PLARIUSMODIFIKASI101

Oleh-Oleh Khas Jakarta Barat Paling Hits, Wajib Kamu Beli Dan Cicipi

Thursday, October 11, 2018
Berkunjung ke suatu wisata, kurang afdhol rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas dari tempat tersebut. Tidak hanya sekedar buah tangan, akan tetapi itu merupakan salah satu bukti bahwa kita pernah mengunjungi tempat wisata tersebut. Holiday tanpa buah tangan rasanya hambar lho sobat. Apalagi berlibur dengan keluarga, tidak puas rasanya pulang tanpa membeli oleh-oleh. Jika kamu sedang berlibur di Kota Admistrasi, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, tepatnya di Jakarta Barat. Kamu akan menemukan berbagai macam suguhan oleh-oleh khas yang mudah didapatkan.

Suatu daerah yang kerap disebut dengan Kota Tua, populer dengan berbagai khas oleh-olehnya untuk para wisatawan yang sedang berlibur. Tidak sedikit mall, toko, maupun warung-warung di pinggir jalan yang telah siap sedia menjual beranekaragam khas oleh-oleh. Mulai dari berbagai jajanan, makanan maupun kerajinan. 

Pertumbuhan pusat perbelanjaan yang begitu pesat di Kota Tua, sebagai kota sejarah kerap kali menggoda para wisatawan agar berbelanja sebanyak mungkin untuk memilih berbagai macam oleh-oleh khas. Untuk kamu yang sedang berwisata di Kota Tua, seperti; Museum Fatahhilah, Museum Wayang, Taman Cattleya, Taman Fatahhilah dan wisata lainnya, masih bingung mengenai buah tangan apa yang patut di bawa pulang? Buat keluarga, sanak-saudara ataupun rekan-rekan kerja?. Berikut oleh-oleh khas hits rekomended  yang wajib kamu beli dan cicipi ketika singgah di Kota Tua itu.

Dodol Betawi
Dodol Betawi
Dodol Betawi via khasjakarta.co.d
Bukan Kota Tua namanya jika tidak memiliki oleh-oleh khas yang lestari dari zaman dahulu. Makanan lagendaris yang manis, shwosweet digigit, lembut dimulut yang membuat setiap orang ngiler untuk mencicipinya. Dodol betawi merupakan salah satu oleh-oleh yang paling khas jika berwisata di Kota Tua. Dan mudah saja, ini dapat kita beli di “Dodol Betawi Sunnah”, Jalan Panjang, Nomer 99, RT 10/RW 04, Sukabumi Selatan, Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Roti Buaya
Roti Buaya
Roti Buaya via royalsnackbox.com
Bukan buaya liar hidup di sungai, akan tetapi ini adalah salah satu oleh-oleh khas dari kota wisata Jakarta Barat yang sudah tak asing lagi. Sebuah roti yang berbentuk seperti buaya ini, dapat bertahan lama, mudah ditemukan dengan berbagai macam ukuran dan harga, yang bisa dijadikan buah tangan. Buat kamu yang sedang berlibur di Jakarta Barat, jangan lupa di borong oleh-olehnya yang satu ini ya. Oleh-oleh ini sangat tepat lho buat keluarga, sanak-saudara dan rekan-rekan kerja sobat. Dengan gampang roti buaya bisa kamu dapatkan di berbagai tempat. Salah satunya dapat kita jumpai di “Roti Betawi Rawa Belong”, yang beralamatkan di Rawa Belong, RT 01/RW 11, Palmerah, Kota Jakarta Barat. 

Geplak dan Semprong
Geplak dan Semprong
Geplak dan Semprong via qudsfata.com
 Geplak merupakan kue yang terkenal manis dan begitu lembut teksturnya, ini merupakan salah satu oleh-oleh khas Jakarta Barat yang tak kalah terkenalnya dengan roti buaya. Ciri khas coklat dan putih yang mendominasi warna kue ini, menjadikan sangat mudah dikenali oleh semua kalangan  masyarakat. Tidak sedikit para penjual yang menyediakan kue geplak untuk para wisatawan yang sedang berlibur. Hampir di setiap sudut kota mulai dari toko yang besar maupun kecil banyak yang menjual kue geplak.

Tidak kalah manisnya dengan kue geplak, kue semprong  juga begitu manis dan gurih. Berbagai bentuk varian seperti silinder, segi tiga dan lain-lain. Bukan hanya itu, isi dari kue semprong inipun juga beragam, mulai dari green tea,coklat dan lain sebagainya. Dan jangan khawatir, kue ini bisa kamu dapatkan di berbagai toko oleh-oleh khas Jakarta Barat, salah satunya di “Krisna Oleh-oleh Khas Kota Tua” yang berada di Jalan Lada, Nomer 01, RT 04/RW 06, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat. 

Kembang Goyang
Kembang Goyang
Kembang Goyang via daftarkulinerjakarta.web.id
Oleh-oleh khas yang terbuat dari campuran tepung beras, tepung sagu, kelapa, dan santan ini, bisa membuat mulut kita semua bergoyang-goyang lho. Warnanya yang beraneka ragam seperti pelangi, membuat mata jadi jatuh cinta. Rasanya yang bervariasi, renyah, cetar di mulut membuat kita tak berhenti untuk menikmatinya. Buruan beli! bukan hal yang sulit untuk kita menemukan oleh-oleh ini, cukup kamu langsung saja datang ke Toko La Rizz yang berada di Jalan Palmerah Utara III, Nomer 06, RT 03/RW 06, Palmerah, Jakarta Barat. Maka kamu akan menemukan kembang yang bisa membuat mulut bergoyang-goyang.

Bir Pletok
Bir Pletok
Bir Pletok via khasjakarta.co.id
Bir yang satu ini berbeda dengan bir-bir yang mengandung alkohol dan memabukkan para penikmatnya. Akan tetapi, bir ini adalah sebuah minuman tradisional yang terkenal enak, seger dan tentunya mantap sobat. Minuman tradisional ini, terbuat dari berbagai macam campuran rempah-rempah seperti; jahe, serai, daun pandan dan lain-lain, yang bisa menjadi obat penyegar badan bagi penikmatnya. 

Bir penyegar ini adalah oleh-oleh khas Jakarta Barat yang paling terkenal dikalangan masyarakat Betawi. Tidak hanya sekedar sunnah untuk mencicipi minuman yang satu ini ya sobat, tetapi  sunnah muakad bagi kamu yang sedang berlibur di Jakarta Barat untuk menikmatinya. Cukup datang saja ke “Bir Pletok Alifah”, yang terletak di Jalan Adhi Karya, Nomer 01, RT 07/RW 05, Kedoyo Selatan, Kebun Jeruk, Jakarta Barat kamu bisa menikmati bir tanpa alkohol dengan puas. Jangan takut ketagihan ya sobat.

Soto Betawi
Soto Betawi
Soto Betawi via satujam.com
Berbicara mengenai masakan ada makanan khas tersendiri dari Kota Jakarta Barat. Soto betawi bisa menjadi pilihan paling tepat buat kamu yang sedang berwisata di Kota Tua. Rasanya yang jawara dengan suguhan daging pilihan; jeroan, daging ayam dan juga daing sapi membuat para wisatawan jatuh cinta dengan cita rasanya yang menggoyang lidah. Untuk mendapatkan soto betawi ini kamu bisa singgah di “Soto Betawi Afung”, yang berada di Jalan Gang Gloria, Nomer 12, Glodok, Pancoran, Jakarta Barat.

Kerajinan Tangan
Kerajinan Tangan
Kerajinan Tangan via tribunnews.com
Tidak hanya membeli dan mencicipi makanan maupun jajanan. Kerajinan tangan juga merupakan salah satu oleh-oleh yang bisa menjadi pilihan bagi kamu yang sedang berlibur di Kota Tua. Jikalau makanan dan jajanan menjadi buah tangan kepuasan hati yang bisa habis dalam sekejap, berbeda dengan kerajinan tangan yang bisa menjadi oleh-oleh berkesan yang bisa bertahan cukup lama. Berbagai macam oleh-oleh khas kerajinan Jakarta Barat yang bisa kamu dapatkan. Batik tulis, miniatur monas, souvenir ondel-ondel dan lain-lain.

Batik tulis ialah salah satu produk yang dihasilkan oleh penduduk Jakarta Barat. Banyak home industry di Jakarta Barat yang mengangkat batik tulis sebagai karya mereka. Tidak hanya wisatawan lokal akan tetapi, wisatawan mancanegarapun kerap kali memburu oleh-oleh ini.

Berbeda lagi dengan miniatur monas. Monas merupakan salah satu ikon utama Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang begitu terkenal. Maka tidak heran jika banyak pengrajin yang membuat miniatur monas sebagai buah tangan untuk para wisatawan. Sehingga bagi kamu yang berada di kota Jakarta Barat, maka kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh.

Begitu juga dengan souvenir ondel-ondel. Beraneka ragam souvenir ondel-ondel yang bisa kamu beli ketika mengunjungi kota Jakarta Barat. Mulai dari gantungan kunci, boneka ondel-ondel, topeng ondel-ondel, miniatur patung ondel-ondel,dan lain-lain. Souvenir ondel-ondel ini tidak kalah larisnya dengan miniatur monas. Karena ondel-ondel sama halnya seperti monas yang merupakan ikon utama Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Maka tidak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang selalu memburu oleh-oleh ini.

Untuk berbagai macam oleh-oleh handycraf ini bisa kamu temukan di Toko “Garment Accessories” yang terletak di Jalan Pasar Pagi RT 06/RW 01, Roa Malaka, Tambora, Jakarta Barat.

Baiklah sobat, itu saja kilas tentang berbagai macam oleh-oleh khas dari Kota Jakarta Barat, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang wajib kamu beli dan cicipi. Mulai dari jajanan, makanan dan juga kerajinan yang merupakan ikon utama Kota Tua itu. Kamu bisa membeli dan mencicipi oleh-oleh khas tersebut di toko maupun pusat penjualan oleh-oleh khas yang sudah tercantumkan, jika kamu sedang berkunjung ke Kota Tua, Jakarta Barat, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Supaya hati lebih puas dan afdhol ketika berkunjung ketempat wisata. Jangan lupa membeli dan mencicipi oleh-oleh khas Jakarta Barat ya sobat.