PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Kuliner di Mobagu Sulawesi Utara yang Wajib Dikunjungi

Sunday, September 9, 2018
Kota Mobagu adalah hasil dari pemekaran Kabupaten Bolaang dan Mongondow, pemekaran ini bertujuan untuk memajukan daerah serta menyejahterakan rakyat, memobilisasi pembangunan, memudahkan segala pelayanan dan menciptakan kesejahteraan-kemakmuran rakyat Totabuan.

Siapa sangka, kini kota Mobagu telah sukses dengan segala kemajuannya. Tak terkecuali dalam bidang kuliner. Banyak sekali cita-rasa yang dimiliki Mobagu ini, dan jika Anda berniat ke sini, maka inilah daftar referensi tempat kuliner lezat yang ada di Kota Mobagu:

1. Caffe Town
Caffe Town
Caffe Town via manado.tribunnews.com
Cafe Town ini beralamat di Jl. Paloko Kinalang, Kota Mobagu, Sulawesi Utara. Dulu, di sekitar area jalan ini, adalah tempat berdirinya beberapa kantor pemerintahan dan lembaga vertikal.

Caffe Town sendiri tidak hanya menyediakan tempat untuk makan atau minum, namun juga sebagai pencuci mata karena interiornya sangat indah. Dindingnya dicat putih dan Anda bisa dengan leluasa menikmati lukisan bergaya retro. Selain warna putih, juga terdapat warna hitam yang melengkapi kesan artistik tempat ini. Ditambah lampu yang bergelantung, tentu menambah kesan indah dan nyaman Caffe ini.

2. Kedai Kampoeng Bogani
Kedai Kampoeng Bogani
Kedai Kampoeng Bogani via manado.tribunnews.com
Kedai Kampoeng Bogani juga merupakan tempat nongkrong dengan nuansa Retro dan Vintage karena terdapat banyak sekali perabotan tua yang usianya jauh dari kebanyakan anak remaja yang datang. Ada iklan-iklan di era 70-an, ada radio dan telepon, bahkan juga ada peti.

 Bagi Anda yang suka duduk lesehan saat menyantap makanan, maka Anda bisa langsung naik ke lantai atas, nuansa di sana juga sama pekatnya seperti di lantai pertama. Jadi, meski berkesan oldish, tapi tetap keren untuk berfoto-foto.

Kedai Kampoeng Bogani terletak di Matali, Kotamobagu Tim., Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara.
Jadi, jangan berpikir bahwa hanya ada pengunjung tua saja yang mampir di sini, hehe, banyak kok kaula-muda yang nyaman dan betah di sini.

3. Cafe Blengko
Cafe Blengko
Cafe Blengko via manado.tribunnews.com
Cafe ini terletak di Bukit Illongkow, kota Mobagu, Sulawesi Utara.

Tips utama saat berkunjung ke sini, pakailah jaket atau paling tidak kardigan, karena lokasinya benar-benar berada di bukit Illongkow, sehingga pasti akan sangat dingin.

Dari ketinggian bukit ini, Anda bisa leluasa melihat Susana Kota Mobagu saat malam hari. Kelap-kelip lampu dan warna kota ini benar-benar mampu menyibak mata. Ditambah, Anda bisa nongkrong dan ber-selfie di gazebo dengan layar pendaran lampu. Waah, keren sekali!

Memanh sekarang ini, sedang booming-boomingnya mendapatkan spot foto keren untuk diunggah ke Instagram. Nah, Cafe Blengko ini bisa menjadi tujuan utama Anda.

4. Warung Kopi Korot
Warung Kopi Korot
Warung Kopi Korot via formakindonews.com
Warung Kopi ini terletak di Jl. Paloko Kinalang, Kota Mobagu, Sulawesi Utara. Sekitar 3,11 KM dari Kota Mobagu Barat.
Warung Kopi Korot juga cocok untuk area nongkrong bersama teman maupun pasangan, tentunya sambil menikmati hangatnya kopi. Pemandangan yang indah dan suasana nyaman, tentu akan memanjakan hati Anda.

5. Cokelat Cafe
Cokelat Cafe
Cokelat Cafe via id.foursquare.com
Cokelat Caffe merupakan tempat kuliner yang sudah sangat populer, harga setiap menunya sangat bersahabat. Semua menu coklatnya sangat enak, lezat dan manis banget. Tempatnya juga nyaman.

Lokasinya berada di Jl. Kampus Mogolaing, Kota Mobagu, Sulawesi Utara. Atau sekitar 1.17 KM dari Kota Mobagu Barat.

6. Texas Chicken 
Texas Chicken
Texas Chicken  via detotabuan.com
Lokasinya berada di Jl. Ahmad Yani, kota Mobagu, Sulawesi Utara.  Banyak yang menyebut fried Chicken di sini sangat lezat, enak dan gurih. Daging ayamnya juga empuk, dan bumbu-bumbunya merasuk sampai daging. Jadi, ayam di sini tidak seperti di tempat lain yang notabene dagingnya dingin, tidak terasa bumbu.

Jika diperkirakan, Texas Chicken ini terletak sekitar 1.90 KM dari Mobagu Barat.

7. RM Ayam Goreng Mentega Swadaya
RM Ayam Goreng Mentega Swadaya
Ilustrasi RM Ayam Goreng Mentega Swadaya via tjiobudiono05.blogspot.com
Lokasinya berada di Jl. Datoe Binangkang, Kota Mobagu, Sulawesi Utara. Atau sekitar 2.24 KM dari Mobagu Barat.

Banyak yang mengungkap bahwa rasa Ayam Goreng Mentega di sini, belum ada yang bisa menyaingi. Sebab, RM ini punya resep tersendiri yang menjadikan ayam gorengnya begitu kembut, renyah dan berdaging lembut.

8. Bijimera Coffe & Roastery
Bijimera Coffe & Roastery
Bijimera Coffe & Roastery via facebook.com
Lokasinya berada di Kotabangon, Kota Mobagu, Sulawesi Utara 95716, Indonesia.

Bijimera Coffe & Roastery merupakan tempat ngopi yang asyik, karena selain owner-nya yang ramah terhadap pengunjung, tempatnya juga nyaman dan efektif untuk melepaskan lelah. 

Varian Single Coffe-nya juga lumayan banyak, yang menjadi andalan adalah Spcial Coffe Mogondow yang rasanya luar biasa lezatnya. Kopi di Bijimera Coffe ini diambil dari kopi lokal, sehingga rasanya sangat sesuai dengan cita rasa Indonesia.

Tersedia juga Red Velvet, Moccachino, Green Tea, Late Art, dan masih banyak lagi. Yang paling mencolok dan menjadi nilai plus dari tempat ngopi ini adalah Barista-nya yang sangat profesional.

9. Alrafa Caffe & Bakery
Alrafa Caffe & Bakery
Ilustrasi Alrafa Caffe & Bakery via twitter.com
Lokasinya berada di Sinindian, Kota Mobagu, Sulawesi Utara. Anda juga bisa telpon ke sini + 62 822-7115-7772. Selama seminggu, jam operasional Caffe & Bakery ini tetap sama, yaitu buka pada jam 7:00 – 21:00.

Tempatnya juga nyaman, ditambah berbagai varian rotinya wangi dan lembut di mulut. Memang akhir-akhir ini, semakin marak penyuka kopi sembari makan roti. Mungkin itu adalah dua perpaduan yang sangat lezat, ya?

Yang menjadi andalan di sini selain roti dan varian kopinya adalah Es Cukur Milo yang rasanya super..., Super.., lezat banget. Milo-nya legit dan “nyoklat” banget di lidah.

10. Putri Dewi Caffe
Putri Dewi Caffe
Putri Dewi Caffe via manado.tribunnews.com
Lokasinya berada di Motoboi Kecil, Kota Mobagu, Sulawesi Utara 95716. Atau Anda bisa telefon ke sini +62 813-4056-6464. Caffe ini buka setiap hari, dan beroperasi  mulai dari pukul 08:00 sampai 18:00.

Yang paling lezat dan segar adalah Es Durian Coklat yang banyak diburu oleh pengunjung. Makanan di sini juga enak, namun banyak yang mengungkap bahwa pelayanannya cukup lama.

11. Ayam Gepuk Pak Gembus Cabang Mogolaing – Kotamobagu
Ayam Gepuk Pak Gembus Cabang Mogolaing – Kotamobagu
Ilustrasi Ayam Gepuk Pak Gembus Cabang Mogolaing – Kotamobagu via pergikuliner.com
Berlokasi di Jl. Adampe Dolot, Mogolaing, Kota Mobagu, Sulawesi Utara 95716 membuat tempat kuliner ini ramai karena lokasinya yang mudah dijangkau. Anda juga telepon ke +62 812-4300-294 untuk menanyakan lokasi lengkapnya. 

Jam buka tempat ini sekitar pukul 09:00 sampai 21:00, dan buka setiap hari. Meski banyak yang mengungkap bahwa pelayanan di sini kurang memuaskan, namun tempatnya asyik untuk kongkow dan melepas penat. Yang lebih menggoyang lidah adalah Ayam Gorengnya yang gurih dan bisa memilih sambal sesuai selera, inilah yang membuat para pengunjung betah berkuliner di sini karena Ayam Gepuk Pak Gembus-lah yang pertama menyediakan sambal bervariasi sesuai selera.

12. Bale Kuliner
Bale Kuliner
Bale Kuliner via bolmora.com
Tempat ini mengusung konsep elegan dan style, bahkan dengan kreativitasnya, Bale Kuliner Mampu mengolaborasikan makanan khas Mobagu dan makan khas restoran.

Jam buka tempat ini adalah 09:00 – 11:00 WITA, dan untuk menikmati segala sajiannya, Anda hanya perlu menyiapkan Rp 35.000 untuk satu porsi makanan.

Di sini, tersedia Bubur ilosingan, Bubur ayam sampai Bubur ketan Hitam. Tersedia juga nasi goreng dengan berbagai pilihan lauk. Tidak hanya itu saja, di sini juga tersedia menu luar yang dimasak langsung oleh Chef Profesional asal Kalimantan.
Tersedia juga ayam tim maupun ikan tim yang telah dipisahkan dengan tulangnya.

 Untuk meningkatkan kesehatan, para koki mengurangi penggunaan minyak agar kesehatan pengunjung tetap terjaga dan semua orang tidak ragu untuk mencoba kuliner di sini.

13. Warung Makan De'Rindu
Warung Makan De'Rindu
Warung Makan De'Rindu via manado.tribunnews.com
Warung Makan De'Rindu ini berlokasi di Kelurahan Mogolaing, Kota Mobagu Barat. Yang menjadi andalan adalah Nasi Goreng Gila dengan sensasi pedasnya. Memang, jenis kuliner ini bisa Anda temukan di setiap sudutnya kota Mobagu, namun tidak ada salahnya Anda mencoba sajian di WM De'Rindu ini.

Rasa nasi gorengnya yang sangat pedas, membuat ya dinamai Nasi Goreng Gila. Bahkan, ricanya sampai 3 sendok makan, namun untuk warga yang sudah terbiasa makan di sini, takaran ricanya akan dikurangi.

Meski harga rica terus melonjak, namun rasa pedas Nasi Goreng Gila di sini tidak pernah berubah. 

Nasi Goreng Gila ini muncul karena di Kota Mobagu, banyak sekali orang yang suka makanan pedas. Dan jika dihitung dari penduduk asli, maka sekitar 20 orang yang memesan dalam satu Minggu.

Harga Nasi Goreng Gila ini hanya Rp 14.000 per porsi. Namun, perlu diketahui bahwa banyak juga pembeli yang tidak kuat menghabiskan satu porsi nasi goreng gila ini karena sangking pedasnya. Mungkin, hanya masyarakat asli Mobagu saja yang dengan piawai mampu menyantap habis satu porsi nasi goreng gila dengan tingkat pedas yang gila ini.