PLARIUSMODIFIKASI101

8 Tempat Wisata Terbaik di Mojokerto yang Wajib Anda Kunjungi

Monday, October 1, 2018
Saat mengunjungi kota Mojokerto, tentu banyak sekali pilihan tempat berlibur untuk Anda, terutama tempat wisata bersejarahnya. Dan tentunya bukan hanya tempat wisata bersejarah, karena ternyata banyak juga jenis obyek wisata lainnya. Mulai dari obyek wisata alam, wisata religi, wisata budaya dan lainnya. Nah, bicara mengenai obyek wisata Mojokerto, berikut ini kami pilihkan destinasi wisata terbaik yang kami rekomendasikan untuk anda. Daftar Obyek Wisata Terbaik di Mojokerto yang Wajib Anda Kunjungi

1. Museum Trowulan
Museum Trowulan
Museum Trowulan via situsbudaya.id
Jika anda ingin berwisata sambil belajar sejarah, ada baiknya anda berkunjung ke Museum Trowulan. Museum Trowulan adalah salah satu tempat wisata bersejarah di Mojokerto yang terletak dikanan jalan Simpang Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Saat ini museum ini lebih dikenal dengan Museum Majapahit, yang diambil dari nama kerajaan besar yang sempat berjaya di kawasan ini. 

Museum Trowulanmerupakan museum yang cukup luas dan memiliki koleksi peninggalan sejarah dari beberapa kerajaan di Jawa Timur, terutama kerajaan Majapahit. Kurang lebih 80.000 peninggalan disimpan dan dijaga di museum ini. Diantaranya yaitu prasasti, senjata tradisional, artefak, arca, relief, serta uang gepeng yang digunakan untuk transaksi pada zaman dahulu. 

Di sini, anda akan menemukan Arca Raja Airlangga. Arca yang menggambarkan kisah Raja Airlangga mengendarai Garuda ini merupakan arca paling terkenal di museum Trowulan. Selain itu, di museum ini terdapat patung Ampelgading Malang yang mengisahkan tentang Samodramanthana.

Museum ini buka pada hari Senin-Sabtu mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB. Namun, untuk hari Jumat museum hanya beroperasi sampai jam 11.30 dan di hari Sabtu museum tutup pada pukul 13.30. 

Harga tiket masuk museum ini pun cukup murah. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp2.500 untuk dewasa dan Rp1.500 untuk pelajar atau anak-anak, Anda sudah bisa menikmati fasilitas yang ada di museum.

2. Candi Tikus
Candi Tikus
Candi Tikus via halaqahsejarah.blogspot.com
Candi Tikus adalah sebuah salah satu dari banyak peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit yang terletak di dukuh Dinuk, desa Temon, kecamatan Trowulan, kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Nama Candi Tikus ini mungkin terdengar unik bagi Anda. Dikenal dengan sebutan Candi Tikus karena diketahui bahwa dulunya, tempat ini adalah sarang tikus, loh! Bentuk bangunan candinya pun juga sangat berbeda jika dibandingkan dengan candi-candi pada umumnya, dimana Candi Tikus ini letaknya di bawah permukaan tanah. Benar-benar seperti rumah tikus, ya! 

Selain dapat melihat langsung keindahan Candi Tikus dan belajar sejarahnya, Anda juga bisa bersantai di taman yang luas dan sangat bagus untuk berfoto. Cocok untuk liburan bersama keluarga, teman, maupun pacar.

Untuk tiket masuknya, Anda tidak perlu khawatir karena biaya masuk Candi Tikus ini gratis! Tetapi, sebelumnya Anda harus mengisi form pengunjung dulu dan untuk biaya administrasi seikhlasnya saja. Biaya parkir cukup sediakan Rp.2.000 saja.

3. Candi Jolotundo
Candi Jolotundo
Candi Jolotundo via ged3ditrawas.blogspot.com
Candi Jolotundo merupakan salah satu tempat bersejarah yang menjadi saksi betapa cintanya Raja Udayana terhadap anaknya, yaitu Prabu Airlangga. Candi Jolotundo ini memiliki struktur bangunan yang cukup megah. Anda bisa membukikannya sendiri saat berkunjung ke sana.

Candi Jolotundo ini terletak di lereng gunung Penanggungan, tepatnya di Desa Seloliman, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Sesampainya di  Candi Jolotundo, Anda akan disambut dengan pemandangan alam dan udara khas pegunungan yang dapat melepaspenatAnda akibat perjalanan yang cukup melelahkan.

Terdapat sesuatu yang unik dari candi satu ini, yakni Candi Jolotundo memiliki mata air yang tidak pernah kering meski musim kemarau tiba. Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan segarnya berendam di kolam pemandian Candi Jolotundo. Terdapat dua kolam pemandian yang disediakan, yaitu satu khusus untuk laki-laki dan satu lagi khusus untuk perempuan. Menurut mitos, jika Anda mandi di kolam tersebut, maka wajah Anda akan terlihat lebih tampan dan cantik serta berseri-seri layaknyapunggawa Kerajaan Majapahit.

Selain bisa merasakan segarnya air di tempat pemandian, Anda juga bisa melihat terdapat ratusan ikan yang hidup di dalam kolamnya. Tetapi jangan sampai berani mengambil atau membawa pulang ikan-ikan tersebut, ya! Karena menurut informasi yang beredar, jika  Anda mengambil ikan yang terdapat di pemandian itu, akan ada bencana menimpa Anda. 

Untuk harga tiket masuk Candi Jolotundo, hanya dibandrol seharga Rp. 10.000 saja untuk dewasa dan Rp. 7.500 untuk anak-anak. Cukup terjangkau, bukan?

4. Patung Budha Tidur
Patung Budha Tidur
Patung Budha Tidur via dolenku.blogspot.com
Mungkin Anda mengira Patung Budha Tidur hanya bisa dijumpai di negara Thailand ataupun Myanmar. Namun siapa sangka, Anda juga bisa melihatnya langsung di kota Mojokerto tanpa harus jauh-jauh ke luar negeri. Dengan panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter, Patung Budha Tidur ini termasuk patung terbesar ketiga di Dunia, lho!

Obyek Wisata Patung Budha Tidur ini terletak di Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Dari kantor polisi atau kantor Kecamatan Trowulan, akan ada pertigaan.Dari pertigaan tersebut, Anda belok kiri dan lurus terus melewati perkampungan.Disana akan ada pertigaan pertama, belok kiri. Dan sampailah Anda di kompleks Vihara tempat Patung Budha Tidur berada. 

Di dalam Vihara, Anda bisa melihat bangunan-bangunan tempat ibadah dengan aroma khas dupa. Pengunjung  juga bisa masuk ke dalam kompleks Patung Budha Tidur dan mengabadikan momen di sana. Namun, tetap jaga kesopanan ya, mengingat tempat ini adalah tempat ibadah.

Selain Patung Budha Tidur, terdapat juga miniatur Candi Borobudur. Masih di sekitar kompleks Vihara, terdapat pohon berbuah seperti kelengkeng namun lebih besar. Jika ingin mencoba, jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu kepada warga setempat di sekitar Vihara, ya!

Untuk harga tiket masuknya, cukup membayar Rp.2.000 saja per orang dan parkir motor dikenakan biaya Rp.2000 per kendaraan. Dengan harga semurah itu, Anda sudah bisa melihat kemegahan Patung Budha Tidur dan fasilitas lainnya.

5. Pemandian Air Panas Padusan
Pemandian Air Panas Padusan
Pemandian Air Panas Padusan via hargatiketmasuk.info
Setelah puas berkunjung di tempat-tempat wisata bersejarah di Mojokerto, tak ada salahnya jika Anda mampir di pemandian air panas Padusan.Pemandian air panas Padusan ini terletak di kaki gunung Welirang, tepatnya di Padusan, Pacet, Mojokerto.

Saat tiba disana, Anda akan disambut dengan pemandangan desa dan perkebunan Pacet yang asri. Berada tepat di kaki gunung membuat suhu di sana sangat sejuk dan memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Sehingga ada baiknya jika Anda berbekal jas hujan atau payung agar tidak basah.

Terdapat dua jenis kolam yang bisa anda coba di Pemandian Air Panas Padusan. Kolam pertama merupakan kolam air dingin yang mempunyai kedalaman mulai dari 1 m hingga 2,5 m. Kolam kedua adalah kolam air panas yang mengandung belerang yang sangat baik bagi kesehatan Anda. Kolam air panas ini juga memiliki tingkat kepanasan yang beragam.

Selain bisa menikmati pemandian di kaki gunung, Anda juga bisa mengelilingi tempat wisata dengan naik kuda. Atau jika tertarik dengan dunia outbond,Anda juga bisa menemukannya di sini. Untuk membeli oleh-oleh khas Mojokerto, tak perlu berjalan jauh karena di sekitar tempat wisata ini ada banyak sekali pedagan yang menjual oleh-oleh khas Mojokerto dan buah-buahan serta sayur-sayuran segar hasil perkebunan.

Cukup mudah untuk menjangkau tempat wisata ini, bisa Anda tempuh dengan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil. Selain tempatnya yang mudah dijangkau, harga tiket masuknya pun terbilang murah. Anda hanya perlu membayar sebesar Rp.12.500 per orang untuk masuk kawasan wisata dan Rp.10.000 untuk masuk area kolam renang dan kolam air panas. 

Untuk hari Senin-Kamis, wisata ini buka pada pukul 08.00 WIB-16.00 WIB dan buka 24 jam untuk hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Sewa parkir hanya dikenakan biaya sebesar Rp.3000 untuk mobil dan Rp.2000 untuk motor.

6. Air Terjun Grenjengan
Air Terjun Grenjengan
Air Terjun Grenjengan via sinyoureh.blogspot.com
Air Terjun Grenjengan adalah salah satu tempat wisata alam di Mojokerto yang layak Anda kunjungi sebelum kembali ke kota. Air terjun yang terletak di Desa Padusan, Pacet, Mojokerto ini masih satu wilayah dengan Pemandian Air Panas Padusan. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mampir sebentar menikmati keindahan alam di Air Terjun Grenjengan.

Sama seperti Pemandian Air Panas Padusan, Air Terjun Grenjengan initerletak di lereng Gunung Welirang. Di sekeliling air terjun, terdapat pepohonan rimbun di  yang menambah sejuk udara sekitar. Selain itu, airnya pun sangat menyegarkan sehingga tidak sedikit pengunjung yang menyempatkan bermain air di sana.

Untuk menuju ke Air Terjun Grenjengan sangatlah mudah. Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 800 meter dari Pemandian Air Panas Padusan. Selama berjalan Anda akan ditemani indahnya hutan pinus.

Untuk tiket masuk air terjun, jika sudah memasuki wilayah Pemandian Air Panas Padusan, Anda cukup membayar Rp8.500 saja per orang.Jangan lupa siapkan juga payung dan jas hujan karena curah hujan di sini cukup tinggi.

7. Gunung Penanggungan
Gunung Penanggungan
Gunung Penanggungan via youtube.com
Jika Anda suka mendaki, Gunung Penanggungan adalah pilihan yang tepat bagi Anda selama berlibur di kota Mojokerto. Gunung Penanggungan ini terletak di kecamatan Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur. Pegunungan ini menawarkan pesona alam yang indah dan sedap dipandang mata. 

Keindahan alamnya yang mempesona menjadikan Gunung Penanggungan sangat cocok untuk mengisi liburan Anda. Selain itu, di sana Anda bisa singgah ke beberapa candi peninggalan kerajaan yang letaknya masih di sekitar kawasan tersebut. Usut punya usut, Gunung Penanggungan ternyata dijuluki sebagai anak Gunung Semeru, loh! Karena mempunyai puncak gunung yang gersang seperti Gunung Semeru.

Konon katanya, gunung ini dianggap sebagai tempat suci bagi warga sekitar dan hingga saat ini, Gunung Penanggunganjuga diketahui punya nilai sejarah yang tinggi karena dapat Anda temui bangunan-bangunan peninggalan kerajaan jaman dahulu di sepanjang lereng gunung. 

8. Joglo Park
Joglo Park
Joglo Park via indah-haya.blogspot.com
Joglo Park Pacet menyajikan berbagai wahana air terlengkap di Mojokerto yang terletak tidak jauh dari kabupaten Mojokerto yaitu di Jalan Raya Pacet.

Joglo Park mempunyai berbagai fasilitas permainan yang bisa anda nikmati bersama keluarga seperti ATV, Family Slide, Play Ground, Flying Fox, dan masih banyak lagi. Selain itu juga disediakan Mushola bagi pengunjung yang ingin beribadah,kamar mandi, rumah makan joglo serta pusat oleh-oleh.

Untuk tiket masuk, terdapat dua pilihan. Paket pertama yang menawarkan fasilitas semua wisata air, dibandrol dengan harga Rp.30.000 per orang. Sedangkan paket kedua menawarkan semua fasilitas yang tersedia di Joglo Park termasuk fasilitas di paket satu, yang dibandrol dengan harga Rp.50.000 per orang.

Nah, itu tadi diatas beberapa tempat wisata terbaik yang bisa anda kunjungi saat berlibur di Mojokerto. Sudah siap untuk berlibur?