PLARIUSMODIFIKASI101

Daftar Tempat Wisata Terbaik di Sorong, Papua Barat

Saturday, October 27, 2018
Tak hanya terkenal dengan julukan sebagai penghasil minyak terbesar sejak zaman penjajahan Belanda, nyatanya kota Sorong Papua Barat juga kaya akan potensi wisata alam, yang bisa menghipnotis setiap pengunjung yang datang.

Oleh karenanya, tak heran jika setiap harinya banyak turis yang rela jauh-jauh kesana. Mulai dari turis domestik hingga turis mancanegara. Nah, untuk anda yang berencana liburan kesana, berikut kami bagikan beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik di Sorong Papua barat. Yuk disimak.

Rekomendasi Obyek Wisata Pilihan di Sorong, Papua Barat

1. Pulau Um
Pulau Um
Pulau Um via miignom.com
Obyek wisata terbaik di Sorong yang pertama adalah Pulau Um. Pualu ini terletak di desa Malaumkarta Makbon. Uniknya, di pulau ini terdapat kelelawar dan burung camar yang memiliki jadwal mencari makan menyalahi aturan dari yang sudah kita kenal selama ini. Kelelawar di pulau ini mencari makanan di siang hari, sementara burung camar akan terbang keluar pada hari menjelang malam. 

Bagi Anda yang suka menyelam, maka pulau Um akan memanjakan Anda dengan berbagai panorama indah, seperti beragam ikan karag, lola, teripang, penyu, lobster, serta indahnya karang yang terpahat alami di bawah laut. Masyarakat di sekitar pulau Um memberlakukan sistem sasi laut. Sistem sasi laut sendiri adalah sebuah aturan yang telah disepakati bersama untuk melarang orang-orang menangkap jenis fauna laut tertentu dengan jangka waktu tertentu. 

Kampung Malaumkarta yang terletak dekat dengan Pulau Um ini pun juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Masyarakat di kampung tersebut bekerja sebagai nelayan dan memiliki kesadaran untuk menjaga keindahan laut  tempat mereka mencari nafkah. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya larangan menangkap ikan dengan jala dan bom. 

2. Pulau Matan
Pulau Matan
Pulau Matan via flickr.com
Pulau selanjutnya yang berada di Sorong adalah pulau Matan. Pulau kecil yang memiliki luas kurang lebih 4000 meter persegi ini terletak di kepulauan Sembilan, kabupaten Raja Ampat. Pulau Matan merupakan satu dari ratusan gugusan kepulaun yang berada di Sorong dan Raja Ampat. Untuk menuju ke pulau ini bisa dijangkau menggunakan transportasi laut dengan waktu 58 menit - 2 jam.

Pulau yang memiliki hamparan pasir putih nan halus ini merupakan pulau pribadi yang dihuni oleh satu keluarga saja, jadi pulau ini sangat terjaga dan terawat keasriannya. Tak hanya itu, laut di pulau ini berwarna biru dan kehijauan. Hal tersebut akan membuat pengunjung nyaman berjemur di bibir pantai ini sambil menikmati keindahan alamnya. Selain kegiatan berjemur, pengunjung juga bisa berenang, mengitari pulau dengan perahu nelayan, melihat masyarakat memancing ikan kerapu dan kakap merah yang menjadi kesukaan masyarakat Sorong, serta keindahan alam di pulau Matan bisa menjadi objek foto yang cantik untuk Anda yang hobi fotografer. 

3. Pulau Buaya
Pulau Buaya
Pulau Buaya via pesonawisataindonesia.com
Destinasi pulau selanjutnya yang berada di kota Sorong adalah Pulau Buaya. Pulau ini terletak tidak jauh dari kota Sorong atau sekitar 45 menit dari pelabuhan Sorong. Untuk menuju ke pulau Buaya, pengunjung harus menyewa kapal dengan harga sekitar Rp 200.000,- sampai Rp 250.000,- karena belum tersedia angkutan umum yang bisa membawa pengunjung untuk berkunjung ke pulau ini. 

Pulau Buaya sendiri masih masuk dalam wilayah Sorong, tetapi terpisah dari kota Sorong karena pulau ini berdiri di atas pulau sendiri seperti Raja Ampat. Sesuai dengan namanya, pulau ini diberi nama pulau buaya karena memiliki bentuk seperti buaya jika dilihat dari atas. Pulau ini sangat mempesona. Pasalnya, air lautnya masih berwarna jernih dan sangat bersih. 

Tak hanya airnya yang jernih, pulau ini memiliki pasir putih dengan dikelilingin pohon-pohon kelapa. Fasilitas yang telah tersedia di pulau ini pun cukup memadai. Di antaranya yaitu banana boat, donut boat, parasailing, paintball, perahu untuk pulang pergi dari pelabuhan ke pulau Buaya, cottage, dan lain-lain. 

4. Pulau Doom
Pulau Doom
Pulau Doom via bisniswisata.co.id
Wisata selanjutnya adalah sebuah pulau bersejarah, yaitu pulau Doom. Pulau Dum berarti pulau penuh buah. Pasalnya, pulau yang mempunyai luas sekitar 5 kilometer ini banyak ditemui buah sukun pada tiap-tiap rumah warga setempat.

Pulau Doom dikenal sebagai pulau bersejarah karena pulau ini dulunya merupakan pusat pemerintahan Negara Belanda di wilayah Timur Indonesia pada masa perang dunia ke 2. Hal tersebut bisa terlihat dari bangunan-bangunan bekas penjajahan Belanda seperti penjara Doom, Kantor Hoofd van Plaatselijk Bestuur, Gereja Kristen Orange, lapangan sepak bola, serta sebuah tempat berpesta untuk para penjajah Belanda.

Selain nilai sejarah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan, keindahan pasir putihnya dan batu karangnya juga tak kalah mempesona. Pemandangan paling indah di pulau ini bisa dilihat dari puncak bukit di Gereja Jemaat Bethel Doom. Background laut lepas dengan beberapa pulau seperti Dofior, Raam dan Soop menjadikan sisi tebing pulau ini sebagai lokasi favorit para wisatawan untuk berfoto. 

Pulau ini berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik. Untuk menuju ke pulau ini, para wisatawan bisa menempuh waktu kurang dari 10 menit dengan menumpang perahu mesin dari dermaga kecil di kota Sorong. Pulau Doom juga bisa dikatakan pulau bebas polusi karena tidak banyak kendaraan bermotor. Pasalnya, kendaraan utama di area pulau ini adalah becak. Jika Anda ingin mengelilingi pulau Doom, maka Anda bisa berkeliling dengan membayar Rp 30.000,- hingga Rp 50.000 ,- dengan menggunakan becak. 

5. Pantai Tanjung Kasuari
Pantai Tanjung Kasuari
Pantai Tanjung Kasuari via lifestyle.okezone.com
Tempat wisata selanjutnya adalah pantai Tanjung Kasuari. Letaknya berada di kelurahan Tanjung Sari, Kabupaten Sorong Barat. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata paling terkenal di kota Sorong dan menjadi tujuan utama bagi para wisatawan. Keindahan alam yang ditawarkan pantai Kasuari ini berbeda dengan pantai-pantai yang ada di Raja Ampat. 

Di pantai ini terdapat hamparan pasir putih yang berkilau dan masih sangat bersih. Disepanjang pantai ini juga terdapat pepohonan rindang yang tumbuh membujur, sehingga bisa dijadikan tempat berteduh untuk para pengunjung jika terkena panas di siang hari. Selain itu, pengunjung bisa juga berenang dan melakukan snorkeling sepuasnya di pantai ini.

6. Pantai Mailan Makbon
Pantai Mailan Makbon
Pantai Mailan Makbon via pesonawisataindonesia.com
Selain pulau, wisata lainnya yang berada di kota Sorong adalah pantai Mailan Makbon. Lokasi pulau ini berada di desa Makbon, kabupatan Sorong Utara. Mailan Makbon merupakan salah satu distrik yang terletak jauh dari pusat kota Sorong dengan jarak sekitar 51 kilometer. 

Pantai yang menawarkan panorama indah ini memiliki hamparan pasir putih dengan pemandangan hingga ke Samudera Pasifik. Pantai Mailan Makbon memiliki laut biru yang jernih. Para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti diving, memancing, dan berfoto dihadapan laut yang membentang langsung ke Samudera Pasifik atau berfoto di Tugu Injil yang menjadi ikon di pantai ini. 
Tak hanya itu, di pantai ini disediakan beberapa gazebo yang dapat disewa dengan harga Rp 75.000,- untuk satu hari sembari bersantai untuk makan siang. Para pengunjung juga bisa menyewa boat untuk berkeliling pantai, atau menyeberang ke pulau Um dengan biaya Rp 100.000/boat. 

7. Danau Ayamaru
Danau Ayamaru
Danau Ayamaru via travelingyuk.com
Destinasi wisata yang belakangan ini menarik perhatian para wisatawan di Sorong adalah Danau Ayamaru. Danau Ayamaru terletak di Distrik Ayamaru, kabupaten Sorong Selatan dengan jarak tempuh kurang lebih 2160 kilometer dari kota Sorong atau dengan waktu lebih dari 6 jam perjalanan.

Danau yang luasnya mencapai 980 hektar ini terbentang membelah 8 kampung. Kampung tersebut adalah kampung Segior, Woman, Mefkajem, Kartapura, Mapura, Yukase, Karetubun dan Jitmau. Uniknya, danau ini terbagi lagi atas tiga bagian, yaitu Yahu (bagian atas), Yate (bagian bawah), dan Ikri (penampung air dari sungai). Namun ketiga bagian itu merupakan satu kesatuan yang memiliki kedalaman 30 meter.

Debit air di danau Ayamaru juga tergantung pada musim. Jika sedang musim kemarau debit air akan berkurang, sementara jika musim hujan akan bertambah. Selain itu, danau ini pernah tercatat sebagai danau pengekspor terbesar udang dan ikan dengan jumlah 150 ton pada tahun 1996. Selain akan dimanjakan oleh pemandangan alam dan beningnya air danau, wisatawan juga akan menyaksikan berbagai macam jenis ikan langkah seperti rainbow fish. Jika Anda berkunjung di danau ini pada saat musim kemarau, Anda bisa melihat burung Bungan yang bermigrasi dari Australia.

8. Taman Wisata Alam Sorong
Taman Wisata Alam Sorong
Taman Wisata Alam Sorong via pesonawisataindonesia.com
Destinasi wisata selanjutnya yang harus dikunjungi saat berada di Sorong adalah Taman Wisata Alam Sorong. Taman ini terletak di Jalan Sorong Klamono atau sekitar 14 kilometer dari pusat kota Sorong. Taman Wisata Alam Sorong adalah hutan lindung yang terdapat banyak jenis tumbuhan dan hewan. Taman wisata alam ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan cuaca sejuk dilengkapi dengan suasana yang tenang dan nyaman. Tak hanya itu, di sekitar taman wisata alam Sorong terdapat pula air terjun dengan debit air yang cukup deras dan air yang sangat jernih.

Tempat ini masih sangat asri karena belum tercemari limbah serta polusi perkotaan. Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas di taman wisata alam mulai dari berkemah serta kegiatan outbound. Tetapi Anda harus membawa perlengkapannya sendiri jika ingin berkemah atau outbound karena di sini belum tersedia. Taman wisata alam ini juga memiliki pos penjagaan polisi hutan, sehingga jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan Anda bisa segera melapor ke pos polisi tersebut. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan makanan yang cukup karena di tempat ini belum tersedia penjual makanan ataupun minuman.

9. Tembok Berlin
Tembok Berlin
Tembok Berlin via backpackerjakarta.com
Tak lengkap rasanya jika mengunjungi satu kota tanpa mencicipi kuliner asli kota yang dikunjungi. Tempat wisata terakhir yang wajib Anda kunjungi adalah Tembok Berlin. Tembok ini merupakan tembok pembatas antara pantai dan jalan raya. Sepanjang tembok berlin sering dijadikan tempat para wisatawan dan warga setempat melihat sunset pada sore hari. Sementara pada malam hari terdapat penjual makanan seafood. Kuliner di tempat ini buka setelah maghrib dan tutup pada tengah malam.

Tempat ini selalu dipenuhi banyak orang bahkan terkadang sulit untuk menemukan parkiran. Harga kuliner di sini relatif murah, biasanya harga seporsi kepiting dengan nasi dijual sekitar Rp 60.000,- hingga Rp120.000,- bergantung jenis dan ukuran. Selain berwisata kuliner, Anda bisa juga berlibur ke tempat wisata di Nabire Papua yang tak jauh dari Tembok Berlin.

Nah itu dia rekomendasi wisata pilihan di Sorong, Papua Barat. Semuanya, keren-keren bukan?