enak, namun harganya juga bersahabat.

Lokasinya berada di Komplek Ruko Dok II.

4. Rumah Laut Cafe & Resto
Rumah Laut Cafe & Resto
Rumah Laut Cafe & Resto via juliebercerita.blogspot.com
Selain menyediakan menu Jayapura, di sini Anda juga bisa mencicipi kuliner Asia dan Indonesia lainnya. Tersedia Papeda, Seafood dan makan Asia lain yang tidak kalah lezat dari Resto di Jawa. Pendiri Resto ini sangat pintar, sebab ia tidak hanya menciptakan sajian bagi warga lokal saja, namun juga untuk penjuru Indonesia yang hadir dari berbagai kalangan.

Semua masakan di sini telah berlabel halal. Lebih asyiknya lagi, kita bisa makan sambil menengok pemandangan lauk Jayapura nan indah. Terlebih pemandangan malam harinya yang amat cantik. Jadi, tidak heran, jika banyak yang berkuliner di sini sembari berselfi-ria.

Lokasinya berada di Jl. Kota, Jayapura, yaitu 11 kilometer dari Danau Sentani.

5. Yummy Bakery & Cafe Jayapura
Yummy Bakery & Cafe Jayapura
Yummy Bakery & Cafe Jayapura via twitter.com
Bagi Anda penggemar masakan manis, maka bisa datang ke Yummy Bakery & Cafe Jayapura. Tempat ini juga cocok dijadikan area bersantai sembari mengobrol dengan nyaman, lokasinya dekat sekali dengan Danau Sentani, sekitar 2,3 kilometer saja. Atau lebih tepatnya di Jl. Raya Abepura, Hola Plaza, Jayaoura.

Cafe ini terbilang sangat kekinian bagi remaja, dan juga sangat nyaman untuk bersantai dengan keluarga.

Sesuai namanya yang dipakai, Cafe ini tentunya menyediakan banyak macam roti. Selain itu, Anda juga dapat memesan olahan Eropa, Amerika dan Asia. Waw, lengkap banget, ya?

6. Yougwa Restaurant
Yougwa Restaurant
Yougwa Restaurant via travel.detik.com
Selanjutnya adalah Yougwa Restaurant yang terkenal akan olahan Seafood segarnya. Lokasinya juga tak jauh dari tempat kuliner Jayapura lainnya, yaitu dekat Danau Sentani. Rating Resto ini sudah sangat bagus, baik dari pengunjung lokal maupun wisatawan.

Seafood segar adalah kuliner yang sedang diburu oleh banyak pencinta Seafood atau foodie lainnya. Banyak yang mengungkap bahwa Seafood segar rasanya lebih enak dan alami.

Cita-rasa masakan lautnya sangat lezat, tersedia ikan bakar dengan sambal yang pedas, juga ada Nasi Goreng dan menu lainnya. Lokasinya berada di Jl. Raya Abepura No 122, Jayapura, sekitar 2,3 meter dari Danau Sentani.

7. Pit’s Corner Papua Specialty Coffee
Pit’s Corner Papua Specialty Coffee
Pit’s Corner Papua Specialty Coffee via indohoy.com
Tidak hanya bisa mencicipi kopi, namun Anda bisa bersantai dan kongkow dengan partner Anda.
Kopi yang menjadi andalan adalah khas Papua yang dipetik dari Wamena dan Jayawijaya. Lokasinya berada di Jl. Kasuari, No 2, 4 kilometer dari Danau Sentani.

8. Duta Cafe Lesehan Atas Laut
Duta Cafe Lesehan Atas Laut
Duta Cafe Lesehan Atas Laut via phinemo.com
Dengan konsep Rumah Laut, Cafe ini mampu menarik perhatian banyak pencinta kuliner. Olahan di sini sangat lezat ditambah pemandangan indah pantai. Lokasinya berada di Ruko Dok II Bawah, Jayapura, 11 kilometer dari Danau Sentani.

Kelebihan dari cafe ini adalah tema makan lesehan yang akan menghadirkan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung. Pengujung bisa lebih leluasa menggerakkan kaki dan tubuh. 

9. Rumah Makan Padang Citra Bundo
Rumah Makan Padang Citra Bundo
Ilustrasi Rumah Makan Padang Citra Bundo via idfipancani.com
Saat masuk, Anda akan melihat langsung makanan yang disajikan di sana, saat itulah Anda bisa memilih menu mana yang ingin Anda makan.
Terdapat banyak menu nan lezat seperti rendang daging, gulai otak dan lain-lain. Bahkan saat jam makan siang, tempat ini selalu penuh sesak oleh pengunjung.

Meski banyak Rumah Makan Padang lainnya, namun bumbu yang melimpah di setiap menunya menjadi ciri khas tersendiri bagi Rumah Makan Citra Bundo ini. Selera masyarakat di sana juga sesuai seperti apa yang disewakan di sini, mereka cenderung berselera dengan masakan yang bumbunya melimpah, tidak pelit.

10. Mujair Bakar Yudisyah Entrop
Mujair Bakar Yudisyah Entrop
Mujair Bakar Yudisyah Entrop via mujairbakaryudisyah.bussines.set
Yang ke-10 adalah Mujair Bakar Yudisyah Entrop yang reccommended banget karena rasa ikan bakar dan sambalnya yang luar biasa lezat.
Saking luasnya, bahkan ada tempat cucian mobil sekaligus, jadi, tidak perlu takut mobil Anda kotor.

Harha yang dibanderol untuk tiap menunya juga masih terbilang murah. Lokasinya berada di Hamadi, Jl. Sungai Hanyaan Klo. Dua Entrop No. 22, Entrop, Jayapura, Papua 99224.

11. Rumah Makan Antariksa
Rumah Makan Antariksa
Rumah Makan Antariksa via id.wahyu.com
Beralamat di Wahno, Abepura, Kota Jayaoura – Papua 99225, ternyata Rumah makan ini menyediakan makanan yang cita-rasanya populer di masyarakat.

Nuansa dan ruangannya memang sederhana, namun siapa tahu, ternyata semua menu yang disediakan lebih dari enak. Terlebih sambelnya yang sangat hot.

Untuk harga, Anda tak perlu khawatir, menu di sini masih dikategorikan murah, kok.

12. Wins Cafe and Resto
Wins Cafe and Resto
Wins Cafe and Resto via facebook.com
Beralamat di Jl. Percetakan Negara, Gurabesi, Jayapura Utara, Papua 99221 membuat tempat kuliner mudah ditemukan. Letaknya yang di tengah kota ini, juga membuat Wins Cafe and Resto mudah melambungkan namanya.

Banyak wisatawan asing maupun lokal yang sering mampir di sini, makanan yang disediakan standar saja seperti ini tempat lain. Untuk masalah harga, tetap terjangkau oleh segala kalangan.

13. Dapur Penyet Jayapura
Dapur Penyet Jayapura
Dapur Penyet Jayapura via facebook.com
Lokasinya berada di Jl. Pacufic Permai, Blok B, No. 1, Ruko Dok 2, Bhayangkara – Jayapura Utara – Papua.

Tempat ini menyediakan banyak paket makanan dengan harga murah dibanding beli terpisah. Jadi, cocok untuk makan bersama dengan keluarga. Tersedia ayam goreng sambal mercon plus sayur asam segar. Sambal merconnya lezat dan pesat, ditambah senyuman karyawan yang super ramah di sini, tentunya akan menambah kenyamanan dan selera makan.

Bebeknya gurih dan tidak amis seperti di tempat lain, pokonya, cara pengolahan daging di sini pantas diacungi jempol. Selain itu, tempatnya juga cocok dijadikan area kongkow sambil ngopi bersama teman Anda.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner yang bisa Anda temukan di Jayapura, Papua. Tentunya, setiap tempat kuliner punya ciri khas, kelebihan dan cita-rasa tersendiri yang merupakan jurus untuk menarik pelanggan.