PLARIUSMODIFIKASI101

Indah Inilah Tempat Wisata Terbaik di Parepare Sulawesi Selatan

Saturday, September 29, 2018
Semuanya pasti setuju, jika Indonesia memang tidak pernah membosankan untuk dijelajahi.  Karena di negara ini banyak memiliki obyek menarik.  Tidak hanya di pulau Jawa dan Bali saja, melainkan juga di pulau-pulau lainnya.  Salah satunya di pulau Sulawesi. Hampir di setiap daerah yang ada di Sulawesi menawarkan obyek wisata menarik, baik itu wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, dan lainnya. Termasuk di daerah Sulawesi selatan.

Nah, bicara mengenai obyek wisata Sulawesi selatan, kali ini kami akan mereview berbagai obyek wisata yang terdapat di salah satu daerahnya, yaitu Parepare.  Untuk anda yang penasaran, ingin tau mana saja obyek wisata terbaik yang ada di Parepare Sulawesi selatan, berikut ini kami akan membagikan reviewnya. Silahkan disimak. Obyek Wisata Terbaik di Parepare Sulawesi Selatan

1. Pantai Lumpue
Pantai Lumpue
Pantai Lumpue via pareparekotakelahiranku.blogspot.com
Jika anda pecinta pemandangan keren, maupun suasana biru yang membentang luas, maka lokasi yang tepat dan harus anda kunjungi adalah Pantai Lumpue.  

Perlu diketahui, jika dibandingkan dengan pasir pantai pada umumnya, pasir di pantai ini memang tidak begitu putih, namun tekstur pasirnya terasa sangat halus sehingga tidak akan membuat kaki anda terluka. Selain pesona pasirnya yang menarik, tentunya terdapat daya tarik lain yang membuat pengunjung betah. Yaitu karena pesona air lautnya yang begitu indah. Dengan deburan ombak yang tidak begitu besar, membuat siapapun pasti tergoda untuk berenang ataupun bermain air.

Pantai Lumpue berlokasi di kelurahan Lumpue, kecamatan Bacukiki Barat. Dengan beragam pemandangan eksotis yang disuguhkan, ditambah adanya bukit hijau dan pepohonan yang mengelilingi pantai ini, membuatnya semakin keren dan banyak difavoritkan pengunjung. Jadi, jangan lupa, pastikan pantai Lumpue ini masuk list lokasi wisata untuk liburan mendatang.

2. Pantai Tonrangeng
Pantai Tonrangeng
Pantai Tonrangeng via wajoterkini.blogspot.com
Nah, rekomendasi selanjutnya adalah pantai Tonrangeng. Yai, destinasi ini merupakan salah satu obyek wisata pantai sangat terkenal di Parepare. Pantai tersebut, telah dikelola sedemikian rupa oleh pihak terkait, lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung yang lengkap.

 Ketika masuk kedalam pantai ini, pengunjung akan disuguhi kenyamanan dengan keberadaan tempat makan, tempat bersantai berpa gazebo, mini cafĂ©, dan fasilitas snorkling yang dapat anda nikmati.  Biaya untuk masuk ke pantai ini sangat murah meriah, hanya sebesar Rp 5. 000 saja.

Tidak mahal bukan? Setelah masuk kesana pengunjung dapat langsung berenang ataupun bermain-main pasir terlebih dahulu. Jangan khawatir,  deburan ombak dipantai ini tidak terlalu kencang, maka tak perlu ragu jika ingin berenang atau sekedar bermain air.

3. Kebun Raya Jompie
Kebun Raya Jompie
Kebun Raya Jompie via matakita.co
Jika di pulau Jawa umumnya orang-orang mengenal Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Bogor, kemudian di Bali adalah Kebun Raya Eka Karya Bedugul, maka Parepare pun memiliki Kebu Raya yang menjadi lokasi wisata andalan bagi siapapun yang berkunjung ke kota ini. 

Ya, dengan luas hutan hampir 14 hektar, pengunjung bisa sepuasnya menikmati segala pemandangan yang mempesona. Selain itu, juga  bisa berfoto dan belajar mengenai keindahan flora yang ada.  

Selain itu, disana anda bisa menemui serangga-serangga unik yang tidak dapat temui di kebun binatang lain. 

Bicara mengenai fasilitas wisata, kebun raya ini telah memiliki fasilitas yang tergolong cukup baik. Disana  terdapat kolam renang, tempat istirahat, area khusus perkemahan dan fasilitas umum lain seperti toilet, tempat ibadah, yang dapat digunakan secara baik.  Jadi pengunjung bisa nyaman saat berada disana.

Lokasi kebun raya Jompie ini terletak di Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Soreang.  Karena merupakan kebun raya maka lokasinya tidak benar-benar terletak di pusat kota Parepare, namun untuk menuju ke lokasi, masih perlu menempuh jarak sekitar 3,5 kilometer. 

4. Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun
Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun
Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun via youtube.com
Siapa yang tidak mengenal Pak Habibie. Mantan Presiden ketiga Indonesia yang kisah cintanya dijadikan sebuah film ini memang merupakan tokoh besar yang sangat terkenal. 

Karena hebatnya kisah yang diangkat, maka di Parepare pun terdapat sebuah monument bernama monument cinta sejati Habibie-Ainun. Rupanya monumen ini didedikasikan untuk mengenang cinta Pak Habibie kepada istrinya. 

Dan tidak hanya monumen, dibagian belakang patung tersebut terdapat foto-foto BJ Habibie beserta Ainun yang dipajang dengan desain menarik. Foto-foto tersebut merupakan kumpulan foto semasa hidup dan foto-foto yang menunjukkan kebahagiaan mereka sehingga cinta sejati mereka terasa sangat nyata serta begitu menginspirasi. Tak heran bila setiap harinya, monumen cinta mantan presiden RI ini tidak pernah sepi pengunjung. Terutama saat akhir pekan atau saat hari libur. 

Nah, untuk anda yang tertarik mengunjungi destinasi keren ini, bisa mengarah ke sebelah barat Lapangan Andi Makkasau, Kelurahan Malluse Tasi, kecamatan ujung kota Parepare. 

5. Gunung Nepo
Gunung Nepo
Gunung Nepo via nyero.id
Jika anda menyukai kegiatan mendaki, maka gunung Nepo bisa menjadi salah satu gunung yang sangat rekomended untuk didaki. Terletak di Parepare, Sulawesi Selatan, gunung ini dapat didatangi baik melalui rute Bacukiki ataupun melalui Palandro yang terletak di kabupaten Barru. 

Memang belum terdapat  banyak fasilitas umum yang disediakan untuk pendaki/pengunjung, namun jika anda membutuhkan bantuan akomodasi berupa angkutan ataupun penginapan, umumnya warga disekitar kaki gunung Nepo dengan senang hati menawarkan jasanya. Jadi, untuk memenuhi logistik sebelum mendaki, pengunjung bisa singgah ke toko atau warung milik warga disana.

6. Air Terjun Gua Tompangnge
Air Terjun Gua Tompangnge
Air Terjun Gua Tompangnge via nyero.id
Ditengah penatnya kota, ternyata Parepare menyimpan obyek wisata nan indah berupa gua dan air terjun.  Gua ini disebut gua tumpangnge karena dihuni oleh banyak kelelawar. Dan menariknya disana juga terdapat obyek wisata keren berupa air terjun yang sangat jernih dan menyejukkan mata.  

Gua ini terletak di Kecamatan Bacukiki, kota Parepare, Sulawesi Selatan.  Terdapat 2 jalur/akses yang bisa ditempuh yaitu melalui jalur Bilalangnge yang kemudian harus melewati Lappa Angin, atau jalur melalui pesantren Al Badar. 

Perlu diketahui, gua ini lebih difungsikan untuk konservasi hutan karena memang keberadaannya sangat ideal untuk menunjang flora dan fauna yang ada disekitarnya. Dengan dua obyek dalam satu destinasi, tentu tak heran bila obyek wisata ini banyak difavoritkan.

7. Pasar Senggol
Pasar Senggol
Pasar Senggol via mediawarta.com
Berikutnya adalah pasar senggol. Memang pasar senggol disana tidak berbeda dengan ini pasar-pasar lain umumnya. Disana pengunjung bisa dengan mudah mendapatkan berbagai macam kebutuhan sehari-hari, juga barang dan pakaian bekas yang berkualitas dan masih layak dipakai. 

Untuk anda yang senang berbaur dengan masyarakat setempat, tentunya pergi ke pasar senggol ini menjadi pilihan yang terbaik. 

Pasar ini terletak di jalan Baso Daeng Patompo, Kelurahan Ujung Sabbang, kecamatan Ujung, kota Parepare. 

8. Taman Mattirotasi
Taman Mattirotasi
Taman Mattirotasi via nyero.id
Mattirotasi merupakan suatu kawasan pantai yang terletak disekitar pelabuhan Parepare. Nama ini berasal dari gabungan dua kata yaitu Mattiro yang artinya melihat dan Tasi yang artinya laut, dan jika digabungkan, artinya melihat laut.  

Di kawasan ini terdapat taman, lokasi kuliner dan spot-spot foto yang dapat anda gunakan untuk mengabadikan momen anda.  Tentu saja anda akan merasa keheranan jika baru pertama kali berkunjung kesini.  Beberapa tawaran olahan seafood yang diberikan berbahan baku ikan-ikan yang jarang ditemui di kota besar seperti ikan Cepa. 

Untuk datang ke lokasi ini tidak ada biaya sama sekali alias gratis, hanya cukup membayar parkir dan anda dapat menikmati keindahan lampu taman sepuasnya. 

9. Ladoma
Ladoma
Ladoma via celebesroad.wordpress.com
Jika anda berencana untuk menikmati liburan anda dengan kegiatan yang membangun dan mengedukasi, maka salah satu destinasi wisata yang kami rekomendasikan Ladoma.  Obyek wisata ini terletak didaerah pedalaman kota Parepare.  

Fasilitas wisata yang ada disana, diantaranya wahana outbond, kemudian juga terdapat danau untuk memancing, yang hasil tangkapannya dapat anda bakar. 

Dengan pesona keren yang ditawarkan, nyatanya pengunjung tidak dikenakan biaya masuk atau tiket masuk, seperi obyek wisata lainnya. Dan hanya ditarik tiket masuk saat mengunjungi pada hari minggu atau libur saja.

Meski, tidak dikenakan biaya saat masuk, namun pengunjung harus membayarlah ketika hendak memancing dan membakar ikan. 

Nah itulah diatas list destinasi  wisata terbaik di Parepare Sulawesi Selatan.  Tentunya bukan hanya obyek wisata diatas saja yang bisa anda nikmati di Parepare. Masih banyak lagi destinasi lain yang tidak kalah mempesona.