PLARIUSMODIFIKASI101

Liburan Keluarga Inilah Tempat Wisata Terbaik di Jakarta Utara

Thursday, September 20, 2018
Sebagaimana yang kita Jakarta Utara merupakan pusat administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Meski begitu, tidak serta merta membuat Jakarta Utara ini kehilangan obyek wisatanya. Terbukti dengan banyaknya obyek wisata alam, wisata sejarah, budaya bahkan wisata religi. Di samping wisata-wisata tersebut, Jakarta Utara juga menawarkan banyak sekali spot-spot keren untuk dijadikan tempat refresing atau sekadar untuk berfoto-foto ria.

Belum lagi dengan adanya banyak pusat perbelanjaan modern, hotel-hotel berbintang, dan sejenisnya, yang semakin membuat kota ini layak dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga.

Untuk anda yang belum tahu dimana saja tempat keren di Jakarta utara, berikut ini kami bagikan beberapa rekomendasi obyek wisata terbaik Jakarta Utara yang wajib dikunjungi.

Deretan Obyek Wisata Terbaik di Jakarta Utara

1. Taman Impian Jaya Ancol
Taman Impian Jaya Ancol
Taman Impian Jaya Ancol via mariberjalansantai.blogspot.com
Membahas objek wisata di Jakarta Utara, tentu tak lengkap kalau tidak menyebutkan destinasi Taman Impian Jaya Ancol. Yup, bisa dibilang obyek wisata ini paling terkenal di kotamadya Jakarta Utara. Memiliki luas 552 hektar, tempat wisata ini selalu ramai dipadati pengunjung setiap harinya. Taman Impian Jaya Ancol ini  merupakan objek wisata terpadu karena terbilang lengkap, baik fasilitas ataupun wahana yang ditawarkannya.

Objek wisata Taman Impian Ancol ini menawarkan berbagai macam wahana seperti Sea World, Gelanggang Samudra, pantai, taman bermain, Dunia Fantasi (Dufan), area bermain bowling, Pedang Golf Ancol, kereta gantung, wisata kuliner dan masih banyak lagi, mengingat objek wisata ini terbilang lengkap.

Selain itu, di sekitar Taman Impian Jaya Ancol yang berlokasi di Jalan Lodan Timur, Ancol, Pademangan Jakarta Utara ini terdapat banyak hotel sebagai tempat Anda untuk beristirahat dan bermalam setelah menikmati berlibur di objek wisata ini. Sangat menarik bukan?

2. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke
Taman Suaka Margasatwa Muara Angke
Taman Suaka Margasatwa Muara Angke via jakarta-tourism.go.id
Selanjutnya, tempat wisata berikutnya ada Taman Suaka Margasatwa Muara Angke. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan hutan bakau yang hijau dan menyejukkan. Sebab, tempat wisata ini merupakan wilayah hutan bakau di Jakarta Utara yang dilindungi oleh pemerintah. Selain dapat melihat hutan bakau yang hijau, Anda akan disuguhi oleh berbagai macam hewan yang hidup di sekitar hutan itu. Hewan-hewan tersebut di antaranya burung, biawak, monyet dan lain-lain.

Selain itu, hal menarik lagi yang ditawarkan adalah fasilitas jembatan kayu yang berdiri sepanjang sekitar 843 meter! Di jembatan ini Anda dapat berjalan-jalan sembari menikmati udara segar yang jarang kita jumpai di Jakarta dan melihat pemandangan yang begitu indah.

Objek wisata yang berlokasi di depan perumahan elit Pantai Indah Kapuk, Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara ini juga manyediakan perahu bagi para pengunjung yang ingin berkeliling di perairan. Dan, apabila ingin mencari penginapan, terdapat tempat penginapan unik yang berada di tengah hutan. Anda dapat bermalam di sana. Menarik bukan?

3. Jakarta Islamic Center
Jakarta Islamic Center
Jakarta Islamic Center via simas.kemenag.go.id
Objek wisata selanjutnya ada Jakarta Islamic Center atau kita kenal JIC. Objek wisata ini termasuk objek wisata rohani yang merupakan pusat pengembangan dan pembelajaran agama Islam. Di objek wisata ini tentu Anda akan mendapatkan banyak pembelajaran mengenai ilmu pengembangan dan perkembangan peradaban Islam.

Objek wisata yang berlokasi di Jalan Kramat Raya, Tanjung Priuk, Jakarta Utara ini merupakan kebanggaan orang Jakarta. Konon, tempat ini sebelum dijadikan pusat pembelajaran agama Islam merupakan tempat prostitusi. Selain menyediakan fasilitas ibadah, tempat ini juga menwarkan perpustakaan untuk para pengunjung belajar. Jadi selain menjadi tempat wisata rohani juga bisa menjadi tempat wisata edukatif.

Selain itu, Jakarta Islamic Center juga menyediakan fasilitas berupa ruang pertemuan. Dapat digunakan untuk ruang rapat atau pun ruang kajian agama Islam. Tempat ini juga cocok dijadikan sebagai spot untuk berfoto-foto. 

4. Kampung Luar Batang
Kampung Luar Batang
Kampung Luar Batang via megapolitan.kompas.com
Objek wisata berikutnya yang berasal dari Jakarta Utara adalah Kampung Luar Batang. Letaknya tak jauh dengan Museum Bahari. Objek wisata ini termasuk objek wisata sejarah. Karena, konon, dulunya di tempat ini merupakan peninggalan sejarah sebagai kota tertua yang berdiri sejak tahun 1630 Masehi.

Salah satu fasilitasnya adalah Masjid Luar Batang, yang di dalamnya terdapat makam Habib Husein. Tempat ini sering digunakan untuk wisata religi seperti berziarah atau sekadar beribadah oleh penduduk lokal atau pun luar negeri. Tempat ini cocok untuk Anda yang senang berwisata religi dan sejarah. Objek Wisata ini berlokasi di Jalan Luar Batang V, Kampung Luar Batang, Kelurahan Penjaringan, Jakarta utara.

5. Kampung Marunda
Kampung Marunda
Kampung Marunda via travelklik.com
Jika Anda merasa jenuh dengan kesibukan dan kemacetan yang terjadi di Ibukota Jakarta, tempat ini dapat menjadi alternatif bagi Anda menyegarkan pikiran Anda. Objek wisata ini adalah Kampung Marunda yang terkenal dengan suasana yang tenang dan damai.

Kampung Marunda merupakan kampung nelayan. Selain menyuguhkan pemandangan pantai yang begitu menawan, Anda juga dapat menyaksikan perahu-perahu milik nelayan yang biasa digunakan untuk mencari ikan di laut. Di samping itu, Anda akan menjumpai banyak tambak, tempat para nelayan menangkarkan ikan hasil tangkapan mereka.

Kampung Marunda yang berlokasi di Desa Marunda, Kecamatan Cilincing, Kota Jakarta Utara ini juga menyediakan alat pancing untuk bisa digunakan oleh para pengunjung yang ingin memancing di area tambak. Setelah itu, hasil tangkapannya dapat diolah kemudian dihidangkan langsung dan dinikmati bersama keluarga atau teman Anda sembari menyaksikan keindahan dan keasrian pantai Marunda.

6. Kampung Tugu
Kampung Tugu
Kampung Tugu via travel.kompas.com
Objek wisata selanjutnya adalah objek wisata sejarah yang kita kenal dengan Kampung Tugu. Di tempat ini, terdapat makam orang-orang komunitas Tugu. Objek wisata sejarah ini berkaitan erat dengan pendudukan Portugis dan Hindia Belanda ketika melawat dan menjajah di Indonesia.

Kampung Tugu terkenal sebagai kampung Kristen tertua di bagian Barat Indonesia. Konon, dalam sejarahnya di sana penduduk yang ingin merdeka dipaksa berpindah agama, yaitu memeluk agama Kristen atau Protestan. Di tempat ini, selain Anda dapat menyaksikan tradisi dan budaya komunitas Tugu, juga bisa dijadikan sebagai objek wisata religi.

Kampung Tugu ini berlokasi di Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Di sana selain Anda akan melihat makam komunitas Tugu, juga dapat melihat tempat tinggal Pendeta Gereja Tugu, lonceng pemberian Hindia Belanda dan Gereja Tugu yang senantiasa memfasilitasi umatnya untuk beribadah.

7. Pelabuhan Sunda Kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa via amazing-indonesia.com
Objek wisata berikutnya adalah Pelabuhan Sunda Kelapa. Objek wisata ini menawarkan suatu konstruksi keindahan masa lampau. Pelabuhan Sunda Kelapa ini konon menjadi awal terbentuknya ibu kota Jakarta. Banyak bangunan peninggalan sejarah masih berdiri di tempat ini.

Selain menarik dijadikan lokasi untuk jalan-jalan sambil menikmati keindahan, objek wisata ini juga menyuguhkan pemandangan banyak kapal yang terjejer seperti layaknya pelabuhan yang lain. Pelabuhan Sunda Kelapa ini cocok untuk Anda yang senang mencari spot foto sore hari terutama senja yang berwarna oranye. Karena di saat sore menjelang, tempat itu akan menampilkan panorama matahari terbenam yang begitu eksotis.

Objek wisata ini berlokasi di Jalan Matrim Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Jika Anda ingin menikmati waktu mencari ketenangan di pantai atau sekadar mengajak keluarga untuk berjalan-jalan, tempat ini cocok untuk Anda coba. 

8. Museum Bahari
Museum Bahari
Museum Bahari via jejakpiknik.com
Museum Bahari adalah objek wisata selanjutnya yang kami referensikan dari Jakarta Utara. Jika Anda punya ketertarikan dengan perlengkapan nelayan dan dunia laut, tempat ini cocok untuk Anda. Selain itu museum ini juga memiliki nilai sejarah yang tinggi, sebab, konon tempat ini dulunya adalah markas VOC, dan digunakan sebagai gudang untuk menyimpan rempah-rempah yang akan dijual ke Eropa.

Museum Bahari juga menawarkan koleksi-koleksi benda yang berkaitan dengan dunia nelayan dan laut.  Koleksi-koleksi benda yang dapat Anda lihat di antaranya jangkar, meriam, teropong, miniatur kapal dahulu dan modern, serta perlengkapan pelayaran lain.

Museum yang berlokasi di Jalan Pasar Ikan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara ini cocok untuk Anda yang menggemari sejarah dan tertarik mempelajari budaya Indonesia, terutama budaya maritim yang berkaitan erat dengan para nelayan.

Nah, itulah daftar tempat wisata terbaik di sekitar Jakarta utara, yang kami rekomendasikan untuk Anda. Kira-kira, kapan anda berencana kesana?