PLARIUSMODIFIKASI101

Surganya Coto, Inilah Daftar Wisata Kuliner di Makassar

Thursday, October 4, 2018
Makassar memang sudah terkenal dengan beragam makanannya yang rata-rata enak, bahkan tempat wisata kuliner di Makassar sangat wajib untuk dikunjungi saat Anda berada di sana. Karena banyaknya pencinta kuliner yang berada di Makassar, tentu membuat industri kuliner semakin menjamur kelezatannya.

Oleh sebab itulah sangat perlu mencari referensi kuliner di Makassar terlebih dahulu sebelum singgah ke sana, sebab, jika nada bukanlah seseorang yang suka bereksperimen dengan kuliner baru, pastikan Anda tidak kesulitan karena saking banyaknya wisata kuliner populer. Nah, berikut adalah daftar referensi tempat berkuliner yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan yang populer dan enak:

1. Pallu Basa Serigala
Pallu Basa Serigala
Pallu Basa Serigala via food.detik.com
Yang pertama adalah Pallu Basa Serigala yang menyediakan daging dengan tekstur lembut nan enak. Lokasinya berada di Jl. 54 / Jl. Serigala, Makassar, Sulawesi Selatan 90135. Tempat wisata kuliner yang dimiliki oleh H. Haerudin ini hanya buka pada jam 11 saing sampai 10 malam.

Daging Pallu Basa adalah menu utama di tempat ini, dan tentunya memiliki cita-rasa juara dengan daging lembut. Sekilas, daging ini mirip dengan Coto Makassar yang merupakan Makanan khas Makassar. Namun, bedanya daging Pallu Basa ini disantap bersama nasi. Anda tidak perlu khawatir dengan harganya, daging nan lezat ini dipatok mulai Rp 15.000 per porsi saja.

2. Coto Nusantara
Coto Nusantara
Coto Nusantara via salmahsumayya.wordpress.com
Selanjutnya adalah Coto Nusantara yang beralamat di Jl. Nusantara, No. 32, Makassar, Sulawesi Selatan. Terlihat jelas bahwa nama “Nusantara” diambil dari nama jalan tempat wisata kuliner ini berdiri. Tempat ini telah menjadi favoritnya orang Makassar, jadi, jangan heran jika pengunjungnya selalu padat. Terlebih, lokasinya yang sangat mudah dijangkau oleh masyarakat.

Coto Nusantara menyediakan menu kuliner berupa Coto Makassar. Rasa Coto-nya sangat berkualitas, bahkan daging yang digunakan pun dari lokal. Rasanya yang sangat juara didapat dari racikan rempah-rempah yang telah menjadi ciri khas dari Coto Makassar ini sendiri. Anda bisa berkunjung mulai jam 7 hingga 6 sore, cukup siapkan Rp 12.000 saja Anda sudah bisa menikmati kuliner Coto Makassar di sini.

3. Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi
Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi
Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi via id.openrice.com
Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi merupakan tempat wisata kuliner di Makassar yang juga tidak kalah Hits, lokasinya berada di Jl. Gunung Lompobattang, Pisang Utara, Kec. Makassar, Kota Makassar – Sulawesi Selatan 90115.

Menu yang disediakan adalah Iga Bakar dan Sop konro Karebosi yang sudah sangat legendaris di Makassar. Rasanya semakin nikmat karena iga yang digunakan adalah Iga sapi kemudian dimakan bersama ketupat, waw, pasti sangat nikmat!

Ada juga Makanan unik yang tersedia di Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi ini, yaitu Konro Bakar dari Iga Bakar dan Sop Konro Karebosi yang bisa Anda cicipi hanya dengan Rp 30.000 saja. Kenikmatannya yang layar biasalah mampu membuat para turis silih berganti memenuhi tempat wisata kuliner ini.

4. Coto Gagak
Coto Gagak
Coto Gagak via tribunnews.com
Selanjutnya adalah Coto Gagak yang juga merupakan tempat kuliner di Makassar paling dicari. Lokasinya berada di Jl. Gagak, No. 27, Mariso, Kec. Makassar. 

Ternyata, tempat kuliner ini merupakan maestronya kuliner sebab telah berdiri sejak tahun 1970, dipastikan segala cita-rasanya sangat terjaga karena mampu bertahan dan bersaing dengan tempat kuliner lainnya yang tidak seusia Coto Gagak.

Karena sudah berpengalaman, tentunya Coto Gagak mempunyai menu andalan yang tidak bisa diragukan lagi kelezatannya, salah satunya adalah Coto Makassar dengan rasa khas. Coto Gagak ini buka selama 24 jam dengan harga menu mulai Rp 8.000 saja per porsinya.

5. Pisang Epe
Pisang Epe
Pisang Epe via idnews.co.id
Di Makassar memang terdapat banyak sekali wisata kuliner yang menyediakan makanan unik. Salah satunya adalah Pisang Epe yang bisa lokasinya berada di sepanjang pantai Losari Makassar. Di Pisang Epe ini Anda bisa menemukan olahan pisang bakar yang benar-benar enak. 

Bahkan sangat cocok untuk dikunjungi bersama kekasih maupun kerabat. Sambil makan, Anda bisa dengan leluasa menikmati pemandangan pantai nan indah, sehingga menambah nuansa romantis, sangat pas untuk teman menyantap pisang Epe.

Proses pembakaran pisang ini 2 kali, dan terdapat varian rasa seperti keju, coklat dan durian. Tidak perlu mahal-mahal, Anda hanya perlu menyiapkan Rp 6.000 saja untuk menikmati pisang Epe yang begitu manis. 

6. Mie Hengki
Mie Hengki
Mie Hengki via makassarkuliner.com
Mie Hengki merupakan tempat kuliner yang beralamat di Jl. Nusantara, No. 354, Makassar. Lokasinya mudah dijangkau dan sudah sangat populer bagi masyarakat lokal maupun luar kota.  Menu yang disediakan adalah Mie Kering Makassar. 

Mie Makassar adalah olahan Mie China dengan cita-rasa lezat. Mie-nya pun disajikan bersama cumi-cumi. Hati, jamur dan ayam yang membuatnya semakin lezat ditambah bumbu rempah-rempah yang menjadi resep rahasia olahan ini, pasti rasanya akan sangat luar biasa. 

Tempat ini buka mulai jam 7 hingga 12 malam, untuk seporsi mie-nya dihargai Rp 18.000 saja, loh!

7. Nasi Kuning Riburane
Nasi Kuning Riburane
Nasi Kuning Riburane via bintang.com
Tempat Wisata kuliner di Makassar yang selanjutnya adalah Nasi Kuning Riburane, yaitu tempat yang menjual nasi kuning. Lokasinya berada di Jl. Riburane, No. 11, Makassar, Sulawesi Selatan. 

Makanan ini hadir dengan porsi super jumbo, sehingga menjamin perut Anda kenyang, dan juga cocok untuk disantap beramai-ramai. Bahkan nasi kuning di sini bisa disebut Nasi Kuning komplit sebab dilengkapi dengan telur bebek, dendeng sapi, abon sapi, kentang manis dan rendang sapi, sehingga porsinya menjadi sangat banyak.

Karena kepopuleran menunya ini lah Nasi Kuning Riburane lalu mudah dikenal, harganya pun mulai Rp 15.000-an saja.

8. Coto Daeng
Coto Daeng
Coto Daeng via kulinersby.co.id
Tempat kuliner selanjutnya adalah Coto Daeng yang juga sudah terkenal dan enak di mata wisatawan lokal maupun asing. Lokasi Coto Daeng ini pun mudah di jangkau karena berada di Jl. Sultan Alauddin, No. 84 Tamalate, Kota Makassar. 

Coto Daeng merupakan salah satu tempat kuliner di Makassar yang sudah berdiri cukup lama, yaitu sejak 2006 lalu, karena sudah berpengalaman dan makanannya pun enak sehingga tempat ini masih mengudara hingga sekarang. Daging yang disucikan ke dalam Coto ini pun mempunyai tekstur empuk sehingga mampu membuat siapa saja ketagihan. 

Hampir sama dengan di tempat kuliner Coto lainnya, Coto Daeng pun juga disantap bersama ketupat. Dilengkapi pula dengan kuah kental yang membuat Coto Daeng ini menjadi luar biasa lezatnya. 

Tempat ini juga sangat bersahabat dan reccommended bagi Anda yang tidak ingin berboros-boros untuk sebuah makanan. Sebab, hanya mengeluarkan Rp 8.000 sana. Ada sudah kenyang dengan seporsi Coto Makassar di Coto Daeng ini.

9. Mie Awa
Mie Awa
Mie Awa via tripadvisor.co.nz
Mie Awa juga termasuk tempat kuliner yang menyediakan bermacam kuliner wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Makassar. Terlebih, rasa Mie Awa-nya yang sangat enak, pasti akan menggoyang lidah siapa saja. 

Lokasinya berada di Jl. Pattimura, No 19 Bulogading, Kec. Makassar, Makassar – Sulawesi selatan, lokasinya sangat strategis kok, jadi tidak akan sulit ditemukan.

Di sini, Anda akan menemukan Kuliner khas Makassar berupa Mie Kering. Namun jangan salah dulu, mie-nya tetap dilengkapi dengan kuah. Banyak yang mengungkap bahwa Mie yang ada di sini dihidangkan dengan kuah kental yang sangat lezat. Bahkan Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 15.000 saja untuk menyantapnya.

10. Coto Paraikatte
Coto Paraikatte
Coto Paraikatte via makasssarkuliner.com
Coto Paraikatte ini beralamat di Jl. Andi Pangeran Pettarani, No. 125 Rappocinu, Makassar. Sangat beruntung bagi Anda yang suka kuliner soto, karena di tempat ini juga menyediakan Coto Makassar dengan rasa lezat. Daging yang digunakan juga daging lokal empuk, ditambah dengan rempah-rempah pilihan sehingga menghasilkan rasa juara.

H. Nurdin Dg. Barang telah berhasil mendirikan Coto Paraikatte ini sejak tahun 1980, sampai saat ini. Tentu saja tempat kuliner ini masih aktif dan ramai dijajah oleh pengunjung dari segala kota. Untuk menikmati hidangannya, Anda bisa datang ke sini mulai pukul 8 pagi hingga 10 malam, tersedianya fasilitas seperti TV dan semuanya menunya kisaran Rp. 8.000 saja.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner di Makassar, memang kebanyakan menu yang disediakan adalah sup konro dan Coto Makassar yang memang sudah menjadi khas kota tersebut. Namun juga ada sebagian wisata kuliner yang menjual aneka menu lainnya.