PLARIUSMODIFIKASI101

Wisata Bahari di Pulau Serangan Bali

Sunday, October 21, 2018
Bali memang selalu menjadi pilihan favorit untuk berwisata. Begitu banyak objek wisata yang ditawarkan oleh Bali, sehingga membuat pengunjung tertarik untuk kembali lagi. Selain itu, adat dan budaya nya yang kental juga menjadi daya tarik tersendiri, terutama wisatawan asing. Banyak sekali dari mereka yang suka berwisata ke Bali. Salah satu nya ke Pulau Serangan Bali. 

Pulau Serangan Bali
Pulau Serangan Bali via bali-indonesia.com
Serangan merupakan sebuah kelurahan di Kecamatan Denpasar Selatan, Bali. Sebenarnya ini merupakan pulau kecil yang berjarak 10 km dari pusat kota Denpasar, namun setelah di lakukan reklamasi pulau ini menjadi menyatu dengan pulau Bali. Lokasi nya yang dikelilingi pohon mangrove membuat tempat ini indah dan menyejukkan. Sehingga banyak wisatawan yang tertarik datang kesini. 

Jam Buka dan Harga Tiket Wisata Pulau Serangan Bali
Pulau Serangan memiliki beberapa destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi. Diantaranya ialah Wisata Bahari, Turtle Park, Anda juga dapat berkunjung ke Masjid Assyuhada, Pura Sakenan dan menyaksikan atau berenang bersama lumba-lumba di Dolphin Lodge. Namun, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jam buka dan harga tiket masuk nya terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Pulau Serangan Bali.

Jika Anda ingin mencoba wisata bahari yang ada di Pulau Serangan, Anda harus membayar wahana-wahana yang ada disana. Untuk banana boat Anda harus membayar sebesar Rp. 100.000/ 15 menit, flying fish Rp. 180.000/ 2 putaran, snorkeling Rp. 170.000/ 60 menit, donat boat Rp. 120.000/ 120 menit, seawalker Rp. 450.000,-/ 30 menit, parasailing Rp. 400.000/ 60 menit. Dan masih banyak yang lainnya. 

Untuk dapat masuk ke Turtle Park, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- dan dibuka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WITA. Sangat terjangkau, bukan? Sedangkan untuk berkunjung ke Masjid Assyuhada, Anda bisa datang kapan saja tanpa harus membayar tiket masuk. Bagi Anda yang beragama Islam, juga bisa beribadah di Masjid ini. 

Sama hal nya seperti berkunjung ke Masjid Assyuhada, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pura Sakenan juga tidak perlu membayar harga tiket masuk dan bisa datang kapan saja. Sementara itu, jika Anda ingin berkunjung ke Dolphin Lodge di Pula Serangan ini, ada tiga jenis tiket masuk yang harus Anda bayar dan dihitung dengan menggunakan USD. 

Apabila Anda hanya ingin melihat atraksi lumba-lumba, Anda perlu membayar sebesar USD 39.50 untuk dewasa, dan untuk anak-anak sebesar USD 34.50. Jika Anda ingin berinteraksi dengan lumba, dewasa harus membayar USD 79 dan anak-anak membayar sebesar USD 69. Namun, jika Anda ingin berenang dengan lumba-lumba di Dolphin Lodge ini, Anda harus membayar USD 89 dan anak-anak USD 79. 

Daya Tarik di Pulau Serangan Bali

1. Wisata Bahari yang Memukau
Tanjung Benoa
Tanjung Benoa via guideplanet.com
Jika biasanya Anda berkunjung ke Pantai Sanur atau Tanjung Benoa ketika berada di Bali untuk menikmati wisata bahari nya, sekarang Anda harus mencoba berkunjung ke Pulangan Serangan Bali. Banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke pulau ini karena menawarkan wisata bahari yang memukau dan tentunya tidak kalah seru dengan yang ada di Pantai Sanur maupun di Tanjung Benoa. 

2. Mengenal Penyu di Turtle Park
Penyu di Turtle Park via lexyleksono.com
Faktor selanjut nya yang membuat Pulau Serangan ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan asing maupun wisatawan lokal ialah adanya Turtle Park yang akan membuat Anda lebih dekat dengan penyu, khususnya Penyu Hijau. Bukan karena tempurung nya yang berwarna hijau, tapi lemak yang ada di tubuh nya yang berwarna hijau, maka sering disebut sebagai Penyu Hijau. 

Jika Anda ingin menyaksikan telur penyu-penyu di Turtle Park ini menetas, maka Anda bisa berkunjung pada bulan Mei, Juni maupun Juli. Namun, kebanyakan menetas pada bulan Juni. Liburan Anda akan lebih berkesan dan sangat beruntung karena dapat melihat proses menetas dari telur penyu yang ada di Turtle Park Serangan. 

3. Belajar Sejarah Kampung Bugis
Masjid Assyuhada di Bali
Masjid Assyuhada di Bali via pelitaperdamaian.org
Di Pulau Serangan ini tidak hanya untuk liburan saja, tetapi Anda juga bisa belajar sejarah yang ada disini. Khususnya sejarah tentang Kampung Bugis. Ada peninggalan orang-orang Bugis pada zaman dahulu di pulau ini, yaitu berupa Masjid Assyuhada. Bahkan orang-orang Bugis banyak yang menetap di pulau ini dan beragama Islam. Oleh karena itu, banyak yang berkunjung ke Pulau Serangan Bali. 

4. Upacara Keagamaan yang Besar 
Upacara di Pura Sakenan
Upacara di Pura Sakenan via balisaja.com
Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke Pulang Serangan Bali untuk melihat Upacara Keagamaan yang besar dan biasa dilakukan di Pura Sakenan setiap 210 hari sekali atau bertepatan dengan hari Raya Kuningan. Anda bisa berfoto dan mengenal sejarah di pura ini namun harus tetap mematuhi peraturan yang ada. Jangan sampai melanggar apalagi tidak menghiraukan nya. 

5. Dolphin Lodge
Dolphin Lodge
Dolphin Lodge via bali99tour.com
Salah satu objek wisata favorit di Pulau Serangan ialah Dolphin Lodge. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini karena ingin melihat kelincahan dari lumba-lumba yang ada disana sekaligus berinteraksi langsung dengan mereka. Bahkan tidak sedikit dari wisatawan asing maupun lokal yang ingin berenang dengan lumba-lumba. Sangat menarik, bukan? 

Fasilitas di Pulau Serangan Bali
Fasilitas wisata di Pulau Serangan Bali juga sudah cukup memadai. Objek-objek wisata yang ada di pulau ini umum nya sudah menyediakan area untuk parkir kendaraan, kamar mandi, jika merasa lelah Anda dapat beristirahat di tempat yang telah disediakan. Bahkan jika Anda lapar tidak perlu khawatir, karena ada rumah makan dan banyak penjual makanan.  

Di objek wisata bahari fasilitas atau wahana air nya juga sudah cukup banyak yang dapat Anda coba. Seperti banana boat, donut boat, flying fish, jetski dengan instruktur, jetski pro, coral plainting, seawalker, snorkeling, diving, underwater scooter, parasailing, flyboard jeto vator, dan masih banyak aktivitas seru lainnya di tempat ini. 

Akses dan Rute Menuju Pulau Serangan Bali
Jika Anda ingin berkunjung ke Pulau Serangan Bali dan berangkat dari Bandara Ngurah Rai, setelah keluar dari kawasan bandara Anda harus menuju ke jalan tol Bali Mandara. Kemudian, Anda akan akan menemukan jalan bercabang dan belok kanan menuju jalan By Pass Ngurah Rai- Sanur. Di jalan bercabang Sakenan memutar arah sekitar 400 meter untuk menuju ke Pulau Serangan.

Setelah itu, Anda akan menemukan plang yang menuju Pura Sakenan. Terus saja ikuti jalan tersebut sampai Anda menemukan jembatan. Jika sudah melewati jembatan tersebut, artinya Anda sudah berada di Pulau Serangan. Dahulu pulau Serangan memang terpisah dari pulau Bali, namun sekarang sudah ada jembatan yang menghubungkan kedua nya. 

Turtle Park ini berlokasi di Jalan Tirta Empul, Pantai Mertasari, Sanur Kuah, Denpasar Selatan, Bali.. lokasi nya sangat strategisdan terjangkau dari berbagai pusat pariwisata yang ada di Bali seperti Nusa Dua, Sanur, maupun Kuta. Sementara itu, lokasi dari Dolphin Lodge berada di Jalan Tukad Punggawa, Banjar Ponjok. Serangan, Denpasar Selatan, Bali.

Pura Sakenan berada di Jalan Banjar Pemalukan, Penguyangan, Denpasar Utara, Bali. Untuk sampai di objek-objek wisata ini, Anda dapat menggunakan Google maps.Namun, jika Anda takut tersesat, sebaik nya menggunakan jasa sewa kendaraan atau memakai jasa seorang guide. Hal ini bertujuan agar liburan Anda lebih nyaman. 

Hotel Terdekat dari Pulau Serangan Bali
1. Villa Bali Bonita
2. Villa Tamika
3. Puri Yuma Hotel
4. Hotel Yani
5. The Segara Condotel

Tips Berwisata ke Pulau Serangan Bali 
Bagi Anda yang berlibur ke Bali khususnya pulau Serangan, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen terbaik Anda selama berada di pulau ini. Jika ingin berkunjung ke Pura Sakenan, Anda harus taat terhadap aturan yang ada disana dan bagi Anda para wanita sebaiknya tidak sedang dalam keadaan haid jika ingin berkunjung ke Pura Sakenan. 

Jika Anda berkunjung ke Wisata Bahari dan Dolphin Lodge, jangan lupa untuk membawa pakaian renang Anda dan kamera khusus underwater atau waterproof. Anda juga tidak boleh menggunakan lotion atau sunscreen jika akan berenang bersama lumba-lumba, dan selalu awasi anak-anak Anda selama di lokasi ini. Selain itu, selalu perhatikan cuaca sebelum Anda pergi berlibur ke Pulau Serangan Bali.