PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Wisata Terbaik di Pagar Alam Sumatera Selatan yang Sayang Dilewatkan

Saturday, September 22, 2018
Pagar Alam merupakan salah satu kota yang ada di Sumatera selatan, yang terkenal akan keindahan obyek wisatanya. Pagar Alam memiliki sejuta pesona alam yang dijamin bisa membuat takjub siapapun yang memandangnya. Beragam destinasi alam,  seperti danau, pegungan, air terjun, bahkan tempat wisata bersejarah, bisa ditemui disana.

Nah, untuk anda yang sedang berlibur di provinsi Sumatera Selatan, khususnya yang sedang di kota Pagar Alam, berikut beberapa referensi tempat wisata terbaik yang kami rekomendasikan. Penasaran?
Inilah Daftar Obyek Wisata Terbaik di Pagar Alam Sumatera Selatan 

1. Danau Merah Rimba
Danau Merah Rimba
Danau Merah Rimba via backpackerjakarta.com
Obyek wisata yang pertama adalah danau merah rimba. Bisa dibilang, tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata di Pagar Alam yang sangat unik dan eksotis. Kenapa? Karena memiliki pesona yang unik dan jarang ditemui di tempat wisata manapun.

Danau Merah Rimba ini letaknya ada di wilayah Perbukitan Raja Mandere. Danau yang memiliki luas sekitar 6 hektar ini memiliki daya tarik yang luar biasa. Jika biasanya air danau berwarna biru, lain halnya dengan danau ini. Sesuai dengan julukannya, danau Merah memiliki air yang berwarna merah terang seperti darah. Mungkin terdengar mengerikan, namun jika Anda melihatnya langsung justru keeksotisan yang akan Anda temui. 

Selain dikenal dengan warna air danaunya yang seperti darah, ada banyak hal-hal aneh yang terjadi di danau ini, menurut banyak sumber yang beredar. Konon katanya, pernah ditemukan kelabang raksasa dengan lebar 30 cm dan panjang 50 cm di danau ini. Tak hanya itu, pernah juga ditemui kerbau dengan telinga penuh sarang lebah hidup di kawasan ini. 

Tak sedikit arkeolog yang datang ke Danau Merah Rimba ini untuk meneliti apakah ada hal bersejarah yang tersisa karena diperkirakan, dulunya di kawasan ini berdiri kerajaan Sriwijaya yang keberadaannya masih menjadi misteri hingga saat ini.

2. Air Terjun Curub Embun
Air Terjun Curub Embun
Air Terjun Curub Embun via wisatakoe.com
Tempat wisata alam kedua yang terkenal di Pagar Alam adalah air terjun Curub Embun. Air terjun ini terletak tepat di bagian timur kaki Gunung Dempo, tepatnya di Curup Jare, Pagar Alam, Sumatera Selatan. Untuk mencapai lokasi ini, Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 20 menit dari kota Pagar Alam.

Air terjun yang tak kalah indahnya dengan Danau Merah Rimba ini memiliki tinggi 80 meter. Aliran airnya yang tidak deras membuat para pengunjung bisa dengan nyaman menikmati aktifitas bermain air disini seperti mandi, berenang atau sekedar merendam kaki. Dengan latar air terjun dan sejuknya embun, Anda bisa mengabadikan momen-momen indah selama berada di obyek wisata ini. Wisatawan juga bisa bersantai di pondok-pondok yang tersedia di pinggiran sungai. 

Obyek wisata ini biasanya ramai di akhir pekan dan di musim liburan. Namun tak ada salahnya Anda datang kesini selama musim liburan karena dijamin setelah liburan di air terjun Curub Embun ini, pikiran dan tubuh Anda akan kembali segar dan siap untuk bekerja lagi.

3. Gunung Dempo
Gunung Dempo
Gunung Dempo via palembang.tribunnews.com
Gunung Dempo adalah satu-satunya gunung yang memiliki puncak paling tinggi di Sumatera Selatan. Di sekitar kawasan Gunung Dempo juga banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda temui seperti kebun teh di lereng gunungnya dan air terjun Curub Embun. 

Mendaki Gunung Dempo akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki. ;Terlebih dengan trek yang tidak mudah, lereng yang curam, dan jalanan setapak dengan batu-batu kasar akan menambah adrenalin para pendaki untuk menaklukkan gunung dengan puncak tertinggi di Sumatera Selatan ini.

Gunung dengan ketinggian sekitar 3.000 MDPL ini  terletak di perbatasan Sumatera Selatan. Gunung Dempo dengan keistimewaan dan keindahan alamyang dimilikinya ini ternyata pernahmenjadi arena PON XVI untuk cabang olahraga Paralayang, loh!

4. Kebun Teh Lereng Dempo
Kebun Teh Lereng Dempo
Kebun Teh Lereng Dempo via yopiefranz.com
Memimilih wisata Kebun Teh Lereng Dempo sebagai destinasi wisata Anda sangatlah tepat jika ingin menghabiskan waktu liburan dengan ditemani hijaunya perkebunan di lereng gunung. Tak ada salahnya Anda singgah sejenak di obyek wisata ini setelah mendaki puncak Gunung Dempo karena lokasinya yang masih satu kawasan.

Saat Anda mendaki gunung Dempo, akan terlihat Kebun Teh Lereng Dempo ini dari kejauhan. Hamparan hijau dengan kabut yang menyelimuti, akan memanjakan mata Anda. Udaranya juga sejuk, jauh dari polusi perkotaan. Tak heran jika masyarakat memilih Kebun Teh Lereng Dempo sebagai salah satu tempat wisata terkenal di Pagar Alam.

5. Tangga 2001
Tangga 2001
Tangga 2001 via pergidulu.com
Wisata satu ini terbilang cukup unik. Obyek wisata buatan ini terletak di kawasan wisata Gunung Gare dan wilayah perkantoran Pemerintah Daerah. Untuk mencapai lokasi wisata ini pun cukup mudah, yaitu bisa dengan kendaraan yang memakan waktu sekitar 10 menit saja.

Dinamakan Tangga 2001 bukan karena anak tangganya yang berjumlah 2001, namun 2001 adalah tahun dimana Pagar Alam resmi berdiri. Saat menaiki satu demi satu anak tangganya, Anda bisa menikmati keindahan kebun teh di sekelilingnya dan kemegahan Gunung Dempo dari jarak jauh.

6. Air Panas Tanjung Sakti
Air Panas Tanjung Sakti
Air Panas Tanjung Sakti via pergidulu.com
Mungkin beberapa dari Anda belum begitu familiar dengan tempat wisata satu ini, namun keindahan dan pesonanya tidak perlu diragukan lagi. Air Panas Tanjung Sakti adalah sungai air panas yang mata airnya berasal dari dalam tanah sehingga keaslian dari airnya masih terjaga. Untuk mencapai lokasi ini, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Pagar Alam.

Melihat potensi wisata di kawasan Air Panas Tanjung Sakti ini, Pemerintah setempat sudah berupaya menyediakan kolam kecil untuk menampung sumber air panas, sehingga pengunjung bisa berendam dengan nyaman.

Untuk saat ini, Anda tidak akan dikenai biaya untuk menikmati air panas di kawasan ini karena obyek wisata ini terbilang baru dan belum banyak diketahui orang.Jika Anda ingin berkunjung kesini ada baiknya untuk bertanya dengan warga sekitar dimana lokasinya agar tidak tersesat, ya!

7. Situs Manusia Purba
Situs Manusia Purba
Situs Manusia Purba via javfrontonehotel.com
Situs manusia purba atau biasa dikenal dengan Situs Megalithikum adalah salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di Pagar Alam. Situs Megalithikum yang terletak di Tegur Wangi Lama dan Tanjung Aro ini telah didaftarkan sebagai calon warisan budaya oleh UNESCO, loh! Kawasan yang dipenuhi peninggalan sejarah seperti rumah batu, kuburan batu, Menhir, Arca Basemah hingga manusia Dolmen dengan perkiraan umur lebih dari 1.000 tahun ini bisa Anda temui disini.

8. Tebat Gheban
Tebat Gheban
Tebat Gheban via ksmtour.com
Danau lain yang juga cukup terkenal bagi warga kota Pagar Alam adalah Tebat Gheban. Theban Geban adalah danau alami dengan luas 3 hektar dan kedalaman mencapai 12 meter. Tak kalah dengan Danau Merah Rimba yang terkenal eksotis,danau ini juga memiliki pesonanya sendiri.

Tebat Gheban berada tepat di tengah-tengah oleh Gunung Dempo dan Bukit Barisan, bisa Anda bayangkan betapa indahnya danau ini. Wajar saja jika tempat ini menjadi salah satu wisata sangat wajib untuk dikunjungi selama berpergian di kota Pagar Alam. Selain menikmati keindahan alam di sekitar danau ini, Anda juga bisa memancing dan menjumpai para penambang udang saat senja tiba.

9. Green Paradise
Green Paradise
Green Paradise via travelingyuk.com
Green Paradise adalah tempat wisata buatan yang menjadiidola bagi masyarakat kota Pagar Alam. Bagaimana tidak, obyek wisata ini menyuguhkan liburan impian dengan latar alam yang mempesona. Green Paradise sendiri terletak di Sukarame, Bumi Agung, Dempo Utara, Pagar Alam, Sumatera Selatan atau berjarak sekitar 7 kilo meter  dari pusat kota.

Green Paradise adalah sungai buatan dengan mata air alami. Disini Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam sekitar, sambil melakukan aktifitas seperti berenang, memetik sayur-sayuran, memancing, menunggang kuda dan masih banyk lagi.

Untuk masuk Green Paradise, cukup membayar tiket dengan harga Rp.5.000 saja per orang dewasa dan Rp.2.500 per orang untuk anak-anak. Anda bisa berkunjung kesini jika ingin liburan seru dengan harga murah.

Semua obyek wisata yang kami sebutkan diatas, sangat menarik bukan untuk dijadikan tujuan berlibur? Tentunya sangat sayang dilewatkan begitu saja saat sedang di kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.