PLARIUSMODIFIKASI101

Obyek Wisata Terfavorit di Pemantangsiantar Sumatera Utara

Thursday, September 27, 2018
Apakah saat ini anda sedang merencanakan berlibur ke kota Pematangsiantar, Sumatera utara? Jika iya, maka sangat tepat anda berada dihalaman ini. Karena pada postingan kali ini kami akan membagikan review mengenai 8 obyek wisata terbaik di Pematangsiantar, Sumatera utara yang sangat rekomended untuk dijadikan tujuan berlibur. Penasaran ingin tahu obyek wisata mana saja yang kami rekomendasikan tersebut? Nah, langsung saja intip berikut ini. Obyek Wisata Terfavorit di Pemantangsiantar Sumatera Utara

1. Patung Dewi Kwan Im
Patung Dewi Kwan Im
Patung Dewi Kwan Im via medanholidays.com
Destinasi pertama yang kami rekomendasikan adalah objek wisata Patung Dewi Kwan Im yang berada di Jalan Siposo-poso, tepat di jantung Kota Pemantang Siantar. Destinasi ini sangat mudah ditemukan karena berada pas di jantung Kota Pemantangsiantar dan akses untuk menuju kesana sangat bagus dan terawat.

Bisa dibilang, obyek wisata Patung Dewi Kwan Im ini merupakan salah satu kebanggan Kota Pemantangsiantar, karena patung ini menjadi patung Dewi Kwan Im tertinggi yang ada di Asia Tenggara, dengan ketinggian mencapai 22  meter. 

Patung tersebut langsung didatangkan dari China dan proses pembangunanya hampir memakan waktu 3 tahun,. Patung yang diresmikan pada November 2005 ini, hingga sekarang masih terus disempurnakan pembangunananya sebagai sarana ibadah umat Budha.

Tujuan awalnya pembangunan patung Dewi Kwan Im ini memang untuk tempat peribadatan umat Budha namun karena keunikan bangunannya mampu menjadi daya tarik wisata religi.

2. Air Terjun Katasa
Air Terjun Katasa
Air Terjun Katasa via dimedan.co
Objek wisata Air Terjun Katasa ini berada di Kecamatan Hatonduan, Kota Pematangsiantar Propinsi Sumatera Utara. Untuk bisa sampai kesana, jika anda berada di Kota Pematangsiantar maka anda harus berkendara melewati Tanah Jawa  kemudian memasuki Hatonduhan dan menuju ke Negeri Bayu Bagasan. Setelah sampai di Bagasan anda akan memasuki area perkebunan kelapa sawit milik PTPN. 

Akses jalan untuk menuju ke lokasi Air Terjun Katasa lumayan bagus, sehingga perjalanan cukup mudah. Keunikan dari objek wisata Air Terjun Katasa ini yaitu terleak di air terjunnya yang orang-orang biasa menyebutnya dengan air terjun kembar. Disebut demikian karena terdapat 2 air terjun di lokasi ini, meskipun keduanya tidak saling bersentuhan dan terdapat jarak diantaranya.

Pemandangan disini juga sangat bagus dan asri, karena memang merupakan objek wisata alam sehingga keasrianya sangat dijaga dan dirawat. Terdapat pasir putih disekitar air terjun menambah suasana disini semakin eksotis. 

Di lokasi atas air terjun terdapat sebuah jembatan biasanya dipakai oleh warga untuk menyeberang menuju desa tetangga, dan jembatan ini diberi nama jembatan Titi. 

3. Air Terjun Hatonduhan
Air Terjun Hatonduhan
Air Terjun Hatonduhan via fahrizach.blogspot.com
Objek wisata Air Terjun Hatonduhan berada di Desa Buntu Bayu, Kec Tonduhan, Simalungun, Kota Pematangsiantar, Propinsi Sumatera Utara.

Akses untuk menuju ke lokasi Air Terjun Hatonduhan ini sangat bagus, jalanya bisa dilewati kendaraan dengan mudah, baik mobil maupun motor. Air terjun ini masih berada di kawasan perkebunan kelapa sawit PTPN IV Hatonduhan dan berjarak sekitar 33 Km dari pusat kota Pematangsiantar atau membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Pemandangan alam yang disuguhkan air terjun ini tak kalah dengan pesona  air terjun Katasa. Sehingga tak heran jika setiap harinya tak pernah sepi pengunjung, terlebih saat hari libur.

Oya, karena air terjun ini berada di bawah, maka mau tidak mau pengunjung harus menuruni anak tangga dengan jumlah yang lumayan banyak. Namun jika tidak ingin turun, pengunjung masih bisa menikmati pemandanganya air terjun ini dari atas tebing.

4. Air Terjun Jambuara/Mamabu
Air Terjun Jambuara/Mamabu
Air Terjun Jambuara/Mamabu via youtube.com
Berikutnya adalah Air terjun Jamburan/Mamabu. Destinasi ini berada di desa Aek Komangin, Hatonduhan, Kabupaten Simalungun Tanah Jawa, Pemantangsiantar Propinsi Sumatera Utara.

Akses jalan menuju destinasi ini sangat baik, bisa dilaui oleh kendaraan baik mobil maupun motor.  Air Terjun Jambuara/ Mamabu ini sebenarnya letaknya masih berdekatan dengan wisata air terjun lainya yang sudah dibahas diatas.

Jalan aspal sebagai akses menuju air terjun ini keadaanya terbilang bagus, meskipun ada beberapa bagian, yang aspalnya rusak.  Untuk pengunjung yang datang dari kota Pemantangsiantar, dibutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1 jam untuk sampai kesana. 

Objek wisata Air terjun ini memiliki keindahan alam yang cukup mempesona. Meski begitu cukup disayangkan, pemerintah setempat belum optimal dalam mengelola obyek wisata ini, terbukti dengan minimnya fasilitas umum yang ada.

Dari parkiran kendaraan untuk menuju ke lokasi air terjun pengunjung harus melakukan perjalanan treking terlebih dahulu, dan jalan yang harus dilalui lumayan terjal sehingga harus sangat hati-hati. 

Selain itu, pengunjung  juga diharapkan menyiapkan badan atau tubuh agar tetap fit selama perjalanan.  Air terjun Mamabu ini memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter di atas permukaan laut. Arus nya juga sangat deras, dan karena berada di tengah-tengah hutan airnya terasa sejuk dan aman untuk pengunjung bermain air disini. 

5. Air Terjun Widuri
Air Terjun Widuri
Air Terjun Widuri via dutamedan.com
Objek wisata air terjun Widuri ini biasa disebut juga dengan Sampuran Widuri berada di Dusun III, Desa Doloh Merawan, Kec Dolok Merawan, Kab Serdang Bedagai, Propinsi Sumatera Utara. 

Air terjun Widuri atau Sampuran Widuri merupakan objek wisata yang juga masih tergolong baru, fasilitas disini belum begitu  lengkap, namun mengenai keindahan alamnya dijamin tidak kalah dengan keindahaln air terjun pada umumnya.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter di atas permukaan laut, akses menuju air terjun sangat mudah dijangkau karena sudah ada anak tangga yang memudahkan pengunjung untuk menuju lokasi wisata. 

Airnya sangat jernih dan arusnya juga sangat deras, selain pemandangan disekitar yang didominasi dengan warna hijau segar dari pepohonan yang rimbun menambah suasana terasa sejuk. 

6. Taman Hewan Pematangsiantar
Taman Hewan Pematangsiantar
Taman Hewan Pematangsiantar via arioputra99.blogspot.com
Objek wisata Taman Hewan Pematangsiantar berada di Jalan Gunung Simanuk-manuk No. 2 Teladan, Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, Propinsi Sumatera Utara 21144.

Tepatnya objek wisata ini masih berada di pusat kota Pematangsiantar, sehingga akses untuk menuju kesini sangat mudah dan lokasinya juga mudah ditemukan.

Taman Hewan Pematang Siantar atau bisa disingkat dengan THPS ini sebelumnya biasa dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan Kebun Binatang Siantar. 

Tiket masuk ke objek wisata ini dibanderol dengan harga 15 ribu rupiah perorangnya, ojek wisata THPS ini merupakan salah satu objek wisata edukasi yang berada di Daerah Pematangsiantar.

Koleksi binatang yang dipunya cukup banyak, mulai dari Aves, Mamalia, dan juga Reptil. Uniknya setiap hewan yang menjadi koleksi kebun binatang ini diberikan nama masing-masing.

7. Pemandian Sejuk Swiimbath
Pemandian Sejuk Swiimbath
Pemandian Sejuk Swiimbath via pusatinfowisata26.blogspot.com
Objek wisata Pemandian Sejuk Swiimbath ini berada di daerah Nagori Naga Soppah Kec Bandar Huluan Kabupaten Simalungun, Propinsi Sumatera Utara. 

Pemandian sejuk swiimbath ini juga disebut sebagai kolam renang Bahapal karena berada di perkampungan Bahapal. Obejk wisata ini berjarak kurang lebih 20 KM dari kota Pematangsiantar dan waktu tempuh perjalanan tidak sampai menghabiskan 1 jam.
  
Pemandian Sejuk Swiimbath ini dulunya adalah bekas kolam renang bangsa belanda, dan masih berada di area perkebunan PTPN IV Laras. Objek wisata ini menjadi slah satu objek wisata keluarga disini karena memang sangat ramah untuk anak-anak.

Air kolamnya sangat jernih bahkan bila idliat dari kejauhna tambak berwarna biru. Pengunjung akan dikenakan biaya parki sekitar 3 ribu rupiah dan biaya tiket masuk sebesar 5 ribu perorang.

8. Kebun Teh Sidamanik
Kebun Teh Sidamanik
Kebun Teh Sidamanik via simalungun.net
Kebun TEH Sidamanik berada di Kecamatan Sidamanik dan Kecamatan Pematang Sidamanik. Kebun Teh ini sangat lulas hingga dibagi kedalam 2 kecamatan.

Kebun Teh Sidamanik di kelola oleh PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) IV (Persero). Luasnya kurang lebih 8. 373 hektar dan masuk dalam kategori kebun teh jenis teh hitam terbesar kedua yang ada di Indonesia.

Pemandangan disini sangat indah, udara sekitar juga sangat sejuk. Sepanjang mata memandang hanya bisa memandang hamparan warna hijau dari warna daun teh. 

Diarea kebun Teh ini ada sebuah air terjun yang tersembunyi, bisa juga anda kunjungi namun anda harus berjalan lebih jauh berkeliling di area kebun teh ini untuk menemukan air terjun tersebut.

Bagaimana tertarik mengunjungi beragam tempat wisata terbaik di Pemantangsiantar Sumatera Utara yang kami rekomendasikan diatas?