PLARIUSMODIFIKASI101

Oleh-Oleh Khas Bontang Kalimantan Timur, Paling Wajib Diketahui

Monday, October 29, 2018
Jalan-jalan ke Kalimantan jangan lupa mampir ke kota Bontang. Yaa... kota yang yang menyimpan banyak tempat keren dan sayang banget untuk dilewatkan. Ragam budaya pun turut mewarnai daerah tersebut. Selain itu, ternyata Bontang juga menyimpan berbagai ragam oleh-oleh khas yang makin menambah citarasa nusantara lho!

Buah tangan tersebut hanya bisa dijumpai di daerah Kalimantan, khususnya Bontang. Kecuali, ada toko yang khusus menjual aneka olahan khas dan pernak-pernik Kalimantan. Nah, jika kamu datang ke Bontang wajib lihat review di bawah ini. Penasaran kan apa saja itu? Yukz simak ulasannya ya!

Pusat Pembelian Oleh-Oleh Khas Bontang Kalimantan Timur
Pengen membeli beberapa khas oleh-oleh dari kota Bontang? Nah, untuk kamu pembaca setia. Nih, beberapa pusat pembelian oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi. Sebagai bekal tambahan kamu buat nanti jika berkunjung ke Bontang. Kamu nggak perlu cari alamat sana sini untuk mencari oleh-oleh. Disini nih tempatnya!

1. Pasar Berbas
Pasar Berbas
Pasar Berbas via eksposkaltim.com
Pasar yang terletak di Bontang bagian Selatan ini bisa jadi tempat tujuan kamu berburu pernak-pernik dan oleh-oleh lainnya. Untuk souvenir seperti gantungan kunci biasanya dibandrol seharga Rp5.000. Bukan hanya pernak-pernik saja, makanan khas pun tersedia banyak disini.

2. Boo Bandar Oleh-Oleh
Boo Bandar Oleh-Oleh
Boo Bandar Oleh-Oleh via plus.google.com
Merupakan tempat yang menjual aneka jenis jajanan dan oleh-oleh khas Bontang. Ada lempok durian, keminting, aneka kripik, gula gait, dan lain-lain. Boo Bandar oleh-oleh menyajikan banyak buah tangan lengkap. Datang saja ke Jln. Cipto Mangun Kusumo, Bontang, Kalimantan Timur.

3. Toko Batik Kuntul Perak
Toko Batik Kuntul Perak
Toko Batik Kuntul Perak via tokopedia.com
Toko yang menjual aneka warna dari batik Kuntul Perak ini bisa kamu dapatkan di Jln. Brigadir Jenderal Katamso No 25, Belimbing, Bontang Bar, Kota Bontang.

Variasi Oleh-Oleh Khas Bontang Kalimantan Timur
Nah, bagi kamu yang makin penasaran saja dengan oleh-oleh khas apa sih yang menjadi ciri khas kota Bontang. Nih dia, Penulis kasih beberapa daftar oleh-oleh khas yang rekomended buat kamu beli. Bukan hanya membuat kamu terkesima, tetapi juga makin membuat ketagihan membelinya. Cekidot.

1. Keminting
Keminting
Keminting via undas.co
Diawali dengan kue yang menggoda lidah yaitu Keminting. Tergolong makanan berbahan dasar tepung terigu, tepung kanji, gula jawa, dan lain-lain. Kue ini berbentuk menyerupai kemiri yaitu kecil, bulat dan renyah. Teksturnya agak keras saat digigit lidah. Rasa yang manis pun turut menyatu bersama renyahnya kue khas ini. Kalau cuma makan sekali rasanya belum puas. Maka dari itu, membeli kue ini sebagai oleh-oleh untuk orang-orang tercinta di kampung halaman adalah ide yang bagus. Kamu bisa berbagi betapa nikmatnya kue khas Kalimantan yang satu ini.  Hanya dengan kisaran 20.000 rupiah kamu sudah bisa membeli satu bungkus kue keminting ukuran 200 gram. Mau lebih murah? Bisa kok, cukup beli dengan ukuran yang lebih besar dan lebih banyak kamu akan dapat potongan harga. Tentu berlaku di tempat tertentu ya. 

2. Lempok Durian
Lempok Durian
Lempok Durian via tokopedia.com
Lempok merupakan makanan khas di Indonesia yang bahannya dari durian. Jumlah produksi durian yang begitu melimpah pada saat panen menjadikan petani atau warga berfikir keras supaya durian tidak dinikmati hanya dalam bentuk buah saja. Maka dari itu, terciptalah inovasi kreatif dari para pembuat kuliner khususnya daerah Kalimantan. Ya, dalam bentuk lempok atau dodol. Tapi kamu harus tahu dodol dengan lempok itu berbeda. Umumnya dodol banyak menggunakan campuran tepung, tapi untuk lempok hanya menggunakan bahan durian tanpa campuran tepung. Mungkin kamu juga akan menjumpai lempuk durian di daerah lain seperti di Sumatra. Hal ini dikarenakan pulau Kalimantan dan Sumatra adalah pulau yang menghasilkan panen durian yang sangat melimpah, terutama saat musimnya. Lempok memiliki cita rasa manis dan legit. Nah, buat kamu yang datang ke Bontang jangan lewatkan jenis dodol yang satu ini ya, dijamin berbeda dengan dodol lainnya.

3. Amplang
Amplang
Amplang via lastsociety.wordpress.com
Kata orang kalau jalan-jalan ke daerah Kalimantan khususnya Bontang, kurang lengkap rasanya kalau nggak beli amplang. Apa sih amplang itu? Amplang adalah sejenis kerupuk yang terbuat dari bahan dasar ikan, digiling halus dengan campuran tepung sagu. Rasanya gurih, renyah dan enak banget. Aroma ikan tengiri yang khas inilah yang menjadikannya unik dan berkesan di hati penikmatnya. Ternyata ada dua jenis ikan yang digunakan dalam pembuatan amplang, bukan hanya tengiri tapi ikan belida juga ikan gabus. Varian rasa ikan yang cocok untuk kamu coba. 

Saat ini amplang sudah tersedia dengan tambahan rasa yang makin membuat penggemarnya nggak bosen menikmati. Para pedagang yang kini mulai berinovasi membuat amplang dalam berbagai rasa antara lain seperti rasa barbeqeu, lada hitam, ayam bawang, keju dan lain-lain. Camilan ini cocok untuk menemani acara makan kamu, baik sendiri atau bersama keluarga tercinta, untuk jalan-jalan maupun saat santai. Apapun jenis dan rasa amplang, kerupuk ini menjadi oleh-oleh yang pantas untuk dibawa pulang. Untuk harga kamu jangan kwatir, Amplang dibandrol mulai dari 25.000 ribu rupiah. Rasa dan harga pokoknya sebanding deh, enak dan juga lezat!

4. Gula Gait
Gula Gait
Gula Gait via gulagaitareta.blogspot.com
Salah satu permen jaman dahulu khususnya di daerah Kalimantan yang masih eksis dan keberadaanya dicari sebagai oleh-oleh sampai sekarang. Sekilas mirip seperti kayu, tapi jangan salah ya, ini adalah permen. Warnanya coklat keemasan, berbentuk padat dan keras. Karena pembuatannya yang bisa dibilang tidak mudah, maka jumlah produksi gula gait inipun tidak banyak. Sebelum muncul permen aneka rasa dan warna seperti di jaman ini, dulu di daerah Kalimantan orang-orang biasa memakan gula gait sebagai permen. Tentunya paling nikmat saat santai seperti minum kopi atau teh tawar. Gula gait dibuat dari bahan utama gula aren kualitas terbaik, tersedia berbagai macam rasa seperti original, kacang, wijen, juga green tea. Nah, jika kamu ingin menikmati gula gait bisa datang ke pusat oleh-oleh makanan khas Kalimantan di Bontang. Mulai dari 5000 ribu rupiah saja kamu sudah bisa menikmati gula gait sebagai teman jalan-jalan.

5. Batik Kuntul Perak
Batik Kuntul Perak
Batik Kuntul Perak via infobatik.id
Batik merupakan kain khas dari Indonesia, salah satu warisan budaya yang wajib dijaga dan dilestarikan. Salah satunya adalah batik Kuntul Perak khas Bontang. Batik Kuntul ini awalnya diciptakan oleh budayawan Sayid Abdul Kadir Assegaf. Yang waktu itu ditunjuk sebagai perwakilan dalam mengikuti ajang pameran di Kuala Lumpur Malaysia, oleh Kementerian Perdagangan Indonesia. Salah satu karya dalam negeri yang patut diacungi jempol. Nah, kamu perlu tahu khas dari motif burung kuntul yang satu ini, ternyata filosofi dari motif ini adalah menggambarkan burung kuntul sebagai burung pendatang yang penuh semangat. Sama seperti penduduk warga Bontang yang terdiri dari orang-orang pendatang. Mereka berkelompok dan berkumpul membentuk suku. Mereka sangat berenergik dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Buat kamu yang baru datang ke Bontang, nggak ada salahnya dong membawa batik ini pulang ke rumah sebagai oleh-oleh. Siapa tau kamu juga akan tertular semangat warga Bontang yang energik dalam bekerja dan beraktifitas sehari-hari. Ada dua jenis batik kuntul, yaitu printing dan cap. Harga untuk satu meter kain batik Kuntul Perak ini dihargai sekitar 50.000 sampai 80.000 ribu rupiah per potong. 

6. Oleh-Oleh Berupa Souvenir
Oleh-Oleh Berupa Souvenir
Oleh-Oleh Berupa Souvenir via fadilfoto.blogspot.com
Tiap kota atau daerah selalu memiliki ciri khas masing-masing, begitu pula daerah Bontang. Ciri khas tersebut biasanya dituangkan dalam bentuk aneka kerajinan tangan berupa tas, sepatu, dompet, baju, kaos, gantungan kunci, miniatur, lukisan dan aneka kerajinan lainnya. Kerajinan souvenis khas Bontang ini menjadi salah satu dari sekian sumber mata pencaharian warga Bontang. Kamu bisa menjumpai aneka souvenir ini diberbagai toko pernak-pernik khas Bontang yang biasanya menjual oleh-oleh juga souvenir khas Bontang. Atau jika ingin lebih murah dan kamu pandai nego harga, kunjungi pusat perbelanjaan berupa pasar-pasar sekitar wisata. Dijamin berbagai harga dari yang murah sampai mahal pun bisa kamu temui disini. 

Jajanan khas udah, souvenir sudah, tempat belanja pun juga sudah. Nah, selanjutnya tinggal kamu menyusun list apa saja yang akan dimasukkan sebagai daftar belanja oleh-oleh khas Bontang. Menyusun list berguna agar nanti kamu nggak keluar banyak uang saat belanja. Apalagi kalau mata udah lihat yang wow, pasti uang gampang keluar dari kantong. Iya, apa iya? Berbeda nih, kalau kamu punya pendirian kuat. Semoga ulasan tadi bermanfaat buat kamu. Jangan lupa pastikan yang kamu beli benar-benar khas dari Bontang, sekali nyoba pasti kamu pengen beli lagi. Selamat berlibur dan berburu kuliner juga pernak-pernik ya!