PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Wisata Terbaik di Solok, Sumatera Barat

Tuesday, October 30, 2018
Perlu diketahui, Solok merupakan sebuah kota yang masuk wilayah administratif provinsi Sumatera Barat. Kota yang terkenal dengan daerah penghasil beras ini berada di ketinggian 329 meter - 1.458 meter di atas permuakaan laut. Hal tersebut yang menjadikan kota Solok memiliki hawa dingin dan pemandangan yang sangat indah. Jarak tempuh kota Solok ke kota Padang yaitu sekitar 40 kilometer.
Dan tahukah anda, selain daerah penghasil beras, nyatanya Solok juga memiliki banyak objek wisata alam dengan keindahan luar biasa. Penasaran? Obyek wisata pilihan yang ada di Solok Sumatera Barat

1. Danau Singkarak
Danau Singkarak
Danau Singkarak via wisatasumatera.com
Objek wisata pertama adalah danau Singkarak. Lokasi danau berada di X Koto Singkarak, Solok. Dengan background bukit-bukit yang berbaris-baris disepanjang pinggiran danau, membuat Danau Singkarak memiliki pemandangan alam yang begitu eksotis. Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di provinsi Sumatera, yaitu dengan luas 107,8 kilometer.

Para pengunjung yang datang akan sering meilhat sampan milik nelayan untuk mencari ikan yang berada di sekitar area danau ini. Banyaknya pepohonan menjadikan area di sekitar danau ini pun menjadi pemandangan hijau nan cantik dan berhawa sejuk. Di danau Singkarak sering diadakan ajang balapan sepeda bergengsi dunia yaitu Tour de Singkarak. Berbagai fasilitas dan akomodasi lengkap juga dimiliki danau ini, seperti tempat makan yang menawarkan makanan khas Sumatera Barat yaitu ikan Bilih serta penginapan dan hotel. Hotel yang ditawarkan di sekitar area danau dengan harga beragam, juga menjadi nilai plus dari Danau Singkarak. 

2. Danau Kembar
Danau Kembar
Danau Kembar via jejakpiknik.com
Objek wisata danau berikutnya di kota Solok adalah Danau Kembar. Sebenarnya, danau ini merupakan julukan dua buah danau yang terpisah, tetapi memiliki kondisi alam yang sama. Biasanya kedua danau yang berjarak hanya sekitar 300 meter ini disebut Danau Ateh dan Danau Bawah. Lokasi danau Kembar terletak di Alahan Panjang atau lebih tepatnya Danau Ateh berada di pinggir jalan Padang - Muara Labuh dan Danau bawah di nagari Bukit Sileh, Kecamatan Lembang jaya. Danau Kembar bisa Anda tempuh sekitar 60 kilometer dari Kota Padang. Uniknya, Danau Ateh terletak di bawah dan danau bawah terletak di atas.

Danau Ateh menjadi lokasi wisata utama di Solok karena danau ini memiliki pesona alam yang asri dengan udara yang sangat sejuk. Selain itu, di danau ini terdapat dermaga speed boat yang menawarkan kapal sewaan dengan harga yang cukup terjangkau. Para pengunjung yang ingin berkeliling melihat dan menikmati danau Ateh wajib menaiki kapal ini. Fasilitas lain yang disediakan di danau ini, diantaranya terdapat taman Panorama yang menjadi spot terbaik untuk menikmati danau Kembar. Tak hanya itu, terdapat pula restoran dan kafe bagi pengunjung yang ingin bersantai setelah berkeliling di sekitar danau sembari mengisi perut yang lapar. Sementara di Danau Bawah dikelilingi oleh perbukitan hijau dan udaranya dingin. Biasanya pengunjung menikmati pemandangan Danau Bawah dari kejauhan. 

3. Danau Talang
Danau Talang
Danau Talang via flickr.com
Objek wisata selanjutnya juga masih dengan danau yaitu Danau Talang. Letak danau ini berada di Kampung Batu Dalam, tepatnya di kaki Gunung Talang. Karena letaknya yang berada di Gunung, membuat danau ini memiliki pemandangan yang sangat spektakuler. Selain indah dipandang mata, Danau Talang masih sangat asri karena dikelilingi desa yang bersahaja. Tak hanya itu, Danau Talang ini juga dianggap sebagai danau pribadi karena suasananya yang terasa hening dan jauh dari keramaian. Walaupun akses menuju danau ini cukup jauh, bahkan ada yang belum diaspal, tetapi pemandangan menuju ke area danau ini dapat membayar semua perjuangan Anda menuju kesana. Semua rasa lelah Anda akan terbayar ketika menyaksikan pemandangan yang indah dan spektakuler tersebut. 

4. Pemandian Air Panas Bukit Gadang 
Pemandian Air Panas Bukit Gadang
Pemandian Air Panas Bukit Gadang via aet.co.id
Wisata selanjutnya yang ada di Solok adalah pemandian Air Panas Bukit Gadang. Lokasi pemandian Air Panas Bukit Gadang berada tak jauh dari Gunung Talang, tepatnya di desa Air Batumbuk, kecamatan Lembang Jaya, Gunung Talang. Air pemandian di sini berasal dari air kaki Gunung Talang, Air pemandian di sini dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, di antaranya penyakit kulit, rematik serta mempelancar aliran darah. Selain itu, berendam di dalam air pemandian ini dapat melepas penat dan letih Anda. Untuk masuk ke pemandian yang cukup bersih dan nyaman ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,- pada siang hari dan Rp 10.000,- pada malam hari.

5. Puncak Bukit Cambai
Puncak Bukit Cambai
Puncak Bukit Cambai via raunsumatera.com
Destinasi wisata selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah puncak Bukit Cambai. Puncak Bukit Cambai terletak di Nagari Simpang Tanjung Nan IV, kecamatan Danau Kembar. Berada tepat di atas ke 4 Danau yang terkenal di Kota Solok, yaitu danau Singkarak, danau Kembar (danau Ateh dan danau Bawah) dan Danau Talang. Jika cuaca cerah, maka dari atas Puncak Bukit Cambai Anda bisa melihat pesona dari 4 danau tersebut. Tak hanya itu, dari jalan raya puncak Bukit Cambai terlihat berbentuk bukit seperti bukit Teletubbies. Puncak bukit ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk trekking dengan tingkat kesulitan rendah. Salah satu tradisi penduduk lokal yang ada di kawasan ini adalah berburu. Pada akhir pekan, mereka memburu babi hutan dengan ditemani anjing yang terlatih. Selain itu, udara di Puncak Bukit Cambai ini sangat segar dan menyejukkan. 

6. Kebun Teh Alahan Panjang Solok 
Kebun Teh Alahan Panjang Solok
Kebun Teh Alahan Panjang Solok via fhiaft.blogspot.com
Tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi oleh para pencinta panorama alam selanjutnya adalah Kebun Teh Alahan Panjang Solok. Kebun teh ini berada di jalan menuju danau Kembar, lebih tepatnya di Alahan Panjang, kabupaten Solok. Para pengunjung akan menemukan beberapa spot yang tidak akan ada bosan-bosannya jika dinikmati, seperti tiga air terjun yang berada di pinggir jalan raya dan amparan kebun teh di sisi kiri kanan jalan yang akan dilewati pengunjung. Perkebunan teh ini bisa menadi alternatif bagi para pengunjung yang tidak ingin mendaki Gunung Talang. 

Di sini juga terdapat warung kopi yang disediakan sepanjang kebun teh sambil beristirahat dan melihat pemandangan Gunung Talang yang berdiri dengan gagahnya. Selain itu, area di tempat ini bagus untuk dijadikan objek foto selfie, foto bersama atau hanya sekedar mengabadikan tempat ciptaan Tuhan. Ada banyak pula kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan ini, salah satunya adalah sepeda cross country dan uphill. Untuk memasuki kawasan wisata dengan pemandangannya yang sangat menakjubkan ini, pengunjung tidak dipungut biaya apapun alias GRATIS.

7. Rumah Pohon Laing Park
Rumah Pohon Laing Park
Rumah Pohon Laing Park via pusatinfowisata26.blogspot.com
 Destinasi wisata selanjutnya yang tak kalah dari wisata-wisata sebelumnya di Solok adalah wisata Rumah Pohon Laing Park. Rumah Pohon Laing Park berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Solok, tepatnya di kelurahan Laing, kecamatan Tanjung Harapan. Sesuai dengan namanya, hal yang menarik dari Laing Park adalah rumah pohonnya. Di sini tersedia 2 rumah pohon dengan kapasitas 5 orang dewasa dan 10 untuk anak-anak di ketinggian 10 meter.

Selain sangat alami karena jauh dari polusi, Rumah Pohon Laing Park memiliki suasana alam yang sejuk dan nyaman bagi para pengunjung untuk bersantai. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menyegarkan pikiran dan merasakan udara segar khas perdesaan. Lokasi yang berada di atas lahan seluas 8 hektar ini menjadi destinasi wisata baru yang sangat populer diperbincangkan serta dikunjungi oleh masyarakat sekitar. 

8. Masjid Tuo Kayu Jao
Masjid Tuo Kayu Jao
Masjid Tuo Kayu Jao via linggaupos.co.id
Wisata terakhir kota Solok yang sayang untuk dilewatkan adalah wisata religi. Wisata religi tersebut yaitu wisata Masjid Tuo Kayu Jao. Masjid Tuo Kayu Jao yang berdiri sejak awal abad ke 16 ini merupakan masjid tertua yang sudah berusia 5 abad dan juga masjid tertua kedua di Indonesia. Meskipun sudah berusia ratusan tahun, masjid ini masih berdiri dengan kokoh dan digunakan sebagai tempat ibadah oleh masyarakat sekitar hingga saat ini. 

Masjid yang menjadi saksi perkembangan agama Islam di Sumatera Barat ini memiliki suasana khas rumah Minang Kabau pada zaman dulu. Masjid Tuo Kayu Jao berada tidak jauh dari Danau Kembar yaitu sekitar 1 kilometer dari jalan raya arah ke Danau kembar, tepatnya di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang. 

Segera rencanakan libuaran anda bersama teman, keluarga ataupun pasangan, ke obyek wisata terbaik Solok Sumatera barat diatas. Dan jangan lupa, selalu jaga kebersihan disetiap obyek wisata yang dikunjungi.