PLARIUSMODIFIKASI101

Surga Wisata di Nusa Penida Liburan Romantis Bersama Pasangan

Sunday, October 7, 2018
Anda pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar kata Bali, bukan? Bali menjadi salah satu icon Indonesia yang sudah sangat terkenal di mancanegara. Banyak sekali wisatawan asing maupun lokal yang hendak berwisata ke Bali setiap hari nya. Bahkan, ada beberapa wisatawan asing yang tidak mengetahui Indonesia, tetapi ketika berbicara tentang Bali mereka akan lebih tahu. 

Nusa Penida
Nusa Penida  via journeyera.com
Tetapi, bagaimana dengan Nusa Penida? Mungkin beberapa dari Anda ada yang baru mendengar nya, atau bahkan sudah pernah berkunjung kesana. Sebuah pulau yang amat indah berada di Kabupaten Klungkung, Bali. Jika Anda sedang berlibur di Bali, sebaiknya tambahkan Nusa Penida ke list referensi liburan Anda. Karena ada keindahan alam yang tersembunyi disana. 

Jam Buka dan Harga Tiket Wisata Nusa Penida
Terdapat beberapa objek wisata di Nusa Penida yang wajib Anda kunjungi jika sedang berada di Bali. Diantaranya ialah Angel’s Billabong, Pantai Klingking, Pantai Atuh, Broken Beach, dan Manta Point. Destinasi wisata ini tentunya memiliki jam buka dan harga tiket yang berbeda-beda. Bahkan ada yang tidak perlu membayar tiket masuk. 

Jika Anda ingin berkunjung ke Angels’s Billabong, Pantai Klingking maupun Broken Beach Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar harga tiket, alias gratis. Sama hal nya dengan Pantai Atuh, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Tetapi, untuk parkir kendaraan motor Anda harus membayar sebesar Rp. 5.000,- dan parkir mobil sebesar Rp. 10.000,. 

Untuk dapat menikmati diving di Manta Point, Anda perlu mengeluarkan biaya yang lumayan mahal. Hanya dengan 1 kali menyelam Anda perlu membayar Rp. 600.000,-, Rp. 800.000,- untuk 2 kali menyelam, jika ingin 3 kali menyelam Anda perlu membayar sebesar Rp. 1.100.000,-. Sewa kapal yang harus Anda bayarkan untuk pulang pergi sekitar Rp. 75.000-Rp. 150.000,-. 

Rata-rata destinasi wisata di Nusa Penida ini dibuka 24 jam setiap hari nya, dan hanya libur pada waktu Hari Raya Nyepi. Jadi, Bagi Anda yang ingin berlibur di Nusa Penida tidak perlu khawatir. Kapanpun dan jam berapa pun Anda dapat berkunjung kesini. Bahkan pada malam hari pun Anda tetap dapat diving di Manta Spot. Sangat menarik, bukan?

Daya Tarik Wisata Nusa Penida

1. Pesona Sunrise yang Eksotis
Sunrise Nusa Penida
Sunrise Nusa Penida via mahayanthi.wordpress.com
Begitu banyak destinasi wisata di Bali yang menawarkan pesona sunrise dan sunset nya seperti Pantai Sanur dan Pantai Sindhu. Namun, jika Anda ingin melihat sunrise yang eksotis dan tidak biasa di Bali, Anda harus datang ke Pantai Atuh di Nusa Penida. Anda dapat berdiri di atas tebing yang ada disana, dan akan terpesona dengan sunrise di pantai ini, karena pantai ini memang menghadap ke timur. 

2. Ketenangan di Pantai Klingking
Pantai Klingking nusa penida
Pantai Klingking nusa penida via indo-kaya.com
Jika Anda ingin melepas penat setelah bekerja dan mencari tempat liburan yang tenang, Anda wajib berkunjung ke Nusa Penida yang memiliki Pantai Klingking dengan pesona alam nya yang indah. Di Pantai Klingking ini masih belum terlalu ramai di datangi oleh wisatawan, jadi sangat cocok untuk Anda menenangkan hati dan pikiran.

3. Tempat Camping 
Tempat Camping
Tempat Camping  via pinterest.co.uk
Di Pantai Atuh Anda bisa menikmati alam terbuka dengan camping. Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke pantai ini untuk camping bersama pasangan, keluarga maupun teman-teman nya. Anda dapat merasakan suasana malam Pantai Atuh yang mempesona pada waktu malam hari. Selain itu, Anda juga dapat menambah kehangatan bersama orang-orang tersayang jika camping disini. 

4. Kolam Renang Alami
Kolam Renang Alami di Angel’s Billabong
Kolam Renang Alami di Angel’s Billabong via kesiniaja.com
Faktor berikutnya yang menjadi daya tarik dari  Nusa Penida adalah Kolam Renang Alami yang ada di Angel’s Billabong. Ada cekungan seperti kolam renang di dasar sungai nya dan air nya yang sangat jernih menambah kecantikan pantai ini. Membuat siapapun terlena dan betah untuk berlama-lama berenang disini. 

5. Keunikan Broken Beach 
broken beach nusa penida
broken beach nusa penida via ladypinem.com
Nusa Penida memiliki pantai yang unik, yaitu Broken Beach atau Pantai Pasih Uug. Di pantai ini ada tebing tinggi dengan tinggi sekitar 50- 200 meter dan berlubang di bagian tengah nya. Air laut yang terperangkap di tengah tebing menambah keindahan pantai ini karena seperti kolam raksasa. Di atas tebing juga ada rumput dan pohon yang hijau sehingga akan menambah kesejukan bagi Anda. 

Fasilitas di Wisata Nusa Penida
Fasilitas-fasilitas di Nusa Penida sama seperti di tempat- tempat lain nya. Memiliki tempat parkir, toilet. Selain itu Anda juga dapat membeli makanan dan minuman yang ada di sekitar destinasi wisata ini. jadi, Anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar dan bingung. Anda bisa membeli makanan dan minuman untuk menemani istirahat Anda. 

Karena lokasi nya yang sangat jauh, fasilitas-fasilitas di wisata Nusa Penida juga masih sangat minim. Namun, terus-menerus diperbaiki dan ditambah. Karena Nusa Penida diperkirakan akan menjadi primadona di Bali dan banyak dicari oleh wisatawan-wisatawan asing maupun lokal. Jadi, Anda wajib berkunjung ke destinasi wisata yang ada di Nusa Penida. 

Akses dan Rute Menuju Wisata Nusa Penida
Jika Anda ingin berwisata ke Nusa Penida, Anda harus menyeberangi selat Badung terlebih dahulu menuju dermaga Nyuh dengan menggunakan sampan tradisional, speed boat, kapal roro Nusa Jaya Abadi. Kemudian, untuk berkunjung ke Angels’s Billabong Anda dapat berangkat dari Pantai Sanur dengan menggunakan speed boat yang berangkat pukul 07.30-16.00 WITA. 

Untuk sampai di Nusa Penida, Anda dapat berangkat dari Padang Bai dengan menggunakan kapal feri. Anda harus membayar ongkos sebesar Rp. 30.000,-/ orang. Jika menggunakan speed boat, Anda harus membayar sewa sebesar Rp. 45.000,-/ orang. Waktu yang harus Anda tempuh dari Padang Bai ke Nusa Penida ialah sekitar 1 jam lamanya. 

Selain itu, jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Pantai Klingking, Anda dapat memulai perjalanan dari Pantai Sanur ke Nusa Penida. Anda akan menggunakan perahu tradisional dan harus membayar sebesar Rp. 40.000,-/ orang. Anda akan menempuh perjalanan selama 1,5 jam. Kemudian, dari Nusa Penida ke Pantai Klingking berjarak 25 km dan ditempuh dalam waktu 45 menit. 

Untuk bisa sampai di Pantai Atuh, Anda harus berjalan ke arah timur setelah sampai di Nusa Penida. Jika Anda berangkat dari Pulau Seribu, Anda akan menempuh perjalanan selama 15 menit saja. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, sebaiknya parkirkan kendaraan Anda di tempat parkir. Kemudian, Anda melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit. 

Dari Pelabuhan Sampalan, Anda dapat menuju ke Pantai Atuh selama 2 jam perjalanan dan berjarak 25 km. Karena AtuhBeach menghadap ke arah timur, maka waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini ialah pada pagi hari tepat nya pukul 05.30. mata Anda akan dimanjakan dengan pesona sunrise Pantai Atuh. 

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Broken Beach, Anda bisa berangkat dari Pantai Sanur dengan menggunakan Speed Boat yang akan menempuh waktu selama 30-45 menit. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Kapal Feri dari Padang Bay, atau Anda bisa menuju ke Tanjong Benoa dan menyewa Speed boat disana. 

Manta Point berlokasi di sudut barat daya Pulau Nusa Penida. Jika Anda berangkat dari Pantai Sanur, Anda harus menyeberang menggunakan Fast Boat sekitar 1 jam dan harus membayar sebesar Rp. 75.000,-/ orang. Jika Anda memiliki budget yang lebih, Anda juga dapat menggunakan Kapal Pesiar dari Tanjung Benoa. 

Hotel Terdekat dari Wisata Nusa Penida
1. Ari La Casa
2. Hotel Arsa Santhi Nusa Penida
3. Krisna Guest House
4. Puri Sari Mangrove
5. D’Nusa Beach Ckub & Resort
6. Tarci Bungalow
7. Nusa Garden Homestay
8. Two Fish Divers Resort
9. The ROMPOK
10. Bay Shore Huts

Tips Berwisata ke Nusa Penida  
Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berlibur nya di Nusa Penida, sebaik nya Anda tidak datang ketika pantai nya sedang pasang, karena akan sangat berbahaya ditambah lagi banyak karang di dalam nya. Selain itu, Anda jangan datang seorang diri, sebaiknya ajak keluarga maupun teman-teman Anda karena lokasi nya sangat jauh. Jangan lupa untuk membawa topi atau sunblock.