PLARIUSMODIFIKASI101

Harus Singgah Tempat Wisata Terbaik di Pontianak Kalimantan Barat

Wednesday, September 26, 2018
Pontianak, yang merupakan propinsi Kalimantan barat, memang dikenal memiliki banyak obyek wisata alam menarik. Khususnya obyek wisata yang berhubungan dengan hutan. Namun, nyatanya bukan hanya hutan alam saja yang dimiliki Pontianak, namun ada banyak obyek wisata lain yang juga tak kalah keren. Penasaran ingin tahu apa saja tempat wisata terbaik di Pontianak Kalimantan Barat? Langsung saja simak beberapa rekomendasi berikut ini. Beragam Obyek Wisata Terbaik di Pontianak Kalimantan Barat

1. Pantai Kijing
Pantai Kijing
Pantai Kijing via triptrus.com
Pantai Kijing berada di Desa Sungai Kunyit Kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Pontianak di Propinsi Kalimantan Barat. Pantai ini merupakan objek wisata yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat setempat sehingga untuk menuju kesini pengunjung akan dimudahkan dengan akses jalanya yang bagus dan bisa dilewati oelah kendaraan baik mobil maupun motor.

Tiket masuk objek wisata Pantai Kijing ini di baderol dengan harga IDR 10 ribu per orangnya. Lokasinya berjarak kira-kira 3 jam perjalanan dari pusat Kota Pontianak.

Objek wisata Pantai Kijing ini sudah dilengkapi degan fasilias yang cukup lengkap seperti, kamar mandi, ruag ganti, ada juuga cafe maupun warung-warung makan yang menjajakan makananya untuk prngunjung pantai ini.

Di pantai ini banyak ditemukan hewan laut kecil keperti kepiting dan ikan-ikan kecil, ada pula sebuang batu karang yang harus kecil di sepanjang pantai yang warga setempat menyebutnya dengan sebutan Kijing.

Nah dari situlah kenapa pantai ini diberi nama Kijing. Pantai Kijing ini sebenarnya dulunya adalah area hutan mangrove namun yang di kelilingi oleh perbukitan.

Namun sekarang area hutan mangrove nya semakin menipis dan tidak dilakukan perawatan oleh pemerintah setempat.

2. Taman Alun-alun Kapuas
Taman Alun-alun Kapuas
Taman Alun-alun Kapuas via wisatapontianak.com
Objek wisata Taman alun-alun Kapuas berada di Jalan Rahadi Usman, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak, Propinsi Kalimantan Barat. 

Alun-alun Kapuas ini berada di tengah-tengah kota Pontianak sehingga akses menuju kesini sangat mudah, ada angkot umum yang bisa anda naiki atau anda juga bisa menaiki kendaraan pribadi.

Alun-alun Kapuas ini merupakan salah satu destinasi ikonik Kota Pontianak, dan juga terdapat duplikat Tugu Khatulistiwa yang juga sebagai Ikonik Kota Pontianak.

Selain itu ada alun-alun ini juga dilengkapi dengan area tribun yang biasa digunakan untuk menonton bola bersama warga setempat.

Selain nobar ada beberapa kegiatan yang biasa diselenggarakan disini yaitu festival Mariam karbit, Cap Go Meh, Festival Khatulistiwa dan perasaan Tahun baru.

Disini juga tersedia Cafe apung yang bisa dinikmati oleh pengunjung, cafe ini akan berlayar mengelilingi sungai Kapuas selama pengunjung menikmati makananya. Selain itu aja ada spot sunrise untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan sunrise di tepian sungai Kapuas.

3. Tugu Khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa via backpackerjakarta.com
Objek wisata Tugu Khatulistiwa berada di Jalan Khatulistiwa, Siantan Kota Pontianak Utara, Batu Layang, Propinsi Kalimantan Barat. Aksesnya menuju kesini sangat bagus dan terawat karena objek wisata ini adalah salah satu wisata kebanggan kota Pontianak.

Tugu Khatulisiwa di bangun dengan tujuan sebgaai penanda garis Khatulistiwa atau garis 0 derajat yang melewati Kota Pontianak. Tugu ini di bangun sejak zaman Pemerintahan Belanda.

Ada beberapa kegiatan yang biasa di selenggarakan disini yaitu, festival Kulminasi, festival kebudayaan, festival seni, expo, festival kuliner khas, dan lain sebagainya.

Di sekitar area Tugu Khatulistiwa juga terdapat fasilitas seperti waterpark, waterfont, pusat cinderamata, taman, restoran hotel dan masih banyak lagi yang keseluruhanya masih dalam proses pengembangan sebagai taman rekreasi oleh Pemerintah Daerah setempat.

Beberapa koleksi yang ada didalam Tugu Khatulistiwa yaitu foto-foto lama di era 1930 an, foto-foto kunjungan dari tamu-tamu negara ke sini, pamflet yang bertuliskan tentang ilmu astronomi, dan juga relief lukisan Kota Pontianak dan juga Tugu Khatulistiwa.

4. Museum Kalimantan Barat
Museum Kalimantan Barat
Museum Kalimantan Barat via ericopieter.blogspot.com
Museum Kalimantan Barat terletak di daerah Jalan Jenderal Ahmad Yani, Prit Tokaya, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Propinsi Kalimantan Barat.

Museum ini berada di jantung kota Pontianak sehingga akses menuju kesini sangatlah mudah, banyak angkutan umum yang lalu lalang di jalan depan museum dan juga jalannya bisa dilewati oleh kendaraan bermotor.

Museum Kalimantan Barat ini terasuk museum yang terlengkap di Indonesia, beberapa koleksinya sangat beragam dan masih seputar tentang peninggalan di masa lalu, barang-barang sejarah, informasi mengenai sejarah keberadaan kebudayaan agama Islam, Hindu-Budha, China-Tiinghoa, Eropa dan masih banyak lagi.

Museum ini terbagi kedalam 3 ruang, pertama ruang pengenalan di ruang ini memamerkan koleksi Geologika, Biologika, Arkeologika, Historika, Numismatika dan Heraldika.

Ruangan kedua adalah ruang Budaya Kalimantan Barat dengan 7 Unsur diantaranya, kebudayaan, Religi dan Upacara Keagamaan, Organisasi khas kemasyarakatn setempat, pengetahun, Bhasa, Kesenian, Teknologi dan masih banyak lagi.

Ruang ketiga adala ruangan pameran keramik, keramik yang di pamerkan disini merupakan keramik-keramik lokal yang diambil dari seluruh wilayah Nusantara dan beberapa keramik asing

5. Taman Bukit Bougenvil
Taman Bukit Bougenvil
Taman Bukit Bougenvil via wisatapontianak.com
Taman Bukit Bougenvil berada di daerah Desa Sijangkung tepatnya di kaki Gunung Pasi. Letaknya kurang lebih 6 Km dari kota Singkawang dan dikelilingi oleh hutan dan perkebunan. 

Taman bukit Bougenvil ini adalah obejk wisata Taman Bunga, sesuai dengan namanya Taman ini dipenuhi dengan tanaman bunga bougenvil. Ada sekitar 46 spesies bunga bougenvil yang ditanam disini, dan beberapa diantaranya sengaja didatangkan dari luar negeri. 

Taman rekreasi ini memiliki luas sekitar 1,5 hektar, tanaman yang ditanam didalamnya selain bunga bougenvil juga terdapat pohon blimbing madu, pohon alpukat, pohon rambutan, dan juga ppohon durian. 

Udara disini sangatlah sejuk, anda bisa berkunjung kesini denan keluarga maupun anak-anak karena objek wisata ini selain merupakan gabungan dari taman rekreasi keluarga juga sebagai taman edukasi untuk anak-anak.

6. Aloe Vera Center
Aloe Vera Center
Aloe Vera Center via wisatapontianak.com
Objek wisata Aloe Vera Center berada di Jalan Budi Utomo, Sinatan Hulu Kota Pontianak, Propinsi Kalimantan Barat. Jarak Aloe Vera Center dengan Kota Pontianak kurang lebih sekitar 8 Km dan mudah sekali akses untuk menuju kesini, anda bisa memanfaat angkutan umum, ojek maupun taksi online, atau bisa juga anda membawa kendaraan pribadi. 

Perlu diketahui, lidah buaya pontianak merupakan salah satu tumbuhan yang terkenal di kancah dunia. Selain itu lidah buaya yang ada disni memiliki ukuran berbeda dengan lidah buaya umunya, sehingga tak heran bila disebut sebagai lidah buaya raksasa. Tanaman ini di tanam sangat rapi berjejer satu sama lain dengan jarak yang sama. Adapun kandungan yang terdapat dalam lidah buaya raksasa ini yaitu vitamin B1, B2, B12, C, E segala macam mineral dan juga Asam Amino. 

7. Masjid Jami’ Pontianak
Masjid Jami’ Pontianak
Masjid Jami’ Pontianak via nitizen.media
Masjid jami’ Pontianak berada di Jalan Khatulistiwa, Siantar Hilir, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Propinsi Kalimantan Barat.

Masjid ini berada di tengah-tengah pemukiman padat penduduk, dan dekat juga dengan pasar ikan yang menghadap ke Sungai Kapuas. Untuk menuju kesini anda bisa menggunakan 2 jalur yaitu melalui jalur darat denan menyebrangi jembatan Kapuas, dan melalui jalur air dengan menyebrang sungai Kapuas menggunakan Perahu.

Masjid jami’ Pontianak merupakan salah satu saksi bisu perkembangan Kota Pontianak. Konon katanya masjid ini sudah dibangun sejak pendatang awal yang mulai membuat pemukiman di Pontianak. 

Arsitektur bangunanya sangat unik, masjid ini dibangun seperti rumah panggung dan hampir seluruh bangunanya berbahan dasar dari kayu. Masjid ini memiliki 3 pinru utama dan 20 pintu kecil, yang lebih mirip 3 pintu utama dan 20 jendela. 

Warna bangunan ini didominasi dengan warna kuning keemasan dan ornamen seta ukiran-ukuran indah yang juga berwarna keemasan.

8. Masjid Raya Mujahidin
Masjid Raya Mujahidin
Masjid Raya Mujahidin via andriyani.web.id
Masjid raya Mujahidin berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kelurahan Akcaya, Kecamatan Pontianak Selatan, Propinsi Kalimantan Barat.

Masjid Raya Mujahidin ini merupakan salah satu objek wisata religi di Pontianak, Masjid ini dibangun dengan sangat megah dengan unsur-unsur arsitektur tang beragam terinspirasi dari bangunan masjidil Hrom, Masjid nabawi dan masji-masjid lainya di timur tengah namun tetap terdapat ukira-ukiran khas daerah Kalimantan Barat.

Masjid ini terdiri dari 3 bangunan, bangunan utama yaitu masjid utama, bangunan menara utama, dan area plaza yang berada diantara bangunan masjid utama dan bangunan menara utama.

Itu dia beragam tempat wisata keren yang ada di Pontianak Kalimantan Barat. Nah, selamat berlibur.