PLARIUSMODIFIKASI101

8 Tempat Wisata Terbaik dan Terfavorit di Padangsidempuan

Sunday, September 16, 2018
Padangsidimpuan merupakan kota kecil yang terletak ditengah kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Meskipun kota kecil, tetapi tak ada salahnya jika Anda memilih Padangsidempuan sebagai destinasi liburan Anda. Sebab, disana  terdapat beberapa tempat wisata alam yang indah dan pastinya tidak akan membuat Anda menyesal telah berkunjung ke sana. Nah, mau tau obyek wisata apa saja yang terdapat di Padangsidempuan? Berikut beberapa rekomendasi untuk anda. Deretan Obyek Wisata Terbaik di Padangsidempuan 

1. Perkebunan Buah Naga
Perkebunan Buah Naga
Perkebunan Buah Naga via sipayo.com
Ingin liburan sekaligus merasakan sejuknya hawa perkebunan? Perkebunan Buah Naga Palopat Maria mungkin menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Lokasi kebun buah naga ini terletak di Palopat Maria, Padang Sidempuan, tidak jauh dari pusat kota.

Di perkebunan ini, Anda bisa melihat cantiknya tananam buah naga yang terkenal akan kandungan antioksidannya itu sekaligus mengambil beberapa foto, mengabadikan momen bersama keluarga. Hebatnya lagi, Anda bisa memasuki kawasan perkebunan ini dengan cuma-cuma alias gratis. Tetapi tetap jaga kebersihan dan jangan sampai merusak tanaman, ya!

Hasil dari perkebunan buah naga tersebut dijual dengan harga miring jika dibandingkan dengan harga di pasar yaitu sekitar Rp.30.000 sampai Rp.40.000 per kilogramnya, cukup murah kan?

2. Tor Simarsayang
Tor Simarsayang
Tor Simarsayang via buktipers.com
Obyek wisata alam favorit di Kota Padangsidimpuan ini terletak di Batang Ayumi Julu, Padangsidimpuan Utara, sekitar 20 kilo meter dari pusat kota.Lokasi Tor Simarsayang berada di daerah perbukitan sehingga selama perjalanan Anda akan ditemani oleh pepohonan rindang nan asri.

Untuk mencapai puncak, Anda harus melewati jalanan menanjak sepanjang 4 kilo meter. Nah, di puncak bukit inilah kita bisa melihat pemandangan kota Padangsidempuan dari ketinggian. Selain itu, saat pagi hari Anda bisa berolahraga di kawasan ini, khusunya Minggu pagi. Dan saat malam tiba, kita bisa menikmati indahnya kelap-kelip lampu kota dari puncak bukit.

Banyak pedagang makanan dan minuman yang menjajakan jualannya di area ini, sehingga tidak perlu khawatir jika Anda merasa lapar dan haus. Mulai dari makanan berat seperti nasi goreng sampai makanan ringan seperti gorengan dan mie instan tersedia disini dengan harga terjangkau yang tidak akan menguras dompet.

3. Pemandian Aek Sijorni
Pemandian Aek Sijorni
Pemandian Aek Sijorni via yotube.com
Jika Anda ingin melepas penat dengan bermain air, tidak ada salahnya jika berlibur ke Aek Sijorni ini. Aek Sijorni adalah bahasa daerah yang berarti air yang jernih. Aek Sijorni memang terkenal akan airnya yang jernih bahkan disaat musim kemarau. Aliran air yang ada di Aek Sijorni sendiri terbagi menjadi 2, yang salah satunya dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Tapanuli Selatan.

Tempat wisata ini terletak tidak jauh dari kota Padangsidempuan yaitu sekitar 30 kilo meterdari arah timur pusat kota, tepatnya di Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan. Untuk menuju kawasan ini tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti becak motor atau mini bus. 

Untuk memasuki area Aek Sijorni ini, kita harus melewati jembatan gantung dengan panjang sekitar 25 meter. Tapi jembatan ini khusus untuk pejalan kaki, ya! Bukan untuk kendaraan bermotor. Jadi, jika Anda membawa kendaraan pribadi sebaiknya parkirkan di tempat yang telah disediakan.

4. Alaman Bolak
Alaman Bolak
Alaman Bolak via m.harian88.com
Obyek wisata satu ini berada tepat di jantung kota Padangsidempuan.Alaman Bolak adalah alun-alun kota Padangsidempuan dimana terdapat halaman luas yang biasanya menjadi tempat nongkrong para muda-mudi disana. Seperti alun-alun pada umumnya, Alaman Bolak juga selalu ramai akan pengunjung baik dari warga lokal maupun wisatawan.

Masih di lokasi yang sama, Anda bisa menemukan Plaza Anugrah dan Masjid Raya Padangsidempuan yang letaknya tidak jauh dari Alaman Bolak. Alaman Bolak yang memiliki luas sekitar 1200 meter persegi ini menjadi tempat pilihanbagi warga setempat untuk sekedar bersantai atau berkumpul menikmati senja. 

Untuk biaya masuk, tentu saja gratis dan Alaman Bolak ini terbuka untuk umum. Jika Anda lelah sehabis berbelanja, ada baiknya mampir sebentar di alun-alun kota Padangsidempuan ini dan menikmati suasana kota di sore hari.

5. Pemandian Parsariran
Pemandian Parsariran
Pemandian Parsariran via youtube.com
Pemandian Parsariran mungkin bukanlah tempat wisata asli dari Padangsidempuan, namun obyek wisata ini terletak tidak jauh dari pusat kota Padangsidempuan yaitu sekitar 30 kilo meter atau setengah jam jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan dari kota Padangsidempuan. Tepatnya di Jalan Jendal Sudiman Manna, Hapesong, Batang Toru, Tapanuli Selatan.

Anda bisa merasakan jernihnya air sungai di pemandian Parsariran ini.Ditemani batu khas pemandian dan udara yang sejugk, membuat siapapun betah untuk berlama-lama disana. Aliran airnya mungkin cukup deras, namun tidak berbahaya bagi anak-anak. Tetapi, tetap awasi dan selalu waspada saat anak-anak Anda bermain air di area ini, ya!

Posisinya yang berada tepat di pinggir jalan Padangsidimpuan-Sibolga, menjadikan pemandian Parsariran ini sebagai tempat peristirahatansebagian orang yang lelah di perjalanan. Bahkan, banyak wisatawan yangmengunjungi tempat ini hanya untuk mandi dan berkumpul sejenak dengan keluarga.
Untuk tiket masuknya sangat murah, Anda hanya dikenai biaya sebesar Rp.2.000 saja per orang. 

6. Danau Siais
Danau Siais
Danau Siais via anthonynh.blogspot.com
Sama seperti pemandian Parsariran, Danau Siais juga terletak di daerah Tapanuli Selatan tepatnya di Desa Rianiate, Angkola Barat, Tapanuli Selatan. Lokasi wisata ini berjarak sekitar 40 kilo meter dari Kota Padangsidempuan melewati jalur Batang Toru. Danau ini termasuk danau terbesar urutan ke-2 di Sumatera Utara setelah danau Toba. Keren ya!

Pemandangannya pun tak kalah dengan Danau Toba. Disekeliling danau terdapat perbukitan dan hutan luas yang biasa dijadikan tempat perkemahan pramuka. Di sekitar Danau Siais, Anda juga akan mendapati warga yang memancing ikan dan anak-anak kecil berenang di danaunya. Sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan dengan buah hati Anda.

Untuk tiket masuknya, Anda tidak perlu cemas karena dengan berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan disana, cukup membayar Rp.5.000saja untuk memasuki kawasan Danau Siais ini. 

7. Air Terjun Silima-Lima
Air Terjun Silima-Lima
Air Terjun Silima-Lima via pariwisatasumut.net
Air Terjun yang menjadi potensi wisata ini berlokasi di Marancar, Tapanuli Selatan. Untuk tiba di lokasi, Anda harus berjalan kaki dengan ditemani hijaunya lahan persawahan, perkebunan salak dan perkebunan karet. 

Medan yang harus Anda lalui untuk mencapai air terjun ini cukup sulit karena terdapat jurang yang cukup dalam di kanan dan kiri jalan. Semakin dekat dengan air terjun, jalur yang harus dilalui pun semakin sulit karena banyak semak belukar yang bisa membahayakan jika Anda tidak berhati-hati.

Namun, setibanya di air terjun, rasa lelah Anda selama melalui medan yang cukup berat tadi akan tergantikan oleh pesona air terjun Silima-lima yang eksotis. Anda bisa melepas lelah sejenak dengan bermain air dan menikmati sejuknya udara di sekitar air terjun yang memiliki ketinggian 80 meter ini. Jangan lupa untuk membawa baju ganti, ya!

8. Puncak JB Padangsidempuan
Puncak JB Padangsidempuan
Puncak JB Padangsidempuan via someture.net
Obyek wisata selanjutnya adalah Puncak JB Padangsidempuan. Puncak JB yang merupakan kepanjangan dari Puncak Jalan Baru ini berada di kawasan by pass Batunadua-Padangsidempuan Tenggara. Jalanan yang memiliki panjang sekitar 10 kilo meter ini, sepanjang jalannya diisi dengan cafe-cafe yang menjual beragam makanan dan minuman ringan. Bisa dibilang, tempat ini menjadi destinasi utama dan sangat hits di kalangan muda-mudi.

Lokasi Puncak JB juga sangat strategis sebagai tempat peristirahatan keluarga yang sedang berlibur ke daerah Padangsidempuan. Bersantai di tempat ini bersama keluarga, duduk manis sambil menyantap kuliner yang ada, bisa membuat  siapapun betah dan enggan untuk pulang.

Berbagai kuliner yang ditawarkan di kawasan ini tidak kalah dengan kuliner yang dijajakan di Tor Simarsayang. Di tempat ini Anda bisa memesan makanan khas puncak seperti jagung bakar, gorengan, nasi goreng, dan mie goreng dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk minumannya, Anda bisa memesan es kelapa muda dengan harga yang cukup terjangkau. Pastinya, dijamin liburan di puncak JB ala muda-mudi tidak akan menguras dompet.

Nah, itulah beberapa tempat wisata terbaik yang bisa Anda kunjungi di Padangsidempuan. Semoga bisa menjadi daftar referensi liburan Anda. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan, agar liburan Anda terasa lebih menyenangkan. Dan jangan sampai meninggalkan jejak sampah di setiap tempat wisata yang Anda kunjungi, ya!