PLARIUSMODIFIKASI101

10 Tempat Wisata Kuliner di Palembang Menyajikan Makanan Khas Nan Lezat

Friday, October 12, 2018
Jika membicarakan kota Palembang, pasti Anda akan terpikir tentang kuliner Pempek yang sudah merajalela. Padahal, selain jenis kuliner itu, masih banyak kekayaan kuliner lain yang juga pantas untuk dicicipi.

Memang secara  umum, Palembang paling banyak menghasilkan makanan dengan bahan dasar ikan dan udang. Namun pengolahannya sangatlah beragam.

Nah, berikut adalah 10 referensi tempat wisata kuliner yang menyediakan berbagai menu khas Palembang yang bisa Anda cicipi. 

1. Pempek Candy
Pempek Candy
Pempek Candy via bukalapak.com
Jika kita berbicara tentang wisata kuliner di kota Palembang, pasti yang akan pertama terlintas di benak adalah Pempek, sebab, memang itulah yang menjadi ciri khas kuliner kota Palembang. 

Pempek sendiri merupakan olahan ikan dan tepung kanji yang diolah dengan cara digoreng, kemudian dihidangkan bersama kuah cuka berwarna gelap yang menghadirkan rasa asam, manis, pedas secara bersamaan. 

Nah, jika sudah berbicara perihal Pempek, maka Anda perlu mencari tempat yang cocok untuk menyantap hidangan ini. Salah satu tempat kuliner yang menyediakan pempek paling terkenal di Palembang adalah Pempek Candy, tekstur Pempek-nya sangat garing namun tetap lembut di dalamnya, sangat renyah sekali. Bahkan, outletnya telah tersebar di penjuru kota Palembang sampai luar kota. 

Selain pempek, Pempek Candy juga merupakan sediakan lenggang yang merupakan Pempek lenjer yang telah digoreng bersama telur bebek, kemudian dibakar. Lokasinya berada di Jl. Letjen Harun Sohar, No. 99, Kebun Bunga, Sukarami, Kota Palembang. Jam buka tempat wisata kuliner ini mulai pukul 06.00 sampai 21.00. 

2. RM. Tekwan Lince
RM. Tekwan Lince
RM. Tekwan Lince via etoko.pempeklince.com
Mungkin bagi Anda yang belum terlalu paham dengan kekayaan cita-rasa Palembang, pasti masih sangat asing dengan olahan kuliner bernama Tekwan. Nah, bagi Anda yang kemasan, Tekwan merupakan bakso khas Palembang.

Tekwan ini merupakan bakso ikan yang disajikan bersama kuah bening, Mie putih dan daun bawang. Umumnya, Tekwan ini biasa dihidangkan di resto-resto yang juga merupakan sediakan Pempek sebagai salah satu pilihan menu. Dan RM Tekwan Lince merupakan yang terfavorit di kota perlambang, sebab, menyediakan tekwan dengan kuah khas dari kepala udang, bahkan bakso ikannya seperti agar kenyal dan empuk. 

Lokasi RM Tekwan Lince ini. Erada di Jl. Tugu Mulyo, No. 2398, 20 Ilir D. I, Ilir Timur I, Palembang.  Jam buka tempat wisata kuliner inj mulai pukul 08.00 sampai 18.00. 

3. Warung Aba
Warung Aba
Warung Aba via travel.dream.co.id
Di Palembang memang sangat banyak sekali tempat wisata kuliner yang telah menjadi primadona bagi para pencinta kuliner. Salah satunya adalah Warung Aba. Menu yang paling diburu oleh warga sekitar adalah Laksan dan Calimpungan. Keduanya tetap terbuat dari ikan, adonannya hampir mirip Pempek, namun kuah yang disajikan lebih kental dan menggugah selera.

Warung Aba ini telah beroperasi sejak tahun 1981, pelayanan yang diberikan juga sangat memuaskan, bahkan harganya pun terbilang murah. Selain kedua menu utama, ada juga menu lain seperti Lakso dan Burgo yang berbahan dasar tepung beras, biasanya disantap bersama kuah kari dan taburan bawang goreng. 

Lokasinya berada di Jl. Dr. M Isa, No. 26/15, Kuto Batu, Ilir T im. II, Palembang. Jam buka tempat wisata kuliner Warung Aba ini buka pukul 06.00 sampai 13.00.

4. Martabak Har
Martabak Har
Martabak Har via travelingyuk.com
Selain terkenal dengan pempek yang khas, Palembang juga mempunyai menu martabak yang penyajiannya berbeda dengan di kota-kota lainnya. 

Meski bentuknya tidak jauh berbeda dengan martabak-martabak lainnya, namun kulit dari martabak khas Palembang lebih tipis dan renyah karena dibuat dengan campuran telur dan daging. Poin lebih lainnya adalah, martabak Palembang ini disantap dengan kuah kental. 

Martabak Har ini merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang sudah terkenal di Palembang. Kelengkapan rasanya didapat pula dari beberapa potongan kentang dan rempah-rempah gurih di dalamnya. Lokasinya berada di Jl. Jens. Sudirman, No. 537, 18 Ilir, Ilir Timur m. I, Kota Palembang. Jam buka tempat ini mulai pukul 10.00 sampai 21.00. 

5. Mie Celor 26
Mie Celor 26
Mie Celor 26 via m.tribunnews.com
Selanjutnya juga merupakan tempat wisata kuliner di kota Palembang yang sudah  terkenal. Namun beberapa di antara Anda tentu ada yang masih bingung apa itu Mie Celor, kan?

Mie Celor sendiri berarti Mie celup, dalam pembuatannya Mie ini memang tidak direbus, melainkan hanya dicelupkan ke dalam kuali berisi air panas. Salah satu tempat wisata kuliner yang menyediakan Mie Celor adalah Mie Celor 25 yang sudah sangat fenomenal sekali. 

Kuah yang dihasilkan memiliki aroma khas dan rasanya sangat gurih karena kuahnya terbuat dari rebusan udang besar. Bahkan, mienya pun sangat kenyal karena dibuat langsung oleh pemiliknya. 

Lokasinya berada di Jl. KHA Dahlan, No. 2, Pasar Ilir, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang. Jam buka tempat ini mulai pukul 07.00 sampai 20.00. 

6. RM Pindang Meranjat Ibu Ucha
RM Pindang Meranjat Ibu Ucha
RM Pindang Meranjat Ibu Ucha via 2pos.asia
Palembang memang jagonya dalam mengolah masakan berbahan dasar udang dan ikan. Di Pindang Ikan Ibu Ucha Anda bisa menemukan menu yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Sop Pindang Ikan Patin. Sop Pindang Ikan Patin ini  merupakan masakan ikan patin kuah santan yang terasa manis, asam, pedas dan gurih yang mampu menggoyang lidah. 

Di RM Pindang Meranjat Ibu Ucha inj juga tersedia olahan ikan dan udang lainnya yang tidak kalah mantap. Yang menjadikan Sop pindang ikan di sini sangat digemari karena daging ikan latinnya yang sangat lembut dan segar. Dan tentunya bebas dari bau amis. 

Lokasi RM. Pindang Meranjat Ibu Ucha ini di Jl. Demang Lebar Daun, No. 14, Lorok Pakjo, Ilir Bar. I, Kota Palembang. Jam buka tempat wisata kuliner inj mulai pukul 09.30 sampai 16.30.

7. Tempoyak Musi Rawa
Tempoyak Musi Rawa
Tempoyak Musi Rawa via tripadvisor.co.id
Tempoyak Musi Rawa merupakan salah satu wisata kuliner di kota Palembang yang juga cukup terkenal. Beberapa menu yang disediakan di sini memang kebanyakan makanan khas Palembang. Tempat wisata kuliner ini memang mampu merebut perhatian banyak  pelanggan, sebab berhasil memberikan sajian kuliner dengan cita rasa khas Palembang yang sesungguhnya. 

Menu yang sudah menjadi andalan adalah Pepes Patin Tempoyak, Sambal Tempoyak ini tetbuat dari durian yang sudah difermentasikan, dan setelah matang akan menghasilkan rasa dengan dominan asam dan aromanya tetap khas durian, meski samar-samar. Rasanya bisa dibilang unik karena bercampur antara pedas dan asam. Banyak pengunjung yang mengungkap bahwa sambal ini mampu membuat siapa saja ketagihan. 

Tersedia juga menu sup Pindang, udang besar dan ikan air tawar khas Palembang. Lokasi tempat wisata kuliner ini di Jl. Angkatan 45, No. 18, 12, Lorok Pakjo, Ilir Bar. I, kota Palembang. Anda bisa mengunjungi tempat ini mulai pukul 09.00 sampai 21.00. 

8. R.M Sri Melayu
R.M Sri Melayu
R.M Sri Melayu via cumilebay.com
Selanjutnya adalah R.M Sri Melayu yang memberikan suasana nyaman kepada para pengunjungnya. Restoran ini cukup luas dan interiornya didominasi oleh sentuhan khas Sumatera Selatan. Bahkan, selain memiliki pendopo utama, tempat wisata kuliner ini juga dilengkapi dengan gazebo lesehan di tepi kolam yang memberikan kesan asri ketika Anda menyantap hidangan di sana. 

Banyak menu yang bisa Anda cicipi di sini, salah satunya adalah Sop pindang khas Makassar yang menjadi menu utamanya, bahkan ada juga Sop Pindang udang sungai yang telah menjadi favorit banyak pelanggan. Tampilannya memang sangat menggoda,  yaitu udang besar yang dikelilingi oleh kuah santan yang kaya akan rempah. Anda juga perlu mencicipi aneka sambal di RM Sri Melayu yang sangat gurih.

Lokasinya berada di Jl. Demang Lebar Daun, No. 1, Demang Lebar Daun, Ilir Bar. I, kota Palembang. Jam buka tempat ini mulai pukul 08.00 sampai 22.00.

9. Pondok Kelapo
Pondok Kelapo
Pondok Kelapo via iis-pinkijo.blogspot.com
Resto Pondok Kelapo ini cukup luas dan mengusung konsep terbuka dengan nuansa makan lesehan, nyaman dan santai. Untuk menu yang disediakan, masih sama seperti di tempat wisata kuliner lainnya di atas, yaitu pilihan khas Palembang seperti Sop Pindang dan olahan ikan lainnya. Bedanya, di sini tersedia olahan ikan modern seperti asam manis, lada hitam dan acar. 

Lokasinya berada di Jl. Demang Lebar Daun, No. 184, Demang Lebar Daun, Ilir Bar. I, Kota Palembang. Jam buka tempat wisata kuliner ini mulai pukul 10.00 sampai 22.00. 

10. Sate Sapi Wak Din
Sate Sapi Wak Din
Sate Sapi Wak Din via dentistvschef.wordpress.com
Yang terakhir ini, adalah tempat kuliner di Palembang yang menyajikan sate sebagai menu utamanya. Aromanya Sanga lezat dan Potongan dagingnya begitu besar dan kenyal.

Sangat direkomendasikan bagi Anda yang bosan dengan olahan ikan atau udang. Lokasinya berada di Jl. Mayjen HM Ryacudu, 7 Ulu, Seberang Ulu I, Palembang.