PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Kuliner di Malang dengan Harga Murah Nan Menggoyang Lidah

Tuesday, October 9, 2018
Alasan untuk berlibur ke kota Malang adalah karena destinasi wisatanya yang sangat indah, namun akhir-akhir ini, Malang telah menjadi tujuan banyak pemburu kuliner untuk mendapatkan pengalaman berkuliner yang baru. 

Saat ke Malang, jangan lupa untuk mengunjungi tempat kuliner terbaik dengan harga murah yang mampu menggoyang lidah, seperti berikut ini:

1. Bakso President
Bakso President
Bakso President via satyawinnie.com
Bakso President merupakan tempat kuliner di Kota Malang yang cukup legendaris dan kerap dikunjungi oleh para wisatawan luar daerah. Di Bali President ini, Anda bisa menikmati bersama olahan bakso Malang dengan rasa juara. Jika Anda penikmat bakso bakar yang lagi hits, di Bakso President ini juga menyediakannya. Bahkan bakso bakarnya diolah dengan bumbu khas, ada juga bakso dengan jeroan dan bakso original.

Lokasinya berada di Jl. Batanghari, No. 5, Malang. Tempatnya persisi di pinggir rel kereta, sehingga saat ada kereta yang lewat, Anda bisa merasakan sensasi getaran cukup kuat. 

Jam bukanya mulai pukul 08.00 – 21.30. untuk akhir pekan, disarankan Anda datang lebih pagi karena akan sangat ramai bila sampai kesiangan. Harga yang dipatok mulai Rp 10.000 sampai Rp 25.000 per porsi. 

2. Pecel Kawi
Pecel Kawi
Pecel Kawi via ngalam.co
Pecel Kawi merupakan tempat kuliner yang menyediakan makanan khas Jawa Timur. Rasa Pecel di Pecel Kawi ini memang terkenal kelezatannya, apalagi melihat di Malang, Pecel sudah berkembang sangat pesat dan telah menjadi makanan favorit. 

Lokasinya berada di Jl. Kawi, dekat perempatan arah Jl. Besar Ijen. Termasuk legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1975, dan hingga sekarang tetap menyediakan Pecel yang autentik, lengkap dengan beragam lauk-pauknya.  Anda bisa memilih berbagai lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, jeroan sapi, dan empal yang digoreng garing sehingga memberikan rasa renyah. 

Tidak hanya pecel saja yang disediakan, namun ada juga menu sarapan pagi seperti rawon, lodeh dan jenis makanan tradisional lainnya. Harga yang dibanderol cukup bervariasi, terbantu apa yang dipesan. Namun, untuk pecelnya tidak akan sampai Rp 20.000 per porsi. 

3. Hok Lay
Hok Lay
Hok Lay via malang.merdeka.com
Kuliner di Malang memang sangat beragam, mulai yang tradisional sampai Tionghoa pun ada. Di salah satu sudut kota malam, ada sebuah kedua tradisional yang telah melegenda. Tepatnya di Jl. K.H Ahmad Dahlan, No. 10. Disebut melegenda karena telah dibuka sejak 1946, Hok Lay ini menyajikan kuliner super autentik yang murah dan lezat. 

Di Hok Lay, ada 3 jenis menu yang telah menjadi ciri-khas tempat ini dan sudah berteman selama 70 tahun.  Yang pertama adalah Cwiemie yang pengolahannya sangat presisi dan Lumpia. Cwemie-nya hadir dengan kuah gurih serta Mie yang lembut. Ditambah juga topping yang menyatu sempurna dengan kuahnya, rasanya sungguh-sungguh nikmat. 

Sedangkan untuk Lumpia khas Hok Lay, rasanya juga juara. Sebab, satu lumpia berisi dua jenis Lumpia goreng dengan isi ayam dan rebung.  Ditambah dengan acar dan sausnya yang juga khas. 

Selanjutnya ada lumpia khas Hok Lay yang rasanya tidak perlu diragukan lagi. Satu porsi lumpia berisi dua lumpia goreng dengan isian ayam dan rebung yang tidak mengeluarkan bau. Lumpia ini memiliki rasa sama seperti yang ada di Semarang meski saus dan acarnya cukup khas.

4. Soto Geprek Mbah Djo
Soto Geprek Mbah Djo
Soto Geprek Mbah Djo via pinterest.com
Lokasinya berada di Jl. M. T. Haryono dan buka pada pukul 08.00 sampai 18.00. soto yang disajikan sangat nikmat, perpaduan bumbu rempah serta empuknya daging akan menambah kesempurnaan rasa Soto Geprek dari Mbah Djo ini. 

Buka pada pukul 08.00-18.00, Soto Gebrak Mbah Djo yang terletak di Jalan M.T. Haryono ini menyajikan soto yang sangat nikmat. Perpaduan bumbu yang penuh rempah serta empuknya daging yang digunakan akan membuat siapa saja ketagihan dan ingin datang lagi ke tempat kuliner Malang yang buka sejak tahun 1936 ini.

Selain menjual soto daging dan juga ayam yang rasanya enak dan sudah melegenda, kedai ini juga menjual aneka kuliner tradisional. Anda bisa membeli pecel, nasi ayam penyet, nasi gurami, bakso, dan aneka minuman seperti jus dan teh. Harga satu porsi soto di sini berkisar Rp20.000-an lengkap dengan minumannya.

Dinamai “Geprak” sebab dahulu Mbah Djo sering menggeprak meja saat memotong daging. Karena kebiasaannya itulah, daging yang dihasikkan sangatlah empuk  dan akhirnya kedai ini dinamai Soto Geprak dan masih beroperasi hingga sekarang. 

5. Hot Cui Mie
Hot Cui Mie
Hot Cui Mie via ngalam.co
Nah, beda lagi dengan di Hot Cui Mei ini, di sini tersedia makanan khas Malang yang sudah dikenal masyarakat luas, yaitu Cwiemie atau Cui Mei. Cui Mei merupakan olahan mie yang diolah dengan cara tradisional dan telah banyak bermunculan di kota Malang. Namun, yang paling menjadi nilai tambah adalah Hot Cui Mie ini mempunyai rasa lezat, hal tersebut terbukti karena tempat ini selalu ramai setiap hari, jam bukanya mulai pukul 10.00 sampai 22.00. lokasinya berada di kawasan Jl. Kawi Atas di sebuah ruko kecil.

Namun, untuk hari libur, lebih Anda datang lebih awal sebab untuk menghindari antre lama. Hidangannya pun beragam, loh. Ada aneka olahan mie dengan beragam pilihan topping dan dibanderol mulai Rp 20.000-an saja. Selain mie, Anda bisa mencicipi kwetiau, hot plate dan nasi goreng yang sama lezatnya. Bahkan, di sini juga tersedia Mie dengan mangkuk kulit pangsit yang gurih dan bisa dimakan.

6. Toko Oen
Toko Oen
Toko Oen via rinaldimunir.wordpress.com
Toko Oen merupakan tempat kuliner yang berada di Jl. Basuki Rahmat, kurang 50 meter dari alun-alun.  Tempat ini menyediakan beraneka sajian kuliner khas Eropa yang resepnya sudah sangat legendaris, maksudnya, tidak pernah berubah dari dulu.

Karena resepnya yang masih mengakar dan cita-rasa yang tetap berkualitas sejak dulu, maka jangan heran jika tempat ini sangat terkenal. Anda bisa menyantap aneka es kirm buatan tangan para Chef yang ahli, rasanya pun sangat nikmat meski harganya memang lebih mahal daripada es kirim pada umunya. 

Ada banyak olahan es krim di sini, bahkan Anda bisa memilih es krim rasa cokelat atau vanila, atau bisa dengan mengombinasikan beberapa rasa langsung. Alasan lain tempat ini selalu ramai pengunjung, terutama bule, karena juga terdapat aneka nasi goreng khas Malang, kudapan manis dan Steak daging pilihan.

Tidak banyak sajian kuliner Eropa kuno-nya  saja yang juara, namun desain interior yang dipakai Toko Oen ini tidak kalah menarik, karena bangunan yang dibuka pada tahun 1920 ini akan memberikan nuansa klasik bagi para pengunjungnya. 

7. Mie Gajah Mada
Mie Gajah Mada
Mie Gajah Mada via jokjaku.wordpress.com
Selanjutnya adalah Mie Gajah Mada yang kelezatannya tak pernah digerus waktu, meski usianya telah berpuluh tahun, namun masih saja eksis dalam memanjakan lidah para pelanggannya yang sering datang dari luar kota, seperti Jakarta maupun Surabaya. 

Lokasinya berada di Jl. Pasar besar 17A Malang, yaitu di salah satu Pujasera Mall Gajah Mada yang merupakan pusat perbelanjaan paling tua di Malang.

8. Ronde Titoni
Ronde Titoni
Ronde Titoni via amazingmalang.com
Lokasinya berada di Jl. Zainul Arifin, Malang. Sangat cocok dikunjungi saat udara Malang berubah dingin. 
Kedai yang telah berdiri sejak 1948 ini memang g terbilang kecil, namun rasa semangkuk wedhang ronde-nya benar-benar sangat segar. 

Ada 2 pilihan ronde, yaitu ronde kering dan basah. Saelai. tumbukan jahe, terdapat bola ketan yang diisi kacang. Waaah, pasti lezat sekali, ya? 

9. Bubur Ayam Agus
Bubur Ayam Agus
Bubur Ayam Agus via foody.id
Bubur Ayam memang bisa Anda temukan di berbagai tempat, namun, olahan Bubur Ayam Agus ini berbeda dan memiliki khas yang terus turun-turun. 

Letaknya di Jl. Simpang Wilis, No. 4, Malang. Bubur ayamnya hadir dengan tekstur yang lembut, ditambah topping berupa suwiran ayam, bawang goreng, daun bawang  serta seledri. 

Di kedai ini juga menjual bakso, olahan mie dan Lumpia. Harga per porsinya hanya Rp 25.000 saja. 

10. Pos Ketan Legenda
Pos Ketan Legenda
Pos Ketan Legenda via iklantravel.com
Dibuka pada tahun 1967, Pos Ketan Legenda ini berada di beberapa meter dari alun-alun Batu, lokasinya yang sangat strategis membuat tempat ini hampir tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan ada yang rela antre. Tempat ini buka pukul 10.00 sampai 02.00 pagi, sehingga cocok untuk dijadikan area nongkrong. 

Tersedia mulai dari ketan original, ketan coklat dan ketan durian yang semuanya berkisar Rp. 10.000 saja, loh.