PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Liburan Wisata Saat Ada Di Kotamobagu, Sulawesi Utara

Tuesday, September 11, 2018
Bagi masyarakat Sulawesi utara, Kotamobagu memang dikenal sebagai kota model jasa. Namun, selain itu, kota ini juga kaya akan obyek pariwisata dan kebudayaannya. Di kota daerah ini tersimpan berbagai obyek wisata  yang indah serta menarik untuk dijadikan tujuan berlibur. Nah, ingin tahu kira-kira destinasi wisata apa yang paling difavoritkan disana? Langsung saja simak ulasan mengenai obyek wisata terbaik di kotamobagu yang telah kami rangkum berikut ini. Daftar Wisata Terbaik di Kotamobagu, Sulawesi Utara

1. Air terjun Molipungan
Air terjun Molipungan
Air terjun Molipungan via sulutaktual.com
Terdapat empat air terjun disana, pertama anda akan disambut dengan air terjun dengan ketinggian sekitar 6 meter. Tak jauh dari air terjun pertama  terdapat air terjun kedua dengan ketinggian 20 meter. Aksesnya cukup sulit untuk menuju air terjun kedua ini , berhati-hatilah karena anda harus memanjat bebatuan yang licin.

Perjalanan dilanjutkan menuju air terjun ketiga. Dari air terjun kedua anda harus menempuh perjalanan sekitar 30 meter ke atas. Anda harus waspada karena medan perjalanan dipenuhi bebatuan dan bukit yang ekstrim serta licin.

Air terjun ke tiga ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Lebih pendek dari air terjun kedua. Kolam Air yang menampung air terjun ketiga ini sekitar lima kali lima meter. Anda mungkin bisa beristirahat sejenak disini kemudian anda bisa melanjutkan perjalanan menuju air terjun ke empat dengan ketinggian air mencapai 30 meter.

Jika anda pertama kali berkunjung ke tempat ini, sebaiknya anda meminta bantuan kepada warga untuk mengarahkan. Karena terdapat dua aliran sungai yang akan membingungkan perjalanan anda. Hal yang penting sebelum anda memutuskan untuk berkunjung ke air terjun ini adalah menjaga stamina , tidur yang cukup, dan jahngan lupa membawa bekal yang cukup, karena perjalanan akan menguras tenaga.

Alamat air terjun mopulingan ini berada di desa Kobo Kecil, kotamobagu, lokasi tepatnya ada di sekitar empat kilometer dari permukiman warga dan tujuh kilometer dari pusat kota Kotamobagu

2. Rumah adat Bolang Mongondow
Rumah adat Bolang Mongondow
Rumah adat Bolang Mongondow via keseharianbolaangmongodow.blogspot.com
Rumah adat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara karena unik dan bernilai sejarah. Rumah adat ini merupakan milik Suhartien Tegela dan merupakan warisan turum temurun dari keluarga. Arsitekturnya tidak berubah sedikitpun dari sejak dibangun tahun 1940 hingga sekarang.

Rumah adat dengan bahan kayu ini masi berdiri kokoh dan seringkali dijadikanw arga sebagai tempat syuting video dan berfoto ria.  Keunikan rumah aday ini terlihat dari kontruksinya yang tidak menggunakan paku tetapi hanya menggunakan kayu yang diruncingkan.

Alamat rumah adat Bolang Mongondow ini tepatnya berada di desa Kopandakan Satu, kecamatan Kotamobagu Selatan. Sulut

3. Ruma adat bobakindan
Ruma adat bobakindan
Ruma adat bobakindan via manadpostonline.com
Menurut kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotamobagu, rumah adat bobakindan ini merupakan salah satu ikon budaya di kotamobagu.  Rumah adat ini sering dijadikan sebagai tempat pertunjukan seni dan budaya kotamobagu selain fungsi utamanya sebagai  tempat tempat musyawarah bolang mongondow. Selain itu tempat ini juga digunakan sebagai tempat resepsi pernikahan oleh masyarakat setempat berdasarkan adat bolang bolaang mongondow.

Tempat wisata yang bernuansa budaya perlu dilestarikan karena berpotensi untuk mendatangkan wisatawan baik dari dalam dan luar negeri. Anda juga bisa ikut andil dalam melestarikanya dengan cara berkunjung ke tempat wisata yang bernuansa budaya dan merekomendasikanya ke teman-teman anda.

Alamat rumah adat bobakindan ada dikawasan jalan brigjen Katamso Kelurahan Kotabongon Kecamatan Kotamobagu Barat.

4. Hutan kota bonawang
Hutan kota bonawang
Hutan kota bonawang via radarbolmongonline.com
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengatakan hutan kota binawang saat ini masuk dalam destinasi wilaya unggulan yang termasuk dalam salah satu kawasan strategis pariwisata provinsi.  Hutan kota ini memiliki ratusan jenis pohon dan koleksi satwa yang hampir punah.  Suasana hutan yang sejuk dan asri dimanfaatkan warga kotamobagu sebagai tempat jogging dan bersantai.

Hutan ini cocok dijadikan wisata edukasi. Saat memasuki areal hutan, anda akan disuguhi papan berupa peta jenis flora dan fauna. Anda juga bisa melihat kotamobagu dari ketinggian dengan elewati jalan setapak sebelah kiri. Untuk melihat berbagai jenis hewan dan pohon, anda bisa berjalan lurus melewati jalan setapak.

Alamat hutan kota bonawang berada tepat di kelurahan Monokai, Kecamatan Kotamobagu Barat.

5. Taman nasional bogani nani watabone (TNBNW)
Taman nasional bogani nani watabone (TNBNW)
Taman nasional bogani nani watabone (TNBNW) via wisatadirektori.com
Merupakan salah satu kawasan konservasi yang sebagian wilayahnya terletak di provinsi sulawesi utara, sebagian lagi terletak di provinsi Gorontalo. Taman ini kini dikelola oleh balai TNBNW yang berada di kotamobagu. Taman nasional ini memiliki keunikan ekologi sebagai kawasan peralihan geografi daerah wallace.

Kawasan taman nasional bogani nani watabone mempunyai flora yang beraneka ragam. Terdapat beberapa jenis flora yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti kayu hitam, kayu besi, kayu inggris, cempaka, metayangan. Dan sebagainya. Anda juga bisa menjumpai berbagai flora lain seperti paku-pakuan, palem, rotan, bunga bangkai dan hanjuang hijau.

Selain fllora, taman ini juga memiliki beraneka ragam jenis fauna yang terdiri dari 24 jenis mamalia, 125 jenis aves, 11 enis reptil ,2 jenis amfibi, 38 jenis kupu-kupu, 19 jenis ikan dan 200 jenis kumbang, sebagian satwa yang ada di taman nasional ini merupakan satwa khas/endemik Sulawesi.

Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama lag di TNBNW anda bisa menginap di wisma Bina Cinta Alam yang bisa anda capai selama 2 jam perjalanan dari kantor balai TNBNW. Sebenarnya wisma ini merupakan pusat informasi TNBNW. Tetapi juga menyediakan penginapan, lokasi perkemakan dan jasa pemandu.

Alamat TNBNW ini berada di kotamobagu, namun sebagian wilayahnya ada provinsi gorontalo.

6. Air terjun mengkang
Air terjun mengkang
Air terjun mengkang via limzpaputungan.blogspot.com
Air terjun ini masih termasuk dalam kawasan  Taman Nasional Bogani Nani Wartabone ( TNBW) . Dibutuhkan sekitar 1,5 jam perjalanan dari TNBNW. Berjarak 15 kilometer dari pusat kota kotomobagu. Untuk sampai ke air terjun anda harus melewati jalan setapak sejauh 7 kilometer. Beratnya medan perjalanan membuat waktu perjalanan terasa lama. Anda juga harus melewati sungai dan jembatan sebelum akhirnya sampai ke tujuan.

Lelahnya perjalanan anda akan terbayar dengan keindahan alamiah air terjun yang memiliki ketinggian hampir 86 meter ini. Suara air terjun akan merelaksasi fikiran anda. Danau kecil yang ada dibawah air terjunpun terlihat sangat jernih dan bening sehingga membuat anda ingin berenang di sana.

Lokasi air terjun mengkang ini ada di desa Mengkang, kecamatan Lolayan, Kabupaten Bulmong.

7. Habitat maleo tambun
Habitat maleo tambun
Habitat maleo tambun via tatobuan.co
Obyek wiata alam habitat maleo tamn berada di desa pinonobatuan, kecamatan dumoga timur. Hanya berjarak sekitar 50 kilometer dari kotomobagu. Bisa didcapai dengan kendaraan roda dua atau empat dengan waktu perlajanan sekitar 1,5 jam.

Sanctuary maleo tambun merupakan habitat peneluran burung maleo yang menajdi salah satu  objek wisata Taman Nasional Bogani Nani Watabone. Foster parent merupakan salah satu paket wisata unggulan yang menawarkan aktifitas diantaranya mengamati burung maleo, mencari dan menggali telur maleo, memindahkan dan meletakkan telur maleo di bak penetasan dan melepaskan maleo ke alam liar. Jika anda tertarik dengan habitat burung maleo anda bisa mengambil paket wisata ini.

Pengunjung yang mengambil paket ini nantinya akan mendapatkan sertifikat dan sebutan sebagai orang tua asuh maleo. Pengunjung yang menjadi orang tua asuh maleo akan dikabari dan berhak untuk melepaskan maleo ke alam bebas. Jika anda tidak bisa mengadiri pelepasanya, maka anda akan dikirim video pelepasan burung maleo.

Lokasi: Desa Tambun, kecamatan Dumoga Timur.

8. Air terjun lombonga
Air terjun lombonga
Ilustrasi Air terjun lombonga via kintamani.id
Air terjun ini terdiri dari atas dua air terjun yaitu lombonga I dan lombonga II. Lombonga I memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan Lombonga II mempunyai ketinggian 30 meter. Untuk sampai ke lokasi ini dibutuhkan perjalanan sekitar8 jam dari kantor TNBNW. Sedangkan dari gorontalo anya dibutuhkan waktu 1,5 jam. Dari pintu masuk desa Lombonga, Lokasi air terjun bisa anda capai dengan berjalan kaki selama setengah jam . air terjun ini masih merupakan kawasan TNBNW
Lokasi obyek wisata air terjun lombonga berada di desa Lombonga kecamatan Suwawa.

9. Masjid alhuda
Masjid alhuda
Masjid alhuda via manadoaktual.com
Jika ingin berwisata religi, anda bisa berkunjung ke Masjid Alhuda. Masjid ini merupakan masjid tertua di Kotamobagu, Sulawesi Utara. Dibangun pada Februari 1926, masa kolonial Belanda. Anda masih bisa menjumpai saksi sejarah yakni mimbar tempat imam berdiri memberi khutbah.  Mimbar yang terbuat dari kayu tersebut masih berdiri kokoh dan masih dipergunakan hingga kini. 

Bangunan masjid alhuda ini selesai pada Maret 1928. Tahun 2000 pertama kali masjihd ini direnovasi. Sebelum direnovasi, masjid ini keseluruhan terbuat dari kayu dengan ukuran 14x14 meter. Meskipun telah direnovasi, tetai bentuk bangunan aslinya tidak berubah. Bisa dilihat dari 4 tiangnya yang berada pada posisi tetap, hanya saja kini dibungkus dengan beton. Alamat obyek wisata religi masjid alhuda berada di Kopandakan Satu, kecamatan Kotamobagu Selatan.

Nah, itulah deretan obyek wisata terbaik yang dimiliki Kotamobagu,Sulawesi utara. Menarik bukan?