PLARIUSMODIFIKASI101

Oleh-Oleh Khas Blitar Paling Menarik, Wajib Dicoba Para Traveler!

Tuesday, October 23, 2018
Halo pecinta traveler! Oleh-oleh, tentu tidak asing ditelinga bukan. Buah tangan atau cinderamata yang identik dibawa pulang oleh seseorang dari suatu tempat, entah itu berwisata atau tugas kerja. Biasanya sebelum berangkat kamu akan dipesan kata seperti ini, “Oleh-olehnya jangan lupa ya!”

Sejenak kita berfikir, lalu bilang “Iya”. Seiring kemajuan zaman keharusan membawa oleh-oleh bagi sebagian orang menjadi hal yang memberatkan. Bagi sebagian orang lainnya itu merupakan hal yang perlu. Nah, agar kamu tidak repot membawa barang oleh-oleh, ada baiknya kamu membeli sesuai kapasitas muatan kendaraan. Tapi kalau pun kendaraanmu tidak muat, tentu kamu bisa menggunakan jasa pengiriman via pos atau agen pengiriman lainnya.

Terkadang orang lebih suka membeli oleh-oleh menjelang kepulangan atau lebih tepatnya di hari terakhir liburan. Saat seperti itu, terkadang waktunya terlalu mepet. So, mungkin kamu tidak sempat membelinya. Tentu kamu nggak mau dong pulang dengan tangan hampa. Jauh-jauh pergi travelling tapi nggak bawa sesuatu. Setidaknya bawalah untuk keluarga atau tetangga dekat rumah. Masalah pengeluaran kamu bisa mengaturnya dengan membagi secara proporsional. Memilah sesuatu yang sesuai budget kamu. Agar pengeluaran kamu tidak meluber.

Nah, khususnya saat kamu nge-trip ke kota Patria. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu oleh-oleh khas Blitar dan juga pusat pembeliannya. Biar kamu nggak kehabisan waktu cari ini itu di berbagai toko. Nggak ada salahnya nih kamu baca dulu yang khas disana, sayang banget kalau nggak dicoba dan dibawa pulang. So, langsung saja nih Sob. Cekidot.. 

Pusat Oleh-Oleh Khas Blitar Paling Vamiliar
Membeli sebuah oleh-oleh khas suatu kota, khususnya Blitar. Kamu harus mengunjungi pusat penjualannya. Agar mudah menemukan produk yang akan dibeli. So, berikut akan dibahas tempat-tempat yang menyediakan makanan dan jajanan oleh-oleh di kota Proklamator. Dimana sih? Ini nih referensi beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi.

1. Toko Amanah
Toko Amanah
Toko Amanah via bp-guide.id
Pusat oleh-oleh Amanah yang beralamatkan di jalan Veteran 201 Plosokerep, Sananwetan, Blitar. Menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas kota Blitar seperti roti dan kue. Disini juga menjual berbagai macam jajanan pasar yang sangat enak. Semua makanan yang dibuat dari bahan berkwalitas bagus, sehingga menghasilkan makanan yang lezat dan juga lembut. 

Selain itu, disini juga melayani pemesanan kue untuk keperluan acara hajatan, tasyakuran, pernikahan, khitanan dan acara lainnya. Nah, untuk kamu yang ingin membeli roti dan kue khas Blitar, silahkan mampir ke toko Amanah. Bawa oleh-oleh untuk keluarga tercinta kamu ya, dan rasakan sensasi kue enak dan lembut memanjakan lidah.

2. Gerai Srikandi
Gerai Srikandi
Ilustrasi Gerai Srikandi via bisnisukm.com
Disini menyediakan berbagai macam oleh-oleh berupa kue dan camilan. Selain itu, di toko Srikandi juga menjual berbagai macam makanan seperti Blendi tewel, sambal pedho, uceng pedes, kacang koro, rempeyek dan lain-lain. Nah, ternyata bukan Cuma makanan saja, melainkan berbagai macam minuman tradisional pun juga dijual disini. Jangan bingung mau beli yang mana, silahkan borong semua ada disini. Dijamin harga tidak menguras kantong. Nah, maka dari itu silahkan berkunjung di  Jalan Ciliwung 373 Blitar.

3. Pusat Oleh-Oleh Dua Nanas
Pusat Oleh-Oleh Dua Nanas
Ilustrasi Pusat Oleh-Oleh Dua Nanas via dewirieka.com
Ini dia oleh-oleh yang paling khas dari Blitar, apalagi kalau bukan geti. Geti yang  terbuat dari biji wijen dan campuran gula, memiliki rasa legit, manis dan sangat enak. Cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Jajanan ini dapat kamu beli di Pusat Oleh-Oleh Dua Nanas. Nah selain geti, disini juga menjual aneka  dodol, pia, dan jajanan lainnya. Kamu tertarik Sobat? Langsung saja kunjungi lokasinya. Beralamat di Jl. Agus Salim No.11, RT.02/RW.02, Desa Rejowinangun, Blitar.

4. Outlet Pusaka
Outlet Pusaka
Ilustrasi Outlet Pusaka via banjarmasin.tribunnews.com
Outlet Pusaka merupakan salah satu toko yang menyediakan oleh-oleh khas Wlingi Blitar. Disini tersedia berbagai macam makanan khas seperti wajik kletik, gula merah mini, sambal pecel, opak gambir/semprong, madu mongso, sagon,matari, sale, aneka kripik dan lain-lain. Terletak di Jalan Gajah Mada No 39, Wlingi Blitar.

5. Sekitar Alun-alun Kota Blitar
Sekitar Alun-Alun Kota Blitar
Sekitar Alun-Alun Kota Blitar via aliferfika.blogspot.com
Kenapa kok disini? Ya, karena disini kamu bisa menjumpai beberapa warung-warung kecil di sekitarannya dan juga pedagang yang menjual oleh-oleh khas kota Blitar. Kamu juga bisa menjumpai penjual makanan khas disana seperti pecel, soto ireng dan lain-lain. Ada juga minuman khas seperti es drop, es pleret dan aneka minuman lainnya.

Berbagai Jenis Oleh-Oleh Khas Blitar Paling Recomended
Jalan-jalan tanpa mencicipi dan nggak beli oleh-oleh rasanya kurang pas. Oleh-oleh berupa jajanan dan juga barang-barang seperti kaos, tas, dan kerajinan tangan lainnya bisa kamu bawa pulang. Apa aja sih itu, oleh-oleh khas Blitar ? Nah, simak tulisan di bawah ini:

1. Geti
Geti
Geti via menjualkerupuk.com
Namanya unik ya. Saking uniknya makanan ini memancing rasa penasaran orang-orang yang baru kesana lho. Apalagi yang belum pernah makan. Geti terbuat dari kacang wijen dan gula merah. Biasanya disajikan pada saat ada tamu berkunjung atau saat acara pernikahan. Menu yang wajib dicoba dan juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

2. Peyek Uceng
Peyek Uceng
Peyek Uceng via gendudkuliner.blogspot.com
Tuh namanya unik lagi kan. Jadi makin semangat ya buat berburu kuliner disana. Seperti peyek-peyek umumnya, peyek ini dibuat untuk camilan atau lauk pauk juga bisa. Bedanya Cuma bahan pembuatannya. Nah, peyek ini dibuat dari ikan uceng, baru tau kan kalo ada ikan yang namanya uceng, ya di Blitar. Untuk mendapatkannya, kamu bisa dengan mudah menjumpai peyek uceng di pusat oleh-oleh khas Blitar, karena peyek uceng menjadi ikon oleh-oleh lokal disana.

3. Wajik  Kletik
Wajik  Kletik
Wajik  Kletik via menjualkerupuk.com
Terbuat dari gula kelapa dan beras ketan lalu dibungkus dengan sederhana memakai kulit jagung kering atau orang disana menyebutnya Klobot. Coba kamu perhatikan atau rasakan  saat memakan wajik ini, ada sensasi bunyi kletik-kletik waktu dikunyah makanya namanya jadi Wajik kletik. Kalau soal rasa dijamin manjain lidah juga,  manis-manis gurih, enak banget pokoknya.

4. Madu Mongso
Madu Mongso
Madu Mongso via adiedoes.blogspot.com
Makanan ringan yang dibuat dari bahan utama ketan hitam ini memiliki rasa asam dan manis. Sebab ketan hitam sebelumnya diolah menjadi tape sehingga menimbulkan rasa asam. Kemudian diolah lagi dengan campuran gula, santan dan beberapa buah tambahan. Seperti dodol cara memasaknya. Biasanya madu mongso dibungkus kecil-kecil sepanjang ibu jari atau dibentuk bulat-bulat. Dibungkus menggunakan kertas minyak atau plastik kue.

5. Opak Gambir/Semprong
Opak Gambir/Semprong
Opak Gambir/Semprong via cahpelajar.blogspot.com
Opak gambir ini adalah sebutan lokalnya, sedang di luar daerah biasanya menyebutnya kue semprong. Bentuknya macam-macam, ada yang digulung, dilipat segitiga bahkan hanya bundar. Terbuat dari tepung ketan, mirip seperti egg roll monde untuk tampilannya. Rasa dari opak gambir manis dan gurih. Cocok untuk menu camilan pagi atau sore hari, ditemani dengan segelas teh hangat.

6. Kerajinan Tangan dan Kaos Blitar
Kerajinan Tangan dan Kaos Blitar
Kerajinan Tangan dan Kaos Blitar via kerajinanasliblitar.blogspot.com
Yang paling mudah dibawa pulang dan pastinya awet serta tahan lama adalah oleh-oleh berupa barang. Seperti kaos, kerajinan tangan berupa tas, topi, gantungan kunci dan lain-lain. Cinderamata seperti inilah yang mengingatkan kamu bahwa kamu pernah berkunjung ke Blitar.

7. Kaos Khas Blitar
Kaos Khas Blitar
Kaos Khas Blitar via wisatajawatimur.xyz
Kaos ini dibuat dari bahan katun yang memiliki kwalitas tinggi, pastinya nyaman digunakan dan juga cinderamata menarik untuk dibawa pulang. Bagaimana dengan harganya? Nah, mungkin banyak yang mundur atau nggak jadi beli saat tau kwalitas bagus biasanya dibandrol dengan harga mahal. Tapi tidak untuk kaos Blitar, kamu bisa membawa pulang kaos Blitar cukup dengan harga terjangkau. Hanya dengan 40 sampai 80 ribu rupiah saja kamu bisa mendapatkannya.

Selain murah, desainnya cantik, unik dan tidak kalah keren adalah kaos ini bertuliskan pesan-pesan Bung Karno, tanda tangan Bung Karno, gambar Bung Karno dan juga gambar  batik. Tuh kan makin cinta deh sama produk negeri sendiri. Untuk bisa membelinya silahkan berkunjung di Jl. Ir. Soekarno, Sentul, Kepanjenkidul, Kota Blitar.

Bagaimana banyak bukan makanan yang bisa kamu jumpai di Blitar. Tentu dari sekian banyak makanan tersebut ada yang paling kamu sukai, nah kamu bisa merekomendasikannya ke teman-teman atau sanak saudarammu saat mereka berkunjung kesana nanti. Demikian beberapa makanan dan oleh-oleh khas serta pusatnya yang jadi referensi kamu sebelum mengunjungi kota Blitar. Semoga bermanfaat.