PLARIUSMODIFIKASI101

Oleh-Oleh Khas Bengkulu Paling Unik, Menarik Dibawa Pulang!

Monday, October 15, 2018
Bengkulu, salah satu tempat di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi. Disana menyimpan banyak keanekaragaman baik tumbuhan, hewan dan budaya yang begitu menarik. Seperti bunga Raflesia, ya salah satu jenis bunga yang mendunia dikarenakan ukurannya yang jumbo bin raksasa. Bukan hanya Raflesia yang menarik, tapi dari segi oleh-olehnya pun menarik dan unik. Baik oleh-oleh berjenis souvenir maupun jajanan. Sayang sekali jika kesana tidak mencoba membeli nikmatnya jajanan khas Bengkulu yang dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Jalan-jalan bareng sambil menikmati camilan dan juga makanan kecil khas suatu kota adalah hal yang wajar. Sangat rugi jika berkunjung ke suatu tempat wisata khususnya Bengkulu, tidak mencicipi dan membawa pulang sesuatu yang khas dari sana. Hmmm, membeli sesuatu yang khas bukanlah hal pokok akan tetapi sebagai pelengkap sekaligus pengalaman bahwa kamu pernah berada dan menikmati khasnya kota tersebut. Terlebih, dapat menyenangkan orang yang kamu sayangi di kota asalmu dengan membelikan oleh-oleh khas Bengkulu.

Rujukan Tempat Penjualan Oleh-Oleh Khas Bengkulu
Dimana kita bisa membeli berbagai oleh-oleh khas Bengkulu yang unik dan menarik? Pastinya bingung ya, apalagi yang belum pernah kesan. Harus tau tempatnya. Bisa bertanya dengan orang yang disana, tapi ada baiknya kamu cari referensi dulu deh. Ngomong-ngomong soal referensi, ini kawan rujukan tempat penjualan oleh-oleh khas Bengkulu yang dapat kamu coba.

1. Daerah Anggut
Daerah Anggut
Daerah Anggut via travel.detik.com
Lokasinya yang cukup strategis memudahkan wisatawan untuk bisa menemukan lokasi ini. Tepatnya ada di jalan Soekarno Hatta, Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban, Bengkulu. Disekitar sini ada banyak sekali toko-toko berderet yang menjual berbagai macam oleh-oleh khas kota  Bengkulu, baik berjenis jajanan mapun souvenir. 

Aneka pernak-pernik dan juga makanan camilan yang bisa dibeli dengan harga murah. Tapi pastikan saat membeli sesuatu kamu cek barangnya, ada banyak barang berkwalitas yang menggiurkan pandangan mata. Nggak ada salahnya pengecekan dilakukan untuk menghindari kekecewaan saat sampai di rumah. Misalnya kamu beli baju yang berbahan batik besurek, nah saking cantiknya kamu nggak lihat itu muat atau tidak di badan kamu, bisa jadi kekecilan. Ini pun juga berlaku untuk barang-barang lainnya yang memiliki size tertentu.

Oleh-Oleh Khas Bengkulu Berjenis Jajanan
Nah, bagi kamu yang mau bepergian ke Bengkulu harus tahu oleh-oleh khas-nya kawan. Agar dapat membelinya dan bisa dibawa pulang untuk keluarga di rumah. Terutama, membelikan oleh-oleh berupa jajanan sangatlah menyenangkan. Apalagi, hampir semua orang Indonesia suka makan alias ngemil. So, coba tengok apa saja khas-nya disana.

1. Kue Perut Punai
Kue Perut Punai
Kue Perut Punai via ngulikkuliner.wordpress.com
Ya diposisi pertama ada si perut punai, dari penamaanya saja sudah unik. Bentuknya yang menyerupai isi perut burung punai yaitu berbentuk lilitan dan juga melingkar. Tentang rasa kamu jangan ragu, tinggal pilih rasa gurih atau manis. Harganya pun sangat murah. Hanya 10.000 rupiah saja sudah bisa membawakan enaknya perut punai untuk keluarga di rumah.

2. Kue Tart
Kue Tart
Kue Tart via baytat.blogspot.com
Lah, kok bisa kue tart jadi kue khas kota Bengkulu ya? Jadi, kue ini pada zaman dahulu dijadikan suguhan istimewa untuk para Raja Bengkulu. Mirip seperti pie, rasanya yang manis, lembut dan sedikit renyah menjadikan kue tart ini sering dicari oleh para wisatawan. Di tiap wilayah Bengkulu, kue tersebut memiliki nama yang berbeda-beda seperti Juada Tat di Bengkulu Selatan dan Joda Tat di Suku Lembak.

Mungkin banyak yang mengira kue ini adalah kue dari daerah barat, namun di Bengkulu sendiri ini merupakan kue asli khas daerah sana. Nah, kamu yang belum pernah nyoba pasti penasaran bukan? Silahkan datang dan coba sendiri rasanya, apakah sama dengan kue pie daerah barat? Yang pasti memiliki perbedaan tentunya. 

3. Manisan Terong
Manisan Terong
Manisan Terong via chirpstory.com
Wah terong dijadikan manisan, gimana rasanya coba? Aneh nggak sih? Tuh penasaran lagi kan! Terong yang biasanya dijadikan sayur saat memasak, tentu akan beda ceritanya jika kamu datang ke Bengkulu. Disana terong diolah menjadi bahan utama untuk membuat manisan. Terong yang dipilih pun bukan semua jenis terong. Hanya yang berwarna ungu, dapat dijadikan sebagai manisan.

Seperti manisan pada umumnya, untuk menciptakan rasa manis tentu harus ditambahkan gula. Rasa dari manisan terong mirip seperti kurma, yaitu kenyal dan legit. Manisan terong memiliki daya tahan yang lama, sehingga kamu bisa menyimpannya dalam jangka beberapa waktu tertentu. Ini merupakan oleh-oleh yang pas dibawa pulang.

4. Lempuk Durian
Lempuk Durian
Lempuk Durian via lempuk.blogspot.com
Lempuk Durian, makanan unik yang terbuat dari bahan dasar durian dan tepung gandum. Memiliki citarasa dan aroma yang sangat menggoda. Bentuknya seperti dodol, yang membedakan adalah bahan pembuatan. Di Bengkulu durian tumbuh subur, sehingga sangat berpotensi panen banyak di setiap musimnya. Karena begitu banyak jumlah durian, masyarakat sekitar mengolahnya menjadi lempuk durian. Harganya juga tidak mahal, cukup 25.000 ribu rupiah sudah bisa menikmati.

5. Emping Bengkulu
Emping Bengkulu
Emping Bengkulu via lempoek.blogspot.com
Emping yang berbahan dasar buah melinjo. Direbus lalu ditumbuk dan dimemarkan agar bisa disatukan sehingga membentuk emping yang lebar. Biasanya emping dijadikan bahan camilan saat bersantai bareng keluarga, teman dan orang-orang tersayang. Bisa juga dijadikan untuk suguhan tamu. Emping dijual dalam bentuk matang ataupun mentah. Harga untuk tiap satu kilogramnnya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Hal ini dikarenakan proses pembuatan emping yang memakan waktu, juga melewati banyak proses. Mulai dari perebusan, mengelupasan kulit ari, lalu dimemarkan satu dengan lainnya.  Jadi wajar saja jika harganya tinggi. Eitss, harga tinggi tapi rasanya begitu enak, nyesel kalo nggak beli. Satu pack emping matang biasanya dibandrol dengan harga 10.000 sampai 15.000 ribu rupiah.

6. Kopi Bengkulu
Kopi Bengkulu
Kopi Bengkulu via tokopedia.com
Pulau Sumatra merupakan penghasil kopi yang terkenal, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Khususnya di daerah Aceh dan Bengkulu. Para wisatawan pun banyak yang membeli kopi Bengkulu untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk mendapatkan Kopi Bengkulu kamu tinggal datang langsung ke pusat penjualan kopi sekitar kota. Disana tersedia berbagai kemasan. Baik kecil maupun kiloan.

7. Sirup Kalamansi
Sirup Kalamansi
Sirup Kalamansi via chirpstory.com
Ternyata bukan hanya makanan saja yang jadi ikon khas kota Bengkulu. Disana pun ada minuman khas spesial yang tidak ada ditempat lain yaitu sirup Kalamansi. Sirup yang terbuat dari buah kalamansi dicampur gula, dapat diminum dalam kondisi hangat maupun dingin tergantung selera kamu.

Kandungan vitamin C yang tinggi bisa membantu menjaga daya tahan tubuh kamu, melancarkan peredaran darah dan segudang manfaat lainnya. Nah menyehatkan bukan, selain itu rasanya pun segar. Sayang banget kalau kesana tidak membawa pulang sirup Kalamansi.

Oleh-Oleh Khas Bengkulu Berjenis Souvenir
Nah setelah melihat daftar makanan dan camilan yang enak-enak kamu juga harus tahu cinderamata yang bagus banget dijadikan buah tangan. Souvenir, hasil kerajinan tangan khas masyarakat Bengkulu. Berikut ini ada beberapa macamnya.

1. Kain Batik Besurek
Kain Batik Besurek
Kain Batik Besurek via kamerabudaya.com
Merupakan kain batik khas kota Bengkulu, warisan dari leluhur Indonesia yang memiliki ciri-ciri motif kaligrafi dengan perpaduan motif lainnya seperti bunga raflesia, rembulan, relung paku, dan burung kua. Batik besurek dibuat dengan menggunakan tangan, tanpa campur mesin. Maka dari itu, mutu dan kwalitas pun terjamin dan mampu bersaing dengan jenis batik lainnya di Indonesia.

Biasanya batik Besurek digunakan untuk bahan pakaian baik itu rok, celana, atasan dan juga untuk sarung. Harga batik besurek, kamu perlu mengeluarkan uang sedikit lebih banyak dari harga oleh-oleh yang lain. Pasalnya, mutu dari kain ini yang sangat bagus. Dengan begitu kamu pun bisa membawa pulang batik besurek yang cantik sebagai kenang-kenangan.

2. Hasta Karya dari Kulit Lantung
Hasta Karya dari Kulit Lantung
Hasta Karya dari Kulit Lantung via amazedindonesia.blogspot.com
Hanya orang di daerah Bengkulu yang tahu apa itu lantung. Adalah sejenis kulit kayu kerap yang tumbuh di daerah Bengkulu. Kulit memiliki serabut kasar. Biasanya warga yang membuat kerajinan dari bahan tetap mempertahankan warna asli dari kulit kayu. Kulit Lantung biasa dibuat untuk kerajinan pigura, tas, miniatur bunga, gantungan kunci, dan lain-lain. Kerajinan ini dibuat menyerupai bentuk bunga raflesia dan ikon-ikon khas Bengkulu lainnya.

Untuk budget oleh-oleh sebaiknya kamu pilah-pilah atau disisihkan untuk bagian ini secara proporsional. Guna menghindari kekurangan uang, atau terlalu banyak belanjaan. Membawa oleh-oleh khas dari Bengkulu menjadi pelengkap perjalanan kamu di kota Bengkulu. Akan jadi cerita berkesan, nanti saat kamu sudah sampai di rumah. Selamat berlibur, semoga lancar dan penuh cerita menyenangkan!