PLARIUSMODIFIKASI101

Liburan Singgahi Tempat Wisata Terbaik di Palembang Sumatera Selatan

Thursday, September 6, 2018
Semua masyarakat Indonesia pasti tahu, jika Palembang terkenal dengan aneka kuliner lezatnya, salah satunya yang sangat populer tentu saja pempek Palembang. Namun bukan hanya pempek yang menjadi daya tarik Palembang, nyatanya kota terbesar di Sumatera selatan ini juga menyimpan banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Nah, berikut kami pilihkan beberapa tempat wisata terbaik di palembang yang sangat rekomended untuk dijadikan tujuan berlibur. Daftar Obyek Wisata Terbaik di Palembang-Sumatera Selatan

1. Pulau kemaro
Pulau kemaro
Pulau kemaro via akutj.id
Pulau kemaro merupakan sebuah delta kecil yang berada di perairan sungai musi. Berjarak sekitar 6,5 km dari jembatan ampera. Masyarakat memberikan nama kemaro karena delta tersebut selalu kering. Meskipun dalam keadaan pasang, delta tersebut tidak tergenang oleh air, sehingga pulau ini terlihat seperti terapung di atas sungai musi.

Pulau kemaro merupakan tempat yang spesial bagi masyarakat tionghoa di palembang. Terdapat vihara dan pagoda 9 lantai yang dibangun di pulau ini. Bagi pemeluk agama budha, berkunjung ke pulau kemaro selain untuk beribadah, juga berziarah. 

Pulau ini lebih ramai dikunjungi oleh etnis tionghoa dan peduduk setempat pada saat tahun baru imlek. Di pulau ini terdapat pohon yang dikenal dengan pohon cinta. Pohon tersebut merupakan simbol cinta sejati antara dua bangsa dan budaya pada masa kerajaan palembang

Untuk sampai ke pulau kemaro, wisatawan bisa menyewa perahu motor dari kawasan wisata benteng kuto besak dengan harga sewa sekitar Rp. 150.000. Perjalanan dari benteng kuto besak menuju pulau kemaro akan memberikan kesan yang menyenangkan bagi anda. Perau motor akan melintasi jembatan ampera bagian bawah. Jangan sia-siakan kesempatan ini untuk mengabadikan foto.

2. Taman pelangi sriwijaya
Taman pelangi sriwijaya
Taman pelangi sriwijaya via palembang.tribunnews.com
Dinamakan pelangi karena di taman ini terdapat 24 jenis permainan yang memancarkan cahaya pada malam hari. Harga tiket masuk taman pelangi sriwijaya adalah sebesar Rp. 15.000 di hari senin-jumat. Pada hari sabtu dan minggu serta libur nasional serta libur sekolah, dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 20.000. taman ini buka mulai pukul 17.00-23.00. 

Setelah berada dalam lokasi taman, anda bisa menikmati 24 jenis mainan dengan tarif beragam mulai dari Rp. 5.000- Rp. 25.000. salah satu wahana yang menarik adalah Taman romantis atau romantic garden.  Romantic Garden merupakan salah satu wahana di taman pelangi yang selalu ramai dikunjungi oleh mereka yang hatinya penuh cinta. 

24 permainan yang ada di taman pelangi terbagi menjadi 3 bagian utama. Terdiri atas 9 wahana permainan yang harus dilakukan bersama-sama antara lain Helicak, Fun Bike dan Bom Bom Car. 

9 permainan yang menantang adrenalin anda seperti Flying Fox, Trampoline dan EuroBungee. Dan 6 permainan individual seperti paddle boat dan rumah balon untuk anak usia 2-10 tahun. Di taman pelangi sriwijaya anda juga bisa menikmati keindahan rumah-rumah adat dari berbagai kabupatenyang berada di Provinsi Sumatera Utara.

Nah, untuk alamat lengkapnya, obyek wisata taman pelangi sriwijaya ini terletak di Jln. Gubernur Hasan Basri, Jakabaring, Palembang.

3. Monpera (monumen perjuangan rakyat) 
Monpera (monumen perjuangan rakyat)
Monpera (monumen perjuangan rakyat)  via 1001wisata.com
Dengan Berkunjung ke monpera, wawasan anda akan bertambah terutama mengenai sejarah perjuangan bangsa indonesia dalam perang 5 hari 5 malam di palembang. Monumen ini dibangun sebagai simbol penghargaan kepada para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan. Monumen ini berdiri dengan tinggi 17 meter yang terdiri atas 8 lantai dan 45 bidang. Bentuk bangunannya menyerupai bunga melati dengan 5 kelopak.

Ruangan yang terdapat dalam monpera antara lain ruang pameran tetap, ruang perpustakan, ruang auditorium, ruang laboratorium dan konservasi, ruang administrasi, ruang audio visual,ruang penyimpanan koleksi dan ruang bengkel. koleksi yang dimiliki monpera antara lain persenjataan, foto, patung pahlawan, baju yang digunakan oleh para pahlawan serta mata uang sejak 1945.

Gedung monpera terdiri  atas 8 lantai. Lantai dasar merupakan koleksi foto-foto pada saat perjuangan, ruang penitipan dan beberapa koleksi buku sejarah. Di lantai dua terdapat beberapa foto pahlawan, lukisan, serta koleksi mata uang sejak 1945. Di lantai tiga terdapat patung pahlawan yang terbuat dari perunggu, terdapat pula koleksi pakaian dan foto para pahlawan. Di lantai empat terdapat alat pelontar bom serta ranjau. Naik ke lantai lima terdapat patung yang terbuat dari perunggu setengah badan dan beberapa lukisan pada masa perjuangan.

Lantai 6 digunakan untuk tempat penyimpanan buku sejarah. Di lantai 8 terdapat lukisan serta koleksi foto pahlawan. Anda bisa naik ke atap monumen. Dari atap inilah keindahan kota palembang dari atas akan terlihat mengagumkan. Untuk dapat masuk ke monpera, anda akan dikenakan tiket sebesar Rp. 1000/orang untuk pelajar, Rp. 2000/orang untuk mahasiswa, Rp. 5000/orang bagi pengunjung lokal dan Rp. 20.000/orang bagi wisatawan mancanegara. Monpera buka pada hari selasa-minggu jam 08.00-15.30.

Alamat destinasi wisata monpera ini terletak di Jln. Merdeka No.1, Kel. 19 ilir kecamatan ilir barat I Palembang.

4. Masjid Cheng Ho Palembang
Masjid Cheng Ho Palembang
Masjid Cheng Ho Palembang via idonesiakaya.com
Masjid ini bernama lengkap masjid  al islam muhammad cheng ho. Masjid ini dibangun untuk menjalin hubungan baikantara masyarakat tionghoa yang tinggal di palembang dengan masyarakat palembang pada umumnya. Selain itu, Masjid ini juga berfungsi untuk memperdalam ajaran islam. Masjid cheng ho dilengkapi dengan 2 menara yang diberi nama Habluminallah dan Hablumninannas.  Dibagian bawah menara terdapat tempat untu berwudhu.

Bagian luar menara terdapat ornamen khas palembang berupa tanduk kambing. Memasuki bagian dalam masjid ,anda akan menjumpai warna yang identik dengan kebudayaan tionghoa yakni merah. Pintu utama masjid juga didesain dengan arsitektur tionghoa. Keberadaan masjid Cheng Ho bukan sekedar mengkultuskan Cheng Ho sebagai seorang muslim tiongkok tetapi diharapkan mampu meneladani mengenai apa yang pernah dilakukanya yakni menyebarkan kedamaian.

Lokasi obyek wisata religi masjid cheng ho berada di perumahan amin mulia, jakabaring, palembang.

5. Taman kambang iwak 
Taman kambang iwak
Taman kambang iwak via indonesiakaya.com
Nama kambang iwak berasal dari bahasa setempat yang artinya kolam ikan. Taman ini memilki fasilitas yang terus diperbarui seperti area bermain anak seperti ayunan, outbond, dan lain-lain, tempat duduk, hingga fasilitas wifi gratis. Taman ini semakin ramai dikunjungi ketika akhir pekan.  Taman ini dilengkapi dengan jogging track bagi mereka yang ingin berolahraga sambil menikmati keindahan danau.

Di tengah taman terdapat kolam yang dilengkapi air mancur. Air mancur tersebut akan memancarkan cahaya hijau yang indah ketika malam hari. Selain air mancur, di dalam kolam juga terdapat ikan hias. Keberadaan ikan inilah yang menjadi alasan mengapa disebut kambang kawak atau kolam ikan. 
Anda juga bisa beriwsata kuliner di lokasi ini karena terdapat restoran atau cafe disekitar taman sepeti KFC, Kopitiam, cafe gun dan surabi enhai.

Alamat destinasi wisata taman kambang iwak ini ada di Jl. Dr Sutomo sampai ddengan  Jl. Tasik palembang.

6. Amanzi waterpark
Amanzi waterpark
Amanzi waterpark via amaziwaterpark.com
Amanzi waterpark merupakan tenoat wisata air yang cukup terkenal di palembang. Wisata air ini berkonsep petualangan alam liar di hutan afrika. Wahana yang terdapat di amanzi waterpark antara lain:
Zimba dan cora, merupakan area kolam anak yang berkonsep pemukiman dengan gazebo di sekitar kolam renang yang diumpamakan sebagai rumah penduduk.
The falls, merupakan seluncur dengan panjang sekitar 90 meter dan ketinggian 14 meter. 
The raft, seluncuran dengan panjang 120 meter dan ketinggian 12 meter. 
Kilimanjari tower yang menjadi akses menuju 4 wahana seluncuran
Kolam arus river nile, merupakan kolam dengan panjang 500 meter yang diibaratkan sebagai sungai nil di afrika.
The cyclone , merupakan wahana seluncuran air dengan bentuk spiral.
The velocity, seluncuran yang berbentuk lurus dengan ketinggian 11 meter dan panjang 60 meter.
Untuk menikmati wahana di amanzi waterpark, anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 50.000 di hari senin-jumat dan Rp. 75.000 pada ari sabtu serta Rp. 100.000 pada hari minggu dan libur nasional.

Alamat amazi waterpark ini terletak di jalan alang lebar talang kelapa, komplek perumahan citra grand city kota palembang.

7. Kawasan wisata Benteng kuto besak
Kawasan wisata Benteng kuto besak
Kawasan wisata Benteng kuto besak via jalankemanagitu.wordpress.com
Suasana santai kawasan ini akan membuat pengunjung merasa tenang dan damai. Ketika malam hari, aneka lampu taman, gedung, dan jembatan membuat lokasi ini terlihat indah. Anda bisa berwisata kuliner disini. Berbagai makanan khas palembang bisa anda jumpai di kawasan ini.

Suasana damai di kawasan ini semakin menarik dengan adanya ampera convention centre yang dulunya bernama dermaga point. Disini tersaji  beberapa kuliner di restoran terkenal. Selain sebagai tempat berwisata kuliner, ampera convention centre juga difungsikan untuk berbagai macam acara seperti pernikahan, konser serta pameran.

Anda juga bisa menikmati keindahan sungai musi di malam hari dengan menyewa perahu motor. Harga sewa perahu motor sekitar Rp. 50.000 dengan kapasitas 10 orang.

Alamat kawasan wisata benteng kuto besak ini berlokasi di jalan sultan mahmud badaruddin II, kika dari Jalan. Merdeka, arahkan ke jalan rumah bari kemudian belok kiri menuju jalan sultan mahmud badaruddin II.

8. Jembatan ampera
Jembatan ampera
Jembatan ampera via ksmtour.com
Selain mempunyai fungsi yang vital , jempatan ini juga menyimpan sejarah panjang dalam eksistensinya. 

Awalnya, jembatan ini bernama jembatan musi, kemudian jembatan bung karno, akibat persoalan politik kemudian nama jembatan ini berubah menjadi jembatan ampera atau singkatan dari amanat penderitaan rakyat.  Ampera merupakan slogan yang digaungkan soekarno dalam memperjuangkan kesejahteraan rakyat.

Sebagai ikon palembang, jembatan ampera terus mengalami pemugaran. Kini jembatan ampera ketika malam hari terlihat sangat menawan dengan hiasan lampu yang gemerlap. Bagi anda pemburu spot foto menarik , tempat ini layak anda kunjungi.

Alamat jembatan ampera yang megah ini ada di jalan lintas timur sumatera palembang.
Nah, keren-keren bukan, obyek wisata terbaik di Palembang yang kami rekomendasikan diatas?