PLARIUSMODIFIKASI101

10 Tempat Kuliner di Magelang yang Super Lezat dan Murah Meriah!

Friday, October 5, 2018
Selain terkenal dengan aneka budayanya, Kita Magelang juga mempunyai beragan kuliner yang tidak kalah menarik. Nah, bagi Anda yang hendak berlibur ke Magelang, berikut adalah daftar referensi kuliner di Magelang yang Super Lezat dan Murah:

1. Toko Bolu Ketan Mendut
Toko Bolu Ketan Mendut
Toko Bolu Ketan Mendut via boluketanmendut.com
Toko Bolu Ketan Mendut ini berada di Jl. Mayor Kusen, No. 47, Mendut, Mungkid, Magelang – Jawa Tengah. 

Tempat ini telah menjadi salah satu penyedia kuliner populer di daerah wisata Candi Borobudur, Candi Pawon dan Candi Mendut. Kuliner berupa bolu ketan ini biasa dijadikan buah tangan, tersedia beberapa varian rasa dari bolu ketan ini, yaitu original dan rasa stroberi.

Tidak hanya bolu ketan saja, juga tersedia kue chiffon ketan Mendut, Lapis Ketan Mendut yang dipanggang maupun dikukus, bolu gulung rainbow, bolu gulung batik dan brownies. Semuanya sangat terjangkau, loh, hanya berkisar antara Rp 20.000 sampai Rp 35.000 saja. 

Toko ini sudah berdiri sejak 2013, lokasinya sangat mudah ditemukan. Jam bukanya mulai dari pukul 07.00 sampai 21.00. lokasinya sekitar 200 meter sebelah selatan arah Candi Mendut.

2. Kupat Tahu Pak Slamet
Kupat Tahu Pak Slamet
Kupat Tahu Pak Slamet via travelingyuk.com
Kupat Tahu Pak Slamet ini berdiri di Jl. Tentara Pelajar, No. 8, Ngesengan, Cacaban, Magelang Tengah – Jawa Tengah.

Kupat Tahu Pak Slamet ini telah menjadi incaran Bagi para pemburu kuliner lokal. Cara penyajiannya adakah ditaruh di atas piring sedang berwarna putih, lalu diisi potongan tahu halus, ketupat, tempe bacem, kecambah, kubis, daun seledri, bakwan goreng dan bawang goreng. 

Ditambah kuah kacang yang telah digiling halus dan encer juga disajikan bersama ketupat tersebut. Ditambah cabai ulek yang diletakkan secara terpisah, yaitu di tepian piring, tentu akan membuat pengunjung tambah berselera karena rasa pedasnya. Tidak hanya olahan ketupat, juga ada ragam makanan ringan dan camilan lainnya, seperti sate udang, gorengan, pisang rebus, gula kacang, keripik dan aneka kerupuk. 

Warung ini buka dari pukul 08.00 sampai 21.00 WIB. Setiap porsi Kupat Tahunya dihargai Rp 15.000 saja. 

3. Nasi Goreng Mangelangan Pak Yatno
Nasi Goreng Mangelangan Pak Yatno
Nasi Goreng Mangelangan Pak Yatno via travelingyuk.com
Nasi Goreng Mangelangan Pak Yatno beralamat di Jl. Mayjen Bambang Soegeng, Kota Magelang – Jawa Tengah.

Magelangan bukanlah nama sebuah lokasi, melainkan sebuah nama populer untuk menyebut nasi goreng yang dimasak dicampuri mi, telur serta daging ayam. Meski beberapa orang akan merasa aneh dan tidak biasa, namun rasanya sangat enak dan membuat siapa saja ketagihan. Buktinya, telah banyak bermunculan nasi goreng Magelangan di kota-kota lainnya.

Di Warung Pak Yatno ini, seporsi nasi goreng Magelangan dibanderol seharga Rp 15.000 per porsi, harga tersebut terbilang murah karena Kedai Pak Yatno ini sudah populer bagi masyarakat sekitarnya. Tidak hanya nasi goreng, juga tersedia Mie rebus dan mi goreng dengan rasa khas Magelangan, yaitu agak manis. Tempat ini buka dari pukul 16.00 sampai 01.00 dini hari, tentu sangat cocok sebagai tujuan makan saat Anda lapar pada malam hari. 

4. Sop Senerek Banar
Sop Senerek Banar
Sop Senerek Banar via phinemo.com
Lokasinya berada di Jl. Soekarno Hatta 288, Mungkid, Kab. Magelang – Jawa Tengah.

Sop Senerek Banar menyediakan menu Sop Senerek atau Sop kacang merah yang merupakan kuliner khas Magelang. Sup ini memang beda dengan sup pada umunya karena dilengkapi dengan isian kacang merah, wortel, bayam, daun bawang dan daging sapi. Konon, Sup Senerek ini merupakan perpaduan budaya lokal dan belanda, loh. 

Sop Senerek Banar ini buka dari pukul 06.30 sampai 16.30 WIB, harga per porsinya hanya Rp 15.000 saja. Bahkan, pengunjung bisa menikmati sop Senerek di areal persawahan hijau, tentu akan menambah kelezatan rasa Sop unik ini. Tersedia juga menu lainnya seperti nasi pecel daging sapi, brongkos daging, tahu dan tempe bacem, nasi pecel , dan nasi Lombok ijo daging. 

Untuk makanan pendampingnya, Anda bisa memilih perkedel daging, tahu atau tempe bacem, aneka sate seperti sate usus, sate daging, sate jeroan sampai gorengan. 

5. Warung Beong Asli Borobudur 
Warung Beong Asli Borobudur
Warung Beong Asli Borobudur  via plus.google.com
Lokasinya berada di Jl. Jenderal Soedirman 444, Borobudur, Magelang – Jawa Tengah.

Memang saat berkunjung ke Borobudur, tidak lengkap rasanya apabila belum mencicipi kuliner di sekitar area wisata tersebut. Salah satunya adalah Warung Beong Asli Borobudur yang menyediakan kuliner khas daerah yaitu Mangut Beong. Bahan utama dari makanan ini adakah ikan Beong, yaitu ikan air tawar yang endemis hidup secara alami di Sungai Progo.

Ikan Beong memiliki warna hitam  serta kumis yang melintang panjang seperti ikan lele. Namun, bagian ekornya hampir mirip dengan bandeng. Di wilayah lain, ikan ini dikenal dengan nama Ikan Baung.

Harga ikan Beong yang dimasak dengan bumbu mangut di Warung Beong Asli Borobudur ini dihargai Rp 20.000 sampai Rp 70.000, tergantung besar-kecil ikannya. Bumbu mangutnya sangat lengkap seperti gulai dan diperlengkapi dengan potongan cabai rawit merah. Warung ini buka mulai jam 08.00 sampai 20.00 WIB. Di sini juga tersedia olahan ikan lele, nila, belut dan gabus. Cocok sekali bagi Anda pencinta kuliner ikan.

6. Brongkos Warung Ijo Mbak Prih
Brongkos Warung Ijo Mbak Prih
Brongkos Warung Ijo Mbak Prih via foody.id
Lokasinya berada di Jl. Magelang KM 17, Ngebong, Margorejo, Magelang.

Warung ini memiliki nuansa hijau karena memang didominasi warna hijau, letaknya 1 KM sebelum jembatan Krasak, yaitu dari arah Yogyakarta ke Magelang. Warung ini disebut legendaris karena sudah ada sejak tahun 1952, nama pendirinya adalah Bu Padmo.

Menu yang menjadi andalannya Berongkos Daging Sapi. Sekilas hampir mirip rawon karena memiliki kuah kecokelatan namun disertai santan kental lalu dipermanis dengan gula kelapa. Di Warung Hijau Mbak Prih ini berongkosnya terdiri dari tetelan ,kotoran, daging sapi yang disantap kental lalu ditambahi keluak. 

Sayur polong-nya terdiri dari kacang polong dan tahu putih yang dimasak dengan santan tanpa keluak, dan disajikan secara terpisah. Perpaduan dari brongkos dan sayur toko ini begitu nikmat. Harganya berkisar Rp 35.000-an saja. Menu lainnya adalah babat, iso goreng, jengkol, empal goreng, tumis cabai hijau, dan sambal goreng petai yang bisa disantap dengan harga Rp 15.000 sampai Rp 20.000. untuk minumannya berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 15.000.

7. Tahu Pojok Magelang 
Tahu Pojok Magelang
Tahu Pojok Magelang  via travel.kompas.com
Lokasinya berada di Jl. Tentara Pelajar, No. 14, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Warung ini buka antara jam 09.30 sampai 21.00 WIB. Termasuk tempat kuliner legendaris karena telah berdiri sejak 1942.  Kenikmatan kulinernya didapat dari potongan tahu, taoge, kol, seledri serta potongan bakwan yang hanya dibanderol Rp 13.000 saja. Tersedia juga rempeyek kacang di meja makan yang bisa Anda cicipi dengan harga Rp 2.000 sampai Rp 5.000. 

8. Dapoer Gending
Dapoer Gending
Dapoer Gending via travelingyuk.com
Lokasinya berada di Jl. Pamudya Wardhani, No. 19, Borobudur, Magelang – Jawa Tengah.

Makanan utama yang disajikan adalah Ayam negeri ataupun kampung, ikan nila dan gurami. Semua olahannya sangat enak dan harganya murah.  Dapoer Gending ini buka mulai jam 10.00 sampai 21.00 WIB.

Paket ayam geprek yang super lezat hanya seharga Rp 11.000 saja. Pilihan paket lainnya adalah nila bakar dan ayam kampung bakar. Sedangkan untuk sayurnya ada capcay, cah kangkung, cah brokoli dan jamur asam manis yang semuanya enak. Ada juga camilan berupa kentang goreng dan jamur Crispy seharga Rp 6.000 saja. 

9. Gudeg Pawon
Gudeg Pawon
Gudeg Pawon via makanmakan.com
Lokasinya di Jl. Janturun No 35, Warungboto, Magelang. 

Gudang Pawon ini sudah sangat terkenal, terutama sebagai kuliner malam hari. Jam buka tempat ini pukul 22.000 sampai 24.000 WIB. Antreannya selalu panjang bahkan tak jarang sering kehabisan makanan. 

Nasi gudeg, krecek, telur dan ayam kampungnya dimasak menggunakan tungku. Warung ini sudah ada sejak tahun 1958, di sininjya menyediakan gudeg basah serta lauk berkuah segar lainnya harga untuk seporsi gudeg hanyalah Rp 25.000 saja dan minumannya Rp 5.000 per gelas.

10. Paksi Coffe House  
Paksi Coffe House
Paksi Coffe House via travelingyuk.com
Lokasinya berada di Jl. Badrawati, Ngaran I, Borobudur, Magelang – Jawa Tengah. Tempat ini juga cocok dijadikan area nongkrong sembari makan. Nuansanya sangat khas Jawa tengah karena diisi perabotan yang mirip Rumah joglo, ala-ala vintage gitu pokoknya. Memang benar, karena Paksi Coffe House merupakan tempat makan sekaligus Cafe yang mengangkat tema Tempo dulu. Sangat romantis dan cocok untuk bernostalgia, bukan?